STRATEGI PEMASARAN

A. Pengertian Strategi Strategi adalah sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan, dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan. Strategi adalah pola, metode, maksud atau tujuan dan kebijakan serta rencana-rencana penting untuk untuk mencapai tujuan itu, yang dinyatakan dengan cara seperti menetapkan bisnis yang dapat dianut atau yang akan dianut oleh perusahaan, dan jenis atau akan menjadi jenis apa perusahaan. Gambaran singkat dari arti kata strategi adalah cara bagaimana kita mensikapi suatu keadaan dan kenyataan dengan memberikan solusi untuk mampu keluar dari keadaan tersebut, solusi ataupun cara yang diambil berdasarkan kondisi kebutuhan dan mampu memberikan dan mampu memberikan jalan terbaik dari kedaaan yang terjadi. B. Pengertian Pemasaran

Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :

-

pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.

-

pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

-

Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.

Posisi persaingan perusahaan di pasar Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan. bauran pemasaran. pada akhirnya dapat mencapai laba semaksimal mungkin. menantang. Dalam strategi pemasaran. tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.- pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan. tahap pertumbuhan. . Tujuan dari para produsen adalah kemapuan meracuni imajinasi konsumen dengan segala macam produk yang ditawarkan. alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. menentukan harga. kelompok konsumen. Dengan adanya pemasaran diharapkan dapat mempertahankan kelangsungan hidup perudahaan. ada tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu : 1. yaitu tahap perkenalan. C. Dikatakan sebagai ujung tombak karena pemasaran adalah barometer atau standarisasi dari keberhasilan suatu udaha dalam meraih p[angsa pasar yang seluas-luasnya. 2. berkembang dalam usaha. mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar. sampai dengan kondisi-kondisi lain yang kerap mempengaruhi pemasaran suatu barang dan jasa di masyarakat. Dari pegertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pemasaran adalah ujung tombak dari serangkaian kegiatan usaha yang baik bergerak dalam bidang jasa atupun barang. Untuk memahami pemasaran yang handal diperlukan kita harus mampu untuk membaca kelompok pasar. Pengertian Strategi Pemasaran Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya pemasaran. apakah memimpin. mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial. Daur hidup produk Strategi harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup.

3. . Situasi ekonomi Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan. apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful