P. 1
ARTIKEL GEOGRAFI

ARTIKEL GEOGRAFI

|Views: 695|Likes:
Published by Siswanto Dwi

More info:

Published by: Siswanto Dwi on Feb 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/26/2012

pdf

text

original

ARTIKEL TENTANG ASAL USUL DAN MANFAAT BAHAN TAMBANG O L E H JUADI ARFI XI IPS3 MAPEL GEOGRAFI

pertama young-shallow. bebatuan asal (source rock). Batuan yang mengandung minyak bumi tertua diketahui berumur 600 juta tahun dan yang termuda berumur 1 juta tahun.Asal usul bahan tambang TERBENTUKNYA MINYAK DAN GAS BUMI Minyak bumi yang di eksplorasi dan dikonsumsi setiap hari lambat laun akan habis. Seberapa lamakah minyak bumi yang selama ini dikonsumsi terbentuk di perut bumi?. kemudian tertimbun pasir dan lumpur didasar laut selama jutaan tahun membentuk lapisan yang kaya zat organik yang akhirnya akan membentuk batuan endapan (sedimentary rock). . Memperhatikan proses terbentuknya minyak dan gas bumi yang rumit dan memakan waktu yang sangat lama. young-deep dan old-deep. Dari empat jenis minyak tersebut. maka sudah seharusnya didalam mengkonsumisi energi dapat lebih bijak. Berdasarkan umur dan letak kedalamannya. sedangkan proses terbentuknya memakan waktu jutaan tahun. Rata-rata batuan yang mengandung minyak bumi berumur antara 10 juta hingga 270 juta tahun. Komponen pendukung terbentuknya minyak bumi berasal dari organisme tumbuhan dan hewan berukuran sangat kecil yang hidup dilautan purba yang mati dan terkubur. Tiga faktor utama dalam pembentukan Minyak dan gas bumi yaitu. Dengan tekanan temperatur yang tinggi lapisan bebatuan diatasnya akan mendestilasi sisa bahan organik sedikit demi sedikit dan mengubahnya menjadi minyak dan gas bumi. perpindahan hidrocarbon dari bebatuan asal menuju bebatuan reservoir dan ketiga adanya jebakan (entrapment) geologis. Bakteri mengurai zat ini. Minyak jenis old-deep merupakan yang paling banyak dicari (sweet) karena dapat menghasilkan bensin (gasoline) lebih banyak dibandingkan dengan jenis lainnya. minyak bumi digolongkan menjadi 4 jenis. Kemudian lapisan lautan tersebut ada yang menyusut dan berpindah tempat akibat pergeseran bumi. molekul demi molekul menjadi menjadi material yang kaya dengan kandungan hidrogen dan karbon. Ketersedian minyak bumi saat ini diperkirakan hanya mencukupi beberapa tahun saja seiring makin meningkatnya konsumsi. Deposit yang membentuk endapan tersebut umumnya tidak mengandung cukup oksigen untuk mendekomposisi material organik secara komplit. proses ini akan terus berulang dimana satu lapisan akan menutupi lapisan sebelumnya selama jutaan tahun. Para ahli geologi umumnya sepakat bahwa proses terbentuknya lapisan minyak bumi dalam hitungan jutaan tahun. sehingga penggunaan energi fosil dapat ditekan. efisien dan tepat guna. old-shallow.

yang selanjutnya berubah menjadi batu bara muda (lignite) atau disebut pula batu bara coklat (brown coal). serta warnanya akan semakin hitam mengkilat. Oleh karena itu. Faktor tumbuhan purba yang jenisnya berbeda-beda sesuai dengan jaman geologi dan lokasi tempat tumbuh dan berkembangnya. pengaruh tekanan batuan dan panas bumi serta perubahan geologi yang berlangsung kemudian. maka batu bara muda akan mengalami perubahan yang secara bertahap menambah maturitas organiknya dan mengubah batubara muda menjadi batu bara sub-bituminus (sub-bituminous). Perubahan kimiawi dan fisika terus berlangsung hingga batu bara menjadi lebih keras dan warnanya lebih hitam sehingga membentuk bituminus (bituminous) atau antrasit (anthracite). Batubara muda adalah batu bara dengan jenis maturitas organik rendah. karakteristik batubara berbeda-beda sesuai dengan lapangan batubara (coal field) dan lapisannya (coal seam). sehingga kandungan energinya juga semakin besar. Kualitas dari setiap endapan batu bara ditentukan oleh suhu dan tekanan serta lama waktu pembentukan. Proses awalnya. maturitas organik sebenarnya menggambarkan perubahan konsentrasi dari setiap unsur utama pembentuk batubara. Selain itu. peningkatan maturitas organik yang semakin tinggi terus berlangsung hingga membentuk antrasit. Dalam proses pembatubaraan. Oleh karena itu. kelembabannya pun akan berkurang sedangkan kadar karbonnya akan meningkat. Setelah mendapat pengaruh suhu dan tekanan yang terus menerus selama jutaan tahun. Adapun proses yang mengubah tumbuhan menjadi batubara tadi disebut dengan pembatubaraan (coalification). ditambah dengan lokasi pengendapan (sedimentasi) tumbuhan. . akan menyebabkan terbentuknya batubara yang jenisnya bermacam-macam. Pembentukan batubara dimulai sejak periode pembentukan Karbon (Carboniferous Period) --dikenal sebagai zaman batu bara pertama-. Dalam kondisi yang tepat. yang disebut sebagai 'maturitas organik'. batubara termasuk dalam kategori bahan bakar fosil. Batubara yang berkualitas tinggi umumnya akan semakin keras dan kompak.yang berlangsung antara 360 juta sampai 290 juta tahun yang lalu. endapan tumbuhan berubah menjadi gambut (peat).Pembentukan Batubara Batubara adalah mineral organik yang dapat terbakar. terbentuk dari sisa tumbuhan purba yang mengendap yang selanjutnya berubah bentuk akibat proses fisika dan kimia yang berlangsung selama jutaan tahun.

[[Jerman]]. [[Tembaga]]: merupakan jenis logam yang berwarna kekuning-kuningan. lunak dan mudah ditempa. [[Belerang]]: Untuk bahan obat penyakit kulit dan korek api . [[Nikel]]: Untuk bahan pelapis besi agar tidak mudah berkarat. * [[Vaselin]] ialah salep untuk bahan obat. [http://countrystudies.<ref name=inatm>Frederick WH. * [[Parafin]] untuk bahan pembuat lilin. [[Minyak Bumi]] * [[Avtur]] untuk bahan bakar pesawat terbang.}} . Berbagai jenis bahan hasil galian memiliki nilai ekonomi yang besar dan hal ini memicu eksploitasi sumber daya alam tersebut. [[Emas]] dan [[Perak]]: untuk perhiasan . Garzweiler. [[pertanian]] dan lain-lain . [[Yodium]]: Untuk obat dan peramu garam dapur beryodium . .us/indonesia/ Indonesia]. Worden RL. * [[Oli]] ialah bahan untuk pelumas mesin. . maupun sebagai [[perhiasan]].</ref> Beberapa negara.MANFAAT BAHAN TAMBANG = MANFAAT Hasil tambang ==== Sumber daya alam hasil penambangan memiliki beragam fungsi bagi k ehidupan Manusia. Diakses pada 10 Agustus 2011. * LNG ([[Liquid Natural Gas]]) untuk bahan bakar kompor gas. . seperti bahan dasar [[infrastruktur]]. * [[Bensin]] untuk bahan bakar kendaraan bermotor.<ref name=inatm/> Jumlahnya sangat terbatas. [[Batu Bara]]: dimanfaatkan untuk bahan bakar [[industri]] dan rumah tangga. oleh karena itu penggunaannya harus dilakukan secara efisein. [[kendaraan bermotor]]. [[Mangaan]]: Untuk pembuatan pembuatan besi baja . 1993.<ref name=brit/> Beberapa contoh bahan tambang dan pemanfaatannya: . [[Marmer]]: Untuk bahan bangunan rumah atau gedung . * [[Minyak Tanah]] untuk bahan baku lampu minyak. [[Bauksit]]: Sebagai bahan dasar pembuatan [[alumunium]]. * [[Solar]] untuk bahan bakar kendaraan diesel. [[Biji Besi]]: Untuk peralatan rumah tangga.jpg|1200px|Area pertambangan terbuka. seperti Indonesia dan Arab. memiliki pendapatan yang sangat besar dari sektor ini. [[Gas Alam]]: Untuk bahan bakar kompor gas . sumber energi. [[Grafit]]: Bermanfaat untuk membuat pensil {{wide image|Tagebau_Garzweiler_Panorama_2005. . dan * [[Aspal]] untuk bahan pembuat jalan (dihasilkan di Pulau Buton) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->