Hari ke: 1. 2.

3 4 5 6 7

Air biasa 4 cm 9,8 cm 22,4 cm 31 cm 34,7 cm 35,4 cm

Air sayur 3 cm 11,2 cm 23,5 cm 32 cm 36,4 cm 38,7 cm

Air kumur 5,5 cm 15 cm 28 cm 36,5 cm 38,3 cm 40 cm

Air Daging

Air Susu Basi

kami menggunakan media kacang hijau sebagai media percobaan kecepatan pertumbuhan tanaman. Pada percobaan kami.PEMBAHASAN y Pada Bab Pembahasan ini kami akan memaparkan kebenaran teori bahwa air limbah organik memiliki efek pertumbuhan signifikan pada tumbuhan. y Berikut ini kami akan menguraikan pembahasan dari percobaan kami diatas: .

namun ada kemungkinan terdapatnya kesalahan dalam penanaman atau kualitas kacang hijau yang ditanam. Bakteri ini biasa hidup di lambung manusia. Lactobacillus. kami menyimpulkan bahwa limbah organik seperti air sayur dan air kumur lebih cepat menumbuhkan kacang hijau dibanding air biasa.* Pada percobaan penumbuhan kacang hijau dengan air daging dan susu basi tidak berhasil. ` Dari percobaan kami dapat dibuktikan bahwa adanya manfaat dalam limbah organik/rumah tangga yang sebelumnya dianggap sampah dan tidak bermanfaat. dan Rhizobium. dalam air liur memang terdapat empat macam bakteri: Saccharomyces. Cellulomonas. Pembahasan kami dapat dibuktikan dengan artikel berikut ini: ` *(sumber:http://www.` Melihat hasil percobaan yang telah dipaparkan dalam bentuk tabel diatas. Dan bakteri-bakteri tersebut dapat dimanfaat untuk penumbuhan tanaman. Bandung. Limbah organik mungkin juga dapat digunakan dalam pertanian untuk meningkatkan produksi dan kualitas tanaman. Pada air kumur pertumbuhan kacang hijau lebih signifikan dibanding yang lainnya. Mengapa? Ini dikarenakan Menurut penelitian Laboratorium Mikrobiologi Universitas Padjajaran.com/2011/04/air-kumur-sebagai-media-pembuat-em.html) .bumisubur.

blogspot. Hanya dalam tiga hari. Fuad memerintahkan 300 santrinya membuang air kumur pertama dari bangun tidur ke dalam kaleng yang telah disediakan di depan penginapan santri. Setelah beberapa hari. Bandung ini berhasil membuat karya inovatif berupa pupuk dan obat pemberantas hama tanaman dari bahan dasar air liur. Hasilnya dahsyat. siap dipakai sebagai pupuk kandang. dengan bau wangi seperti bau cokelat.com/2008/01/jangan-buang-air-liur-sembarangan. dedak. Fuad Affandi. Fuad lalu menyiramkan cairan bakteri itu ke kotoran ternak dan jerami yang sedang diperam.Mikroorganisme dalam air liur itu lalu dikembangbiakkan dengan menambahkanmolase (gula). air liur santri ternyata berubah menjadi cairan kental berwarna keruh.Putra Ciwidey. dan pepaya ke dalamnya. Penemuan Fuad ini diberi nama MFA (Mikroorganisme Fermentasi Alami) ` ` Sumber : http://hmproduk. kotoran ternak itu hancur dan busuk. Itu berarti bakteri dapat berkembang biak dengan subur.html .` ` Inovasi dalam bidang pupuk alami dan pestisida alami.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful