ANALISIS UN IPA SMP TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Oleh: TEDY WIBOWO

MGMP IPA SMP SALATIGA

PENDAHULUAN
Dasar hukum pelaksanaan UN: a. Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan

Nasional, Pasal 58 ayat (2): “Evaluasi peserta didik, satuan pendidikan, dan program pendidikan dilakukan oleh lembaga mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan”. b. Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Pasal 63 ayat (1): Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas: a) penilaian hasil belajar oleh pendidik; b) penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan c) penilaian hasil belajar oleh Pemerintah. Pasal 66 ayat (1): Penilaian hasil belajar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 63 ayat (1) butir c bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan teknologi dan

dilakukan dalam bentuk Ujian Nasional. Pasal 66 ayat (2): Ujian Nasional dilakukan secara obyektif, berkeadilan, dan akuntabel. Pasal 66 ayat (3): Ujian Nasional diadakan sekurang-kurangnya satu kali dan sebanyak-banyaknya dua kali dalam satu tahun pelajaran.

Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012

Tedy Wibowo

1

Pasal 68:

Hasil Ujian Nasional digunakan sebagai salah satu

pertimbangan untuk: a) pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan; b) dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya; c) penentuan kelulusan peserta didik dari program dan/atau satuan pendidikan; d) pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pasal 69 ayat (1): Setiap peserta didik jalur formal pendidikan dasar dan menengah dan pendidikan jalur nonformal kesetaraan berhak mengikuti ujian nasional dan berhak mengulanginya sepanjang belum dinyatakan lulus dari satuan pendidikan. Pasal 69 ayat (2): Setiap peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib mengikuti satu kali Ujian Nasional tanpa dipungut biaya. Pasal 69 ayat (3): Peserta didik pendidikan informal dapat mengikuti Ujian Nasional setelah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). c. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Repulbik Indonesia Nomor 59 tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional. UN bertujuan menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012

Tedy Wibowo

2

Hasil UN bukan satu-satunya faktor penentu kelulusan. Kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan adalah: (a)

menyelesaikan seluruh program pembelajaran; (b) memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran yang terdiri atas: (1) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; (2) kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; (3)

kelompok mata pelajaran estetika, dan (4) kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan; (c) lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan (d) lulus ujian nasional. Sejak tahun 2011 dengan telah ditetapkannya formula baru, nyata sekali bahwa hasil UN bukan satu-satunya faktor penentu kelulusan peserta didik dari sekolah/madrasah. Penetapan dan pemberlakuan

formula baru dimaksudkan untuk memenuhi harapan dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat: supaya UN tidak memveto kelulusan siswa, ikut mempertimbangkan komponen proses dan hasil penilaian guru, dan mengembangkan suasana yang lebih kondusif bagi peserta didik dalam menghadapi ujian dan bagi terwujudnya hasil ujian nasional yang kredibel dan objektif, yang sangat diperlukan dalam rangka

pemetaan mutu, perumusan kebijakan, fasilitasi dan pemberian bantuan kepada sekolah dan daerah, dalam rangka peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan.

Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012

Tedy Wibowo

3

Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 4 . Hal ini sebagai akibat dari penerapan formula baru dalam penentuan kelulusan. Pada UN 2012 tidak ada ujian ulangan. Hasil UN digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam: (a) pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan. Peserta didik SMP dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA mencapai paling rendah 5. (b) dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya. Pembobotannya 40% untuk NS/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk nilai UN. yang diperoleh dari nilai gabungan antara nilai sekolah/madrasah (NS/M) pada mata pelajaran yang diujinasionalkan dan nilai UN (murni). Nilai sekolah/madrasah diperoleh dari gabungan antara nilai ujian sekolah/madrasah dan nilai rata-rata rapor untuk SMP semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima). (c) penentu kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4.0 (empat koma nol).Formula UN 2012 memberi pembobotan 40% untuk nilai sekolah/madrasah dan 60% untuk nilai UN. dan (d) dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya meningkatkan dan memeratakan mutu pendidikan. yang ikut diperhitungkan dalam penentuan kelulusan UN. dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata- rata rapor. Nilai gabungan ini selanjutnya disebut nilai sekolah/madrasah (NS/M). Kelulusan peserta didik dalam UN ditentukan berdasarkan nilai akhir (NA).

Permendikbud Tahun 2010 Nomor 59 tentang Tahun 2011 Kriteria tentang Peserta didik Kriteria 2. dan SMPLB Keterangan: UN Susulan hanya berlaku bagi peserta didik yang sakit atau berhalangan dan dibuktikan dengan surat keterangan yang sah. Sekolah/madrasah mengumumkan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan paling lambat tanggal 2 Juni 2012 untuk SMP/MTs. Permen 45 1.Jadwal Pelaksanaan UN SMP/MTs. Perbedaan paling signifikan sedikitnya ada enam butir sebagaimana disajikan dalam tabel di bawah: No 1 Aspek Jumlah Peraturan Menteri Tahun Pelajaran 2010/2011 2011/2012 Ada dua Hanya satu Peraturan Peraturan Menteri Menteri 1. Permen 46 Kelulusan Tahun 2010 Peserta didik tentang dari Satuan Pelaksanaan Pendidikan Ujian dan Keterangan Untuk efisiensi dan memudahkan sosialisasi Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 5 .

dan standar Isi Menjadi lampiran Permen sama sama Berdasarkan SK dan KD dalam Standar Isi Menggunakan prinsip penilaian pendidikan 9 10 11 Tidak menjadi lampiran Permen tetapi menjadi Keputusan BSNP Sanksi Kurang tegas Lebih tegas Mata Pelajaran Nama dan Nama dan jumlah jumlah sama sama Masa berlaku 1 tahun Tergantung kebutuhan Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 6 .No Aspek 2 Ketentuan Umum 3 4 5 Kriteria Kelulusan Persyaratan Peserta didik mengikuti US/M dan UN Hak dan Kewajiban Tahun Pelajaran Keterangan 2010/2011 2011/2012 Sekolah/ Penyelenggara Madrasah an Ujian dan Ujian Sekolah/ Nasional Madrasah dan Ujian Nasional Sama sama Istilah SKL diganti menjadi kisi-kisi sama sama sama sama Kurang rinci Lebih rinci sanksi terhadap pelanggaran dieksplisitkan 6 7 8 Penyelenggara US/M Penyelenggara UN Kisi-kisi soal UN sama sama Irisan berdasarkan kurikulum 1994. 2004.

dasar secara digunakan dalam besaran teliti dengan kehidupan sehariturunan dan menggunakan hari. ANALISIS UN SMP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 1. dalam satu ruang ujian akan menerima 5 paket soal yang berbeda untuk menghindari kecurangan dan mewujudkan hasil UN yang jujur. Menentukan 2. Membaca alat ukur 1. Menentukan pengukuran yang sering besaran pokok. wujudnya atau dalam kehidupan penerapan sehari-hari. Menjelaskan konsep massa pengaruh suhu jenis dalam Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 7 . Menentukan konsep zat dan besaran yang sifat-sifat zat kalor serta terkait dengan berdasarkan kegunaannya massa jenis. sehari-hari.Dalam UN tahun 2012. PERBEDAAN KISI-KISI UN IPA 2010/2011 dengan UN 2011/2012 INDIKATOR N KOMPETENSI Tahun Pelajaran Tahun Pelajaran o 2010/2011 2011/2012 1 Melakukan 1. Ranah Kognitif UN SMP Mata Pelajaran IPA (Fisika) C2 PEMAHAMAN C3 PENERAPAN C1 PENGETAHU AN C6 PENILAIAN C4 ANALISIS No TP 1 2010/2011 2 2011/2012 IPA (Biologi) 1 2010/2011 2 2011/2012 4 1 4 1 7 6 15 17 9 13 1 2 - C5 SINTESIS - - 2. satuannya atau alat ukur yang penggunaan sesuai dan alat ukur dalam sering digunakan kehidupan dalam kehidupan sehari-hari. 2 Menerapkan 2. 3.

Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 . 7. Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. 4. Menentukan salah pengaruh suhu satu besaran yang terhadap terkait dengan pemuaian zat kalor dan yang terjadi pengaruhnya pada dalam zat. Menentukan penerapan pesawat sederhana Tedy Wibowo 8 3 Mendeskripsikan 5. 6.N o KOMPETENSI INDIKATOR Tahun Pelajaran Tahun Pelajaran 2010/2011 2011/2012 pada pemuaian kehidupan dalam kehidupan sehari-hari. dan hari. Mengidentifikasi dasar-dasar jenis gerak lurus mekanika dalam peristiwa (gerak. 3. tekanan pada suatu zat. Menentukan konsep tekanan besaran yang dalam kehidupan terkait dengan sehari-hari. kehidupan sehari-hari. kehidupan sehariusaha. energi) serta penerapan 6. sehari-hari. Menjelaskan 4. Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu. Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari. 7. 5. gaya.

9. 8. 12. gelombang. Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari. Menjelaskan ciri atau sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya. 10. 9. Menentukan besaranTedy Wibowo 9 4 Memahami konsep-konsep dan penerapan. 13. Menentukan sehari-hari. Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan sifat cahaya. 12. Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang. bunyi. besaran fisika Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 . getaran. Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran atau gelombang. Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.N o KOMPETENSI INDIKATOR Tahun Pelajaran Tahun Pelajaran 2010/2011 2011/2012 8. energi. 13. Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin. Menjelaskan konsep fenomena listrik kelistrikan dan statis. 10. dan optik dalam produk teknologi seharihari. 11. besaranbesaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari. kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan 15. 11. 5 Memahami 14. Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat. Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan dalam besaran fisika kehidupan pada usaha atau sehari-hari.

15. Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan. Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator. 17. GGL induksi.N o KOMPETENSI INDIKATOR Tahun Pelajaran Tahun Pelajaran 2010/2011 2011/2012 pada berbagai besaran listrik bentuk rangkaian dinamis dalam listrik. suatu rangkaian 16. Menentukan (seri/paralel. Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya. Menjelaskan dalam faktor-faktor yang kehidupan mempengaruhi sehari-hari. dan daya listrik Hukum dalam kehidupan Kirchhoff) serta sehari-hari. Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau Tedy Wibowo 10 6 Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya. Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 . energi atau daya listrik 18. magnet dan atau menentukan 14. Menjelaskan cara kehidupan pembuatan sehari-hari. 16. besarnya energi Hukum Ohm. Menentukan kutub-kutub yang besarnya dihasilkan. penerapannya dalam 17. 19.

serta penggunaanny a pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari. permukaan bumi. atau dihubungkan molekul dengan produk sederhana kimia sehari-hari. 21. atau peredaran bulan. dan molekul unsur. ion i atom. ion. Menjelaskan peredaran fenomena yang bumi-bulan terjadi akibat terhadap perubahan suhu di matahari. Mendeskripsikan 18. KOMPETENSI 20. berdasarkan hasil percobaan. Menjelaskan klasifikasi zat.N o 7 8 INDIKATOR Tahun Pelajaran Tahun Pelajaran 2010/2011 2011/2012 20. 21. sifat-sifat fisika sifat-sifat. 9 Mendeskripsi kan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan. Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 11 . peredaran bumi. Mendeskripsikan bahan kimia (alami dan buatan) pada makanan serta pengaruhnya terhadap kesehatan. Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan. Mendeskripsikan 19. Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungan nya. Mengidentifikas konsep atom. dan dan atau kimia perubahannya.

Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan. 23. 25. Menentukan dasar pengelompokan makhluk hidup. Mengelom pokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya. 25. Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan. Menjelaskan pengaruh zat zat adiktif/psiko adiktif/psikotropika tropika serta pada tubuh kita. Mengidentifikas i ciri-ciri makhluk hidup. Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 . Mendeskripsikan ciri. Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup. 24. serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem 26. serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. 27. Mendeskripsi kan komponen ekosistem. 28. pengaruh nya bagi tubuh manusia. 23.ciri makhluk hidup. interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan. 26. Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem. 27. 24. Mendeskripsikan 22. Menjelaskan cara atau tindakan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.N o KOMPETENSI INDIKATOR Tahun Pelajaran Tahun Pelajaran 2010/2011 2011/2012 22. Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ka sus Tedy Wibowo 12 10 11 Mendeskripsi kan ciri-ciri dan keanekaragama n makhluk hidup.

dan enzimenzim yang 31. Menjelaskan berhubung an sistem saraf pada dengan nya. 31. Menjelaskan bagian dan fungsi sistem alat gerak pada peredaran sistem gerak darah pada manusia. manusia. Menjelaskan enzim-enzim yang sistem berperan pada pencernaan proses tersebut. manusia/penya kit yang 33. manusia/penya kit yang 30. Menjelaskan sistem proses pada pernapasan sistem ekskresi pada (ginjal).N o 12 KOMPETENSI Menjelaskan sistem organ pada manusia. 30. Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penya kit yang berhubung an dengan nya. manusia. Menjelaskan berhubung an proses dengan nya. Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 13 . Menjelaskan 28. Menjelaskan 32. Menjelaskan sistem ekskresi/reprod uksi pada manusia/penya kit yang berhubung an dengan nya. INDIKATOR Tahun Pelajaran Tahun Pelajaran 2010/2011 2011/2012 29. Menjelaskan berperan pada sistem peredaran proses darah pada pencernaan. 32. pencernaan makanan dan 29.

N o KOMPETENSI 13 Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan 14 Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkem bangan. tumbuhan terhadap 36. proses fotosintesis melalui percobaanpercobaan tentang proses tersebut. berdasarkan percobaan tentang 36. Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia. teknologi dan masyarakat. Menginterpretasi contoh adaptasi kan hasil makhluk hidup/ persilangan seleksi alam berdasarkan dalam hukum Mendel. organ pada tumbuhan. Menjelaskan terhadap pengaruh respons lingkungan luar. Menjelaskan respon tumbuhan 35. Menjelaskan proses tersebut. Menjelaskan pengaruh proses fotosintesis lingkungan luar. INDIKATOR Tahun Pelajaran Tahun Pelajaran 2010/2011 2011/2012 33. Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 14 . Menjelaskan struktur dan fungsi struktur dan jaringan/organ fungsi jaringan/ pada tumbuhan. Menjelaskan konsep perilaku pertum buhan makhluk hidup dan untuk perkembangan mempertahankan pada makhluk kelangsungan hidup. 37. 34. 35. Menjelaskan 37. 38. Memberi 38. hidupnya. Menjelaskan 34. kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan. kelangsungan hidup makhluk hidup.

kualitas dan kuantitas 40.N o KOMPETENSI INDIKATOR Tahun Pelajaran Tahun Pelajaran 2010/2011 2011/2012 39. Menjelaskan organisme disertai pemanfaat an dengan contohnya. Menginter teknologi pretasi proses reproduksi yang persilangan tepat untuk berdasarkan meningkatkan hukum Mendel. Menjelaskan 39. bioteknologi untuk kehidupan. biotek nologi untuk 40. Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 15 . Menjelaskan kehidupan pemanfaatan manusia.

Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari. stopwach 2 C3 PENERAPAN MENENTUKAN. Menghitung. MENERAPKAN. mengaitkan  Sifat zat berdasarkan wujudnya  Teori partikel zat  penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari: mengetahui jenis zat. INDIKATOR 1. massa jenis.3. Menentukan besaran pokok. membedakan antara suatu zat dengan zat lain. besaran turunan dan satuannya atau penggu naan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari. MENGGUNA KAN. mikrometer sekrup  alat ukur massa: neraca O Hauss. ANALISIS UN 2012 KOMPETENSI DAN INDIKATORNYA IPA FISIKA No 1 KOMPETENSI Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. neraca sama lengan. menghitung RUANG LINGKUP MATERI  7 besaran pokok dan satuannya  besaran turunan dan satuannya (kecepatan. dll)  alat ukur panjang: mistar. Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 16 . dll. 2. RANAH KOGNITIF C3 PENERAPAN MENENTUKAN . gaya. jangka sorong. neraca tiga lengan  alat ukur waktu: arloji/jam.

pemasangan bingkai roda logam C3 PENERAPAN MENENTUKAN. 4. sambungan rel kereta api. RANAH KOGNITIF C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. keping bimetal. menggambarkan. memodifikasi. meramalkan     Q = m x c x ∆t Q=mxU Q=mxL Berkaitan dengan peristiwa: Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 17 . sambungan jembatan. menjabarkan RUANG LINGKUP MATERI  Suhu dingin menyusut dan suhu panas memuai  MASALAH: pemasangan kaca jendela.No KOMPETENSI INDIKATOR 3. menghitung. Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari. Menjelas kan pengaruh suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. menerangkan menyimpulkan. MENERAPKAN. kawat telepon/listrik  PENERAPAN: pengelingan.

memodifikasi. MENERAPKAN. Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. h  Tuas 7. menggambarkan. Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. INDIKATOR 5. MENERAPKAN. Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu. menghitung. menghitung.s ∆ Ep = ∆ Ek = W = F . RANAH KOGNITIF C3 PENERAPAN MENENTUKAN. s  ENERGI Em = Ek + Ep Ek = ½ m . 6. menghitung. MENERAPKAN. g . meramalkan RUANG LINGKUP MATERI       GLB GLBB dipercepat dan diperlambat Hk I Newton (kelembaman): sabuk pengaman Hk II Newton: benda bergerak Hk III Newton: gaya aksi-reaksi Manfaat gesekan C3 PENERAPAN MENENTUKAN. menggambarkan. meramalkan  USAHA W = F. v2 Ep = m . C3 PENERAPAN MENENTUKAN. dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari. meramalkan Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 18 . menggambarkan. memodifikasi. gaya.No 3 KOMPETENSI Mendeskripsik an dasar-dasar mekanika (gerak. memodifikasi. usaha.

memodifikasi.h p1. meramalkan  Tekanan pada zat padat p = F/A  Tekanan pada zat cair p = ρ.h p1 = p2 F1/A1 = F2/A2 ρ1.V1 = p2.No KOMPETENSI INDIKATOR RANAH KOGNITIF  Katrol RUANG LINGKUP MATERI  Bidang miring 8. menggambarkan.g. 10 p = ρ.h1 = ρ2.h2 FA = ρ.g.g.V  Tekanan pada zat gas h = (760 – x) . Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.V2 Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 19 .g. MENERAPKAN. menghitung.g. C3 PENERAPAN MENENTUKAN.

menerangkan menyimpulkan C3 MENERAPKAN Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 20 . menggambarkan. Menjelas kan sifat bunyi atau penerapann ya dalam kehidupan sehari-hari. menghitung. Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.No 4 KOMPETENSI Memahami konsep-konsep dan penerapan. RANAH KOGNITIF C3 PENERAPAN MENENTUKAN. gelombang. memodifikasi. meramalkan RUANG LINGKUP MATERI  GETARAN  T = t/n  T = 1/f atau f = 1/T  GELOMBANG  T = t/n. bunyi. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. dan optik dalam produk teknologi sehari-hari. INDIKATOR 9. f = 1/T  v = /T  v=xf     Dihasilkan oleh benda bergetar Merambat melalui medium Berbentuk gelombang longitudinal CIRI FISIK BUNYI Frekuensi Amplitudo Warna bunyi  Dapat dipantulkan  Penerapan dalam kehidupan sehari-hari:  Mengukur kedalaman laut  Pembuatan alat musik  Ultrasonografi  Menghindari pembedahan dg ultrasonik  Pembersih ultrasonik  Detektor bunyi  Teknologi sonar 10. getaran.  T = 1/f. MENERAPKAN.

C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. pada peristiwa:  Elektroskop  Hukum Coulomb  Baju kering akibat disetrika  Rambut kering digosok sisir  Petir  Kaca yang digosok dengan bulu/sutera  Fenomena listrik statis lainnya 5 Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan 12. Menentukan sifat cahaya. besaranbesaran yang berhubunga n dengan cermin/lens a atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari. menerangkan menyimpulkan Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 21 . RANAH KOGNITIF C3 PENERAPAN MENENTUKAN. menghitung. memodifikasi. MENERAPKAN.No KOMPETENSI INDIKATOR 11. Menjelas kan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari. menggambarkan. meramalkan RUANG LINGKUP MATERI  Sifat cahaya  Merambat lurus  Dipantulkan  Dibiaskan  Dispersi  Besaran:  1/f = 1/Si + 1/So  M = Si/So  M = Hi/Ho  P = 1/f  P = 1/s + 1/s’  Penerapan alat optik:  Kamera  Mata  Lup  Mikroskop  Teleskop  Menjelaskan gejala listrik statis.

meramalkan RUANG LINGKUP MATERI         I = Q/t V= I . INDIKATOR 13. Hukum Ohm. setrika. menggambarkan.t  P = VI  P = W/t (lampu. menghitung. memodifikasi. TV.I. memodifikasi. meramalkan  W = V. 14.No KOMPETENSI sehari-hari. dll) Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 22 . Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari. R E = I (R + r) ET = E1+E2+… ET = E1=E2=… R = R1+R2+… 1/R = 1/R1+1/R2+… Alat ukur C3 PENERAPAN MENENTUKAN. menggambarkan. MENERAPKAN. menghitung. Menentukan besaranbesaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel. MENERAPKAN. Hukum Kirchhoff) serta penerapann ya dalam kehidupan sehari-hari. RANAH KOGNITIF C3 PENERAPAN MENENTUKAN.

Menjelas kan peristiwa induksi elektromagn etik atau penerapann ya pada transformat or. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. sehingga pada kedua ujung kumparan timbul gaya gerak listrik (GGL). RANAH KOGNITIF C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. menerangkan menyimpulkan RUANG LINGKUP MATERI 16. Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 23 . menerangkan menyimpulkan C3 MENERAPKAN  Magnet didekatkan pada kumparan maka gaya yang melingkupi kumparan menjadi bertambah banyak.No KOMPETENSI INDIKATOR 15. Menjelas kan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan.

suhu Bumi meningkat sekitar 1 oF).  Vp Np  Vs Ns Np Is  Ns Ip Np Is  Ns Ip  Transformator: Hanya digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan arus bolak-balik (AC) dan tidak untuk arus searah (DC). kedua ujung kumparan juga timbul GGL  Timbulnya gaya listrik (GGL) pada kumparan hanya apabila terjadi perubahan jumlah garis-garis gaya magnet.  Peningkatan kadar gas-gas rumah kaca di atmosfer disebabkan. 6 Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya. 17. menerangkan menyimpulkan Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 24 . terutama CO2 menahan panas matahari yang dipantulkan oleh Bumi. antara lain oleh Aktivitas: Alam Manusia  Dampak:  Peningkatan suhu Bumi (selama 100 tahun ini.No KOMPETENSI INDIKATOR RANAH KOGNITIF RUANG LINGKUP MATERI  Magnet dijauhkan terhadap kumparan maka garis gaya yang melingkupi kumparan menjadi berkurang. Tidak dapat memperbesar daya listrik yaitu tidak dapat memperbesar banyaknya daya yang masuk ke dalam transformator tersebut. Menjelas kan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN.  PEMANASAN GLOBAL:  Gas-gas rumah kaca.

Cu (kabel listrik. garam dapur. memilih. pengaman tulang patah). dll     7 Mendeskripsik an konsep atom. freon).  Perubahan cuaca yang tidak menentu (ekstrim). 18. perubahan lamanya siang dan malam. baik secara intensitas maupun frekuensi. Zn (atap rumah. gerak semu tahunan Mth. atau molekul sederhana serta penggunaan nya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari.  Peningkatan permukaan air laut (selama 100 tahun ini. permukaan air laut meningkat sekitar 4 – 8 inchi. perhiasan. unsur. rasi bintang terlihat berbeda tiap bulan Gerhana Pasang surut Logam: Cr (stainless steel). Pt (mobil. Au (perhiasan). dan uang logam). C1 PENGETAHUAN MENGIDENTIFIKA SI. kontak listrikmobil. dan pelapis besi ). RANAH KOGNITIF RUANG LINGKUP MATERI  Pencairan es pada daerah kutub. Ni (lapisan pelindung dengan cara disepuh). Akibat revolusi bumi: pergantian musim. perkakas rumah tangga.No KOMPETENSI INDIKATOR peredaran bumi-bulan terhadap matahari. I (antiseptik. Br (obat penenang saraf). mengalami peningkatan. Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 25 .  Timbulnya banjir rob (luapan air laut). industri tepung)  Metaloid: Si dan Ge (semikonduktor).  Angin badai. ion. yang dapat menimbulkan masalah ekonomi dan kesehatan. kontak listrik. menyebutkan C3 PENERAPAN MENGGUNAKAN  Non Logam: F (pasta gigi. Mengidentifi kasi atom. Fe (konstruksi bangunan). ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia seharihari.

dan perubahannya. sifat-sifat. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN.No KOMPETENSI INDIKATOR RANAH KOGNITIF RUANG LINGKUP MATERI  Senyawa sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari: 8 Mendeskripsik an klasifikasi zat. 19. menerangkan menyimpulkan  Sifat fisika suatu benda:  Wujud zat  Warna  Kelarutan  Daya hantar listrik  Kemagnetan Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 26 . Menjelas kan sifatsifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan.

Selama terjadi perubahan kimia. zat yang berubah dapat kembali ke bentuk semula.  Perubahan kimia suatu zat. yaitu: tidak terbentuk zat jenis baru. massa zat sebelum reaksi sama dengan massa zat sesudah reaksi.No KOMPETENSI INDIKATOR RANAH KOGNITIF RUANG LINGKUP MATERI  Sifat kimia suatu benda:  Mudah terbakar  Busuk dan asam  Berkarat  Mudah meledak  Beracun  Perubahan fisika. Perubahan sifat fisika yang tampak adalah bentuk. diikuti oleh perubahan sifat kimia melalui reaksi kimia. dan warna berubah. yaitu: terbentuk zat jenis baru. Menjelas kan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan. 20. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. zat yang berubah tidak dapat kembali ke bentuk semula. hanya diikuti perubahan sifat fisika saja. ukuran. menerangkan menyimpulkan Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 27 .

Koka: kokain. meliputi rokok dan miras 22. menerangkan menyimpulkan RUANG LINGKUP MATERI  Bahan kimia di rumah tangga:  Pembersih  Pemutih  Pewangi  Pembasmi serangga  Zat aditif makanan:  Pewarna  Pemanis  Pengawet  Penyedap rasa  Dampak negatif zat tersebut bagi tubuh manusia dan lingkungan  Psikotropika. RANAH KOGNITIF C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. menyebabkanperubahan kesadaran. mariyuana. INDIKATOR 21. Menjelas kan zat adiktif/psiko tropika serta pengaruh nya bagi tubuh manusia. Menjelas kan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungan nya. Kanabis: ganja. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. Opiat: heroin. hashish c.IPA BIOLOGI No 9 KOMPETENSI Mendeskripsi kan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan. meliputi: 1. morfin b. sintetis atau semi sintetis. Narkotika: zat dari tanaman atau bukan tanaman. crack 2. menerangkan menyimpulkan Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 28 . Zat aditif: jika masuk ke tubuh dapat mengakibatkan kecanduan.menyebabkan ketergantungan meliputi: a.

No KOMPETENSI INDIKATOR RANAH KOGNITIF RUANG LINGKUP MATERI  Psikotropika: zat/obat. serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan. ekstasi dsb. C1 PENGETAHUAN MENGIDENTIFIKA SI. tumbuh dan berkembang. Plantae (tumbuhan): sel banyak. metagenesis 3) Spermatophyta(T. transportasi  Menurut R. (bakteri dan alga biru) b. memerukan makan. eukariotik. reproduksi.alami/sintetis berkhasiat psikoaktif yang menyebabkanperubahan tingkah laku dan mental. 23. C3 PENERAPAN MENGELOMPOK KAN MENGKLASIFIKASI Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 29 . fotosintesis karena berklorofil. eukariotik. Fungi: sel 1/banyak.  Ciri-ciri makhluk hidup: bergerak. memilih.(biji tertutup) terdiri dari dikotil 10 Mendeskripsi kan ciri-ciri dan keanekaragam an makhluk hidup.(contoh: potozoa. tempat lembab. meliputi shabu-shabu. Tumbuhan ada 3 divisio: 1) Bryophyta(lumut): berspora. tak berklorofil. Biji): a) gymnospermae (biji terbuka) b) angiospermae. berspora. amfetamin. tumbuh. Whitaker. prokariotik. jamur rhizopus) d. adaptasi. makhluk hidup ada 5 kingdom: a. Mengidentifi kasi ciri-ciri makhluk hidup. respirasi.metagenesis 2) Pterydophyta(T. ekskresi. menyebutkan 24. Protista: sel 1/banyak.Paku): daun muda menggulung berspora. Mengelom pokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya. Monera: sei 1. eukariotik. berhifa (contoh: jamur merang. alga dan jamur lendir) c.

reptilia. perikanan 11 Mendeskripsi kan komponen ekosistem. echinodermata. platyhelminethes. menerangkan menyimpulkan 26. serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. antibiois.No KOMPETENSI INDIKATOR RANAH KOGNITIF RUANG LINGKUP MATERI dan monokotil  e. lahan kritis. simbiosis  Simbiosis ada 3: a. Animalia (hewan):  Invertebrata (tak bertulang belakang): porifera.akar kacang b. Parasitisme (+ -): benalu – pohon inang  rantai makanan  jaring makanan  piramida makanan  Usaha mengatasi pencemaran lingkungan berkaitan dengan peristiwa: a. 25. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan. menerangkan menyimpulkan Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 30 . arthropoda. aves dan mamalia  interaksi:predasi. pemanasan global (efek rumah kaca). mollusca. b. nemathelminthes.  Vertebrata (bertulang belakang). amfibia. hujan asam. kompetisi. perusakan lingkungan: hutan. Mutualisme (+ +) : Rhizobium . Menjelas kan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem. Komensalisme (+ o): remora . coelenterata.hiu c. anelida. Menjelas kan usahausaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. ada 5 kelas physces.

menerangkan menyimpulkan RUANG LINGKUP MATERI  Jumlah penduduk semakin meningkat. maka SDA yang dibutuhkan juga semakin banyak. air bersih udara bersih dan lahan 12 Menjelaskan sistem organ pada manusia. RANAH KOGNITIF C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN.arteri. menerangkan menyimpulkan  Alat: jantung pembuluh darah (vena. Menjelas kan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan /kasus 28.kapiler)  Sistem peredaran darah manusia dikenal sebagai peredaran darah ganda karena sekali edar. darah melewati jantung 2 kali. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN.  Peredaran ganda ada 2 macam:  Peredaran darah besar: jantung (bilik kiri) tubuh jantung (serambi kanan)  Peredaran darah kecil: jantung (bilik kanan) tubuh jantung (serambi kiri)  Sel darah ada 3 macam:  Eritrosit (sel darah merah): sebagai pengangkut.No KOMPETENSI INDIKATOR 27. Contoh: kebutuhan pangan. Menjelas kan sistem peredaran darah pada manusia/pe nyakit yang berhubung an dengan nya.  Leukosit (sel darh putih): antibdi//membunuh kuman Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 31 .

usus halus (12 jari. arterosklerosis.pepsin : mengubah protein menjadi pepton . hemoroid. kerongkongan. usus penyerapan). laktase. hemofili.amilase: mengubah amilum menjadi disakarida . lipase dsb Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 32 . bunuh kuman.aktifkan pepsinogen menjadi pepsin .Erepsin.HCl : pengasaman lambung. 29. Menjelas kan sistem pencernaan dan enzimenzim yang berperan pada proses pencernaan.No KOMPETENSI INDIKATOR RANAH KOGNITIF RUANG LINGKUP MATERI  Trombosit (keping darah): pembekuan darah  Mekanisme pembekuan darah: trombosit trombokinase Ca + vit A protrombin trombin fibrinogen fibrin  Penyakit: arteriosklerosis. leukopeni. anemia. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. leukimia. anus  Enzim yang berperan dalam pencernaan:  Ptialin: mengubah amilum menjadi maltosa (di mulut)  Di pankreas: .tripsin : protein menjadi asam amino  Di Lambung . menerangkan menyimpulkan  Alat pencernaan manusia: mulut.lipase : lemak menjadi asam lemak dan gliselol . usus besar. lambung.renin : menggumpalkan protein susu/kasein  Di usus halus . usus kosong.

batang tenggorok (trakea).laring. tulang rusuk terangkat. selangka. pengumpil. bronkitis(radang bronkus). menerangkan menyimpulkan Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 33 . belikat pendek : ruas jari. bronkia. menerangkan menyimpulkan RUANG LINGKUP MATERI  Alat pernapasan pada manusia: Rongga hidung. tengkorak. tulang rusuk menurun. betis. TBC. ruas tulang belakang.  Proses pernapasan:  Inspirasi (menarik nafas): diafragma dan otot antar tulang rusuk kontraksi. paha. Menjelas kan sistem gerak pada manusia/pe nyakit yang berhubung an dengan nya. sendi kaku (amfiartrosis) dan sendi gerak (diartrosis). rongga dada mengembang dan udara masuk  Ekspirasi (menghembuskan nafas): diafragma dan otot antar tulang rusuk melemas. emfisema(pembengkakanparu-paru)  Fungsi rangka  Bentuk tulang: pipa : (lengan. paru-paru. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. pluritis(radang pleura). rongga dada mengempis dan udara keluar.No KOMPETENSI INDIKATOR 30. pergelangan  Macam sendi: Sendi mati (sinartrosis).  Pernapasan dada dan pernapasan perut  Volume udara pernapasan  Penyakit pada sistem respirasi: asma. Menjelas kan sistem pernapasan pada manusia/pe nyakit yang berhubung an dengan nya. influenza. hasta. kanker paruparu. telapak jari) pipih : rusuk. 31. RANAH KOGNITIF C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. bronkeolus.

jari Putar : tulang pengumpil dengan tulang hasta Pelana : ibu jari dengan telapak tangan Peluru : bahu dendan lengan. pelvis/rongga. reabsorbsi di tubulus proksimal. (di singkat GUKUTRA)  Proses pembentukan urin: filtrasi di ginjal. panggul dengan paha  Perbedaan otot polos. augmentasi ditubulus distal. menerangkan menyimpulkan  Alat ekskresi: hati. ureter. kulit. paru-paru dan ginjal  Sistem urinaria : ginjal. Menjelas kan sistem ekskresi/rep roduksi pada manusia/pe nyakit yang berhubung an dengan nya.No KOMPETENSI INDIKATOR RANAH KOGNITIF RUANG LINGKUP MATERI  Macam sendi gerak : Engsel : siku. otot lurik dan otot jantung  Kerja otot antagonis pada lengan  Kelainan tulang: Lordosis : tulang belakang melengkung kedepan Kifosis : tl belakang lengkung ke belakang(bungkuk) Skoliosis : tl belakang lengkung ke samping 32.lutut. (di singkat FRA)  Bagian ginjal: koteks. kandung kemih.  Rep generatif (kawin) dan rep vegetatif (tak kawin)  Alat kelamin pria: testis-epididimis-vas deferent-vesika seminalis-kelenjar prostat-penis  Alat kelamin wanita bagian dalam: ovarium. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. medula. oviduk/tuba palopi-rahim-vagina  Menstruasi: luruhnya dinding rahim. uretra. sel telur tidak buahi Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 34 .

menerangkan menyimpulkan  Sel saraf (nefron) :  Dendrit: membawa rangsang ke badan sel. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. kemauan. ingatan. AIDS oleh HIV 33. sinapsis.  Badan sel  Neurit: membawa rangsang dari badan sel ke sel lainnya  Miofibril. cita rasa. tekanan darah dan suhu tubuh  Fungsi sumsum tulang belakang: pusat gerak refleks  Gerak refleks: rangsang-reseptor-saraf sensoriksumsum tulang belakang-saraf matorik-efektor  Gerak biasa: rangsang-reseptor-saraf sensorik-otaksaraf matorik-efektor  Fungsi saraf simpatik dan parasimpatik  Alat indera:  Bagian lidah yang berhubungan rasa.No KOMPETENSI INDIKATOR RANAH KOGNITIF RUANG LINGKUP MATERI  Penyakit: Pada ginjal: nefritis (rusaknya nefron/glomerulus) Pada alat kelamin: gonorgoe(kencing nanah) oleh bakteri Neicheria sp. bentuk  Bagian kulit Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 35 . bicara. mendengar  Fungsi otak kecil: pusat keseimbangan tubuh  Fungsi sumsum lanjutan: pusat nadi. sipilis (raja singa) oleh bakteri Triponema sp. nodus ranvier. pernapasan. Menjelas kan sistem saraf/alat indera pada manusia.  Fungsi otak besar: pusat kecerdasan.

meliputi: a. epidermis (pelindung) j.  Higroskopis (pengaruh kadar air): biji polong pecah  Esionom (gerak faktor luar). Menjelas kan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar. batang) daun batang dikotil 13 Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan 34. meliputi: xilem: mengangkut air dan mineral dari akar ke daun dan ploem: mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan j.No KOMPETENSI INDIKATOR RANAH KOGNITIF RUANG LINGKUP MATERI  Mekanisme kerja telinga  Fungsi hidung  Jaringan pada tumbuhan:  Meristem: sel aktif membelah. menerangkan menyimpulkan  Endonom (gerak faktor dalam) : rotasi kloroplas pd hidrila. meliputi: j. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. tigmotropisme. hidrotropis Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 36 . pengangkut. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. geotropisme. ujumg akar. kambium  Permanen. Menjelas kan struktur dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan. menerangkan menyimpulkan 35. penyokong  Organ tumbuhan (daun. pada ujung batang. Tropisme: bagian tubuh kearah rangsang fototopisme. meliputi palisade dan spon (fotosintesis) j. parenkim.

dan metagenesis Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 37 . Menjelas kan pertum buhan dan perkembang an pada makhluk hidup. kelangsungan hidup dan 37. menerangkan menyimpulkan  Fotosintesis: bahan: H2O. Menjelas kan proses fotosintesis melalui percobaanpercobaan tentang proses tersebut. Nasti: bagian tubuh tidak kearah rangsang Termonasti. menerangkan menyimpulkan  Tumbuh: proses pertambahan ukuran. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN. jumlah sel. bila ditetesi lugol berwarna biru kehitaman  Ingenhouze: hasil percobaan ada gelembung air di ujung tabung berupa oksigen 14 Mengaplikasi kan konsep pertumbuhan dan perkem bangan. CO2 Hasil : C6H12O6 dan O2  Percobaan fotosintesis:  Sachs: hasil percobaan berupa amilum. Taksis: seluruh tubuh mendekati/menjauhi rangsang 36. volume yang bersifat ireversibel/tidak akan kembali Berkembang: proses menuju kedewasaan  Faktor pertumbuhan dan perkembangan  Masa pubertas atau tanda kelamin sekunder pria  Masa pubertas atau tanda kelamin sekunder wanita  Metamofosis. C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN.No KOMPETENSI INDIKATOR RANAH KOGNITIF RUANG LINGKUP MATERI b. seismonasti c. niktinasti.

kepekatan urin ikan. RANAH KOGNITIF C2 PEMAHAMAN MENCONTOHKAN. teknologi dan masyarakat. Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/ seleksi alam dalam kelangsung an hidup makhluk hidup. tipe mulut serangga. MENGEMUKAKAN RUANG LINGKUP MATERI  Adaptasi makhluk hidup:  Morfologi (bentuk luar tubuh): bentuk paruh.No KOMPETENSI pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan. jati meranggas dll  Seleksi alam C3 PENERAPAN MERAMALKAN. Menginter pretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel. kerja enzim dll  Tingkah laku: lumba-lumba muncul ke permukaan air. batang enceng gondok berongga dll  Fisiologi: erytrosit dataran tinggi lebih banyak daripada dataran rendah. MENILAI. MENGAITKAN  Monohibrid : persilangan dengan 1 sifat beda  Dihibrid : persilangan dengan 2 sifat beda Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 38 . INDIKATOR 38. 39.

No KOMPETENSI INDIKATOR 40. Menjelas kan pemanfaat an biotek nologi untuk kehidupan manusia. menerangkan menyimpulkan RUANG LINGKUP MATERI  Bioteknologi ada 2:  Konvensional: menggunakan mikroba Sacharromyces sp: tape Acetobacter xylinum: nata de coco Aspergillus wentii : kecap Rhizopus orizae : tempe Lactobacilus bulgharigus : Yoghut Acetobacter aceti : cuka  Modern. meliputi: rekayasa genetika: memanipulasi gen untuk hasilkan makhluk hidup yang diinginkan transgenik: menyuntikkan gen bakteri Bacilus sp ke tanaman kapas. sehingga tanaman tersebut menjadi kebal terhadap hama fusi sel: penggabungan 2 sel yang berbeda untuk menghasilkan antibodi monoklonal (menyerang dan membunuh tumor/kanker) Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 39 . RANAH KOGNITIF C1 PENGETAHUAN/ C2 PEMAHAMAN MENJELASKAN.

Menjelaskan (explain) 4. Menghubungkan (relate) 13.4. Menggeneralisasikan (generalizing) Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 40 . Mendefinisikan (define) 6. Menceritakan (recite) 9. Mengurutkan (sequence) 8. Menganalogikan (make analogies) 7. menerapkan dan mengevaluasi Mencari keterangan (dealing with retrieval) 1. Membuat model (model building) 3. Membandingkan (compare) 11. Melengkapi (complete) 4. Memperhitungkan/meramalkan kemungkinan (extrapolating) 6. Meramalkan kejadian alam/sesuatu (forecasting) 9. Mengklasifikasi (classify) 12. Menamai (name) Memproses (processing) 1. Mengungkapkan sebab (state causality) Menerapkan dan mengevaluasi 1. Menganalisis (analyze) 10. PENGEMBANGAN INDIKATOR Klasifikasi Tingkat Kompetensi berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval). memproses (processing). Meneliti/melakukan eksperimen (experiment) 6. Mengevaluasi (evaluating) 4. Memprediksi (predicting) 7. Mengelompokkan (group) 3. Mendeskripsikan (describe) 2. Membedakan (distinguish) 14. Mendaftar (list) 5. Menyebutkan kembali (recall) 3. Menghitung (count) 7. Mengkategorikan (categorize) 9. Menerapkan suatu prinsip (applying a principle) 2. Merencanakan (planning) 5. Mengorganisasikan (organize) 5. Menduga/Mengemukakan pendapat/ mengambil kesimpulan (inferring) 8. Mensintesis (synthesize) 2. Mengidentifikasi (identify) 8.

Kata kerja operasional Ranah Kognitif: PENGETAHUAN (C1) Mengutip Menyebutkan Menjelaskan Menggambar Membilang Mengidentifikasi Mendaftar Menunjukkan Memberi label Memberi indeks Memasangkan Menamai Menandai Membaca Menyadari Menghafal Meniru Mencatat Mengulang Mereproduksi Meninjau Memilih Menyatakan Mempelajari Mentabulasi Memberi kode Menelusuri Menulis PEMAHAMAN (C2) Memperkirakan Menjelaskan Mengkategorikan Mencirikan Merinci Mengasosiasikan Membandingkan Menghitung Mengkontraskan Mengubah Mempertahankan Menguraikan Menjalin Membedakan Mendiskusikan Menggali Mencontohkan Menerangkan Mengemukakan Mempolakan Memperluas Menyimpulkan Meramalkan Merangkum Menjabarkan Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 41 . sikap (Afektif). mencakup pengetahuan (kognitif). Menciptakan (creating) 14. a.10. Membayangkan /mengkhayalkan/ mengimajinasikan (Imagining) 12. Menduga/membuat dugaan/ kesimpulan awal (hypothezing) Selain tingkat kompetensi. dan keterampilan (psikomotor). penggunaan kata kerja menunjukan penekanan aspek yang diinginkan. Merancang (designing) 13. Mempertimbangkan /memikirkan kemungkinan-kemungkinan (speculating) 11.

PENERAPAN (C3) Menugaskan Menentukan Menyesuaikan Memodifikasi Menghitung Membiasakan Menentukan Menggunakan Melatih Mengemukakan Menyelidiki Mempersoalkan Melaksanakan Memproduksi Mengaitkan Mensimulasikan Melakukan Memproses ANALISIS (C4) Menganalisis Memecahkan Mendeteksi Menyeleksi Menominasikan Megkorelasikan Menguji Menjelajah Menyimpulkan Menelaah Memerintahkan Mengaitkan Mengukur Mentransfer SINTESIS (C5) Mengabstraksi Menganimasi Mengkategorikan Mengombinasikan Mengarang Mengurutkan Menerapkan Mengkalkulasi Mengklasifikasi Membangun Mencegah Menggambarkan Menilai Menggali Mengadaptasi Mengoperasikan Mengkonsepkan Meramalkan Memproses Menyusun Memecahkan Mentabulasi Mengaudit Menegaskan Mendiagnosis Merinci Mendiagramkan Merasionalkan Mencerahkan Membagankan Menemukan Memaksimalkan Mengedit Memilih Melatih Mengatur Mengumpulkan Mengkode Menyusun Membangun Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 42 .

Menanggulangi Menciptakan Mengoreksi Merencanakan Meningkatkan Memfasilitasi Merumuskan Menggabungkan Membatas Menampilkan Memproduksi Merekonstruksi PENILAIAN (C6) Membandingkan Menilai Mengkritik Memutuskan Memprediksi Menugaskan Mempertahankan Mengukur Membuktikan Mengetes Memilih Menghubungkan Mengkreasikan Merancang Mendikte Memperjelas Membentuk Menggeneralisasi Memadukan Mereparasi Menyiapkan Merangkum Menyimpulkan Mengarahkan Menimbang Memisahkan Memperjelas Menafsirkan Memerinci Merangkum Memvalidasi Mendukung Memproyeksikan b. Kata kerja operasional Ranah Afektif: MENERIMA Memilih Mempertanyakan Mengikuti Memberi Menganut Mematuhi Meminati MENANGGAPI Menjawab Membantu Mengajukan Mengompromikan Menyenangi Menyambut Mendukung Menyetujui Menampilkan Melaporkan Memilih Mengatakan Memilah Menolak MENILAI Mengasumsikan Meyakini Melengkapi Meyakinkan Memperjelas Memprakarsai Mengimani Mengundang Menggabungkan Mengusulkan Menekankan Menyumbang MENGELOLA Menganut Mengubah Menata Mengklasifikasikan Mengombinasikan Mempertahankan Membangun Membentuk pendapat Memadukan Mengelola Menegosiasi Merembuk MENGHAYATI Mengubah perilaku Berakhlak mulia Mempengaruhi Mendengarkan Mengkualifikasi Melayani Menunjukkan Membuktikan Memecahkan Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 43 .

Kata kerja operasional Ranah Psikomotor: MENIRUKAN Mengaktifkan Menyesuaikan Menggabungkan Melamar Mengatur Mengumpulkan Menimbang Memperkecil Membangun Mengubah Membersihkan Memposisikan Mengonstruksi MEMANIPULASI Mengoreksi Mendemonstrasikan Merancang Memilah Melatih Memperbaiki Mengidentifikasikan Mengisi Menempatkan Membuat Memanipulasi Mereparasi Mencampur PENGALAMIAHAN Mengalihkan Menggantikan Memutar Mengirim Memindahkan Mendorong Menarik Memproduksi Mencampur Mengoperasikan Mengemas Membungkus ARTIKULASI Mengalihkan Mempertajam Membentuk Memadankan Menggunakan Memulai Menyetir Menjeniskan Menempel Menseketsa Melonggarkan Menimbang Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 44 .c.

dan Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2011/2012.PUSTAKA Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2011 tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan dan Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah dan Ujian Nasional Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama. Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2011/2012 Analisis UN IPA SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 Tedy Wibowo 45 . Madrasah Tsanawiyah. Madrasah Aliyah. Sekolah Menengah Atas. Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa. Sekolah Menengah Atas Luar Biasa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful