IPTEK

PP-IPTEK merupakan sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuhkembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di masyarakat untuk segala generasi secara MUDAH, MENGHIBUR, BERKESAN dan KREATIF; melalui berbagai program dan peragaan interaktif yang dapat disentuh dan mainkan. Melalui interaksi ini, akan dapat mendorong tumbuhnya pemikiran tentang APA, MENGAPA dan BAGAIMANA iptek digali dan dimanfaatkan bagi kehidupan manusia agar lebih nyaman dan sejahtera. PP-IPTEK berkomitmen untuk menjadi “titik temu” pembelajaran iptek bagi segala generasi, agar komunikasi, inspirasi dan kreativitas tumbuh bersama. Sejarah PP-IPTEK Pada tahun 1984 gagasan pendirian science centre di Indonesia diprakasai oleh Menristek, Prof. Dr. B.J. Habibie, dengan dibentuknya Panitia Kerja dengan SK Menistek No.15/M/Kp/IX/1984 untuk melakukan studi banding, pengkajian konsepsi dasar pembangunan, tema peragaan, system pengelolaan, serta bentuk arsitekturnya. Dibentuk Supporting Committee tahun 1987 untuk melakukan sosialisasi science centre kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pameran fisiska dan matematika di Gedung Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Fuad Hasan. Pada tahun 1988-1990 dikembangkan 20 peragaan interaktif bidang IPA di Anjungan Istana Anak-Anak TMII, sebagai hasil kerjasama dengan Fakultas Pendidikan Matematika & IPA, IKIP Jakarta. Tujuannya untuk pengenalan dan studi penjajakan animo masyarakat, ternyata kesan pengunjung sangat positif dan para remaja dapat mengenal iptek dengan lebih mudah dan nyata. Konsep awal perencanaan Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PPIPTEK) dibantu oleh US Agency for International Development dan Asia Foundation. Sesuai dengan konsep awal tersebut, Master Plan PP-IPTEK dikembangkan oleh Tim Kementerian Ristek, PT Tripanoto Sri Konsultan, Tim dari Musee de La Villete dan Sopha Development dari Perancis.

pencium. Alat peraga merupakan sumbangan dari industri strategis. dengan luas bangunan 24.000 m2. PP-IPTEK menempati gedung permanen pada tanggal 10 November 1995. operasi dan eksperimen. yang berlokasi di poros utama kompleks TMII menghadap Plaza Perdamaian Monumen KTT Non-Blok.300 m2. . pengunjung diberi kesempatan untuk menjajagi fenomena dan khasanah iptek secara mandiri. Sejak saat itu tersedia sarana pembelajaran iptek yang memberi kesempatan kepada pengunjung untuk melihat dan mempelajari rahasia dan gejala alam yang diperagakan. mempelajari dengan menggunakan indera pendengar. serta sebagian dibuat secara in-house dengan bantuan KIMLIPI. IBM.000 m2 dan luas area 42. dan peraba melalui manipulasi. menjelajah tanpa batas. kelompok. dan BATAN. agar memberi inspirasi dalam meningkatkan daya kretivitas dan inovasi. dan keluarga. Melalui peragaan dan program. PP-IPTEK diresmikan oleh Presiden Soeharto di gedung Terminal B Skylift-TMII seluas 1.Pada tanggal 20 April 1991. LUK BPPT. Filosofi konsep desain bangunannya futuristic.

Utara : Parkir selatan TMII . Plaza Tugu Api Pancasila.Barat : Museum Olahraga TMII . dengan batas-batas : . ilmu pengetahuan dan teknologi.Selatan : R. Dalam perkembangan selanjutnya pemutaran film di Teater Imax Keong Emas tidak hanya menampilkan film-film seri Indonesia Indah saja. lbu Tien Soeharto. Raya Hankam . dan mulai dioperasikan pada tanggal 20 April 1984 yang dimaksudkan sebagai sarana rekreasi yang mendidik guna memperkenalkan kekayaan alam dan budaya bangsa melalui tanyangan film (audio-visual) layar raksasa dengan menggunakan kecanggihan teknologi sinematografi modem Proyektor IMAX dengan memutar film "Indonesia Indah".Timur : Taman Bunga Keong Emas TMII .Theater Imax Keong Emas Teater Imax Keong Emas didirikan atas prakarsa Almarhumah Hj. juga diselingi dengan memutar film-film import yang bernuansa pendidikan dengan tema-tema hiburan. LOKASI Teater Imax Keong Emas berada di areal TMII arah sebelah selatan. namun. maupun tema-tema lingkungan hidup.

Menteri Kehutanan pada tanggal 16 Maret 1990. Tempat wisata keluarga yang satu ini pasti udah familiar di ingatan warga Indonesia lantaran wisata yang bernuansa lingkungan dan berorientasi habitat satwa pada alam bebas yang teletak di Bogor ini bisa digunakan untuk melegakan pernafasan dan menghilangkan stress yang tertimbun selama bekerja. gajah dan kuda tunggang. merupakan wahana yang menarik untuk di saksikan. Untuk wahana yang disebut terakhir ini. ada lagi wahana menarik lainnya.Taman Safari Cisarua Sejarah Taman Safari Cisarua. dengan atraksi koboi yang memukau. selama lebih kurang 15 menit. rata-rata 16-24 derajat celsius. Taman itu lantas ditetapkan sebagai obyek wisata nasional oleh Soesilo Soedarman. Taman Safari Indonesia I dibangun tahun 1980 di perkebunan teh yang sudah tidak produktif. safari park. di antaranya. Pertunjukannya dilakukan di dalam arena yang disetting ala koboi. babby zoo. safari trek. Dengan suhu yang sejuk. orang utan dan lain-lain. taman itu kembali diresmikan sebagai Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyrul Harahap. Selain wahana tersebut. merupakan wahana rekreasi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pertunjukan ini dapat disaksikan secara gratis setiap hari. Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada saat itu. Banyak obyek menarik yang terdapat di kawasan yang banyak mengkoleksi beragam jenis binatang ini. Belakangan. prmates & reptiles. animal education show. di wahana ini Anda bisa berfoto bersama dengan harimau putih. caravan & hotel dan wild-wild west. Taman Safari Indonesia (TSI) belokasi di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua. . seperti di baby zoo. taman burung. kincir raksasa. macan tutul. Lokasi ini lantas menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. yang terletak pada ketinggian 900-1800m diatas permukaan laut.

Setiap ekor gajah didampingi oleh pawangnya dan bisa ditumpangi empat orang dewasa. Masih banyak lagi wahana seru di TSI. . Gajah tersebut akan melewati jalan yang berumput.Salah satu wahana dan program baru di TSI adalah Elephant Adventure. agar Anda tidak penasaran segera berkunjung dan ajak keluarga tercinta berekreasi seru ala TSI. Program tersebut mengajak para pengunjung dengan menunggang di atas punggung gajah mengelilingi kawasan TSI selama hampir satu jam. dan melewati arus air sehingga pengunjung benar-benar bisa menikmati panorama alam yang ada di TSI.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful