Kata Pengantar Setelah membahas berbagai materi dalam geografi sekarang materi yang lain dari sebelumnya , yaitu

materi Batuan Penyusun Permukaan Bumi. Semogo pembahasan ini dapat memberikan penambahan pengetahuan yang lebih dalam tentang geografi . Agar pembahasan ini tidak menyimpang dari kurukulum, kami mengacu pada pelajaran geografi tingkat SMA/MA Kelas X untuk semester pertama Guna memenuhi tuntutan kurikulum tentang penilaian geografi yang meliputi pengetahuan (kognitif), dan sikap ( afektif ), maka dalam modul ini disajikan dalam bentuk ringkasan materi, evaluasi serta menggunakan bahasa yang sederhana dan gambar yang sesuai dengan harapan agar mudah untuk difahami oleh peserta didik.. Modul ini dapat tersusun berkat bantuan dari berbagai pihak Untuk itu pada kesempatan ini pula kami haturkan terima kasih yang sebesarbesarnya kepada, Kepala Sekolah SMA Islam Said Na’um, Wakasek Bidang Kurikulum serta teman-teman guru yang telah banyak memberikan kesempatan, dorongan baik materiil maupun spirituil sehingga penyusunan modul ini dapat selesai dengan baik, semoga amal baik mereka diterima oleh Allah SWT dan modul ini dapat bermanfaat, khususnya diri saya sendiri dan para pembaca pada umumnya. Meskipun telah dibantu oleh berbagai pihak, namun saya yakin modul ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran masih sangat kami butuhkan demi sempurnanya buku ini. Penyusun

1

Rangkuman B. Daftar Pustaka 13 14 14 . Siklus Batuan III. PENUTUP A. Evaluasi Akhir Modul C. Kunci Jawaban D.DAFTAR ISI Kata Pengantar I. C. D. PEMBAHASAN 4 4 Batuan Penyusun Permukaan Bumi 1 Batuan Beku 2 Batuan Endapan/Batuan Sedimen 3 Batuan Metamorfosis 5–7 7– 10 10. A. Pendahuluan 3 4 4 1 Peta Konsep Deskripsi Modul Petunjuk Penggunaan Modul Prasyarat Kompetensi II A. B.11 12 B.15 15 2 . E.

I. PENDAHULUAN A. Peta Konsep B A T U A N B E K U Tempat Pengendapan Batuan Beku Dalam Batuan Beku Korok Batuan Beku Luar Batuan Sedimen akuatis Tenaga Yang Mengendapkan Batuan Sedimen Aeolis Batuan Sedimen Glasial Batuan Sedimen Mekanik Cara Pengendap an Batuan Sedimen Kimiawi B A T U A N S E D I M E N Batuan Sedimen Organik Batuan Sedimen Teristris Batuan Sedimen Marine Tempat Pengendapa n Batuan Sedimen Limnis Batuan Sedimen Fluvial B A T U A N M E T A M O R F Batuan Sedimen Glasial Metamorf Kontak Metamorf Dinamo Metamorf Pneumatolitis 3 .

B. kembangkanlah materi – materinya dengan cara mencari sumber lain termasuk internet kemudian diskusi. Garisbawahi kata atau istilah yang belum Anda Fahami dan kuasai peta konsep di atas kuasai dan diskusikan dengan teman atau guru 3. ada beberapa hal yang harus anda perhatikan : 1.baik dengan teman ataupun guru juga D. 2. Selamat belajar dan semoga sukses E. Kompetensi Memahami sejarah pembentukan bumi 4 . Simak dan fahami peta konsep di atas. Petunjuk Penggunaan Modul 1. Deskripsi Modul Pada modul ini penulis akan membahas tentang tektonik lempeng C. Ulangi dan ulangi lagi kalau belum mengerti 4. Kuasai materi pada modul sebelumnya 3. Karena peta konsep tersebut merupakan kerangka pada modul ini yng pada akhirnya akan menuntun kerangka berfikir anda dalam mempelajari materi . 2. Prasyarat Sebelum Anda membaca modul ini secara keseluruhan.

baik di bawah permukaan sebagai batuan intrusif (plutonik) maupun di atas permukaan sebagai batuan ekstrusif (vulkanik). PEMBAHASAN Batuan Penyusun Permukaan Bumi Pengertian Batuan  Batuan adalah material alam yang tersusun atas kumpulan (agregat) mineral baik yang terkonsolidasi maupun yang tidak terkonsolidasi yang merupakan penyusun utama kerak bumi serta terbentuk sebagai hasil proses alam. klasifikasi batuan. baik di mantel ataupun kerak bumi. dan dengan itu dipecahkan kepada tiga kumpulan yang besar yaitu: 1. dengan atau tanpa proses kristalisasi. 1962). Batuan merupakan bahan pembentuk kerak bumi. "api") adalah jenis batuan yang terbentuk dari magma yang mendingin dan mengeras. atau perubahan komposisi.  Batuan / Batu adalah sejenis bahan yang terdiri daripada mineral dan dikelaskan menurut komposisi mineral.II. Magma ini dapat berasal dari batuan setengah cair ataupun batuan yang sudah ada. dan sejarah geologinya. Lebih dari 700 tipe batuan beku telah berhasil dideskripsikan. Batuan igneus atau Batuan beku Pengertian Batuan Beku  Batuan beku yaitu batuan yang terbentuk sebagai hasil dari kumpulan mineral-mineral silikat hasil penghabluran magma yang mendingin (Walter T Huang. Petrologi adalah ilmu yang mempelajari batuan pembentuk kulit bumi.  Batuan beku atau batuan igneus (dari Bahasa Latin: ignis. proses pelelehan terjadi oleh salah satu dari proses-proses berikut: kenaikan temperatur. Umumnya. Berdasarkan teksturnya ( ukuran dan bentuk hablur-hablur mineral di dalam batu )batuan beku ini bisa dibedakan lagi menjadi • batuan beku plutonik 5 . penurunan tekanan. komposisi batuan. yang mencakup mengenai cara terjadinya. sehingga mengenal macam-macam dan sifat batuan adalah sangat penting. Batu-batuan secara umum biasanya dibagi menurut proses yang membentuknya. sebagian besar terbentuk di bawah permukaan kerak bumi.

Batuan Beku Dalam Batuan beku dalam terbentuk jauh di bawah permukaan bumi. Batu Gabro 6 . Batuan beku plutonik umumnya terbentuk dari pembekuan magma yang relatif lebih lambat sehingga mineral-mineral penyusunnya relatif besar. Batuan beku dalam hanya terdiri dari kristal saja. dan granit (yang sering dijadikan hiasan rumah). Batuan beku luar a. Sedangkan batuan beku vulkanik umumnya terbentuk dari pembekuan magma yang sangat cepat (misalnya akibat letusan gunung api) sehingga mineral penyusunnya lebih kecil. Karena tempat pembekuanya dekat dengan astenosfer. Contohnya adalah basalt.batuan beku dibedakan menjadi a. Gb. Batu Basalt Berdasarkan tempat pembekuanya. diorite. Batuan beku korok c. Batuan beku dalam disebut juga plutonis. Perbedaan antara keduanya bisa dilihat dari besar mineral penyusun batuannya. Batu Dacite Gb. dan dacite. Contoh batuan beku plutonik ini seperti gabro. andesit (yang sering dijadikan pondasi rumah). Contoh : Granit yang mengandung kuarsa. Batu Granit  Gabro yang di dalamnya trdapat mineral yang berwarna gelap Gb. pendinginan magmanya berlangsung sangat lambat sehuingga menghasilkan batuan atau kristal yang besar – beasr dan berbutir kasar. feldspar dan mika dengan tekstur rata  Gb.• batuan vulkanik. Batuan beku dalam b. yaitu pada kedalaman 15 – 50 km.

b. pengendapan (deposition) karena aktivitas biogenik. Magma yang keluar dari permukaan bumi mengalami proses pendinginan dan pembekuan yang sangant cepat. termasuk dalam batuan endapan. . Proses pembekuan magma berlangsung agak cepat sehingga membentuk batuan ysng mempunyai kristal yang besar. batu pasir. kesil bahkan ada yang tidak bahkan ada yang tidak mengkristal misalnya bahan amorf. Jenis batuan umum seperti batu kapur. Magma yang mempunyai susunan granit dan membeku di dalam gang akan membentuk batuan beku yang disebut profiri granit ( granit profir ) Batuan beku korok sering disebut batuan terobosan Batuan Beku Luar Batuan beku luar ( efusif ) atau disebut juga batuan lelehan. Contoh : • Batu apung yang mengandung rongga – rongga gas. dan lempung. Batuan Beku Korok ( gang ) Batuanbeku korok terbentuk di daerah korok atau celah krak bumi sebelum magma sampai ke permukaan bumi. • Obsidian atau batu kaca yang bersinar dan berwarna hitam. Penamaan batuan sedimen biasanya berdasarkan besar butir penyusun batuan tersebut Penamaan tersebut adalah: breksi. Oleh karena itu butiranya halus dan tidak terbentuk kristal – kristal batuan. batu lempung * Breksi adalah batuan sedimen dengan ukuran butir lebih besar dari 2 mm dengan bentuk butitan yang bersudut * Konglomerat adalah batuan sedimen dengan ukuran butir lebih besar dari 2 mm dengan bentuk butiran yang membudar 7 c. kuning dan coklat Ciri – ciri batuan beku ⇒ Homogen dan kompak ⇒ Tidak ada pelapisasan ⇒ Tidak mengandung fosil 2. abu – abu. konglomerat. Batuan endapan meliputi 75% dari permukaan bumi. dan pengendapan (precipitation) dari larutan. Batuan ini proses membekunya di permukaan bumi. batupasir. Batuan endapan atau batuan sedimen Pengertian Batuan Sedimen ∗ batuan endapan atau batuan sedimen adalah salah satu dari tiga kelompok utama batuan (bersama dengan batuan beku dan batuan metamorfosis) yang terbentuk melalui tiga cara utama: pelapukan batuan lain (clastic).

Batuan sediment organik terbentuk dari gabungan sisa-sisa makhluk hidup.* Batu pasir adalah batuan sedimen dengan ukuran butir antara 2 mm sampai 1/16 mm * Batu lanau adalah batuan sedimen dengan ukuran butir antara 1/16 mm sampai 1/256 mm * Batu lempung adalah batuan sedimen dengan ukuran butir lebih kecil dari 1/256 mm Batuan sediment ini bisa digolongkan lagi menjadi beberapa bagian diantaranya 1. Gb. Biasanya batuan tersebut menjadi batuan penyimpan hidrokarbon (reservoir rocks) atau bisa juga menjadi batuan induk sebagai penghasil hidrokarbon (source rocks). Besar butir dari batuan sediment klastik bervariasi dari mulai ukuran lempung sampai ukuran bongkah. 2. Proses sedimentasi 8 . batuan sediment klastik. Batuan sediment kimia terbentuk melalui proses presipitasi dari larutan. Biasanya batuan tersebut menjadi batuan pelindung (seal rocks) hidrokarbon dari migrasi. batuan sediment organik. batu pasir dan batu lempung. Batuan sediment klastik terbentuk melalui proses pengendapan dari material-material yang mengalami proses transportasi. batuan sediment kimia. Contohnya adalah batugamping terumbu. Batuan ini biasanya menjadi batuan induk (source) atau batuan penyimpan (reservoir). 3. Contohnya anhidrit dan batu garam (salt). Contohnya batu konglomerat.

Contohnya : tanah loss. Menurut Tempat Pengendapan c. Menurut Cara Pengendapan b.2.2. batuan sedimen limnis adalah batuan sedimen yang diendapkan di danau 9 . a. Batuan sedimen kimiawi adalah batuan yang diendapkan secara kimiawi. konglomerat ( terdiri dari batu – batu yang bulat ) dan pasir.3. atau ai hujan.1. b. Batuan sedimen aeolis adalah batuan sedimen yang diendapkan oleh tenaga angin. Batuan sedimen mekanik adalah batuan yang diendapkan secara mekanik tanpa mengubah susunan kimia batuan. tanah tuf dan tanah pasir di gurun. b. Batuan sedimen akuatis adalah batuan sedimen yang diendapkan oleh tenaga air sungai.1. batuan sedimen teristris adalah batuan sedimen yang diendapkan di darat c. batuan sedimen marine adalah batuan sedimen yang diendapkan di laut c. Menurut Tenaga Yang Mengendapkan a. Batuan sedimen glasial adalah batuan sedimen yang diendapkan oleh tenaga gletser (es) contoh : morine. Contoh batuan sedimen ini adalah breksi ( terdiri dari batu – batuyang bersudut tajam) .Gb. b.3.2. cara pengendapan dan tempat pengendapan a.3.1. a. batuan sedimen organik adalah batuan yang diendapkan oleh kegiatan organik. Pada proses ini susunan kimiawi batuan mengalami perubahan.danau. batu sedimen Batuan sedimen dibedakan menjadi tiga kelompok yatu menurut tenaga yang mengendapkan. c.

batu marmer. dan skist. disebut magma. Batuan metamorf menyusun sebagian besar dari kerak Bumi dan digolongkan berdasarkan tekstur dan dari susunan kimia dan mineral (fasies metamorf) Mereka terbentuk jauh dibawah permukaan bumi oleh tegasan yang besar dari batuan diatasnya serta tekanan dan suhu tinggi.Apabila semua batuanbatuan yang sebelumnya terpanaskan dan meleleh maka akan membentuk magma yang kemudian mengalami proses pendinginan kembali dan menjadi batuan-batuan baru lagi. batuan beku. 10 . batuan sebelumnya akan berubah tekstur dan strukturnya sehingga membentuk batuan baru dengan tekstur dan struktur yang baru pula. Protolith dapat berupa batuan sedimen. batuan sedimen glasial adalah batuan sedimen yang diendapkan di daerah – daerah yang terdapat es atau gletser 3.  Batuan metamorf adalah batuan yang telah mengalami perubahan baik fisik maupun kimiawinya Akibat bertambahnya temperature dan/atau tekanan. atau tekanan dan temperatur (HGF Winkler. Mereka juga terbentuk oleh intrusi batu lebur. ke dalam batuan padat dan terbentuk terutama pada kontak antara magma dan batuan yang bersuhu tinggi. oleh suatu proses yang disebut metamorfisme. salah satu kelompok utama batuan yang merupakan hasil transformasi atau ubahan dari suatu tipe batuan yang telah ada sebelumnya. Pengertian batuan metamorf  Batuan metamorf yaitu batuan yang berasal dari batuan induk yang mengalami perubahan tekstur dan komposisi mineral pada fasa padat sebagai akibat perubahan kondisi fisik.4. batuan sedimen fluvial adalah batuan sedimen yang diendapkan di sungai c. tekanan temperatur.c. yang berarti "perubahan bentuk". Contoh batuan tersebut adalah batu sabak atau slate yang merupakan perubahan batu lempung. atau batuan metamorf lain yang lebih tua. Batu marmer yang merupakan perubahan dari batu gamping. batuan metamorfosis atau Batuan metamorf (methamorphic rock).5. batu sabak. protolith. Beberapa contoh batuan metamorf adalah gneis. 1967 dan 1979). Batu kuarsit yang merupakan perubahan dari batu pasir. Protolith yang dikenai panas (lebih besar dari 150 °Celsius) dan tekanan ekstrim akan mengalami perubahan fisika dan/atau kimia yang besar.

Adanya tekanan dari arah yang berlawanan menyebabkan antara lain perubahan butir – butir mineral menjadi pipih dan ada yang mengkristal kembali.batuan sedimen dan batuan metamorf beserta proses pembentukanya menunjukan adanya hubungan diantaranya. Hal itu karena temperaur yang maki rendah. Suhu yang sangat tinggi dikarenakan letaknya dekat dengan magma. dan zink (seng) dihasilkan dari batuan limestone dan calcareous shale. metamorf dinamo ( dinamorf kinetik ) Batuan metamorf dinamo tebentuk karena pengaruh tekanan yang sangat tinggi. timah. Hubungan tersebut bahkan menggambarkan suatu skema daur batuan atau siklus batuan 11 . Batuan metamorf dibedakan menjadi tiga. Pada zona metamorfosis banyak ditemui mineral – mineral bahan galian yang letaknya relatif teratur menurut jauhnya dari batuan intrusi.misalnya di sekitar batuan intrusi. tembaga. sabak dan serpih c. Contohnya batholith. sill dan dike Makin jauh dari intrusi maki berkurang derajat metamorfosisnya. Contoh batuan metamorf pneumatolitis kontak adalah kuarsa dengan gas borium berubah menjadi turmalin (sejenis permata ) Pengetahuan tentang batuan beku. metamorf pneumatolitis kontak Batuan metamorf pneumatolitis kontak terbenuk karena pengaruh gas – gas dari magma. lakolith. Pengaruh gas panas pada mineral batuan menyebabkam pengaruh komposisi kimiawi mineral tersebut. metamorf dinamo ( dinamorf kinetik ) dan metamorf pneumatolitis kontak metamorf kontak (metamorf termal ) Batuan metamorf kontak trbentuk karena pengaruh intrusu magma yang suhunya sangatbtinggi. Batuan metamorf dinamo pada umumya terjadi di bagian atas kerak bumi. stock. waktu yang sangat lama dan dihasilkana dalam proses pembentukan kulit bumi karena tenaga endogen. yaitu metamorf kontak (metamorf thermal ). Pada jenis batuan metamorfdinamo ini batuan sedimen berubah menjadi batuan hablur misalnya gnesis.Penelitian batuan metamorf (saat ini tersingkap di permukaan bumi akibat erosi dan pengangkatan) memberikan kita informasi yang sangat berharga mengenai suhu dan tekanan yang terjadi jauh di dalam permukaan bumi. Mineal – mineral bahan galian yang terbentuk melalui proses metamorosis antara lain besi.

SIKLUS BATUAN Siklus batuan menggambarkan seluruh proses yang dengannya batuan dibentuk.B. mengalami dekomposisi. dan biosfer dan digerakkan oleh energi panas internal Bumi dan energi panas yang datang dari Matahari. siklus batuan ini akan terus berlanjut tanpa henti (lihat Gambar ). Selanjutnya. tektonik dapat mengangkat kerak bumi dan menyingkapkan batuan sehingga batuan tersebut mengalami pelapukan dan erosi. dan penimbunan yang lebih dalam lagi membuat batuan metamorfik meleleh membentuk magma yang dari magma ini kemudian terbentuk batuan beku yang baru. proses erosi mentansportasikan regolit dan kemudian mengendapkannya sebagai sedimen. Kerak bumi yang tersingkap ke udara akan mengalami pelapukan dan mengalami transformasi menjadi regolit melalui proses yang melibatkan atmosfer. Kemudian. Menggambarkan proses yang menyebabkan batuan berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain dan ditransportasikan. Siklus ini adalah fenomena yang terjadi di kerak benua (geosfer) yang berinteraksi dengan atmosfer. proses-proses tektonik yang menggerakkan lempeng dan pengangkatan kerak Bumi menyebabkan batuan sedimen mengalami deformasi. Pada berbagai tahap siklus batuan ini. ditransportasikan. hidrosfer. dimodifikasi. dan dibentuk kembali sebagai hasil dari proses internal dan eksternal Bumi. Setelah mengalami deposisi. hidrosfer dan biosfer. Sumber: Skinner dan Porter (2000) 12 . Dengan demikian. sedimen tertimbun dan mengalami kompaksi dan kemudian menjadi batuan sedimen. Siklus batuan ini berjalan secara kontinyu dan tidak pernah berakhir. Penimbunan yang lebih dalam membuat batuan sedimen menjadi batuan metamorik. Gambar Siklus batuan.

b. Batuan sedimen aeolis 3. 2. Batuan metamorfosis atau Batuan metamorf (methamorphic rock). 3. 1. Batuan sedimen 2. Batuan sedimen kimiawi 3. PENUTUP Rangkuman Batuan didefinisikan sebagai semua bahan yang menyusun kerak bumi dan merupakan suatu agregat (kumpulan) mineral-mineral yang telah menghablur Batuan Penyusun Permukaan Bumi Batuan Beku Batuan sedimen Batuan Metamorf . c. a. yaitu metamorf kontak (metamorf thermal ). Batuan sedimen akuatis 2.III. 1. Batuan igneus atau Batuan beku Berdasarkan tempat pembekuanya.batuan beku dibedakan menjadi Batuan beku dalam Batuan beku korok Batuan beku luar 2. batuan sedimen organik Menurut Tempat Pengendapan batuan sedimen dibedakan menjadi : 1. Batuan Sedimen Menurut Tenaga Yang Mengendapkan batuan sedimen dibedakan menjadi : 1. batuan sedimen teristris 2. A. Batuan metamorf dibedakan menjadi tiga. Batuan sedimen glasial Menurut Cara Pengendapan batuan sedimen dibedakan menjadi : 1. metamorf dinamo ( dinamorf kinetik ) dan metamorf pneumatolitis kontak 13 . batuan sedimen limnis 4. batuan sedimen glasial 3. batuan sedimen 5. batuan sedimen marine 3.

Selanjutnya. 4.B. Evaluasi Akhir Modul 1. proses-proses tektonik yang menggerakkan lempeng dan pengangkatan kerak Bumi menyebabkan batuan sedimen mengalami deformasi.Batuan sedimen .Batuan Beku . Kunci Jawaban Batuan didefinisikan sebagai semua bahan yangmenyusun kerak bumi dan merupakan suatu agregat (kumpulan) mineral-mineral yang telah menghablur Batuan penyusun permukaan bumi 1. Penimbunan yang lebih dalam membuat batuan sedimen menjadi batuan metamorik. Pada berbagai tahap siklus batuan ini. Kemudian. proses erosi mentansportasikan regolit dan kemudian mengendapkannya sebagai sedimen. Setelah mengalami deposisi. dan penimbunan yang lebih dalam lagi membuat batuan metamorfik meleleh membentuk magma yang dari magma ini kemudian terbentuk batuan beku yang baru. C. Sebutkan salah satu pengertian batuan Sebutkan batuan penyusun permukaan bumi Jelaskan proses siklus batuan Jelaskan macam batuan sedimen berdsarkan metamorf tempat pengendapanya 5. tektonik dapat mengangkat kerak bumi dan menyingkapkan batuan sehingga batuan tersebut mengalami pelapukan dan erosi. 3. hidrosfer dan biosfer. . Siklus batuan Kerak bumi yang tersingkap ke udara akan mengalami pelapukan dan mengalami transformasi menjadi regolit melalui proses yang melibatkan atmosfer. Dengan demikian.Batuan Metamorf 2. 2. sedimen tertimbun dan mengalami kompaksi dan kemudian menjadi batuan sedimen. siklus batuan ini akan terus berlanjut tanpa henti Jelaskan proses terbentuknya batuan pneumatolitis kontak 14 .

.Yudhstira. Jakarta.Ydhistira 4) K.2007.Wardiyatmoko dan H. batuan sedimen glasial adalah batuan sedimenyang diendapkan di daerah – daerah yang terdapat es atau gletser 4. Bintarto.Lucilia Sri Wahyuni dkk.Geografi Untuk SMA Kelas 1.2002. batuan sedimen teristris adalah batuan sedimenyang diendapkan di darat b. proses terbentuknya batuan metamorf pneumatolitis kontak : Batuan metamorf pneumatolitis kontak terbenuk karena pengaruh gas – gas dari magma.Jakarta. D.Geografi Untuk SMU Kelas 1. Pengaruh gas panas pada mineral batuan menyebabkam pengaruh komposisi kimiawi mineral tersebut.Bambang Priyono Aji.3.R.Erlangga http://earlfhamfa. batuan sedimen limnis adalah batuan sedimenyang diendapkan di danau d.Bekasi. PT Galaxy Puspa Mega 3) Tim Geografi.2004.Jakarta. Batuan sedimen berdasarkan tempat pengendapan a. Daftar Pustaka 1) Samadi.1995.Geograf SMA/MA Kelas X.com 5) 15 .wordpress.Geografi Untuk Kelas 1 SMU Menuju Kurikulim Berbasis Kompetisi. 2) Atik Udayanti. batuan sedimen marine adalah batuan sedimenyang diendapkan di laut c. batuan sedimen fluvial adalah batuan sedimen yang diendapkan di sungai e.