MAKALAH MULTIMEDIA

DISUSUN OLEH : Nama NIM Kelas : Andang Wijanarko : 10.12.5201 : 10-S1SI-10

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2011/2012

Juga dengan penggunaan green screen yang memudahkan untuk memberi efek dan nilai lebih dalam suatu project multimedia. Permainan multimedia adalah hobi populer dan program perangkat lunak yang tersedia baik sebagai CD-ROM atau online. Hiburan dan seni rupa juga dibantu oleh multimedia . . green screen. Kekuatan multimedia dan internet terletak pada cara di mana informasi terkait. Multimedia merupakan konvergensi teks. gambar. diputar.BAB I PENDAHULUAN Multimedia biasanya direkam. Video game untuk anak-anak dan orang dewasa juga menggunakan fitur multimedia yang memberikan efek 3D dan membuat gambar menjadi hidup. tetapi juga dapat menjadi bagian dari live performance. terutama membantu dalam hiburan untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. video. seperti komputerisasi dan perangkat elektronik. ditampilkan atau diakses oleh perangkat pengolahan informasi konten. Dalam seni ada artis multimedia yang menggunakan multimedia yang efisien untuk mendapatkan efek yang berbeda dan teknik. Dalam pembuatan dan pengeditan project multimedia khususnya video di butuhkan kamera. dan alat bantu lainnya. media rekam. dan suara ke dalam bentuk tunggal.

Dalam era teknologi canggih sekarang ini. Kamera Kamera adalah alat perekam sebuah object. . atau media perekam lain seperti gambar di bawah ini . Yang lebih banyak digunakan untuk proses fotografi/film adalah kamera dengan sistem digital.BAB II PEMBAHASAN A. dimana media penyimpanan gambar hasil potret/rekaman menggunakan memory card/ kartu memori. fungsi kamera adalah untuk membentuk dan merekam suatu bayangan hasil pemotretan pada lembaran film. penggunaan kamera dengan lembaran film mulai berkurang. yang biasa disebut kamera digital.

dan mini DVmini Ada beberapa teknik untuk pengambilan gambar atau video. Camera ini terdiri dari 2 jenis yaitu: Camera studio (pedestal camera) dan camera portable (handheld) b. kamera untuk merekam gambar. Kamera Consumer Kamera consumer juga sering disebut kamera amatir. formatnya Video 8. Bird Eye View Pengambilan gambar yang dilakukan dari atas di ketinggian tertentu sehingga memperlihatkan lingkungan yang sedemikian luas dengan benda-benda lain yang . Kamera Profesional adalah camera yang banyak di gunakan oleh kalangan profesional seperti Televisi.vhs-c.PH dan Orang orang yang menggunakan camera tersebut untuk merekam kemudian mempublikasikannya. Kamera ini sering di gunakan oleh kebanyakan orang rumahan.biasanya berfungsi sekedar untuk mendokumentasikan acara keluarga dan di pakai sendiri jenis camera ini antara lain: Kamera Digital/Kamera Saku. Sudut Pengambilan Gambar/Camera Angel a.Di multimedia. a. Handycam. berikut teknik -teknik yang sering di gunakan: 1. Tapi umumnya kamera terbagi 3 yaitu kamera professional. dan kamera consumer.

Kesan yang di timbulkan yaitu keagungngan atau kejayaan.tampak di bawah begitu kecil. Extreem Close-up [ECU]. Pengambilan gambar dengan cara ini biasanya menggunakan helikopter maupun dari gedung -gedung tinggi. Frog Level. Teknik pengambilan gambarnya dengan sudut pengambilan gambar tepat diatas objek. Pengambilan gambar sangat dekat sekali. Ukuran gambar hanya sebatas dari ujung kepala hingga leher.hanya menampilkan bagian tertentu pada tubuh objek. d. sudut pengambilan gambar ini merupakan kebalikan dari high angle. Biasanya teknik ini sering di gunakan untuk membuat sebuah karakater monster atau manusia raksasa. . Big Cloe-up[BCU].tidak ada kesan dramatik tertentu yang di dapat dari eye level ini. Pengambilan gambar hanya sebatas kepala hingga dagu objek. tentunya teknik yang ini tidak asing lagi bagi anda. e. yang ada hanya memperlihatkna pandangan mata seseorang yang berdiri. 2. Ukuran Gambar/Frame Size a. High Angle. b. Low Angle Pengambilan gambar teknik ini yakni mengambil gambar dari bawah si objek. Fungsinya untuk memberi gambaran jelas tetang objek. Kalau anda suka melihat film-film Hollywood. Eye Level Pengambilan gambar ini dengan sudut pandang sejajar dengan mata objek. b. Fungsi untuk menonjolkan ekpresi yang di keluarkan oleh objek. Fungsinya untuk kedetilan suatu objek. c. Sudut pengambilan ini di ambil sejajar dengan permukaan tempat objek menjadi sangat besar. Close-up[CU]. c.pengambilan gambar yang seperti ini memilki arti yang dramatik yaitu kecil atau kerdil.

Gambar yang diambil sebatas dari ujung kepala hingga dada. Full Shoot[FS] Pengambilan gambar penuh dari kepala hingga kaki. Mid Shoot[MS]. Group Shoot Pengambilan gambar sekumpulan objek Untuk memperlihatkan adegan sekelompok orang dalam melakukan aktifitas. Fungsinya memperlihatkan sosok objek secara jelas. Fungsinya untuk mempertegas profil seseorang sehingga penonton jelas. Pengambilan gambar sebatas kepala hingga pinggang. 1 Shoot. Extreem Long Shoot [ELS]. j. Pengambilan gambar sebatas kepala hingga lutut. Pengambilan gambar melebihi long Shoot.Untuk menunjukkan objek tersebut bagian dari lingkungannya. . k. f. m. Untuk mnujukan objek dengan latar belakangnya. Pengambilan gambar satu objek. e. g.menampilan linkungan si objek secara utuh. Medium Close-up[MCU]. Funsinya hampir sama dengan Mid Shoot. 2 Shoot Pengambilan gambar 2 objek Untuk memperlihatkan adegan 2 orang yang sedang berkomunikasi. Kneel Shoot[KS]. i. h. Fungsinya memeperlihatkan objek beserta lingkungannya. Long Shoot [LS] Pengambilan gambar lebih luas dari pada Fool Shoot.d. Fungsinya memperlihatkan seseorang atau benda dalam frame.

Gerakan Kamera/Moving Camera a.sedangkan jika gambar yang ada perlahan-lahan menghilang dan di gantikan gambar baru di sebut fade out. Framing[In/Out]. Dolly[In/Out]. f. Yang di maksud gerakan panning yakni kamera bergerak dari tengah ke kanan atau dari tengah kekiri. Merupakan pergantian gambar secara perlahan-lahan. Panning[left/Right].3.namun bukan kameranya yang bergerak tapi tripodnya yang bergerak sesuai arah yang di inginkan. Merupakan gerakan kamera yang di pasang pada alat bantu mesin beroda dan bergerak sendiri bersamaan kameramen. Tilting[Up/Down].hampir sama dengan gerakan Zooming namun pada Dolly yang bergerak adalah tripod yang telah di beri roda dengan cara mendorong tripod maju ataupun menariknya mundur. Framing adalah gerakan yang di lakukan oleh objek untuk memasuki [in] atau keluar [out] framing shot. h. . d. Gerakan yang di lakukan yaitu gerakan maju mundur. b. g.baik mendekati maupun menjauhi objek. Crane Shoot . Zooming[In/out] Gerakan yang dilakukan oleh lensa kamera mendekat maupun menjauh objek. dan kameramen hanya mengoperasikannya saja. Fading [In/Out].masih menggunakan tripod sebagai alat bantu agar hasil gambar yang di dapatkan memuaskan dan stabil. Follow. c. e. Gerakan Tilting yitu gerakan keatas dan kebawah. Pengambilan gambar di lakukan dengan cara mengikuti objek dalam bergerak searah. Apabila gambar baru masuk mengantikan gambar yang ada di sebut fade in.gerakan ini merupakan fasilitas yang di sediakan oleh kamera vidio.

Anda dapat transportasi sendiri ke bulan. grafis atau gambar diam.baik kekiri maupun kekanan b. Idenya sederhana. Cara penggunaannya dengan merekam adegan didepan greenscreen lalu simpan video dan buka softwaree video editor yang mempunyai effect untuk green screen misalnya after affect atau premier pro dengan keylightnya. Jadi rasa seni yang tinggi dapat di jadikan modal utama untuk menjadi kameramen B. Kamera sejajar mengikuti pergerakan objek. Jika seseorang menembak video dengan latar belakang berwarna tunggal (hijau biru atau sering digunakan) maka memungkinkan untuk membuat warna transparan menggantinya dengan klip video lainnya. Gerakan Object/Moving Object a. tapi pinnacle studio ultimate adalah unik di dunia sebagai video editing paket pengeditan hanya untuk datang dengan layar hijau bebas.4. atau membuat presentasi bersama dengan semua fakta yang relevan dan angka Kita dapat menggunakan warna tunggal. karena gambar yang di ambil oleh kameramen merupakan karya seni. Dengan layar hijau. muncul dalam film favorit anda. obyek datar sebagai layar. Green Screen Teknologi layar hijau adalah dasar dari efek terlihat dalam segala hal dari filmfilm hollywood terbaru untuk ramalan cuaca. Setiap orang memungkinkan untuk menguasai teknik-teknik pengambilan gambar namun apabila tidak memiliki rasa seni atau keindahan maka hasil yang di dapatkanpun kurang maksimal. maka green screen tersebut tidak akan terlihat di video hanya anda saja yang terlihat. Green Screen dan Alat Bantu Lainnya 1. sederhana untuk menempatkan di atas sesuatu atau seseorang dalam setiap shot. Walking [In/Out] objek bergerak mendekati [in] maupun menjauhi [out] kamera. Selain teknik-teknik maupun tatacara pengambilan gambar yang harus dimiliki oleh seorang kameramen ada hal lain yang harus di miliki yakni sense of art atau rasa seni. . Kamera sejajar objek.

. Reflektor ini biasa terbuat dari kertas timah ataunkertas berwarna putih yang dapat memantulkan cahaya c. b. Reflektor Reflektor adalah alat untuk memantulkan cahaya pada obyek yang kekurangan intensitas cahaya.2. Hal ini dimakudkan untuk mengurangi kelelahan fotografer dalam mengambil gambar dan mengurangi noise yang ditimbulkan oleh guncangan tangan fotografer. Tripod biasanya dipakai jika fotografer menggunakan shutter speed di angka 30 atau lebih lambat atau menggunakan lensa kamera dengan focal length lebih dari 200 mm. Lampu Lampu digunakan untuk membuat cahaya buatan. Tripod Tripod dalam fotografi. Alat Bantu Lainnya a. adalah alat untuk membantu agar badan kamera bisa berdiri dengan tegak dan tegar.

Alat ini kadang digunakan pada pemotretan studio atau fotografer professional. Alat bantu di atas adalah sebagian penting dari sekian banyak alat bantu multimedia yang ada. Masih banyak alat bantu yang lain yang digunakan dalam dunia multimedia.d. sehingga tidak sampai kehilangan momen. e. . Umumnya kini motordrive menyatu dengan kamera. Motordrive Alat ini berfungsi untuk memutar dan menggulung film secara otomatis dan cepat. Color Meter Alat untuk mengukur atau menghitung tempratur warna guna mendapatkan warna aslinya atau yang sebenarnya. Motordrive membantu memotret objek dengan cepat.

BAB III PENUTUP Multimedia merupakan .