Terstruktur Rangkaian Elektronika 1

Tugas Kegiatan 1 1. Gambarkan simbol untuk dioda junction. 2. Jelaskan istilah bias maju dan bias mundur. bentuk gelombang tegangan outputnya. 4. Apakah kekurangan utama menggunakan rectifier setengah gelombang daripada menggunakan rectifier gelombang penuh untuk menghasilkan suplai DC? 5. Tunjukkan dua metode untuk mendapatkan penyearah gelombang penuh dan nama konfigurasinya. 6. Jelaskan istilah ’kapasitor reservoir’ dan jelaskan fungsinya. 7. Jelaskan bagaimana filter low pass dapat mengurangi riak. 8. Identifikasikan fungsi dari regulator dan secara jelas terangkan prinsip operasinya. 9. Jelaskan operasi dari transformator. 10. Jelaskan istilah Step Up, Step Down, Primer, Sekunder, dan Rasio Lilitan untuk Transformator. 11. Nyatakan hubungan antara tegangan, arus dan lilitan primer dan sekunder. 12. Transformator menghasilkan output 20Vrms dari input 110 Vrms dan 0.2A dari suplai. Berapakah arus output dan berapa banyak lilitan sekunder jika primernya 550? 3. Jelaskan istilah ’half wave rectifier’ dan sketsakan input normal dan

1

Supply Tegangan Tegangan pada beban waktu Dioda memblok arus sementara supply ke negatif Grafik rectifier setengah gelombang Ini disebut RECTIFIER SETENGAH GELOMBANG sebab hanya separuh bentuk gelombang input digunakan.Terstruktur Rangkaian Elektronika 1 1. Kekurangannya adalah terjadi riak gelombang yang dapat mengakibatkan tegangan DC tidak stabil. 4. 3. Hanya satu dioda dilibatkan. 2 . Gambar dioda junction 2. Dikatakn bias mundur dimana katodanya disambungkan kekutub positif sumber tegangan dan sebuah diode tidak akan menghantarkan arus listrik apabila diberi bias mundur. Dikatakan bias maju di mana kaki anodanya disambungkan ke kutub positif sumber tegangan dan diode hanya akan menghantarkan arus listrik.

Tegangan dari rectifier mengisi kapasitor dan mencapai puncak kemudian tegangan akan dikosongkan karena terpakai oleh beban namun tidak sampai pada lembah kapasitor akan terisi lagi. Di bawah ini adalah Rangkaian Low Pass Filter Suatu peningkatan dalam ukuran kapasitor reservoir dapat mengurangi tegangan riak. menghasilkan suatu output pada masing-masing perubahan input tetapi memerlukan suatu transformator center tapped. Gelombang Penuh Bi-Phase Dua dioda. Sehinnga tegangan keluaran dari kapasitor tidak berubah secara drastis.Terstruktur Rangkaian Elektronika 1 5. menghasilkan suatu output pada masing-masing perubahan input dan tidak memerlukan suatu transformator center tapped. Dan tidak terjadi riak gelombang yang besar yang terkadang mengakibatkan dengung / noise karena tegangan output yang stabil. 7. Gelombang Penuh Jembatan Empat dioda. Kapasitor reservoir adalah kapasitor yang digunakan untuk kelancaran DC berdenyut dari AC penyearah . Dengan jelas ini juga tergantung pada arus yang sedang diambil oleh beban dan sering juga tahap ini dicapai di mana adalah tidak 3 . 6.

Lilitan Primer adalah adalah input dari transdormator dan Lilitan Sekunder adalah output dari transformator. Vp ≈ Np ≈ Is 12. Perubahan arus dalam primer menghasilkan perubahan medan magnet yang mempengaruhi arus lain dalam lilitan sekunder. Regulator adalah suatu alat yang fungsi utama adalah menstabilkan tegangan. Lilitan tidak punya koneksi elektrik. Transformator Step down adalah yang mengurangi tegangan input sedangkan transformator step up adalah yang meningkatkan tegangan input. efeknya didapat dengan penggabungan magnetis. Diket :Vs = 20 Vrms 4 . 8. Vs Ns Ip 11. 10. Rasio Lilitan adalah jumlah banyaknya lilitan pada lilitan primer dan lilitan sekunder. Transformator bekerja dengan INDUKSI.Terstruktur Rangkaian Elektronika 1 praktis untuk menginstal kapasitor cukup besar untuk mengurangi ketidakefektifan riak. Untuk meningkatkan penggabungkan ini suatu inti besi sering digunakan untuk mendukung keberadaan dari medan magnet karena medan dapat menembusnya lebih mudah daripada melalui udara. Regulator Tegangan Mengoreksi Rangkaian Tegangan input ke Regulator (lebih tinggi output yang diperlukan) Tegangan Mendeteksi Rangkaian Tegangan Output 9.

2 A Dit: Is dan Ns.18 Is = = 1. 0.2 = Is 0.. Ns Ns = Ns = 100 5 ..? Jawab: • Ip = Is 0.Terstruktur Rangkaian Elektronika 1 Vp = 110 Vrms Ip = 0. 550 = 110.11 A = = 20 ..2 = Is .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful