PENGERTIAN HUKUM

PENGERTIAN HUKUM DAGANG

Posted on Mei 21, 2011 by eghasyamgrint Hukum dagang ialah hukum yang mengatur tingkah laku manusia yang turut melakukan perdagangan untuk memperoleh keuntungan . atau hukum yang mengatur hubungan hukum antara manusia dan badan-badan hukum satu sama lainnya dalam lapangan perdagangan . sistem hukum dagang menurut arti luas adalah hukum dibagi 2 yaitu yang tertulis dan tidak tertulis tentang aturan perdagangan.
PENGERTIAN HUKUM DAGANG

Perdagangan atau Perniagaan pada umumnya adalah pekerjaan membeli barang dari suatu tempat atau pada suatu waktu dan menjual barang itu di tempat lain atau pada waktu yang berikut dengan maksud memperoleh keuntungan. Pada zaman yang modern ini perdagangan adalah pemberian perantaraan antara produsen dan konsumen untuk membelikan dan menjualkan barang-barang yang memudahkan dan memajukan pembelian dan penjualan. Ada beberapa macam pemberian produsen dan konsumen : perantaraan kepada

Pekerjaan orang-orang perantara sebagai makelar, komisioner, pedagang keliling dan sebagainya.

Pembentukan badan-badan usaha (asosiasi), seperti perseroan terbatas (PT), perseroan firma (VOF=Fa) Perseroan Komanditer, dsb yang tujuannya guna memajukan perdagangan. Pengangkutan untuk kepentingan lalu lintas niaga baik didarat, laut maupun udara. Pertanggungan (asuransi)yang berhubungan dengan pengangkutan, supaya si pedagang dapat menutup resiko pengangkutan dengan asuransi. Perantaraan Bankir untuk membelanjakan perdagangan. Mempergunakan surat perniagaan (Wesel/ Cek) untuk melakukan pembayaran dengan cara yang mudah dan untuk memperoleh kredit.

Pada pokoknya Perdagangan mempunyai tugas untuk : Membawa/ memindahkan barang-barang dari tempat yang berlebihan (surplus) ke tempat yang berkekurangan (minus). Memindahkan barang-barang dari produsen ke konsumen. Menimbun dan menyimpan barang-barang itu dalam masa yang berkelebihan sampai mengancam bahaya kekurangan. Pembagian jenis perdagangan, yaitu :

Menurut pekerjaan yang dilakukan pedagang. Perdagangan mengumpulkan (Produsen besar eksportir) Perdagangan menyebutkan (Importir pedagang menengah konsumen) Menurut jenis barang yang diperdagangkan Perdagangan barang, yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan jasmani manusia (hasil pertanian, pertambangan, pabrik) Perdagangan buku, musik dan kesenian. Perdagangan uang dan kertas-kertas berharga (bursa efek) Menurut daerah, tempat perdagangan dilakukan Perdagangan dalam negeri. Perdagangan luar negeri (perdagangan internasional), meliputi : Perdagangan Ekspor Perdagangan Impor Perdagangan meneruskan (perdagangan transito) tengkulak pedagang

pedagang besar

Penagihan-penagihan Hutang-hutang Para pelanggan Rahasia-rahasia perusahaan. Gudang beserta barang-barang yang disimpan didalamnya.Usaha Perniagaan adalah usaha kegiatan baik yang aktif maupun pasif. dilihat serta hak-hak seperti : Gedung/ kantor perusahaan. Usaha perniagaan itu meliputi : Benda-benda yang dapat diraba. Perlengkapan kantor : mesin hitung/ ATK dan alat-alat lainnya. Pendapat Polak berdasarkan Ps 1131 dan 1132 KUHS . termasuk juga segala sesuatu yang menjadi perlengkapan perusahaan tertentu. yang kesemuanya dimaksudkan untuk mencapai tujuan memperoleh keuntungan. Kedudukan antara kekayaan pribadi (prive) dan kekayaan usaha perniagaan : Menurut Polak dan Molengraaff. kekayaan usaha perniagaan tidak terpisah dari kekayaan prive pengusaha.

sesuai Ps 6 ayat 1 KUHD tentang keharusan pembukuan yang dibebankan kepada setiap pengusaha yakni keharusan mngadakan catatan mengenai keadaan kekayaan pengusaha.Ps 1131 : Seluruh harta kekayaan baik harta bergerak dan harta tetap dari seorang debitur. Ps 1132 : Barang-barang itu merupakan tanggungan bersama bagi semua kreditur. Menurut Prof. Sumber Hukum Dagang Hukum Dagang di Indonesia bersumber pada : Hukum tertulis yang dikodifikasikan KUHD KUHS Hukum tertulis yang belum dikodifikasikan yaitu peraturan perundang-undangan khusus yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan perdagangan. merupakan tanggungan bagi perikatanperikatan pribadi. Sukardono. baik kekayaan perusahaannya maupun kekayaan pribadinya. .

Pengertian Perusahaan. adanya KUHD disamping KUHS sekrang ini tidak pada tempatnya. Menurut Prof.KUHD mulai berlaku di Indonesia pada tanggal 1 Mei 1848 berdasarkan asas konkordansi. . Asas-Asas Hukum Dagang Pengertian Dagang (dalam arti ekonomi). Subekti SH. karena KUHD tidak lain adalah KUHPerdata. Dan perkataan dagang bukan suatu pengertian hukum melainkan suatu pengertian perekonomian. Dinegeri Belnda sudah ada aliran yang bertujuan menghapuskan pemisahan antara hukum perdata dengan hukum dagang. yaitu seorang yang bertindak keluar untuk mencari keuntungan dengan suatu cara dimana yang bersangkutan menurut imbangannya lebih banyak menggunakan modal dari pada menggunakan tenaganya sendiri. yaitu segala perbuatan perantara antara produsen dan konsumen.

Barang siapa melakukan suatu Perusahaan adalah seorang pedagang dalam pengertian KUHD Siapa saja yang melakukan suatu Perusahaan diwajibkan. . buku tentang perusahaan yang Perseroan Firma selalu melakukan Perusahaan. tapi peraturan ini tidak berlaku terhadap hutang-hutang perusahaan. Pada umumnya suatu akte dibawah tangan yang berisi pengakuan dari suatu pihak.Pentingnya pengertian perusahaan : Kewajiban memegang bersangkutan. memperlihatkan buku-bukunya kepada pegawai jawatan pajak. hanya mempunyai kekuatan pembuktian jika ditulis sendiri oleh si berhutang atau dibubuhi tanda persetujuan yang menyebutkan jumlah uang pinjaman. apabila diminta. tapi terhadap seorang yang menandatangani surat order atau surat dagang lainnya. paksaan badan hanya diperbolehkan jika suart-surat itu mengenai perusahaannya. Suatu putusan hakim dapat dijalankan dengan paksaan badan terhadap tiap orang yang telah menanda tangani surat wesel/ cek.

Kebiasaan Ps 1339 KUHS : Suatu perjanjian tidak saja mengikat untuk apa yang semata-mata telah diperjanjikan tetapi untuk apa yang sudah menjadi kebiasaan Ps 1347 KUHS : hal-hal yang sudah lazim diperjanjikan dalam suatu perjanjian. hakim dapat berkaitan dengan . misalnya dengan adanya pembukuan yang rapi. meskipun tidak secara tegas diperjanjikan harus dianggap juga tercantum dalam setiap perjanjian semacam itu. Buku III tentang Perikatan.Sumber Hukum Dagang Pokok : KUHS. Yurisprudensi Traktat Doktrin Pentingan suatu Perusahaan memegang buku (Ps 6 KUHD) Sebagai catatan mengenai : Keadaan kekayaan perusahaan itu sendiri keharusan menanggung hutang piutang Segala hal ihwal mengenai perusahaan itu. Dari sudut hukum pembuktian (Ps 7 KUHD Jo Ps 1881 KUHS).

.mengambil keputusan yang tepat jika ada persengketaan antara 2 orang pedagang mengenai kwalitas barang yang diperjanjikan.

kasir. orang yang diberi kuasa untuk menjalankan usaha dagang dalam suatu Firma (Procuratie Houder) Golongan II : Makelar : seorang penaksir dan perantara dagang yang telah disumpah yang menutup perjanjian-perjanjian atas perintah dan atas nama orang lain dan untuk pekerjaannya itu meminta upah (Provisi) Komisioner : seorang perantara yang berbuat atas perintah dan menerima upah. Karena itu persekutuan bukan suatu pribadi hukum atau badan hukum. Dengan lain perkataan ia tidak dapat bertindak dengan mengatas namakan persekutuan kecuali jika ia diberi kuasa.Orang-orang Perantara Golongan I : buruh/ pekerja dalam perusahaan: pelayan. pemegang buku. tetapi ia bertindak atas namanya sendiri seorang komisioner memikul tanggung jawab lebih berat dibanding dengan perantara lainnya. Perkumpulan-perkumpulan Dagang Persekutuan (Maatschap) : suatu bentuk kerjasama dan siatur dalam KUHS tiap anggota persekutuan hanya dapat mengikatkan dirinya sendiri kepada orang-oranglain. .

Arti kata Terbatas. PT harus didirikan dngan suatu akte notaris PT bertindak keluar dengan perantaraan pengurusnya. Dalam perseroan firma tiap persero (firma) berhak melakukan pengurusan dan bertindak keluar atas nama perseroan. ditujukan pada tanggung jawab/ resiko para pesero/ pemegang saham. . yang hanya terbatas pada harga surat sero yang mereka ambil.Perseraoan Firma : suatu bentuk perkumpulan dagang yang peraturannya terdapat dalam KUHD (Ps 16) yang merupakan suatu perusahaan dengan memakai nama bersama. Perseroan Komanditer (Ps 19 KUHD) : suatu bentuk perusahaan dimana ada sebagian persero yang duduk dalam pimpinan selaku pengurus dan ada sebagian persero yang tidak turut campur dalam kepengurusan (komanditaris/ berdiri dibelakang layar) Perseroan Terbatas (Ps 36 KUHD) : perusahaan yang modalnya terbagi atas suatu jumlah surat saham atau sero yang lazimnya disediakan untuk orang yang hendak turut. yang terdiri dari seorang atau beberapa orang direktur yang diangkat oleh rapat pemegang saham.

terlepas dari kekayaan pada pesero atau pengurusnya. jadi tidak dapat diganti/ diambil alih oleh orang lain. Berasaskan gotong royong Merupakan badan hukum Didirikan dengan suatu akte dan harus mendapat izin dari menteri Koperasi. 79 tahun 1958 Keanggotaannya bersifat sangat pribadi. Suatu PT oleh undang-undang dinyatakan dalam keadaan likwidasi jika para pemegang saham setuju untuk tidak memperpanjang waktu pendiriannya dan dinyatakan hapus jika PT tesebutmenderita rugi melebihi 75% dari jumlah modalnya.PT adalah suatu badan hukum yang mempunyai kekayaan tersendiri. Koperasi : suatu bentuk kerjasama yang dapat dipakai dalam lapangan perdagangan Diatur diluar KUHD dalam berbagai peraturan : Dalam Stb 1933/ 108 yang berlaku untuk semua golongan penduduk. Badan-badan Usaha Milik Negara (UU no 9/ 1969) . Dalam stb 1927/91 yang berlaku khusus untuk bangsa Indonesia Dalam UU no.

Marseille. Tetapi pada saat itu hokum Romawi (corpus lurus civilis ) tidak dapat menyelsaikan perkara-perkara dalam perdagangan .Berbentuk Persero : tunduk pada KUHD (stb 1847/ 237 Jo PP No.17 yang berlaku bagi golongan yang disebut hokum pedagang (koopmansrecht) khususnya mengatur perkara di bidang perdagangan (peradilan perdagangan ) dan hokum pedagang ini bersifat unifikasi Karena bertambah pesatnya hubungan dagang maka pada abad ke-17 diadakan kodifikasi dalam hokum dagang oleh mentri keuangan dari raja Louis XIV (1613-1715) yaitu Corbert dengan peraturan (ORDONNANCE DU COMMERCE) 1673. KUHD Belanda berdasarkan azas konkordansi KUHD belanda 1838 menjadi contoh bagi pemmbuatan . 19 (Perpu tahun 1960) Hukum dagang ialah hukum yang mengatur tingkah laku manusia yang turut melakukan perdagangan untuk memperoleh keuntungan . dan pada tahun 1819 drencanakan dalam KUHD ini ada 3 kitab dan tidak mengenal peradilan khusus . maka dibuatlah hokum baru di samping hukum Romawi yang berdiri sendiri pada abad ke-16 & ke. vennetia. Barcelona dan Negaranegara lainnya ) . Pada saat itu Nederlands menginginkan adanya hokum dagang tersendiri yaitu KUHD belanda . Perkembangan Hukum Dagang di Dunia Perkembangan hukum dagang sebenarnya telah di mulai sejak abad pertengahan eropa (1000/ 1500) yang terjadi di Negara dan kota-kota di Eropa dan pada zaman itu di Italia dan perancis selatan telah lahir kota-kota sebagai pusat perdagangan (Genoa. Sistem hukum dagang menurut arti luas dibagi 2 : tertulis dan tidak tertulis tentang aturan perdagangan. lalu pada tahun 1838 akhirnya di sahkan . Dan pada tahun 1681 disusun ORDONNANCE DE LA MARINE yang mengatur tenteng kedaulatan Dan pada tahun 1807 di Perancis di buat hokum dagang tersendiri dari hokum sipil yang ada yaitu (CODE DE COMMERCE ) yang tersusun dari ordonnance du commerce (1673) dan ordonnance du la marine(1838) . 12/ 1969) Berbentuk Perjan : tunduk pada KUHS/ BW (stb 1927/ 419) Berbentuk Perum : tunduk pada UU no. atau hukum yang mengatur hubungan hukum antara manusia dan badan-badan hukum satu sama lainnya dalam lapangan perdagangan . Florence.

molengraaff merancang UU kepailitan sebagai buku III di KUHD Nederlands menjadi UU yang berdiri sendiri (1893 berlaku 1896). tentang dagang umumnya dan tentang hak-hak dan kewajiban yang tertib dari pelayaran pengertian hukum dagang 1. Menurut H. sistem hukum dagang menurut arti luas adalah hukum dibagi 2 yaitu yang tertulis dan tidak tertulis tentang aturan perdagangan. Diluar kodifikasi . cek.N. Sumber-Sumber Hukum Dagang 1.KUHD di Indonesia pada tahun 1848 . 2. dan pada akhir abad ke-19 Prof. sejauhmana diatur dalam KUHD dan beberapa undangundang tambahan. hukum dagang adalah hukum yang mengatur soal-soal perdagangan. Menurut Achmad Ichsan Hukum Dagang adalah Hukum yang mengatur masalah perdagangan atau perniagaan yaitu masalah yang timbul karena tingkah laku manusia (persoon) dalam perdagangan atau perniagaan.basuransi dan kepalitan 2. atau hukum yang mengatur hubungan hukum antara manusia dan badan-badan hukum satu sama lainnya dalam lapangan perdagangan . dan menurut saya Hukum dagang ialah hukum yang mengatur tingkah laku manusia yang turut melakukan perdagangan untuk memperoleh keuntungan .M. HUKUM DAGANG Pengertian Hukum Dagang Menurut Para Ahli: 1. Menurut Soesilo Prajogo yang dimaksud Hukum Dagang adalah Pada hakekatnya sama dengan hukum perdata hanya saja dalam hukum dagang yang menjadi objek adalah perusahaan dengan latar belakang dagang pada umumnya termask wesel. Dikodifikasi BW dan WvK 2. pengangkutan. 3.Dan sampai sekarang KUHD Indonesia memiliki 2 kitab yaitu . Fockema Andreae yang mengartikan hukum dagangadalah keseluruhan dari aturan hukum mengenai perusahaan dalam lalu lintas perdagangan.Purwosutjipta Hukum Dagang adalah hukum yang mengatur perikatan didalam lapangan perusahaan. menurut Achmad Ichsan.

UU No 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal ..UU No 8 Tahun 1997 Tentang Dokumen Perusahaan . Hukum yang baru ini berlaku bagi golongan pedagang dan disebut ³hukum pedagang´ ( Koopmansrecht ).Menteri keuangan dari raja Louis XIV (1643-1715) adalah COLBERT membuat suatu peraturan yaitu ³ ORDONNANCE DU COMMERCE´ (1673).UU No 40 Tahun 2007 Tentang PT .UU No 15 Tahun 1992 Tentang Penerbangan . dihapuskan . Pada tahun 1807 di Perancis di samping adanya ³CODE CIVIS DES FRANCAIS´ mengatur hukum perdata dan ³CODE DE COMMERCE´ mengatur hukum dagang.UU No 21 Tahun 1992 Tentang Pelayaran ..UU No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen . Tahun 1807 dinyatakan juga berlaku di Nederland sampai tahun 1838.Kira-kira tahun 1000-1500. Hukum Kebiasaan Adalah Aturan-aturan atau kaídah-kaidah yang terjadi dalam masyarakat yang dapat diterima oleh masyarakat sehingga menjadi suatu norma. 1 Mei 1948 hukum dagang berlaku di Indonesia Perubahan-perubahan di dalam KUHD 1. Pasal 2-5 KUHD .Oleh karena itu di Perancis pada abad ke 17 diadakan kodifikasi dalam hukum dagang.Oleh karena itu di Eropa Barat di susun peraturan-peraturan hukum baru yang berdiri sendiri disamping Hukum Romawi yang berlaku. Hukum Romawi tidak dapat menyelesaikan seluruh perkara-perkara yang timbal dibidang perdagangan. Hukum pedagang ini mulanya belum merupakan unifikai.UU No 37 Tahun 2004 Tentang Kepailitan 3. Dan 1 Oktober 1838 KUHD berlaku di Belanda.UU No 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan . Sejarah Hukum Dagang Adapun perkembangan hukum dagang sebenarnya telah dimulai Sejak abad pertengahan di Eropa .

misalnya seorang partikelir ( swasta ) membeli sebuah sepeda dari seorang pedagang sepeda.Unsur Perusahaan -Ada Perbuatan yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih.Perdagangan dalam hal barang-barang tetap yang banyak terjadi dalam masyarakat sehingga tidak dimasukan dalam pengertian perdagangan menurut pasal tersebut dalam KUHD . Buku ke III KUHD dihapus.Alasan: . bahwa didalam suatu perjanjian tidaklah buat kedua pihak merupakan suatu perbuatan dagang. Menurut POLAK Perusahaan itu memiliki dua unsur : a. Unsur. diganti dengan UU no 37 tahun 2004. Dicatat dalam pembukuan atau Dokumen Perusahaan . kepailitan PERUSAHAAN Pengertian Perusahaan 1. . Pasal 6. Menurut Memorie Van Adalah Suatu perbuatan yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih secara terus. kata pedagang diganti dengan kata perusahaan 3. -Perbuatan itu terus menerus -Mempunyai kedudukan tertentu -Mencari laba bagi dirinya sendiri 2.menerus dengan terang terangan dan dalam kedudukan tertentu untuk mencari laba bagi dirinya sendiri. 16.Amat sukar menentukan apakah suatu perbuatan termasuk perbuatan dagang menurut rumusan KUHD atau tidak. dan menetukan apakah seorang itu adalah pedagang atau bukan pedagang. Unsurnya ada perhitungan Laba/ Rugi b. dan 36 . 2.Apabila terjadi.

Perusahaan yang diatur di dalam KUHD Contoh : Firma. Menurut UU. PT. Pembantu di luar perusahaan (Perantara perusahaan) . 2. pemegang prokurasi. Bentuk-bentuk Perusahaan Bentuk-bentuk perusahaan dari segi pengaturannya ada tiga macam yaitu : 1. baik yang di selenggarakan oleh perseorangan maupun badan usaha yang terbentuk badan hukum atau bukan badan hukum yang didirikan dan berkedudukan dalam wilayah negara RI. Perusahaan yang diatur di luar KUHD dan KUH perdata. Perusahaan yang diatur di dalam KUH perdata Contoh : Maatschap.3. Contoh : Koperasi. bekerja serta berkedudukan dalam wilayah RI untuk tujuan memperoleh keuntungan atau laba. Pembantu-pembantu Pengusaha Pembantu-pembantu pengusaha terbagi 2 yaitu : 1. pengurus cabang. Yayasan. CV. pekerja keliling. 3. Pasal 1 butir 2 UU No 8/ 1997 Dokumen Perusahaan ( UUDP ) Perusahaan adalah Setiap badan usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terusmenerus dengan tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba . pimpinan cabang. 2. pimpinan perusahaan. 4. Pembantu di dalam perusahaan Contoh : pelayan toko. Menurut UU No 3 Tahun 1982 pasal 1 huruf b tentang UUWDP (UU Wajib Daftar Perusahaan ) Perusahaan adalah Setiap bentuk usaha yang bersifat tetap dan terus menerus dan didirikan .

ekspedisi. komisioner. Pembagian Makelar 1. Penggajian Pengaturan Mendapatkan provisi Mendapatkan upah 6 KUHD. . Makelar tidak Resmi dan Tidak diangkat oleh disebut disumpah oleh pengadilan negri pemerintah. Makelar Makelar ialah perantara yang menghubungkan pengusaha dengan pihak ketiga untuk mengadakan perjanjian. notaries. Berdasarkan pasal 62 KUHD. harus membuat Pasal buku saku atau buku harian membuat catatan biasa. broker (pialang). pemegang kuasa. Diatur dalam pasal 63 KUHD dan1792 BW Perbedaan antara makelar resmi dengan makelar tidak resmi Perbedaan Pengangkatan Makelar Resmi Diangkat oleh Pemerintah. Makelar resmi Makelar diangkat oleh pemerintah 2. agen perusahan. Pasal 66-68 KUHD. pengacara (advokat). makelar harus disumpah di pengadilan negri.Contoh : makelar. Berdasarkan pasal 69 KUHD makelar bertanggung jawab dalam ganti rugi yang timbul akibat perbuatan makelar tersebut. Makelar tidak resmi Makelar tidak diangkat oleh pemerintah. Di dalam KUHD pembantu di luar perusahaan ialah makelar dan komisioner. kemudian di dalam pekerjaannya ia mendapatkan provisi (caurtage). makelar harus mendapatkan pengangkatan resmi dari pemerintah atau presiden sebelum melakukan kegiatannya.

dan goodwill (HMN Purwosujipto) 1. merek. . Ciri-ciri komisioner : 1. Contoh : gedung-gedung. Urusan Perusahaan dari segi Ekonomi. komisioner tidak berkewajiban menyebut nama komitennya. Tidak ada syarat pengangkatan resmi dan penyumpahan di pengadilan negeri. Yaitu segala harta kekayaan dan usaha yang terdapat di dalam lingkungan perusahaan sebagai satu kesatuan yang bulat dengan perusahaan yang digunakan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya. mendapat provisi atas perintah dan atas pembiayaan orang lain (pasal 76 KUHD). piutang. 4.Kewajiban Berkewajiban menyimpan contoh Tidak di wajibkan barang dalam jual-beli (pasal 29 KUHD) Tanggung jawab Menanggung sahnya tanda tangan Tidak demikian penjual dalam surat berharga (pasal 70 KUHD) Komisioner Ialah orang yang menjalankan perusahaan dengan membuat perjanjian-perjanjian atas namanya sendiri. paten. Membutuhkan komiten (perusahaannya) dengan pihak ketiga atas namanya sendiri 3. 2. dan segala sesuatu yang berwujud benda di dalam lingkungan perusahaan. Komisioner dapat juga bertindak atas pemberi kuasa (pasal 79m KUHD) URUSAN PERUSAHAAN Pengertian Urusan perusahaan adalah segala macam urusan baik yang bersifat materil maupun inmateril yang termasuk di dalam lingkungan perusahaan. nama perusahaan. Di dalam membuat perjanjian. peralatan kantor.

J Foekeme Addree.Menurut Abdul Kadir Muhammad. Dan Pasal 1533 KUHPerdata. Urusan perusahaan dapat dijual secara en bloc (bersama-sama. Adanya iklan yang tepat dan menarik 5. Urusan Perusahaan dari segi Hukum Yaitu segala benda yang dapat diperalihkan kepada pihak lain. Adanya pelayanan dari staff perusahaan yang menarik dan memuaskan pelanggan atau konsumen. Ada beberapa faktor yang mendukung terjadinya Goodwill. Adanya manajamen perusahaan yang baik. Adanya hasil produksi yang bermutu tinggi. memenuhi selera konsumen dengan harga yang layak 6. baik sendiri-sendiri terpisah dari perusahaan maupun bersama-sama dengan perusahaan sebagai satu kesatuan. Hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen 2. hak istimewa dan hak hipotik.Menurut HMN Purwosucipto Goodwill adalah benda bergerak yang tidak bergerak.Menurut S. GOODWILL . tetapi dianalogi dari Pasal 1533 KUH Perdata Yg menentukan bhw penjualan harta warisan tanpa rincian. sehingga merupakan satu kesatuan). yang terjadi dari hubungan para perusahaan dengan para langganannya dan kemungkinan perkembangan yang akan datang. Penyerahan Urusan Perusahaan . yg menentukan bahwa penjualan piutang berikut segala sesuatu yg melekat padanya spt penanggungan. Goodwill adalah usaha perusahaan yang bukan berupa benda dalam arti hukum karena goodwill tidak dapat diperalihkan kepada pihak lain. .2. sistematis. Dasar hukum khusus cara penjualan urusan perusahaan secara en bloc tidak ada. Penjualan urusan perusahaan. Adanya tempat perusahaan atau penjualan yang strategis 4. . yaitu: 1. Goodwill ialah benda ekonomis yang tidak berubah. dan efisien 3.

. C & F ( Cost & Freight ) Adalah Penyeraha barang dimana harga jual sudah mencakup harga pokok serta ongkos tetapi tidak masuk premi asuransi. Cara Penyerahan Urusan Perusahaan 1. 1. 2. Loco Adalah Pembeli menerima barang di tempat barang berada. 4.piutang atas nama.piutang atas pembawa dg cara penyerahan dari tangan ke tangan . karena masing2 benda memiliki cara penyerahan tersendiri. dilakukan dg cessie . 5. 2. Penyerahan benda tidak bergerak . CIF ( Cost Insurance and Freight ) .kapal dilakukan dengan akta otentik dihadapan syahbandar . FOB ( Free On Board ) Adalah Syarat penyerahan barang antara penjual dan pembeli ( Exportir & Importir ) dengan penetapan barang dihitung berdasarkan nilai barang ditambah semua barang sampai barang berada di atas kapal. . Franco Adalah Pembeli akan menerima penyerahan barang dimana tempat pembeli.piutang atas pengganti dg cara endosemen.benda bergerak yg berwujud dari tangan ke tangan (psl 612 KUHPdt) . Penyerahan benda bergerak. 3.tanah dilakukan dengan balik nama dihadapan PPAT.pesawat dilakukan dengan akta otentik dihadapan pejabat dirjen perhub udara.urusan perusahaan meskipun bisa di jual secara en bloc tetapi penyerahannnya tidak bisa dilakukan secara en bloc.

NVG ( Netto Vitgelevered Gewith ) Adalah Penyerahan barang hanya akan diterima dalam keadaan bersih. 6. ARTI PENTING 1. 7.Memudahkan untuk mengikuti secara seksama keadaan dan perkembangan dunia usaha. .Sumber informasi untuk kepentingan usaha.Tujuannya : mencatat bahan-bahan keterangan yang dibuat secara benar dari suatu perusahaan dan merupakan sumber informasi resmi untuk semua pihak yang berkepentingan mengenai identitas. .Mencegah dan menghindari praktek-praktek usaha yang tidak jujur ( persaingan curang. Dunia Usaha: . pembeli menanggung biaya muat dipelabuan. Pemerintah : . premi asuransi dan pengangkutan. 2. serta keterangan lainnya tentang perusahaan yang tercantum dalam daftar perusahaan dalam rangka menjamin kepastian berusaha. biaya bongkar. . FAS ( F ree Alongside Ship ) Adalah Penyerahan barang disamping kapal.Dapat mengarahkan dan mengusahakan terciptanya iklim usaha yang tertib dan sehat.Adalah Penyerahan barang sudah mencakup harga pokok. data. WAJIB DAFTAR PERUSAHAAN Dasar hukum : UU No 3 Tahun1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan . penyeludupan dll) . premi asuransi dan ongkos lainnya.Pengertian : daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan UUDWP atau peraturan-peraturan pelaksanaan lainnya dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan. .Mengamankan pendapat negara.

3.3.informasi yang bertujuan mencatat keterangan yang dibuat secara benar.Perusahaan perseorangan yang dijalankan secara pribadi atau hanya memperkerjakan anggota keluarga terdekat dan tidak memerlukan izin usaha. Masyarakat dan para pengusaha: . Persekutuan : a. 4. Sanksi Pasal 32-34 UUWDP menyebutkan bahwa perusahaan yg tidak mendaftarkan perusahaan nya diancam pidana kurungan selama 1 bulan atau denda 3 juta rupiah. Untuk Pihak ketiga : sebagai alat bukti yang sempurna bagi perusahaan sepanjang tidak dapat dibuktikan sebaliknya.Setiap perusahaan yang berkedudukan dan menjualkan usahanya di wilayah Indonesia. Pengecualian perusahaan yang tidak wajib daftar perusahaan: . . JUAL BELI PERUSAHAAN Pengertian : suatu perjanjian jual beli sebagai perbuatan perusahaan yakni perbuatan pedagang atau pengusaha lainnya. yang berdasarkan perusahaannya atau jabatannya melakukan perjanjian jual beli. kantor pembantu. Tidak berbadan hukum b. Bentuk perusahaan yang wajib daftar perusahaan : 1. Perseorangan 2. anak perusahaan serta agen dan perwakilan wajib melakukan daftar perusahaan.Perusahaan lainnya. termasuk kantor cabang.Perusahaan jawatan (tidak ada lagi) . KEWAJIBAN DAFTAR PERUSAHAAN . Badan hukum .

Kualitas barang : dapat dilakukan dengan contoh (monster) ----. 2.Syarat pembayaran BARANG Termuat di dalamnya 1. Macam atau jenis barang Contoh : beras berat 1000 ton Penyebutan ini penting karena berhubungan dengan pengalihan risiko. 2. SYARAT PENYERAHAN ‡ Berlaku dengan cara penyerahan dokumen.Syarat penyerahan . 4. Kesepakatan ditambah dengan pembuatan akta. Dalam offerte harus memuat keterangan: . 2. Ada 4 macam dokumen yaitu : 1.Hal-hal yang Tercakup Dalam Jual Beli Perusahaan 1. 3. Dalam kalangan perniagaan penawaran barang yang akan dijual itu disebut offerte. Faktur Konosemen (bill of lading) Polis asuransi Wesel ‡ Kesemua dokumen tersebut disebut commercial set .Barang .ini banyak dilakukan oleh makelar atau perantara di bursa-bursa komoditi. 3.

4. 4. Istilah. Pengertian. S. Subekti. hukum dagang sumber ± sumber hukum dagang hubungan antara pengaturan hukum dagang dengan KUHD dengan KUHPer.PERUSAHAAN 1. 2.Menurut Prof. 3. Perusahaan perorangan 2.H berpendapat bahwa : Terdapatnya KUHD dan KUHS sekarang tidak dianggap pada tempatnya.BENTUK ± BENTUK PERUSAHAAN 1.Bentuk perusahaan berbadan hukum . 3. Pengertian. rahasia perusahaan . pedagang. oleh karena ´Hukum Dagangµ tidak lain adalah ´hukum perdataµ itu sendiri melainkan pengertian perekonomian. Perusahaan Pengertian Pengusaha Macan-macam pembantu-pembantu pengusaha Urusan perusahaan. Firma 3. 2. HUKUM DAGANG SILABUS .PENDAHULUAN 1. CV 2. perkembangan hukum dagang di Indonesia . dokumen perusahaan. Perusahaan tidak berbadan hukum 1.

a. PT b. Koperasi 3. Perusahaan Negara 4.Pengembangan perusahaan : a. Merger b. Konsolidasi c. Akuisisi d. Hoging company - SURAT-SURAT BERHARGA - KEPAILITAN DAN PENUNDAAN PEMBAYARAN - PERLINDUNGAN KONSUMEN a. Istilah dan pengertian konsumen, jenis konsumen, pengaturan perlindungan konsumen. b. Aspek-aspek hukum perlindungan konsumen c. Hak dan kewajiban konsumen serta pelaku usaha d. Penyelesaian sengketa konsumen - MONOPOLI 1. Istilah dan pengertian monopoli 2. Bentuk-bentuk perjanjian yang dilarang dalam persaingan usaha secara sehat 3. Kegiatan-kegiatan yang dilarang dalam persaingan usaha yang sehat - Tentang HAKI - PASAR MODAL 1. Istilah dan pengertian pasar modal 2. Fungsi pasar modal

3. Bentuk-bentuk penawaran yang dikenal dengan permodalan 4. Fungsi BAPEPAM 5. Go Public perusahaan dan syarat-syarat go public perusahaan. - LEMBAGA PEMBIAYAAN - PERBANKAN SEBAGAI LEMBAGA KEUANGAN - HUKUM PENGANGKUTAN - HUKUM ASURANSI DAN PERTANGGUNGAN - KONTRAK PERJANJIAN DALAM DUNIA PERDATA INTERNATIONAL ISTILAH HUKUM DAGANG Pengertian hukum dagang menurut : 1. Ahmad Ihsan Hukum dagang adalah hukum yang mengatur masalah perdagangan yaitu masalah yang timbul karena tingkah laku manusia dalam perdagangan / perniagaan. 2. Purwo Sucipto Hukumperikatan yang timbul dalam lapangan perusahaan. 3. CST. Kansil Hukum perusahaan adalah hukum yang mengatur tingkah laku manusia yang turut melakukan perdagangan dalam usahanya memperoleh keuntungan. 4. Sunaryati Hartono Hukum ekonomi, keseluruhan peraturan putusan pengadilan dan hukum kebiasaan yang menyangkut pengembangan kehidupan ekonomi. 5. Munir Fuadi Hukum Bisnis, suatu perangkat kaedah hukum yang mengatur tentang tata cara pelaksanaan urusan kegiatan dagang, industri atau keuangan yang dihubungkan dengan produksi atau pertukaran barang atau jasa dengan menempatkan uang dalam resiko tertentu dengan usaha tertentu dengan optik adalah untuk mendapatkan keuntungan tertentu.

SUMBER ± SUMBER HUKUM DAGANG 1. Yang tertulis dan dikodifikasi yaitu KUHD dan KUHPerdata 2. Yang tertulis dan tidak dikodifikasi yaitu seluruh perundang-undangan tentang perdagangan. 3. tidak tertulis yaitu kebiasaan. SEJARAH KUHD Berasal dari zaman Romawi melalui BW PERUSAHAAN Dengan dicabutnya pasal 2 ± 5 KUHD stablat 1938, 276. Pengertian Perusahaan menurut para ahli : 1. MOLEGRAF Perusahaan adalah keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara terus menerus, bertindak keluar untuk mendapatkan penghasilan dengan cara memperniagakan barang ± barang atau mengadakan perjanjian perdagangan. Molegraf sama dengan pendapat Sukardono. 2. POLAK Baru ada perusahaan jika diperlukan adanya perhitungan laba rugi yang dapat diperkirakan dan segala sesuatunya dicatat dalam pembukuan. Pendapat Polak ini merupakan tambahan dari perumusan Molegraf. 3. Menister van Justity Neterland (Menkeh). Perusahaan keseluruhan perbuatan yang di lakukan secara terus menerus dengan terang ± terangan dalam keadaan tertentu untuk mencari laba terhadap dirinya. Undang ± Undang No. 8, tahun 1987 tentang DOKUMEN. Perusahaan yaitu suatu bentuk usaha yang melakukan kegiatan tetap, terus menerus mencari untung/laba, baik dilakukan oleh orang perorangan maupun Badan usaha yang berbentuk badan hokum atau bukan badan hokum yang didirikan dan berkedudukan diwilayah RI. UNSUR ± UNSUR PERUSAHAAN

Kalau tidak dilaksanakan akan ada sanksi berupa : 1. Untuk melihat perkembangan harta kekayaan perusahaan. Setiap perusahaan ± perusahaan harus dan wajib membuat pencatatan / pembukuan dalam perusahaannya. . terang-terangan tujuan dari untung dicatat / pembukuan PEKERJAAN TETAP 1. 1927. Untuk dapat melihat hak dan kewajiban / kepentingan. 4. 2. 2. 146: ²²²² sanksi yang tidak jelas batasnya Perusahaan harus membuat buku harian dan buku copy (catatan arus barang/uang). 2. Badan Usaha / Perseorangan kegiatan terus menerus . PERUBAHAN ± PERUBAHAN. TUJUAN / FUNGSI PEMBUKUAN : 1. Sanksi Badan PERUBAHAN KUHD 1.STB. STB.1. 276: Setiap orang yang melakukan kegiatan perusahaan harus membuat kegiatan pembukuan. Tehnis diserahkan pada perusahaan tetapi harus mengikuti perkembangan. seperti hak : piutang. Uang paksa 2. 1938. tetap. 2. kewajiban : Hutang. 3. Merupakan professional / kondisi tertentu Tujuan bukan untuk cari untung PEMBUKUAN Dasar hukum pasal 6 ± 12 KUHD.

d. Azas Reprentation (Oleh hakim) Pihak yang bersengketa. e. pembukuan dibagi : 1.30 Tahun Pembukuan surat ± surat yang dimiliki ²²²² 10 Tahun Undang ± Undang Dokumen Perusahaan No. Berdasar pasal 6 ± 12 KUHD. pengawas Pemegang saham Akuntan public Ahli waris Karyawan dengan beban tetap perusahaan. . Direksi/dirktur Komisaris. antara penggugat/tergugat Dengan permohonan ke pengadilan Dengan jalan communication Oleh orang yang berkepentingan langsung dengan perusahaan. f. c. Lamanya penyimpanan Pembukuan. 2. Daluwarsa 30 Tahun dan 10 Tahun terlalu lama.3. Pembukuan keuangan ²²²²²². b. Setiap perusahaan harus membuat neraca perusahaan. Sebuah pembukuan merupakan rahasia perusahaan dan dapat dibuka dengan cara / azas-asaz pembukuan. a. b. sebagai alat bukti. a. tidak sesuai dengan kedinamisan perkembangan perekonomian. 2. 8/ 1997 Latar belakang lahirnya adalah karena masa : 1. Pembukuan : 1.

harus disimpan dalam bentuk kertas dan dapat dipindahkan ke bentuk media lain dengan adanya legalitas oleh Notaris. perusahaan ± perusahaan adalah : 1. warkat ± warkat. Dokumen Keuangan Catatan ± catatan keuangan. Segala sesuatu yang menunjuk benda dalam lingkungan perusahaan seperti perwatan antor. perkembangan tehnologi (elektronik) dalam penyimpanan data. lama waktu tersebut akan menjadi beban ekonomi dan administrasi bagi perusahaan. nama perusahaan. transaksi sperti kwitansi. dokumen perusahaan yaitu data. Dokumen Perusahan dapat dibagi atas: 1. bisa disimpan dalam bentuk media lainnya. mesin. URUSAN PERUSAHAAN / HANDLE ZAAK Menurut PROWO SUCIPTO. dibaca dan didengar. 2. kontrak. Semua dokumen keuangan: . Surat ± surat lain (tergantung pada nilainya). cek dll c. Seperti tanda bukti pengiriman surat . . harus disimpan 10 tahun saja. dll. Surat penunjang lainnya yang mendukung laporan keuangan. b.2. 8/1997. Seperti SPK. DOKUMEN PERUSAHAAN Pasal 1 butir 2 UU. piutang . a.Sementara untuk point 2 dan 3. 3. neraca dan lain ±lain (harus dalam bentuk kertas) Bukti penunjang keuangan. Segala macam urusan yang bersifat materil maupun in materil yang termasuk dalam lingkungan oerusahaan.pada point 1. No. catatan dan keterangan yang dibuat atau diterima oleh perusajaan dalam rangaka pekajsanaan kegiatannya baik yang terulis diatas kertas atau media lain yang dpat dilihat. 2. yang tidak ada hubungan dengan dokumen keuangan tetapi ada nilai guna. Sementara untuk dokumentasi keuangan harus dicantumkan dalam media kertas disamping media lainnya.

modal saham. Dari segi hokum. 2. ASSET adalah aktiva atau kekayaan yaitu semua harta piutang biaya yang dibayar terlebih dahulu pendapatan yang masih harus diterima.3. Dari segi ekonomi perusahaan ± perusahaan. pendapatan yang diterima lebih dahulu dan ongkos-ongkos yang meski dibayar. property atau harta benda yang dimiliki oleh perusahaan. 2. 8. Hak Cipta hak paten .tidak boleh membuai benda bergerak berwujud : 1. Menurut ABDUL KADIR MUHAMMAD. semua sisi kredit neraca yang terdiri dari hutang. 4. Kwalitas modal pekerja yang loyal tempat strategis Produk berkualitas mampu bersaing dengan perusahaan lain Ciri khas perusahaan memberi pelayanan terhadap konsumen iklan ²²². urusan perusahaan yaitu perbuatan hukum dan produk yang dihasilkannya bukan benda. 6. 4. GOODWILL (Keistimewaan yang dimiliki oleh perusahaan). LIABILITIES perusahaan/Passiva. 3. urusan perusahaan yang merupakan harta kekayaan adalah segala benda yang dapat diperalihkan kepada pihak lain baik sendiri-sendiri terpisah di perusahaan maupun secara bersama ± sama dengan perusahaan sebagai satu kesatuan. segala harta kekayaan dan usaha yang terdapat dalam lingkungan perusahaan sebagai satu kesatuan yang bulat dengan perusahaan yang digunakan untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya. 5. didapat dari : 1. 9. 7.

Pengusaha tanpa pembantu pengusaha Pengusaha dengan pembantu pengusaha 3. Pembantu pengusaha diluar perusahaan yang berfungsi untuk membantu. Usaha adalah setiap tindakan. 2. Pembantu pengusaha terbagi atas 2 yaitu : 1. Pengusaha tidak ikut dalam perusahaan tapi memberikan kuasa kepad apembantu pengusaha. seperti : Agen Perniagaan (commercial agent) Makelar (Broker) Komisioner (Factor) Pengusaha bank Pekerja ± pekerja didalam lingkungan perusahaan adalah : . PENGUSAHA DAN PEMBANTU ± PEMBANTU PENGUSAHA Pengusaha adalah setiap orang atau perseorangan (orang pribadi) atau persekutuan atau badan hukum yang menjalankan suatu jenis perusahaan. b. a. d.3. c. Pengusaha dapat dibagi atas berbagai macam : 1. alasannya adalah untuk menumpuk barang menunggu harga yang lebih tinggi. 4. perbuatan atau kegiatan apapun dalam bidang perekonomian yang dilakukan oleh setiap pengusaha untuk tujuan memperoleh keuntungan atau laba. hak merek goodwill nama perusahaan HAK RETENSI Hak retensi adalah hak menahan barang. 5. Yaitu pembantu pengusaha yang masuk ke dalam struktur perusahaan. Pembantu pengusaha didalam perusahaan. 2.

makelar adalah seorang pedagang perantara yang diangkat oleh gubernur jenderal (sekarang president) atau pembesar yang oleh gubernur jenderal dinyatakan berwenang untuk itu.3. Pedagang keliling Pedang keliling ini erat kaitannya dengan majikannya karena pedagang berkeliling adalah perantara untuk mendistribusikan barang-barang produksi. Ia pun memimpin perusahaan itu atas nama pengusaha. Pimpinan perusahaan Seorang pimpinan perusahaan adalah seorang kuasa dari pemilik perusahaan (Pengusaha). Makelar (Broker) Menurut pasal 62 KUHD. Agen perniagaan berdiri sendiri dan tidak berkedudukan sebagai pekera secara prinsipnya agen sebagai perantara juga berdagang untuk kepentingan sendiri. Kedudukannya adalah sama dengan kedudukan seorang direktur PT.1. mewakili pengusaha dalam hal mendandatangani perjanjian dagang. PEKERJA ± PEKERJA DILUAR LINGKUNGAN PERUSAHAAN 1. menarik dan mengakseptir surat wesel. agen perniagaan orang yang mempunyai perusahaan untuk memberikan perantara pada pembuatan persejawatan tertentu dan perusahaan yang diwakilinya. Agen ini tidak terikat karena perburuhan. . mendandatangani surat keluar dan lain-lain. Ad. Agen perniagaan (Commercial agent) Menurut pasal 1601 KUHS. Pemegang Prokurasi Pemegang prokurasi adalah juga seorang kuasa dari sipengusaha yang menolong dan meringankan pengusaha seperti mewakili perusahaan itu dimuka hakim. ia dianggap berkuasa untuk semua tindakan yang timbul dari perusahaan itu kecuali jika kekuasaannya dibatasi. melainkan perjanjian untuk melakukan pekerjaan. Pimpinan perusahaan Pemegang prokurasi Pedagang keliling Ad.1. 3. Ad. 2. 2. ia menggantikan pengusaha dalam segala hal dan oleh karena itu ia menjadi kepala seluruh perusahaan itu. ia merangkap sebagai pekerja pada si pengusaha dan wakilnya.2. meminjam uang.

Hubungannya dapat berupa : 1. Umumnya perusahaan dari luar negeri dengan siapa atau perusahaan itu ia mempunyai hubungan tetap.tetapi atas amanat dan tanggunggan orang lain dan dengan menerima upah provisi (komisi) tertentu. 1986 / 479 adalah kepala pemerintahan daerah. disini dijumlai dalam praktek dikenal dengan agen tunggal. maka seorang komisioner tidaklah disyaratkan pengangkatan resmi dan penyumpahan oleh pejabat tertentu dalam menjalankan pekerjaannya ia menghubungkan pihak pembantu kuasanya (komiten) dengan pihak ± pihak ketiga dengan namanya sendiri.Seorang makelar dapat diangkat oleh pembesar laindaripada gubernur jendral yang menurut L. 3. Komisioner adalah seoranag yang menyelenggarakan perusahaannya dengan melakukan perbuatan ± perbuatan menutup persetujuan atas nama firma dia sendiri. Berlainan dengan makelar.N. 2. Komisioner (Factory). 3. Kesimpulan makelar adalah seorang yang mempunyai perusahaan dengan tugas menutup persetujuan ± persetujuan atas pemerintah dan atas nama orang ± orang dengan siapa ia tidak mempunyai pekerjaan tetap. ARTI PENTING KEDUDUKAN AGEN Arti penting dari kedudukan agen perdagangan adalah adanya hubungan tetap dengan perusahaan ± perusahaan yang memproduksi barang ± barang itu sehingga perusahaan ± perusahaan itu tidak akan menjual barang ± barang itu melalui perusahaan lain. Perusahaan itu merupakan wakil dari perusahaan yang memprodusir atau memproduksi barang ± barang itu. Diatur dalam pasal 76 s/d 86 KUHD. Perusahaan itu memberli barang ± barang itu untuk perhitungannya sendiri dengan mendapatkan komisi dan kemudian menjualnya kembali. Perusahaan itu bertindak sebagai penyalur untuk menemui pembelinya dan mengusahakan suatu penawaran pembelian. Tentang pekerjaan makelar diatas pada pasal 64 KUHD yang tujuannya adalah memperoleh upah tertentu atau provisi. AGEN Agen perdagangan adalah seorang atau suatu perusahaan yang bertindak sebagai penyalur untuk menjualkan barang-barang keluaran perusahaan lain. Agen tunggal disebut Sole Agent .

dimana diatur antara lain : 1. Pengiriman barang Agen dikirim langsung dari prinsipal kepada konsumen dan distributor langsung dikirim ke konsumen jadi dalam hal distribusi pihak pinsipal bahkan tidak mengetaui siapa konsumen itu. 2. 2. 4. Daerah perwakilannya Lamanya kontrak itu berlaku Berkuasa tidaknya menutup perjanjian Jumlah provisi dalam penggantian ongkos MAKELAR makelar adalah seorang perantara yang menghubungkan pengusaha dengan pihak ketiga untuk mengadakan perjanjian. 3. sedangkan dalam hal distribusi pihak distributorlah yang menerima harga bayaran dari konsumen. Hubungan dengan prinsipal Seorang agen akan menjual barang / jasa untuk dan atas nama pihak prinsipalnya. Pembayaran harga barang Pihak prinsipal akan langsung menerima pembayaran harga dari pihak konsumen tanpa melalui agen. Beberapa macam perjanjian menurut pasal 64 : 1.Agen dan distributor memiliki perbedaan ± perbedaan principal dalam hal ± hal sbb : 1. 3. sementara seorang distributor bertindak untuk dan atas namanya sendiri (independent tender). 3. Perjanjian jual beli barang dagangan Kapal-kapal Obligasi Efek-efek . Pendapatan perantara Pendapatan seorang agen adalah berupa komisi dari hasil penjualan barang / jasa kepada konsumen dan distributor pendapatnya adalah berupa laba dari selisih harga beli (dari prinsipal) dengan harga jual kepada konsumen. Hubungan kedudukan agen dengan prinsipalnya diatur dalam suatu kontrak agency. 4. 2. 4.

4. Surat-surat berharga lainnya. saham. membeli barang. bunga sebagai si penerima kuasa (last hebber). yaitu untuk segala jenis lapangan atau cabang perniagaan. Lelang terbuka adalah penjualan kepada umum dimuka pegawai yang diwajibkan untuk itu (notaris atau juru sita) Lelang tertutup adalah tawaran dilakukan dengan rahasia.. yaitu bahwa dalam aktanya ditentukan untuk jenis atau jenis ± jenis lapangan/cabang perniagaan apa mereka perolehkan menyelenggarakan pemakelaran mereka misal. Ia tidak mempunyai ikatan yang tetap. 2. Semuanya tergantung dari pejabat umum yang mengangkatnya. Wesel 6. Mengenai pemberian kuasa diatur oleh pasal 1792 KUHPerdata. Pengangkatan makelar menurut pasal 65 ayat 1 KUHD ada s macam yaitu: 1. rugi. setiap makelar yang ersalah atau melanggar hanya berlaku baginya. Dengan mengganti biaya. Pengangkatan yang bersifat terbatas. 2. Memberi perantara dalam jual beli Menyelenggarakan lelang terbuka dan lelang tertutup. Tugas ± tugas pokok makelar Adapun tugas ± tugas pokok makelar adalah sbb: 1. Makelar sebagai pedagang perantara yang dalam melakukan pekerjaannya memperoleh izin dari pemerintah dan disumpah oleh pengadilan negeri yang tugasnya berupa menyelenggarakan perusahaan dengan jalan membuat transaksi bagi pihak pemberi kuasa dengan cara menjual. asuransi. efek-efek. Dimana dalam pemberian kuasa ia bertindak sebgai wakil dengan batas yang ditentukan oleh undang-undang atau kebiasaan.5. Apabila seorang makelar yang melanggar maka diatur dalam pasal 71 KUHD. dll. Aksep 7. 5. wesel. serta mengusahakan asuransi dengan menerima upah atau provisi. Pengangkatan yang bersifat umum. Menaksir untuk bank hipotik dan maskapai asuransi. Mengadakan monster ± monster (contoh)barang yang akan diperjualbelikan Menyortir party ± party yang akan diperjual belikan . Makelar berbuat atas nama dan tanggungan yang memberi kuasa. 3. ahrus dibebaskan dari tugasnya atau dilepaskan dari jabatannya.

Komisioner diatur dalam dalam Bab V.6. penyelelenggaraan. setiap hari catatan itu disalin dalam buku dengan keterangan yang jelas tentang pihak-pihak yang mengadakan transaksi. Memberikan keahlian dalam hal kerusakan dan kerugian Menjadi wasit dan arbiter dalam hal perselisihan tentang kwalitet KEWAJIBAN SEORANG MAKELAR Kewajiban seorang makelar antara lain : 1. bagian pertama pasal 76 sampai dengan pasal 85 butir a buku 1 KUHD. Mengadakan buku catatan mengenai tindakannya sebagai makelar. Komisioner menghubungakan komiten dengan pihak ketiga atas namanya sendiri (Pasal 76) . penyerahan. Menjamin kebenaran tanda-tanda dari penjual dalam perdagangan surat wesel atau surat-surat berharga lainnya yang tercantum dalam surat ±surat tersebut (Pasal 69 KUHD). Tidak ada syarat pengangkatan resmi dan penyumpahan sebagai halnya makelar 2. 7. KOMISIONER Pengertian komisioner menurut pasal 76 KUHD adalah : Orang yang menyelenggarakan perusahaan untuk mengadakan atas perintah dan perhitungan orang lain yang disebut komiten. Pasal 68 KUHD menyebutkan : Pembukuan seorang makelar sebagai mempunyai kekuatan pembuktian khusus yang menyatakan bahwa catatan dalam bukunya merupakan bukti yang sempurna. Sebagai seorang makelar mempunyai hak retensi yaitu jumlah upah atau provisi ditetapkan sebelumnya atau menurut kebiasaan. Ciri khas komisioner diantaranya adalah : 1. akan tetapi persetujuan tidk dilakukan atas nama komitennya melainkan atas nama sendiri atau firmanya dan dengan ini menerima upah yang disebut provisi atau komisi. Siap sedia tiap saat untuk memberikan kutipan / ikhtisar dari buku itu kepada pihak-pihak yang ersangkutan mengenai pembicaraan dan tindakan yang dilakukan dalam hubungan dengan transaksi yang diadakan (Pasal 67 KUHD). 2. kwalitet jumlah dan harga serta syarat-syarat yang dijanjikan (Pasal 66 KUHD). 3. Menyimpan contoh sampai penyerahan barang itu dilakukan. apabila tidak disangkal.

disini dia hanya menjadi pihak dalam perjanjian. 2. tetapi semua biaya yang dikeluarkan oleh komisioner untuk melaksanakan perjanjian harus ditanggung oleh komiten (Pasal 76&77). Komisioner tidak berkewajiban untuk menyebut namanya komiten. Tetapi komisioner juga dapat bertindak atas nama pemberi kuasa Berdasarkan Bab XVI. menyimpan. Meninggal si pemberi / penerima Dicabutnya pemberian kuasa Pengembalian pemberi kuasa oleh pemegang kuasa Pengampuan. buku III KUHPerdata tentang pemberian kuasa. yaitu : Hak untuk jual Hak untuk ditahan bagi kepentingan lain yang akan datang Hak untuk dibeli dan diterimanya untuk kepentingan lain Tugas pekerjaan komisioner dalam hal jual beli : 1. Hak ± hak yang dimiliki komisioner : 1. bila provisi dan biaya yang lain belum dibayar 2. b. begitu pula komiten tidak perlu tahu dengan siapa komisioner bertindak. 2. Berakhirnya pemberian kuasa perjanjian komisioner : 1. mengasuransikan barng-barang milik prinsipalnya. c. hak isitimewa komisioner terhadap barang komiten. 3. Menjual barang-barang tersebut dengan harga setinggi-tingginya . 5. hak komisioner untuk menahan barang komiten. 4. failit tidak mampu Hubungan pihak ketiga dengan komisioner adalah hubungan para pihak dalam perjanjian dimana komiten tidak dapat menggugat pihak ketiga sedangkan pihak ketiga tidak perlu tahu untuk siapa komisioner bertindak. a. 4. Hak istimewa. 3. Hak retensi.3. Membayar ongkos-ongkos yang dikeluarkan untuk kepentingan barang-barang tersebut. Menerima.

4. 5. Menurut polak. pendapatnya ini didasarkan pada pasal 25 KUHD yang menegaskan :´pemberian hak-hak dalam pasal 81. Komisoner mendapat provisi bila pekerjaannya sudah selesai (Pasal 76). Molegraaff Ia berpendapat bahwa hubungan komisioner dengan komitennya adalah suatu perjanjian campuran antara perjanjian last giving (Bab XVI kitab ke III KUHS) dan perjanjian untuk melakukan pekerjaan (Overeenkomst tot het verrichten van enkele hensten) yang diatur dalam pasal 1601 KUHS.82 dan 83 sama sekali tidak mengurangi hak menahan (retensi) yang diberikan kepada komisioner oleh pasal 1812 KUHS´. kecuali kalau diperjanjikan dengan upah (pasal 1794 KUHD). 2. Mengenai persoalan ini ada beberapa pendapat. Membayar kepada prinsipalnya yaitu pendapatan kotor setelah barang dan komisi. Polak Menurut polak. yaitu : 1. perjanjian last giving antara komisioner dan komitennya suatu perjanjian last giving yang bersifat khusus. Menurut Molegraff. yakni perjanjian pemberi kuasa. Dari perjanjian ini timbul hubungan hukum yang bersifat tidak tetap dan sifat ini tidk diatur dalam undang ± undang. SIFAT HUKUM PERJANJIAN KOMISI Perjanjian komisi adalah perjanjian antara komisioner dengan komiten.  Akibat hukum perjanjian komisi ini banyak yang tidak diatur dalam undang ± undang. seorang komisioner pada umumnya bertindak atas nama diri sendiri. Kalau ada pertentangan antara mereka maka diutamakan melakukan perjanjian pekerjaan (Pasal 1601 KUHS). Menagih pendapatan penjual dan mengirimkan perhitungan kepad prinsipalnya. KUHD sendiri menganggap hubungan komisioner dan komitennya sebagai pemberi kuasa (last giving) yang diatur dalam kitab ketiga KUHS.  Pemegang kuasa bertindak tanpa upah. perjanjian khususnya mengandung unsur perjanjian untuk melakukan pekerjaan (Pasal 1601 KUHS) dan pada umumnya dapat pula digunakan (takluk) peraturan ± peraturan tentang pemberian kuasa. . Adapun kekhususannya terdapat dalam:  Seorang pemegang kuasa bertindak pada umumnya atas nama pemberi kuasa.

Sifat hubungan hukum tetap 2. Komisioner bertanggung jawab atas pelaksanaan perintah kepada pemberi kuasa dan pemberi kuasa bertanggung jawab atas biaya pelaksanaan perintah dan pembayaran provisi. Hubungan antara komisioner dan komiten adalah sebagai pemegang kuasa dan pemberi kuasa. MAKELAR dan KOMISIONER  AGEN : 1. Prof. Hak provisi 6. 5. Berkewajiban menjual barang sesuai yang ditentukan oleh prinsipalnya 4. Hubungan hukum pemberian kuasa Sifat hubungan hukum tidak tetap Pengangkatan diangkat dan disumpah Resiko ditanggung prinsipal Hak komisi dan retensi . yang mana dilihatnya didalam pasal 79 yang menyebutkan bahwa seseorang komisioner bertindak atas nama pengamatnya. Pendapat ini diperkuat dengan hak retensi yang diberikan kepada komisioner (pasal 85). maka segala hal dan kewajibannya pun terhadap pihak ketiga dikuasai oleh ketentuan ± ketentuan tentang KUHS pada bab tentang pemberian kuasa. KUHPerdata  MAKELAR 1. 2. Aturan kebiasaan. Kebiasaan (dasar hukumnya) 5.3. Sukardono menyetujui pendapat polak. PERBEDAAN AGEN. 4. Sukardono Dengan mendasarkan pada pasal 79 dan 85 KUHD. hak retensi diberikan kepada pemegang kuasa (Pasal 1812 KUHP) dan hak retensi tidak diberikan kepada pemberi pelayanan berkala. 3. Pengangkatan tidak dapat disumpah 3.

7. karena pemberi kuasa merupakan para pihak dalam perjanjian 2. bertindak atas nama pemberi kuasanya tapi tanggungjawab masih berada ditangan si pemberi kuasa (Prinsipal).sama perantara BEDA AGEN DAN DISTRIBUTOR AGEN 1. Sama. keunTungan selisih antara harga jual dengan Harga beli Wajib daftar perusahaan (UU no. retensi. Sama ± sama pemegang kuasa. privillege Aturan dalam KUHD. 2. Harga jual ditentukan oleh prinsipal DISTRIBUTOR 1. Didaftarkan pada departemen perindustrian dan perdagangan (Depperindag). 3. 4. membuat pembukuan  KOMISIONER 1. 6. Pengusaha ± 2. Hubungan hukum pemberian kuasa khusus Sifat hubungan hukum tidak tetap Pengangkatan tidak ada Bertindak atas nama sendiri Resiko ditanggung komisioner Hak berupa komisi. Harga ditentukan oleh distributor. Aturan dalam KUHD Menyimpan contoh barang. 3 tahun 1982). 7. Jadi perantara dalam perjanjian tertentu distributor konsumen 2. Hal ± hal yang wajib didaftarkan : . 5. KUHPerdata PERSAMAAN AGEN DAN MAKELAR 1.6.

5. Setiap perusahaan harus didaftarkan kecuali PERJAN dan PO yang menjalankan sendiri usahanya.informasi resmi tentang perusahaan : 1. Tanggal izin perdagangan 3. Milik siapa 3. Pemerintah : Pembinaan dan pengawasan Pajak 2. 2. . Identitas : 1. atau dijalan sendiri dibantu oleh anggota keluarga sampai derajat ke tiga. 3. Solvabilitas Hal penting daftar perusahaan : 1. Kegiatan lain para pemilik dan pengurus  Keterangan : 1. Dunia usaha : Persaingan usaha yang sehat Kepastian berusaha Izin usaha perdagangan harus diurus paling lambat 30 hari setelah pendirian. Modal perusahaan 3. 4. Tanggal izin tertulis Daftar perusahaan ²²². Tanggal pendirian perusahaan (Akta) 2. Kegiatan perusahaan 2. Nama merek perusahaan Tempat kedudukan perusahaan Pemilik Pengurus Pengawas  Data-data perusahaan : 1. Bentuk perusahaan 2.

Anggota/sekutu : 1. Pemilik modal : 1. Alasan PERJAN tidak difartarkan adalah : Usahanya Cuma untuk publik service (Pelayanan masyarakat) Tidak mencari keuntunan BENTUK ± BENTUK PERUSAHAAN 1. Koperasi. CV BADAN HUKUM Syarat materil : 1. Dari badan usahanya : 1. Perusahaan asing 4. CV 3. Perusahaan Negara 2. Perusahaan Swasta (Nasional) 3. Diluar UU ²²²²². 3. 4. Non bantuan hukum ²² Fa.PO yang laba yang dihasilkan Cuma untuk memenuhi kebutuhan. Berbadan hukum 2. KUHPerdata ²²²± Maatschap 2. Perusahaan Perseorangan 2. CV. BUMN PERUSAHAN PERORANGAN Ciri-cirinya adalah : . Pengesahan oleh Menteri hukum dan HAM SUMBER HUKUM 1. Perusahaan Persekutuan 2. 2. Campuran (Joint venture) 3. Didirikan oleh minimal 2 orang Punya struktur Punya tujuan Harta kekayaan terpisah dari kekayaan pengurus Syarat Formil : 1. KUHD ²²²²²²± Fa.PT.

Struktur (Yang tertera dalam anggaran dasar) 2. 4..1. umumnya untuk kebutuhan hidup sehari-hari Tidak seluruhnya harus didaftarkan dalam daftar perusahaan. Modalnya Dimiliki oleh 1 orang Tidak berbadan hukum Umumnya kegiatan usaha dagang Tujuan cari untung. dari sege pemasaran agak lemah Sulit mengatur personalianya MAATSCHAAP (PERSEKUTUAN PERDATA) Isi perjanjian maatschaap : 1. 5. Keuntungan usaha perorangan : Laba untuk sendiri Mudah mengatur usaha Mudah dalam mengambil keputusan Kelemahan : Sulit mengembangkan usaha Modal kecil dalam memperluas usaha agak lambat Kurang dalam relasi Segi manajemen. industri yang ingin menambah modal usaha. 3. Perusahaan perorangan yang ingin mengembangkan usahanya dan memerlukan syarat-syarat tehnis maka usaha perorangan harus di daftar perusahaan. dll. 5. Bagian yang harus dimasukkan oleh tiap-tiap peserta dalam perseroan Cara bekerja Pembagian keuntungan Tujuan bekerja sama Lamanya (waktu) Hal lain yang dirasa perlu Sekutu perseroan : 1. 2. Mandatir (sekutu yang menggabungkan diri kemudian) . 4. 6. Seperti usaha transportasi. 3. 2.

Kerjasama untuk cari untung Contoh : Pembajak dengan pemilik bajak Berakhirnya sebuah perjanjian maatschaap : Batas waktu Musnah objek Tujuan tercapai FIRMA (VENNOT SCHAP ONDER FIRMA) Pasal 16 ± 35 KUHD Pengertian firma menurut pasal 16 KUHD: Firma yaitu tiap ± tiap perseroan yang didirikan untuk menjalankan suatu perusahaan dibawah satu nama bersama dimana anggota ±anggotanya langsung dan sendiri ± sendiri bertanggungjawab sepenuhnya terhadap orang ± orang pihak ketiga. asal tidak atas nama bersama Contoh : Toko B yang dimiliki oleh beberapa orang. yang melakukan kerja tetap contoh : LBH. Pertanggungjawaban tiap ± tiap sekutu untuk seluruhnya mengenai perikatan dengan firma. Unsur ± unsur firma : 1. Benar-benar melakukan kegiatan perusahaan. 3. dokter praktek bersama. Menjalankan perusahaan 2. atau bengkel yang dimiliki seseorang dan bergabung dengan bengkel lain. Perjanjian bersifat solider yaitu tanggung menanggung. Harus didirikan berdasarkan perjanjian 2.Bentuk ± bentuk maatschaap: 1. Dengan pemakaian firma (nama) bersama 3. Syarat ± syarat perusahaan berbadan hukum : Syarat materil : 1. 2. mempunyai tujuan . guru-guru les.

Bubar atas keputusan pengadilan. harta kekayaan yang terpisah syarat formil : 1. misalnya didalam perusahaan itu si A tidak boleh berhubungan dengan pihak ketiga 2. mendapatkan pengesahan dari kehakiman dan HAM ex. Ada sekutu ± sekutu yang dikecualikan. permohonan karena permintaan jaksa harus perusahaan dianggap bertentangan dengan kepentingan umum. Firma bersifat personlijk Apabila salah satu sekutu firma meninggal atau failit maka sekutu firma itu langsung bubar. salah satu sekutu failit 3. Koperasi pendirian firma : 1.3. 2. Pembahagian keuntungan ²²²²± terdapat pada pasal 1630 KUHD Pembubaran firma : 1.sekutu komplementer bersifat aktif pengurus yang solider yaitu harta private. . Didirikan minimum 2 orang harus dibuat akta otentik pendirian yaitu adanya anggaran dasar Didaftarkan pada Pengadilan negeri dimana firma itu berkedudukan Diumumkan tambahan berita negara Menurut pasal 22 KUHD : 1. 4. Tidak mesti didukung oleh akta otentik Akta pendirian didalm anggaran dasar isinya : 1. 3. 4. struktur organ 4. PT. 3. biasanya perusahaan dinyataan failit. Tujuan perusahaan sudah tercapai CV CV adalah : . Batas waktu 2. terkecuali dianggaran dasar dikecualikan.

sekutu komanditer bersifat pasif dan tanggung jawab sebatas inbreng/saham yang disetorkannya. tanggung renten (tanggung menanggung).Pengurus perusahaan CV 1.. Tugas & kewenangan : . SEKUTU KOMPLEMENTER Kalau lebih dari satu menunjuk salah satu untuk menjadi pengawas tetapi tidak boleh mencampuri kegiatan perusahaan. Sekutu : Sekutu Perseroan 3. CV dapat dibagi 3 yaitu : 1. CV atas saham ²²²²² transisi antara CV ke PT yang melepaskan sahamnya. dasar hukum: Pasal 16 ± 35 2. Sekutu : Sekutu komanditer&komplementer 3. Perbedaan CV dengan firma Firma 1. Koman : memasukkan modal . Tugas & wewenang : . CV diam ± diam ²²²²± Firma 2.S. CV merupakan perpaduan antara firma dengan PT. CV teranga-terangan ²²± 3. Bertindak keluar dan ke dalam Kalau lebih dari satu bertanggung jawab secara solider. SEKUTU KOMANDITER kalau dia keluar hanya sebatas sebatas sahamnya saja hampir sama dengan pemegang saham mengawas saja. dasar hukum: pasal 19 ± 35 2.

Komple : s d a firma . Keburukan firma : Kelangsungan hidup tidak terjamin Keuntungan CV: Modal lebih banyak daripada firma karena membuka kesempatan kepada orang lain Keburukan CV : Sekutu komplementer mempertanggungjawabkan seluruh hartanya sampai ke harta pribadinya. Koman: hny sebats modal yg . Tanggung jawab: Sampai ke harta Pribadi Tgg jwb bersifat solider Persamaan CV dengan firma 1. Tanggungjawab: . . Tidak berbadan hukum 3. karena firma bersifat persoonlijk yaitu bersifat tanggung renten.S. Komple : s d a firma 4.Mengurusi/mewakili perush. Pembubaran Kebaikan firma : Lebih dipercaya oleh pihak bank. Perbedaan maatschaap dengan firma 4..S.memasukkan modal disetor . Tekhnis pendirian sama yaitu : Membuat akta Didaftarkan ke Pengadilan negeri Diumumkan dalam tambahan berita negara 2.S.

Tanggung jawab: Pribadi 5. Segi nama : Persekutuan perdata nama bersama 2. 4. sekutu bisa mewakili firma Tetapi bisa dikecualikan asalkan Delcrederer adalah keajiban untuk menjamin terlaksananya perjanjian menguntungkan pemberi kuasa. Hubungan keluar : Pihak III atas nama bersama 4.Seluruh sekutu bisa mewakili Slrh Maatschapp dijelaskan dalam anggaran dasar. Tanggungjawab: Solider (Bersama) 5. Berbadan hukum Punya harta kekayaan yang terpisah . Hubungan keluar : Pihak III tahu maatschap perush. Segi Pendirian : Akta otentik (Pasal 22) 3. firma 1. Ciri ± ciri PT : 1. Segi Pendirian : Lisan 3. maka terjadi dualisme hukum maka lahir UU No. 1 tahun 1995 tentang PT. 1 tahun 1995 PT diatur dalam dalam pasal 36 PT dalam bidang perkapalan berdasarkan UU Perkapalan.Maatschaap 1. PERSEROAN TERBATAS (PT) Dasar hukumnya UU No. Segi nama: Persekutuan perdata biasa 2. PT adalah badan hukum yang didirikan berdsarkan perjanjian yang melakukan kegiatan usaha dengan modal tertentu yang seluruhnya terbagi dalam saham ± saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam UU ini serta peraturan pelaksananya.

2. Kapan tanggung jawab pemegang saham itu berakhir : . 3. Akta pendirian dari notaris ²² anggaran Dasar Disyahkan oleh menteri kehakiman dan HAM Didaftarkan ke Departemen Perindustrian dan perdagangan Diumumkan dalam Tambahan Berita Negara Lamanya pengesahan : 1. 30 Hari lamanya ²²²²²²± kalau menggunakan sistem komputerisasi PT spesifikasinya : 1.2. Modal terdiri dari saham ± saham sehingga tanggung jawab pemegang saham terbatas pada sejumlah saham yang dimasukkannya. kalau belum mendapat pengesahan maka sama saja dengan maatschaap. Modal dasar ²²²²² minimal 20 juta 2. 4. 4. 60 Hari lamanya ²²²²²²± kalau menggunakan sistem manual 2. Modal ditempatkan ²² 25 % dari modal dasar . Sistem tertutup ²²²± segala tehnis pengoperasian. 2. Pendiriannya : 1. Tidak boleh nama itu bertentangan dengan ketertiban Modalnya : 1. Dua orang perjanjian 3.25% x 20 juta 3.50% x modal ditempatkan Bukti dari setoran modal ke bank tersebut harus ada. Modal disetor ²²²². Kewajiban mendaftarkan / mengumumkan berada dipundak direksi. pembubaran dan aturan lainnya diatur berdasarkan UU. Seandainya tidak diumumkan setelah pengesahan maka menjadi tanggung jawab renten. Nama PT tidak boleh sama dengan atau mirip dengan perusahaan lain atau sama dengan nama Perusahaan ± perusahaan terkenal. Pertanggungjawaban atas PT yang belum bendapat pengesahan : Pribadi sampai ke harta pribadinya kecuali dinyatakan secara terang atau tegas bahwa segala hal yang dilakukan oleh pendiri sebelum PT menjadi Badan hukum dinyatakan menerima mengambil alih dan mengukuhkan secara tertulis.

Mengangkat dan memberhentikan direksi dan komisaris 3. Direksi 3. Organ ± organ PT : 1. RUPSLB Dilakukan pada saat ± saat penting. membahas dan mengesahkan laporan ± laporan dilakukan oleh direksi dan komisaris. Direksi Tugasnya : 1. Menetapkan Pembubaran 6. direksi melakukan penyimpangan ± penyimpangan. ditempatkan kedudukan perusahaan. RUPS tahunan ²²± tujuan untuk mendengar laporan pertanggungjawaban komisaris dan direksi selama 1 tahun. 5. Komisaris Kewenangannya dan tugas : 1. Mewakili perusahaan diluar maupun didalam perusahaan . RUPS ²²²². Menetapkan anggaran dasar 4. Menetapkan tata tertib. Menerima. 2.pemegang kekuasaan tertinggi dalam PT 2. syarat ± syarat pengajuan dan pengangkatan direksi dan komisaris. Menetapkan penggabungan. Mengurus perusahaan 2. peleburan serta pengambilalihan perusahaan RUPS dilakukan. misalnya meninggalnya direksi.Apabila secara terang dibuktikan bahwa pemegang saham ikut melakukan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh PT Pemegang saham itu dengan etiket buruk memanfaatkan PT untuk kepentingan pribadinya. Persyaratan Badan Hukum belum terpenuhi. Macam ± macam RUPS : 1. menolak. Pemegang saham itu secara melawan hukum menggunakan kekayaan PT yang mengakibatkan PT tidak dapat melunasi hutang ± hutangnya. 2.

misalnya hubungan keluarga. Ad. Apabila konflik interest antarankepentingan direksi dengan PT Syarat jadi direksi : 1. PT Terbuka PT Terbuka ialah perseroan yang terbuka untuk setiap orang.3.Direksi hubungannya dengan perusahaan : 1. PT Tertutup PT Terbuka 3. Tertutup PT Tertutup ialah perseoran dimana tidak setiap orang dapat ikut serta dalam modalnya dengan memberi satu atau beberapa saham. PT. Umum . PT. Dalam akta pendirian sering dimuat ketentuannya yang mengatur siapa ± siap yang diperkenankan ikut dalam modal. Tidak pernah dinyatakan failit 3. Perseorangan Ad. 2. Umum 4. Ad. PT. Suatu kriteria untuk dapat mengatakan adanya perseroan tertutup ialah bahwa surat sahamnya seluruhnya dikeluarkan atas nama PT. Tidak pernah menjadi direksi/komisaris yang perusahaannya dinyatakan failit oleh ulahnya 4. Seseorang dapat ikut serta dalam modalnya denganmembeli satu/lebih surat saham lazimnya tidak tertulis atas nama. memberikan nasehat kepada direksi macam ± macam PT 1.2.1. Mengawasi seluruh kebijakan yang dilakukan oleh direksi 2. PT. Yang sering terjadi ialah bahwa yang diperkenankan membeli surat saham ialah hanya orang ± orang yang mempunyai hubungan tertentu. Adanya kasus didalam perusahaan 2. Mampu melakukan perbuatan hukum 2. hubungan perjanjian kerja/perburuhan mendapat gaji tetap 1. Diancam dengan hukuman 5 tahun penjara Komisaris Tugasnya : 1.

Ad. Keputusan hakim Yaitu dengan failit.4. kejaksaan apabila dianggap perusahaan kegiatan usahanya bertentangan dengan UU. atas permintaan 1/10 pemegang saham. perhatian pada kurs saham. dan perjanjian hanya mungkin dilakukan oleh paling sedikit atas dua orang. karena perseoran merupakan suatu perjanjian. Bubarnya PT 1. Perseorangan PT tidak mungkin didirikan oleh satu orang saja. Kalau meninggal.Perseroan umum adalah perseroan terbuka. 1. Direksi bisa digonta ganti berdasarkan Mengundurkan diri FAILIT Anggaran dasar . Pembubaran harus didaftarkan dan diumumkan karena akan berakhirnya kewajiban kita. Akan tetapi setelah PT berdiri mungkin sekli semua saham jatuh disatu tangan sehingga hanya ada seorang pemegang saham saja yang menjadi direkturnya. Pemegang saham. 3. Hak kewe. PT. memp. PT Sekutu komanditer.2. Sekutu komplementer. permintaan masyarakat. Keputusan RUPS ²²²² karena sudah tidak mampu Karena waktu Bergabung dengan perusahaan lain 2. tugasnya mengawas. sekutu komple berakhir.Pada perseroan umum orang yang ikut serta dalam modal perseroan hanyalah memp. Perbedaan CV dengan PT CV 1. RUPS Nangan tertinggi. Hanya pny hak suara pada RUPS Modal 2.yang kebutuhan modalnya didapat dari umum dgn jalan dijual sahamnya dalam bursa. 3.

Contoh : mempunyai hak jaminan ²² gadai. hipotik. Ada hutang yang telah jatuh tempo/dapat ditagih Dasar hukumnya adalah : Pasal 1131 BW dan pasal 1132 BW Pasal 1131 BW : Seluruh harta benda seseorang dari yang sekarang maupun yang akan datang baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak menjadi jaminan bagi seluruh perikatan. 4 tahun 1998 tentang kefailitan baik materil maupun formil Failit adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak mampu membayar hutang atau kreditur tidak dapat memaksa debitur untuk membayar hutang-hutngnya atas dasar keputusan hakim. Preferen Konkuren adalah kreditur biasa yang pembahagian hak atas piutangnya dibagi secara proporsional (adil) Contoh : hutang ± hutang biasa Preferen adalah kreditur yang mempunyai hak istimewa (Privilege) dimana pemenuhan haknya itu harus lebih didahulukan pemenuhannya. Harus ada debitur dan kreditur 2. dijual lelang dimuka umum atau dasar putusan hakim dan hasil-hasilnya dibagikan kepada para kreditur secara seimbang kecuali apabila diantara para krediturnya ada kreditur previlege atau kreditur istimewa. Unsur ± unsur failit : 1.( FAILISSEMENT / BANKRUPACY) Diatur dalam UU No. Kreditur ada 2 : 1. komisioner Permohonan pengajuan kefailitan: . Konkuren 2. Harus ada kreditur minimal 2 orang 3. Pasal 1132 BW: Memerintahkan agar seluruh harta debitur tersebut dijual.

1. 1 x 24 jam. . 4. 2. Curator Tugasnya melakukan pengurusan dan pemberesan harta failit Curator : Balai harta peninggalan (BHP) ²² kantor pengurusan hutang negara 55 hari. 20 hari untuk bersidang maksimum 30 hari sudah harus ada keputusan Upaya hukum : Hanya kasasi. permohonan pendaftaran melalui panitera disampaikan kepada keuta pengadilan 2. 2. Kalau permohonan failit dikabulkan maka hakim akan menunjuk : 1. 3. Hakim pengawas Adalah hakim yang ditugasi mengurus dan pemberesan harta failit 2. 3. Si failit (debitur) masih punya kewenangan melakukan perbuatan dalam bidang harta kekayaan sepanjang perbuatan ± perbuatan tersebut membawa keuntungan bagi harta failit tersebut. Orang perseorangan Firma CV Perusahaan yang berbadan hukum seperti PT. 5. 2. PT persero dan Perum Tehnik beracara pada pengadilan niaga untuk permohonan failit: 1. koperasi. 2 x 24 jam. dipelajari dan ditetapkan hari sidangnya 3. waktunya hampir sama dengan Pengadilan Negeri noaga Akibat hukum dijatuhkannya failit : 1. 4. Debitur kehilangan hak ± hak untuk berbuat bebas atas pengurusan dan pemutusan harta kekayaannya. Oleh debitur Minimal 2 kreditur yang punya hutang yang bisa ditagih Jaksa BI kalau perusahaan itu bergerak dibidang perbankan BAPEPAM kalau perusahaan bergerak dibidang penjualan efek dipasar modal Siapa yang bisa dimohonkan failit : 1.

25 tahun 1992 2. Pemberesan yang dilakukan oleh hakim atau curator. Rapatnya : 1. dll.tidak diterima accord maka debitur dinyatakan didalam keadaan insolvensi yaitu suatu keadaan tidak mampu lagi . Orang ²². Didaftarkan. Panitia kreditur 2. 3 gabungan . Rapat verifikasi 2. 12 tahun 1967 UU no. diumumkan hasil kefailitan. Dasar hukumnya : UU no. Dibuat rapat para kreditur yang diawasi oleh hakim pengawas dan diketahui curator.Badan usaha . ± Kalau diterima accord di homologasi oleh hakim . Badan hukum ²± koperasi sekunder. Proses pengurusan harta failit : 1.melakukan pelelangan dimuka umum 3. 79 tahun 1958 UU no.Unsur ± unsurnya : . terdiri dari : 1.koperasi primer ²². KOPERASI 1.minimal 20 orang b.Beranggotakan : a. Induk ²²²± min. konsultan. Rapat yang membicarakan accord (Perdamaian) 3..Perseorangan atau persekutuan lain yang memenuhi syarat-syarat seperti pengacara.

Primer .Diumumkan Tambahan berita negara 4. Simpanan wajib 2. pusar 3. Pendiri : .Pengesahan ²²²² kantor departemen koperasi ².2. Hibah 3.Asas kekeluargaan . SHU ²± jasa masing ± masing anggota d. Organ Koperasi : . 3 kop.Pengawas MODAL KOPERASI 1. Kemandirian .Tujuan kesejahteraan anggota 3. Demokratis c. Dana cadangan ²²² Dari SHU (Sisa hasil usaha) 4.Didaftarkan di Depperindag ²²²± TDP . Pinjaman ± pinjaman lainnya TANGGUNG JAWAB : . Simpanan pokok 2. 3 kop. Sukarela b.Domisli .Rapat anggota .Akta pendirian ²²².Prinsip ± prinsip koperasi : a. Gabungan ²± min.Pengurus . Dari anggota : 1.Anggaran Dasar . Pusat ²²²± min.

Dasar hukumnya : UU no. bisa juga di tentukan oleh jaksa dan masyarakan.. Anggota : sejumlah simpanan yang dimasukan pada koperasi Tugas : Pengurus ²². Pembubaran : perusahaan bertentangan dengan umum. UU. baik saham atas nama (namanya tercantum ) maupun saham atas unjuk (sertifikat saham).1. Organ :.RUPS. Pemerintahan (pejabat koperasi): tidak sesuai lagi dengan UU Bertentangan dengan ketertiban umum ole pejabat koperasi Failit Perbedaan PT dengan KOPERASI PT : 1. Pendirian : Pengesaham oleh Menteri Hukum dan HAM 5. Tujuan : kesejahteraan anggota . Kumpulan modal 7. Kegiatan usaha bervariasi. Dasar hukumya : UU no. 1 tahun 1995 2. karena : modal besar Target pasar masyarakat Produknya tergantung pada ketentuan masyarakat 8.mengurus dan dan mewakili Pengawas ²² mengontrol dan memberi nasehat BUBARNYA KOPERASI : 1. Modalnya : simpanan dari anggota 3. 9. Modalnnya : Pemegang saham yang tdd dari lembaran saham ± saham dan bukti kepemilikan saham. Likuidator / pemberes KOPERASI : 1. 12 tahun 1992 2. ± Direksi dan komisaris 6. Tujuannya : Provit oriented dan deviden 4. 3. Rapat anggota : Waktu dan kesempatan 2.

Sama ± sama berbadan hukum 2.Direksi boleh mengangkat pengelola tapi hrs diperilakukan pada rapat anggota. Perjan 2. tugas dan kewenangan pada organ ± organ itu hampir sama. Tidak bervariasi : . Pejabat koperasi 9. Perum 3.Pengguna jasa ²± anggota 8. 6. Diutamakan kumpulan orang/badan hukum 7.UU No.harus anggota . BUMN Dasar hukumnya : . sama ± sama bertanggung jawab sebatas pada modal yang disetorkannya 3.Modal terbatas . 41 tahun 2003 Bentuk ± bentuk BUMN : 1. 19 tahun 2003 tentang BUMN .4. Persero Perbedaan Perum dengan Persero Perum : Rapat anggota Direksi/pengurus Komisaris/pengawas . . Pendirian : Pejabat koperasi dimana ia berdomisili 5.PP no. Penyelesaiannya Persamaan PT dengan KOPERASI 1.

Organ : a. RUPS b. 1. Menteri b. Pegawai PNS tersendiri Tidak dibagi atas saham 5.1. Pengertian Perdagangan Hukum Dagang timbul karena adanya kaum pedagang. brg bermutu. berdaya saing 3. Tujuan : a. Modal berasal dari negara 2. barang bermutu. jadi hukum dagang bagi pedagang. Yang mana dosen pengajarnya adalah Ibu Nurinsani SH. b. Pengurus c. Pendirian : a. Atas usulan menteri BUMN. Bagi Teman-Teman Yang belum membuat tugas. bisa melihat materi saya yang sudah saya buatkan dengan judul Resume Hukum Dagang. Kepentingan umum. Tujuan : a. 51% milik negara 2.MH. keuangan Usulan menteri untuk cari untung tehnisnya : tehnisnya = PT 5. sebagai Referensi. Modal min. seperti matakuliah beliau yang bawakan di kampus. Keuntungan 1. Direksi c. Pengawas 4. Organ : a. Komisaris 4. Keputusan umum. beliau menginstruksikan agar membuat tugas tentang resume hukum Dagang. Pendirian : 3. Keuntungan b. Hukum dagang adlah hukum perdata khusus bagi kaum pedagang. . Swasta atas saham Hukum Dagang (RESUME) Minggu ini di Kampus ada tugas mengenai Hukum Dagang.

Pedagang dalam hal mengumpulkan (produsen-tengkulak-pedagang besarexportir. Memindahkan barang-barang dari produsen ke konsumen c. Pedagang : Subjek yg melakukan Aktivitas (orang dan Badan hukum) c.1 Siapa Pedagang dan perbuatan perniagaan itu? Hukum dagang timbul karena adanya kaum pedagang . 1.3 Tugas Pokok Perdagangan a.4 Pembagian Perdagangan a. Perdagangan : Perdagangan atau perniagaan dalam arti umum ialah pekerjaan membeli barang dari suatu tempat atau pada suatu waktu dan menjual barang itu di tempat lain atau pada waktu yang berikut dengan maksud memperoleh keuntungan. hukum dagang adalah hukum perdata khusus bagi kum pedagang. Menimbun dan menyimpan darang-barang itu dalam jumlah besar sampai mengakibatkan bahaya kekurangan 1.) . Menurut pekerjaan yang dilakukan pedagang 1.Pengertian perdagangan adalah : Perdagangan adalah Kegiatan jual beli barang dan / atau jasa yang dilakukan secara terus menerus dengan tujuan pengalihan hak atas barang dan / atau jasa dengan disertai imbalan atau kompensasi ( SK MENPERINDAG No. jadi hukum dagang bagi pedagang! Siapa pedagang itu? Pertanyaan ini tersirat dalam KUHD (lama) Pasal 2 ³pedagang adalah mereka yang melakukan perbuatan perniagaan (daden van koopehandel) sebagai pekerjaannya seharihari´ dan untuk pengertian perniagaan di jawab oleh pasal 3 KUHD (lama) ³perbuatan perniagaan adalah perbuatan pembelian untuk dijual lagi´ 1.2 Beberapa Istilah dalam perdagangan a. 23/MPP/Kep/1/1998 1. Membawa memindahkan barang-barang dari tempat yang berkelebihan (surplus) ketempat yang kekurangan (minus) b. Dagang : Jual Beli b.

1. Hukum Tertulis yang dikodifikasikan : . Hukum Yang Tertulis yang dikodifikasikan 1.) 2.2. pertambangan. dan b. Perdagangan import c. Perdagangan eksport. Menurut jenis barang yang diperdagangkan 1. Menurut daerah tempat perdagangan itu dijalankan 1) Perdagangan dalam negeri 2) Perdagangan luar-negeri (perdagangan internasional) yag meliputi : a. dan kesenian. Kitab Undang-undang Hukum Dagang (KUHD) atau Wetbook van Koopehandel Indonesia (WvK) 2. Kitab Undang-undang Hukum Sipil (KUHS) atau Burgerlijk Wetbook Indonesia (BW) b. 3. musik. Pedagang barang (ditujukan untuk memenuhi kebutuhan jasmani manusia seperti hasil pertanian. Pedagang buku. Pedagang uang dan kertas berharga (bursa efek) c. Pedagang dalam hal menyebarkan (importir-pedagang besar-pedagang menegahkonsumen. Hukum Tertulis yang belum dikodifikasikan Yakni peraturan perundang-undangan khusus yang mengatur hal-hal yang berhubungan dengan perdagangan.) b. Sumber-sumber Hukum Dagang Hukum dagang Indonesia terutama bersumber pada (diatur dalam) a. pabrik. Perdagangan meneruskan (perdagangan transito) 2.

3.1 thn 1995 tentang PT (UU No 40 thn 2007 ttg PT) b. f. Staatblad 1939-100 jo 101. Peraturan pemerintah No.4 Tahun 1959 tentang POS f.27 Tahun 1959. Landasan strukturil ± UUD 45 pasl 33 ayat 1 berbunyi : Perekonomian disusun berasas pada kekeluargaan Dari dasar itu maka dilahirkanlah UU atau aturan yang menyangkut perdagangan daam Negara RI. mengenai pengangkutan dengan kereta api (Bepalingen Spoorwagen b. d. Karenanya tujuan hokum dagang adalah untuk memajukan kesejahteraan umum. UU No 19 Tahun 2003 tentang BUMN. mengenai perusahaan pertanggungan jiwa d. e. tentang POS internasinal 2. UU No. Peraturan lain diluar kodifikasi a. Staatblad 1941-101. Undang-undang No. UU no 30 tahun 2000 Rahasia Dagang . mengenai pengangkutan dengan kapal terbang dipedalaman dan perubahan-perubahan serta tambahan selanjutnya c. Hukum ini tidak boleh bertentangan dengan ekdua landasan di atas. g.Kitab undang-undang hukum dagang (KUHD) merupakan sumber hukum tertulis yang mengatur masalah a. UU no 19 tahun 2002 Hak Cipta. 36 tahun 1948 tentang Damri e. UU no 14 tahun 2001 tentang Merek. UU No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal c. UU no 14 tahun 2001 tentang hak Paten. Yang belum terkodifikasi : a. Peraturan pemerintah No. Staatblad 1927-262.

Yursiprudensi 2. Menurut Purwosutjipto ³Hukum Perikatan yang timbul dalam lapangan perusahaan´ Hukum Dagang ialah Hukum yang mengatur tingkah laku manusia yang turut melakukan perdagangan dalam usahanya memperoleh keuntungan 3. Slanjutnya wetbook van Koophandel juga mencontoh dari Code du Commerce Perancis itu diambila alih oleh wetbook van koophandel Belanda. Latar belakang Lahirnya Hukum Dagang . Traktat 3. . Menurut Ahmad Ihsan ³Sebagai hukum yang mengatur masalah perdagangan atau perniagaan yaitu masalah yang timbul karena tingkah laku manusia dalam perdagangan atau perniagaan´ 2.1. yakni yang mengatur masalah perjanjian dan perikatan-perikatan yang diatur dalam Buki III BW. Asal Usul KUHD Berdasarkan pasal II aturan peralihan UUD RI tahun 1945. Wetbook van Koophandel Belanda berlaku mulai tanggal 1 oktober 1838 dan 1 January di Linburg. KUHD masih berlaku di Indonesia. KUHD Indonesia diumumkan dengan dipublikasi tanggal 30 April 1847 (staatblad 1847-23) yang mulai berlaku mulai Mei 1848 KUHD Indonesia hanya turunan dari wetbook van koophandel Belanda yang ibuat atas dasar asas konkordansi (pasal 131.S) (indishe staatregeling). 4. I. Hukum Kebiasaan 3. Istilah hukum dagang dari beberapa para sarjana 1. a. Burgerlijk. Menurut KUHD Hukum dagang adalah bagian hukum perdata pada umumnya.

Dengan kata lain.b. hal tersebut terjadi pada tahun 1848. pemerintah Belanda menginginkan adanya Hukum dagang sendiri dgn nama KUHD dimana kitab tersebut diberlakukan juga di Indonesia berdasarkan asas konkordansi sistem hukum yang dianut oleh penjajah diterapkan pula pada tanah jajahannya. Atas perintah Napoleon. Hukum dagang pula dapat dirumuskan sebagai serangkaian kaidah yang mengatur tentang dunia usaha atau bisnis dalam lalu lintas perdagangan. Disamping itu disusun kitab-kitab lainnya. Jadi dalam struktur Mungkin pembentuk undang-undang beranggapan bahwa rumusan atau definisi hukum dagang diserahkan kepada pendapat atau doktrin dari para sarjana. Hukum dagang adalah bagian dari hukum perdata pada umumnya. . yaitu soal-soal yang timbul karena tingkah laku manusia dalam perdagangan. hukum rmawi pada waktu itu dianggap paling sempurna yang banyak digunakan oleh bangsa di dunia. Hukum dagang adalah hukum yang mengatur soal-soal perdagangan.yakni mengatur masalah perjanjian dan perikatan yang diatur dalam buku ke III BW. Code Panal ialah yang mengatur tentang hukum pidana. Sejarah Hukum Dagang Di Indonesia Sejarah Hukum Dagang thn 1807 di Prancis dgn nama code de commerce lalu tahun 1838 (WvK) Wet Book van Koophandel dinyatakan berlaku di Belanda pada waktu itu. Kedua buku itu dibawa dan berlaku di negeri Belanda dan akhirnya di bawa ke Indonesia tanggal 1 Januari 1809 Code De Commerce (hukum dagang) berlaku di Belanda atas azas konkordansi yang diterapkan oleh Perancis kepada Belanda c. Penerapan dari Perancis ke Belanda Dalam abad pertengahan ketika bangsa Romawi sedang mengalami masa kejayaan. b. berikut dikutip rumusan hukum dagang yang dikemukakan oleh para sarjana : a. hukum yang berlaku bagi pedagang dibutuhkan dalam buku code de commerce) tahun 1807. hukum dagang adalah himpunan dari peraturan-peraturan yang mengatur seseorang dangan orang lain dalam kegiatan perusahaan yang terutama terdapat dalam kodifikasi Kitab Undang-undang Hukum Dagang dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Untuk memahami makna hukum dagang. yakni :Code Civil adalah pengatur hukum sipil/hukum perdata.

Hubungan Antara KUHPer dan KUHD Apabila dicermati dengan seksama. d. di mana ketentuan ini dapat ditemukan dalam pasal 1 KUHD yang menyebutkan Kitab UU Perdata. Hubungan antara KUHPerdata dan KUHD terlihat pada pasal 1 KUHD yang mengemukakan : ³kitab undang-undang hukum perdata. kalau andaikata dalam KUHD terdapat ketentuan mengenai hal yang dapat aturan pula dalam KUH Perdata. Hukum dagang adalah hukum perikatan yang timbul khusus dari lapagan perusahaan e. . yaitu buku II da buku III dalam BW baru Belanda. maka ketentuan dalam KUHD itulah yang berlaku. berlaku juga terhadap hal-hal yang diatur dalam kitab ini (KUHD) Menurut Prof.c. sepanjang tidak diatur lain. Hukum dagang (handelsrecht) adalah keseluruhan dari aturan hukum mengenai perusahaan dalam lalu lintas perdagangan. maka sebagai lex specialist. sedangkan KUHD adalah ketentuan khusus (spesies) bagaimana mengatur dunia usaha. terdapat hubungan yang sangat erat antara Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dengan Kitab Undang-Undang Hukum Dagang Kiranya dapat dikemukakan bahwa KUHPerdata adalah ketentuan umum (genus) dalam mengatur hubungan dunia usaha. seberapa jauh dalam kitab undang-undang hukum dagang ini tidak khusus diadakan penyimpangan-penyimpangan berlaku juga terhadap hal-hal yang disinggung dalam kitab ini. Sudiman Kartohadiprojo KUHD merupakan suatu lex specialist terhadap KUH Perdata sebagai lex generalis. Hukum dagang adalah hukum bagi para pedagang untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya 5.´ Demikian juga pada pasal 15 KUHD disebutkan ³ segala perseroan tersebut dalam bab ini dikuasai oleh persetujuan pihak-pihak yang bersangkutan oleh kitab ini dan oleh hukum perdata´ Hubungan keduanya hukum tersebut merupkaan genus (umum) dan species (khusus) yang dikenal dengan azas ³Lex Specialist Derogat Lex Generalis´ (Hukum yang khusus dapat mengalahkan hukum yang umum). sejauh mana diatur dalam Kitb UndangUndang Hukum Dagang dan Hukum Perdata dijadikan dalam 1 (satu) buku.

disamping Hukum perdata yang mengatur hubugan antara perseorangan yang sekarang termasuk dalam KUH Perdata. Lama kelamaan hukum dagang pada waktu itu masih merupakan hukum kebiasaan. dan mulai berlaku di Netherland pada Desember 1830 KUHS Belanda ini berasal / bersumber pada KUHS Prancis (Code Civil) dan code civil ini bersumber pula pada kodifikasi hukum Romawi Corplus Iuris Civilis dari kaisar Justianus (527565) KUHS Indonesia Terbagi atas 4 Bab yakni: 1. pdara pedagang membutuhkan peraturan-peraturan mengenai perniagaan. . begitu banyak sehingga dipandang perlu untuk mengadakan kodifikasi. 2. Kitab Undang-undang Hukum Sipil (KUHS) Berdasarkan azas konkordansi. Kodifikasi hukum dagang yang pertama dibuat atas perintah raja Lodewjik XIV di Prancis. Kitab II berjudul : hal benda (van zaken) yang memuat hukum perbendaan serta hukum warisan. 7. Karena perniagaan makin lama makin berkembang. Kitab III Berjudul : hal perikatan (van verbintenis) yang memuat hukum kekayaan yang mengenal hak-hak kewajiban yang berlaku terhadap orang-orang atau pihak yang tertentu (perjanjian-perjanjian) 4.6. Kodifikasi Hukum Dagang Yang Pertama Dahulu sebelum zaman Romawi. 3. termasuk hukum perkawinan. Kitab I Berjudul : Perial orang (van personen). yaitu Ordonnance de Commerce 1673 dan Ordonnance de la Marine 1681. yang memuat hukum tentang diri seseorang dan hukum kekluargaan. Kitab IV berjudul : perihal pembuktian kadaluarsa (van bewijs en verjaring). adapun KUHS Indonesia ini berasal dari KUHS Nedetland yang dikodifikasikan pada tanggal 5 Juli 1830. maka kebutuhan hukum perniagaan atau hukum dagang makin bertambah. yang memuat perihal alat-alat pembuktian dan akibat-akibat lewat waktu terhadap hubungan-hubungan hukum. pada tanggal 1 mei 1948 di Indonesia diadakan KUHS.

Peraturan-peraturan khusus (diluar KUHD) Hukum dagang selain diatur dalam KUHD dan KUHS juga terdapat dalam berbagai peraturan-peraturan khusus (yang belum dikodifikasi) misalya : a. kenataan hukum yang terakhir ini dianggap menimbulkan perikatan atas dasar keadilan atau kepatutan dalam masyarakat. menerima atau menolak warisan mendaku (occopeatie). membuat perjanjian. adanya dua buah pekarangan yang letaknya berdampingan.Bagian dari KUHS yang memuat tentang hukum dagang ialah sebagian besar dari kitab III dan sebagian kecil dari kitab II. yakni suatu hubungan hukum. dan lain-lain. yaitu Mengenai Hukum Perikatan Hukum perikatan yang mengatur akibat hukum yang disebut perikatan. Buku III Hukum Sipil/BW. Persetujuan jual beli (contract of sale) b. misalnya membuat tertamen. mati. yang terletak dalam bidang hukum harta kekayaan. Akibat hukum ini timbul karena adalah suatu kenyataan hukum (rechtfeit) kenyataan hukum ini terdiri atas : 1. Tindakan manusia. Hal-hal yang diatur dalam KUHS ialah mengenai perikatan-perikatan paa umumnya dan perikatan-perikatan yang dilahirkan dari persetujuan dan undang-undang seperti : a. dewasa. akan tetapi. 2. putusan hakim yang mengandung uang paksa. menerima. ada peristiwa yang dapat menimbulkan perikatan. Persetujuan peminjaman uang (contract of loan) a. dan hukum adalah salah satu akibat hukum. Menurut pasal 1233 KUH Perdata ³perikatan´ bersumber pada perjanjian dan undang-undang . Kenyataan belaka. Peraturan tentang koperasi . jatuh pailit. antar dua pihak yang masing-masing berdiri sendiri. yang menyebabkan pihak yang satu terhadap pihak menjadi kewajiban pihak terakhir pihak pertama Jadi. Persetujuan sewa menyewa (contract of hire) c. dan lain-lain. misalnya gila. daluarsa. misalnya surat wasiat yang menimbulkan legal. 8. perikatan adalah hubungan hukum. lahir.

perjan) h.Dengan badan hukum Eropa (staatblad 1949/197) . Undang-undang hak milik industri. Peraturan tentang pertanggungan hasil bumi (oogstverband) S. Peraturan pabrik dan merek dagang (S 1912 No 545) l. Peraturan kepailitan (staatblad 1905 No.545) e. Peraturan oktroi (staatblad 1911 No. Peraturan maskapai andil Indonesia (staatblad 1939 No 589 jo 717 g.15 tahun 1982. 136 k. pada tanggal 12 April 1982 memlalui lembaran negara No. 348 c. Undang-Undang Hak Cipta Untuk melidungi hak cipta.1886 NO 57 m. Peraturan pailisemen (staatblad 1905 No. (Staatblad 1912 No.217 jo staatblad 1906 No. .1834 No. Ordonansi Balik nama (S. Undang-undang Oktoroi (staatblad No 1922 No. Undang-undang hak cipta (UU No 5 Tahun 1982) j. UU koperasi No 25 Tahun 2002 n.54) d. Peraturan perusahaan negara (Perpu No 19 Tahun 1960 jo Undang-undang No 1 Tahun 1961) dan UU No 9 Tahun 1969 tentang bentuk-bentuk usaha negara (persero.27) a. Peraturan Lalu-lintas (staatblad 1933 No. 14 Tahun 1965 tentang Koperasi b.66 yo 249) f. perum. 217) i. pemerintah Republik Indonesia telah mengundangkan undang-undang No 6 Tahun 1982 tentang hak cipta menggantikan Auteurswet 1912 diubah dengan No 19 Tahun 2002 tentang hak cipta.Dengan badan hukum Indonesia )staatblad 1933/108) Kedua peraturan ini sekarang tidak berlaku lagi karena telah digantikan oleh Undangundang No 79 1958 dan Undang-undang No..

Hak Cipta Dapat dibagi : Hak cipta bersifat dapat dibagi (divisible). Pengertian Persekutuan Perdata Psl 1618 KUH Perdata adalah perjanjian antara dua orang atau lebih mengikat diri untuk memasukkan sesuatu (inbreng) ke dalam persekutuan dengan maksud membagi keuntungan yang diperoleh karenanya. Apabila pencipta sebagai pemilik hak cipta atau pemegang hak cipta sebagai yang berwewenang menguasai hak cipta. Alasannya adalah ciptaan bersifat pribadi dan menunggal pada diri pencipta. Yang dapat disita adalah ciptaannya. 9. maka penghukuman itu tidak mengenai hak cipta.Undang undang hak cipta ini selanjutnya disingkat UUHC merupakan produk pembangunan hukum yang bertujuan antara lain untuk mendorong dan melindungi penciptaan. Sifat ini dapat diketahui dari ketentuan pasal 2 ayat (1) UUHC yang menentukan. atrinya hak cipta tidak dapat disita. . seni. atau melanggar ketertiban umum. dan sastra serta mempercepat pertumbuhan kecerdasan bangsa. dengan hak cipta itu melakukan pelanggaran hukum. baik yang berstatus badan hukum (partnership) ataupun yang tidak berstatus badan hukum (corporation) Belanda istilah Hukum Persekutuan dengan nama Vennotschapsretchts yang lebih simple sekadar terbatas pada NV. Firma dan CV diatur dalam KUHD. Hak Cipta tidak dapat disita Walaupun hak cipta itu adalah benda bergerak. sedangkan Persekutuan Perdata (maatschap) yang dianggap sebagai induknya diatur dalam KUH Perdata. 1. penyebarluasan hasil karya bidang ilmu. maka yang dapat dilarang oleh hukum adalah perbuatan pemilik atau pemegang haj cipta yang mengunakan haknya itu. ia tidak dapat disita (Pasal 4 UUHC). Persekutuan Perdata Inggris dikenal dengan istilah Hukum Persekutuan dengan nama company law adalah himpunan hukum atau ilmu hukum mengenai bentuk-bentuk kerjasama. dirampas atau dilenyapkan. hak cipta adalah hak khusus bagi pencipta maupun penerima hak untuk mengumumkan atau memberi izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku 2. Apabila larangan tersebut mengakibatkan penghukuman.

Unsur-unsurnya : 1. Adanya suatu perjanjian kerjasama antara dua orang atau lebih 2. masing-masing pihak harus memasukkan sesuatu ke dalam persekutuan (inbreng) 3. maka memiliki unsurunsur sebgai berikut: 1. Amerika. Adapun pemasukan tersebut dapat berupa : 1. tenaga kerja dan keahlian kedalam suatu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang dibagi bersama sesuai dengan bagian atau proporsi yang telah disepakati bersama. uang . Mendapatkan keuntungan Pemasukan (inbreng) Psl 1619 ayat (2) KUH Perdata menentukan bahwa para sekutu perdata wajib memasukkan kedalam kas persekutuan yang didirikan tersebut. Menjalankan suatu kegiatan bisnis 4. Tidak tegas memasukkan Persekutuan Perdata sebagai perusahaan yang terdaftar berdasarkan ketentuan per-uu-an perusahaan 2. Di Malaysia Persekutuan Perdata dikenal dengan istilah perkongsian adalah perhubungan yang wujud antara orang-orang yang menjalankan perniagaan Dari Persekutuan Perdata ynag dianut di Ingris. Di Inggris menurut psl 1 Partnership ACT 1890 persekutuan perdata adalah hubungan antara orang yang menjalankan kegiatan bisnis dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Malysia. bermaksud membagi keuntungan bersama Angela Scheeman mendefinifisikan partnership sebagai suatu organisasi yang terdiri dari dua orang atau lebih melakukan kepemilikan bersama suatu bisnis untuk mendapatkan keuntungan Partnership dapat diartikan sebagai suatu perjanjian (agreetment) diantara dua orang atau lebih untuk memasukkan uang. Merupakan hubungan kontratual 3.

benda-benda apa saja yang layak bagi pemasukan seperti kendaraan bermotor dan alat perlengkapan kantor 3. nyata-nyata ada surat kuasa dari sekutu yang lain b. Jika beberapa orang sekutu persekutuan perdata mengadakan hubungan dengan pihak ketiga. Berakhirnya Persekutuan Perdata 1. Jika seorang sekutu perdata mengadakan hubungan hokum dengan pihak ketiga atas nama persekutuan. kematian salah satu sekutu 7. lampauanya waktu yang diperjajnjikan 2. maka persekutuan dapat langsung menggugat pihak ketiga. . tenaga kerja. hancurnya bneda yang menjadi objek persekutuan 6. Sekutu yang mengadakan hubungan hokum dengan pihak ketiga maka sekutu yang bersangkutan sajalah yang bertanggung jawab atau perbuatan-perbuatan hokum yang dilakukan dengan pihak ketiga itu. hasil perbuatannya atau keuntungan itu telah nyata-nyata dinikmati oleh persekutuan 3. baik fisik maupun pikiran Tanggung jawab sekutu dapat diuraikan sebagai berikut : 1. adanya pengampuan atau kepailitan terhadap salah satu sekutu. pengakhiran berdasarkan alas an yang sah 4. maka para sekutu itu dapat dipertanggungjawabkan sama rata. Perbuatan tersebut baru mengikat sekut-sekutu yang lain apabila : a. walaupun ia mengatakan bahwa dia berbuat untuk kepentingan persekutuan 2. kecuali dengan tegas ditetapkan imbangan tujuan masing-masing sekutu menurut perjanjian itu 4. pengakhiran oleh salah satu sekutu 3. selesainya perbuatan 5. meskipun pemasukan mereka masing-masing tidak sama.2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful