PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO1

BAB I PENDAHULUAN PROSES PEMBUAT NATA DE COCO

1.1 Latar Belakang Nata de coco merupakan makanan hasil permentasi air kelapa dengan bantuan Acetobacter xylinum. Nata de coco rasanya menyegarkan dan mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan. Nata de coco juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. Air kelapa merupakan media yang baik untuk pertumbuhan mikroba, karena mengandung gula, senyawa nitrogen, mineral, dan vitamin. Air kelapa yang biasa digunakan untuk membuat nata de coco berasal dari kelapa tua sedang (green mature). Nata de coco sebaiknya dibuat dari kelapa yang dipetik kurang dari satu minggu, agar nata yang dihasilkan lebih tahan lama dan tidak mudah menjadi asam. Nata berkalori rendah (kadar serat kasar 2,5%) memiliki kandungan air 98% dengan tekstur agak kenyal, padat, kokoh, putuh, dan trasparan. Serat yang ada dalam nata jenis ini sangat dibutuhkan dalam proses fisiologis, bahkan dapat membantu para penderita diabetes mengatasi masalah dehidrasi.

Tanaman Kelapa Budidaya dan Pemanfaatannya. L. 22 Peluang Bisnis Makanan untuk Home Indutry. 2007.3 Tujuan Memanfaatkan hasil dari tanaman kelapa berupa produk nata de coco yang dihasilkan dari air kelapa yang difermentasi dan melihat peluang di pasarannya.PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO2 1.com/bisnis/kaya-dengan-produk-kelapa . 1.4 Ruang Lingkup ➢ Proses pembuatan nata de coco ➢ Penanganan hasil pembuatan nata de coco 1.2 Rumusan Masalah ➢ Apa yang di maksud dengan nata de coco? ➢ Bagaimana Proses Pembuatan Nata De Coco? ➢ Bagaimana karakteristik Nata De Coco? ➢ Bagaimana Manfaat Nata De Coco? ➢ Apa saja peralatan dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan Nata De Coco? 1.5 Sumber Data ➢ Redaksi Agromedia. Jakarta: Agromedia Pustaka ➢ Suhardiyono.matabumi. 1995. Yogyakarta: Kanisius ➢ http://www.

baskom. kemudian rebus hingga mendidih.2 proses Pembuatan Nata De Coco Bahan dan Alat. kompor.1 Pengertian Nata de coco merupakan makanan hasil fermentasi air kelapa dengan bantuan Acetobacter xylinum. dan gula pasir. Siapkan air kelapa.5%) memiliki kandungan air 98% dengan tekstur agak kenyal. biang acetibacter. Bahan-bahan pembuatan nata de coco terdiri atas air kelapa. cuka 95%. Sedangkan alat yang digunakan adalah alat penyaring. Saring. Selama direbua air kelapa didiamkan saja.PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO3 BAB II PEMBAHASAN 2. panci. Nata de coco rasanya menyegarkan dan mengandung banyak serat sehingga baik untuk pencernaan. padat. Serat yang ada dalam nata jenis ini sangat dibutuhkan dalam proses fisiologis. bahkan dapat membantu para penderita diabetes mengatasi masalah dehidrasi. Cara Membuat. kokoh. Nata berkalori rendah (kadar serat kasar 2. gayung. 2. tidak perlu diaduk-aduk. putih. Nata de coco juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol. pupuk ZA. Berikut ini cara membuat nata de coco dari 150 liter air kelapa. dan trasparan. dan rak untuk penyimpanan. . nampan.

. Simpan sekitar tujuh hari di atas rak. karena dapat mengagalkan pembentukan nata. Tutup rapat menggunakan koran.PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO4 Masukan pupuk ZA 50 gram. cuka 95% 50 cc. Suhu ruangan selama penyimpanan 28-30°C. kemudian pindahkan ke dalam nampan menggunakan gayung. kedalam Untuk bak mengembalikan penampungan. Nata yang telah dihilangkan asamnya dapat dikemas menggunakan botol atau plastik. yang telah diberi sirup gula. Tujuh hari setelah penyimpanan lembaran nata akan terbentuk. Letakkan di tempat rata. rendam menggunakan air bersih. aduk hingga semua bahan larut. Setelah satu malam tungkan larutan starter yang mengandung bakteri acetobacter ke dalam nampan. Selama penyimpanan pastikan nampan tidak bergoyang. Kulit ari yang menempel pada nata dapat dibersihkan menggunakan air bersih yang mengalir. Satu nampan membutuhkan 10 ml larutan starter. Diamkan selama satu malam. Adapun cara membuat sirup gula yaitu menggunakan gula pasir dan air dengan perbandingan 2:1. · Nata yang telah ke dipres bentuk bentuknya semula. kemudian putar dengan mesin pengaduk atau mixer selama sekitar 20 menit. Setelah jadi nata dapat dipotong-potong berbentuk kubus berukuran kecil. Cara membuang asam pada nata de coco: · Nata yang telah dipotong-potong dimasukan ke dalam karung. Setelah itu karung ditindih menggunakan gentong berisi air selama satu hari untuk menghilangkan asamnya. dan gula pasir ½ kg. akan masukan menjadi nata tipis. Angkat.

gula pasir Dicampur hingga merata ↓ Disimpan selama 7 hari ↓ Nata de coco mentah ↓ Dipotong-potong. cuka 95%.PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO5 Secara ringkas skema pembutan nata de coco dapat dinyatakan sebagai berikut: Air kelapa yang telah disaring ↓ Didihkan dan dinginkan ↓ Starter Acetobacter xylinum. ditiriskan ↓ Dipak dalam botol yang dicampur dengan sirup gula ↓ Nata de coco . dicuci sampai rasa asam hilang.

3 Karakteristik Produk Nata De Coco Nata de coco berbentuk padat. Nata de coco cukup praktis dikonsumsi. Nata de coco adalah sellulose dan tidak mempunyai ilai gizi bagi manusia tetapi sangat lezat untuk dimakan dalam berbagai bentuk makanan seperti . Makanan ini rendah kalori tidak mengandung koleaterol. dan kaya serat. sehingga baik untuk sistem pencernaan dan dapat digunakan sebagai makanan diet.PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO6 Gambar proses pembuatan nata de coco 2. teksturnya kenyal seperti kolang-kaling dan berwarna putih transparan.

3382 0.04 0. Menurut Tibayan (1967) komposisi kimia air kelapa dan skim santan adalah hampir sama. hanya jumlah kandungan masingmasing unsurnya berbeda. Nata berkalori rendah praktis untuk di konsumsi.PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO7 koktol buah. es krim atau dalam sirup yang sangat baik untuk diet makanan berserat. tidak mengandung kolesterol dan kaya serat sehingga baik untuk pencernaan dan dapat .3352 0.59 1.24 1.07 Skim santan 6.79 0.14 Di Indonesia produk berasal dari air kelapa yang dikenal nata de coco.48 1.04 0. Penampilan nata de coco sejak awal sampai sekarang tidak mengalami perubahan sehingga tidak ada yang dapat menarik perhatian masyarakat. namun belum memasyarakat karena harganya yang relative mahal. walaupun merupakan bahan makanan yang lezat.20 1.09 0.35 0.85 3. Mutu nata de coco yang sangat baik diperoleh dari pertumbuhan Acetobacter xylinum di dalam skim santan (sisa pemisahan cream dari santan).25 N (protein) Air kelapa 5.02 0.54 0. sehingga sebagian besar masyarakat menganggap hal ini sebagai kebutuhan sekunder. Komposisi kimia air kelapa dan skim santan untuk menanam mikroorganisme nata de coco adalah sebagai berikut: Spesifikasi pH Refraksi indeks Titrasi keasaman Bahan padat Abu Gula Lemak 6. Kelebihan dan Kekurangan Produk Nata De Coco.

Terutama di daerah-daerah tropis. Produk ini tidak akan menyebabkan gemuk. Selain itu juga dapat digunakan dalam industri akustik. campuran nata di dalam berbagai minuman dingin sangat digemari oleh masyarakat luas. Hal inilah yang menjadi kelemahan dari produk nata de coco. Karena kandungan gizi (khususnya energi) yang sangat rendah. 2. Nata de coco tidak dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat karena harga yang relative mahal dan tidak dapat dibuat sendiri karena proses pembuatan yang agak sulit dan memerlukan biaya yang relative besar. Keunggulan lain dari nata de coco . Selanjutnya produk dijual ke pabrik-pabrik pengolahan nata untuk dijadikan berbagai produk siap konsumsi. tidak sampai menjadi produk siap konsumsi. Oleh karena itu.4 Manfaat Nata De Coco Nata de Coco adalah makanan yang banyak mengandung serat. produk ini aman untuk dimakan oleh siapa saja.PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO8 digunakan sebagai makanan diet. mengandung selulosa kadar tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan dalam membantu pencernaan. teksturnya yang kenyal. Nata de Coco yang diperkaya dengan vitamin dan mineral akan mempertinggi nilai gizi dari produk ini. sehingga sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang diet rendah kalori untuk menurunkan berat badan. Dalam pembuatan skala rumah tangga biasanya juga hanya menghasilkan produk nata sampai pada tahap pemotongan dan penghilangan asam. dan rasanya yang sangat khas. seperti di Tanah Air. Daya tarik nata de coco terletak pada warnanya yang bening.

proses buang air besar menjadi teratur dan berbagai penyakit tersebut dapat dihindari. kita akan mudah mengalami gejala sembelit atau konstipasi (susah buang air besar).1 . wasir. kencing manis. Kesimpulan . penyakit divertikulosis. Dengan adanya serat dari nata de coco atau bahan pangan lainnya. dan kegemukan (obesitas). Tanpa adanya serat dalam makanan. jantung koroner. kanker usus besar. terutama selulosa. BAB III PENUTUP 3. radang apendiks.PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO9 adalah kandungan serat (dietary fiber)-nya yang cukup tinggi.

di samping kelayakan finansial. Persaingan disegmen minuman ini sangat tinggi. Nata de coco yang dproduksi petani dijual ke pabrik menengah atau besar untuk mengolahnya dan mepaknya menjadi bentuk yang menarik. Hal ini hanya dapat dilakukan oleh perusahaan menengah dan besar. Oleh karena itu perlu dipertimbangkan pembinaan kemitraan antara petani dan pengusaha besar atau enengah yang telah memiliki merek dagang yang terpercaya untuk memasarkan produk petani. Oleh sebab itu di daerah yang akan dikembangkan pengolahan nata de coco perlu dilakukan survei pasar terlebih dahulu. Mengingat konsumen nata de coco adalah konsumen akhir. Dalam pengembagan industri nata de coco di tingkat petani. karena banyaknya macam dan merek yang beredar saat ini. Industri nata de soso yang ada di tingkat petani umumnya dalam skala kecil dengan jagkauan pasarlokal di sekitar lokasi usaha. hal yang perlu lebih dipertimbamgkan adalah kepercayaan konsumen da keterandalan jaringan pemasaran produk yang dihasilkan. Untuk pwngolahan air kelapa. Dapat bjuga dalam pemasarannya.PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO10 Jumlah pengolahan air kelapa menjadi nata de coco sangat ditentukan oleh perkembangan jumlah konsumsi yang mungkin terjadi. maka kepercayaan konsumen terhadap merek dagang sangat menentukan keberhasilan penjualan prroduk yang dihasilkan. nata de coco dicampur dengan bahan . pembinaan sebaiknya dilakukan melalui pelatihan-pelatihan untuk mendapatkan nata de coco yang sehat dan higienis. Sementara peampilan nata de coco sejak aeal sampai sekarang tidak mengalami perubahan.

2007. karena sangat memengaruhi kualitas nata yang dihasilkan. tekstur nata de coco yang dihasilkan menjadi padat dan keras. 22 Peluang Bisnis Makanan untuk Home Indutry. Semakin banyak mengguakan pupuk ZA. semakin banyak kandungan seratnya. Alat-alat dan bahan yang tidak bersih bahkan dapat menggagalkan proses pembuatan nata. 50 gram pupuk ZA dapat digunakan untuk membuat nata dari 150 liter air kelapa. nata tetap mencair dan tidak embentuk lembaran. Meskipun begitu. · Selama proses produksi kebersihan alat-alat dan bahan yang digunakan harus diperhatikan. Saran Untuk membuat produk nata de coco hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut: · Perhatikan jumlah pupuk ZA yang digunakan.2 . DAFTAR PUSTAKA Redaksi Agromedia. Sebaliknya. Misalnya. Jakarta: Agromedia Pustaka . Hal ini hanya dapat dilakukan oleh pengusaha menengah dan besar. semakin padat tekstur nata.PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO11 ataumakanan lain. takaran pupuk ZA yang tepat dapat membuat tekstur nata menjadi renyah. 3.

PROSES PEMBUATAN NATA DE COCO12 Suhardiyono. 1995.com/bisnis/kaya-dengan-produk-kelapa . L. Yogyakarta: Kanisius http://www.matabumi. Tanaman Kelapa Budidaya dan Pemanfaatannya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful