KARYA ILMIAH REMAJA WEDANG KOPI BIJI BUAH SALAK

Disampaikan Dalam Kompetisi Karya Ilmiah Remaja Kemah Riset Nasional Pramuka Institut Pertanian Bogor

Oleh : 1. IRFAN HIELMY 2. DWINDA SETYOWARDANI 3. MIFTAKHUL ULUM

GERAKAN PRAMUKA AMBALAN KH. ARYADILAH & NYI AGENG SERANG GUGUS DEPAN 05.079 ± 05.080 SMA NEGERI 1 CIRUAS KABUPATEN SERANG 2011

Pd .n. Dwinda Setyo W. pada : Hari Tanggal Tempat : : : SMA Negeri 1 Ciruas Tim Penulis. dipertimbangkan dan disahkan. S. S. Utori.Pd Sudrajat Senda. A. Ketua Mabigus Pembimbing/pembina. Miftakhul Ulum Irfan Hielmy Mengetahui dan menyetujui.LEMBAR PENGESAHAN Karya tulis ilmiah ini yang berjudul ³WEDANG KOPI BIJI BUAH SALAK´ telah disetujui.

Kesimpulan yang dapat dikemukakan dalam karya tulis ini adalah : Biji kopi buah salak dapat dijadikan alternatif minuman penghangat masyarakat yang memilki khasiat yang baik bagi peminumnya. Alternatif minuman penghangat masyarakat. Karya Tulis : Kompetisi Karya Ilmiah Remaja Kemah Riset Nasional Pramuka IPB.ABSTRAK Irfan Hielmy. yaitu: 1. Tim penulis memiliki beberapa alasan pemilihan masalah seperti pada judul di atas. Biji buah salak ternyata dapat dibuat kopi. wedang kopi biji buah salak ternyata memiliki khasiat yang baik. demikian sebagai selain wedang kopi buah minuman minuman salak dapat alternatif teh dan penghangat penghangat kopi. Karya tulis ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan ³apakah manfaat biji buah salak dan apa kandungan yang terdapat dalam biji buah salak?´.2011. Cara membuatnya sama dengan cara membuat wedang kopi biasa. Wedang kopi biji buah salak memiliki citra rasa dan aroma seperti halnya wedang kopi dari biji kopi biasa. Karya Ilmiah Remaja Wedang Kopi Biji Buah Salak. dkk. . Pemanfaatan limbah biji buah salak. Selain citra dan rasa yang sedap. 2. Dengan dimanfaatkan masyarakat lainnya.

Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak. untuk itu penulis pada kesempatan ini banyak terima kasih kepada pihak yang terkait dalam penulisan karya ilmiah ini. Serang.KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan salam semoga tercurahkan hidayah-Nya. Penulis menyadari bahwa dalam karya tulis ini masih jauh dari kesempurnaan. Oktober 2011 Tim Penulis. Namun demikian. shalawat dan Nabi Muhammad SAW. Oleh karna itu. sampai dengan penulisan laporan itu sendiri sehingga tidak heran kalau hasil akhir yang telah dilakukan jauh dari sempurna. baik langsung maupun tidak langsung. para sahabat serta para pengikutnya yang setia sampai akhir zaman. selama penyusunan karya tulis ini penulisan telah banyak mengalami kesulitan mulai dari identifikasi masalah. Karya tulis ilmiah ini disusun untuk disampaikan dalam KOMPETISI KARYA ILMIAH REMAJA KEMAH RISET NASIONAL PRAMUKA INSTITUT PERTANIAN BOGOR. . tim penulis sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyusun laporan tugas karya ilmiah ini. terutama tulis bagi penguji ini yang demi menilai kemajuan dan di menyeleksi karya ilmiah kemudian hari. kepada keluarga. Semoga Allah memberikan balasan pahala yang berlipat ganda kepadanya dan mudah ± mudahan karya ilmiah ini bermanfaat bagi penulis serta orang yang membacanya . baik bantuan berupa moril maupun materil.

1 Proses Pembuatan Serbuk Kopi Biji Buah Salak 3.1 Klasifikasi Biji Buah Salak 2.4 Metode Penelitian BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.3 Tujuan Penelitian 1.1 Latar Belakang 1.1 Kesimpulan 4.2 Saran DAFTAR PUSTAKA .2 Manfaat Buah salak BAB III PEMBAHASAN MASALAH 3.DAFTAR ISI LEMBAR PENGESAHAN ABSTRAK KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1.2 Manfaat Kopi Biji Buah Salak BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN 4.2 Rumusan Masalah 1.

Dalam kesempatan ini. maka selayaknya kita berpartisipasi menjaga ketahanan pangan nasional. adapun cara menjaga ketahanan pangan nasional tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara. apa kandungan yang terdapat dalam biji buah salak? .BAB I PENDAHULUAN 1. merata dan terjangkau(Undang Undang No 7 Tahun 1996 Tentang Pangan). tim penulis akan mencoba untuk menjelaskan salah satu alternatif sumber pangan tersebut yaitu tentang sedang kopi biji buah salak sebagai alternatif minuman penghangat masyarakat. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut.2 Rumusan Masalah Untuk memfokuskan penelitian. yang menurut kami tertarik untuk di permasalahkan dan patut untuk di perbincangkan. apakah manfaat biji buah salak? 2. Penuh terdorong oleh hal ± hal diatas dengan kerendahan hati dan dengan bekal kemampuan.1 Latar Belakang Ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup. Salah satunya adalah mencari alternatif sumber pangan yang telah ada. aman. 1. baik jumlah maupun mutunya. Oleh karna itu penulis tertarik untuk mengangkat dan sekaligus menuangkan kedalam sebuah karya tulis yang berjudul ´WEDANG KOPI BIJI BUAH SALAK´. maka penulis menyusun karya tulis ini. penulis merumuskan masalah penelitian sebagai berikut: 1.

tim penulis langsung melakukan percobaan yang didasarkan atas dasar data dari kepustakaan (literature). Mengetahui alternatif sumber pangan yang dapat dibuat dari pemanfaatan biji buah salak. 3.1. tim penulis mencari dan memperoleh data dari berbagai sumber bacaan yang berkaitan dengan masalah yang akan dibahas. Kepustakaan ( Literatur ) Dalam melakukan penelitian lapangan dalam karya ilmiah ini. Eksperimen Dalam penelitian lapangan. . Mengetahui apa manfaat biji buah salak. 2. Mengetahui kandungan biji buah salak.4 Metode Penelitian 1. 1.3 Tujuan Penelitian 1. 2.

Tongkol bunga betina 20-30 cm.1 Klasifikasi Biji Buah Salak Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit. bertangkai. bertangkai panjang. panjang 3-7 m. Batang menjalar di bawah atau di atas tanah. ordo Arecales. runcing di pangkalnya dan membulat di ujungnya. sisi bawah keputihan oleh lapisan lilin. terletak dalam tongkol majemuk yang muncul di ketiak daun. terbungkus oleh sisik-sisik berwarna kuning coklat sampai coklat merah mengkilap yang tersusun seperti genting. genus Salacca. membentuk rimpang. tumbuh menjadi rumpun yang rapat dan kuat. berduri banyak. Anak daun berbentuk lanset dengan ujung meruncing. berukuran sampai 8 x 85 cm. diameter 10-15 cm. Divisi Magnoliophyta. tangkai daun. panjang 2.5-10 cm. terdiri atas 1-3 bulir yang panjangnya mencapai 10 cm. tipis dan banyak. kelas Liliopsida. Daun majemuk menyirip. Palma berbentuk perdu atau hampir tidak berbatang. famili Arecaceae. pelepah dan anak daun berduri panjang. yang belakangan mengering dan mengurai menjadi serupa serabut. sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca.zallaca. dan kerajaan Plantae. sering bercabang. Buah tipe buah batu berbentuk segitiga agak bulat atau bulat telur terbalik. Karangan bunga jantan Kebanyakan berumah dua (dioesis). Buah salak termasuk spesies S. Ia dikenal juga sebagai salak.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. warna duri kelabu sampai kehitaman. dengan banyak . mula-mula tertutup oleh seludang. melata dan beranak banyak.

buah memiliki biji 1-3 butir.2 Manfaat Buah Salak Salak terutama ditanam untuk dimanfaatkan buahnya. dikalengkan. yang populer sebagai buah meja. dengan warna yang coklat hingga kehitaman. . salak. potongan- potongan tangkai daunnya yang telah mengering pun kerap digunakan untuk mempersenjatai pagar. Salak salak yang pun muda dapat keripik rujak. atau untuk melindungi pohon yang tengah berbuah dari pencuri. untuk Helai-helai anak daun dan kulit anyaman. Demikian pula. jadi bila kebanyakan makan salak akan menyebabkan kesulitan membuang air besar dalam kadar menengah. keras. Dinding buah tengah (sarkotesta) tebal berdaging. umumnya. kuning krem sampai keputihan. salak juga biasa dibuat atau dikemas sebagai bahan manisan. kadang kulit salak juga di gunakan dalam traditional china medicine/jamu sebagai bahan obat. 2-3 cm panjangnya. masam. tangkai meski daunnya tentunya dapat digunakan sebagai bahan sesudah duri-durinya dihilangkan lebih dahulu. Secara membuktikan didalam biji ilmiah belum dan terdapat penelitian yang yang klasifikasi buah kandungan Pada terdapat salak salak. asinan. Selain dimakan segar. Umbut digunakan dimakan. rumpun salak kerap ditanam sebagai pagar. Karena duri-durinya hampir tak tertembus. berasa manis.duri kecil yang mudah putus di ujung masing-masing sisik. 2. Untuk pengobatan seperti untuk menghentikan diare. atau sepat.

2. 3. 3. masukkan hasil sangrai biji salak kedalam mesin penghalus ( blender) hingga menjadi serbuk. Alat dan bahan : 1. 7. Kompor 3. siapkan wajan yang telah dipanaskan dengan suhu sekitar 90o c. tahap akhir. 2.2 Manfaat Kopi Biji Buah Salak Adapun manfaat Kopi Biji Buah Salak diantaranya : 1.1 Proses Pembuatan Serbuk Kopi Biji Buah Salak 3. tiriskan biji salak hasil sangrai sekitar 5 ± 10 menit. Menghilangkan linu pada tulang persendian 3. 5.BAB III PEMBAHASAN 3. Mekanisme pembuatan : 1. keringkan serbuk pada cuaca panas.1.1. cuci dan bersihkan biji salak 2. Sebagai minuman penghangat tubuh. Berkhasiat untuk mengurangi penyakit darah tinggi 4. Tidak terdapat kandungan kafein yang menyebabkan ketergantungan terhadap kopi. wajan 4. biji buah salak 300 g 2. 4. Serbuk biji salak siap dijadikan sebagai minuman penghangat (kopi). hingga biji salak berwarna hitam . Blender 3. masukkan biji salak kedalam wajan yang telah dipanaskan pekat. 6.1.

4. Dengan demikian wedang kopi buah salak dapat dimanfaatkan sebagai alternatif minuman penghangat masyarakat selain kopi. . teh dan minuman penghangat lainnya. salah satu caranya yaitu mencari alternatif sumber pangan yang telah ada. Selain contoh tersebut sebenarnya alternatif lakukan. Oleh terdapat lain yang banyak bisa kita alternatifcari dan karena itu. berkompetensi dalam mencari inovasi-inovasi baru yang bermanfaat dalam ketahanan pangan nasional Negara kita.2 Saran Dalam menjaga ketahanan pangan nasional. Indonesia. Contohnya adalah Wedang kopi dari Biji Buah Salak masih yang ini. tim penulis menyarankan motifasikan diri kita untuk menjaga ketahanan pangan atau minimal ikut berpartisipasi demi kemakmuran nasional dengan cara kita berkreasi.BAB IV PENUTUP 4.1 Kesimpulan Biji kopi buah salak dapat dijadikan alternatif minuman penghangat masyarakat yang memilki khasiat yang baik bagi peminumnya.

DAFTAR PUSTAKA http://www.org http://artihidup-ningsih.id http://id.com http://www.wikipedia.co.drn.blogspot.google.go.id .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful