BADAN AKREDITASI PROVINSI SEKOLAH/MADRASAH (BAP(BAP-S/M) SUMATERA SELATAN

Jl. Kapten A. Rivai Nomor 47 Telp. (0711) 317014 Fax. (0711) 357897 Palembang

AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH TAHUN 2010

BADAN AKREDITASI PROVINSI SEKOLAH/MADRASAH (BAP-S/M) SUMATERA SELATAN

Pengertian Akreditasi
UU N0. 20/2003 tentang SISDIKNAS
Akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non-formal pada setiap jenjang nondan jenis pendidikan. [Pasal 60 ayat (1)] pendidikan. [Pasal Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah dan/atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik. [Pasal 60 ayat (2)]

[Pasal 86 ay 1] Akreditasi merupakan bentuk akuntabilitas publik dilakukan secara obyektif. adil. 19/2005 Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dan/atau satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan [Pasal 1 ayat 21] Pemerintah melakukan akreditasi pd setiap jenjang dan satuan pendidikan untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan. transparan. dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan [Pasal 86 ayat 3] .Akreditasi Sekolah/Madrasah berdasarkan PP No.

pemerintah membentuk BAN-S/M [Pasal 2 ayat (1)] .29/2005 ‡ Akreditasi S/M adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan suatu S/M berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh BAN-S/M yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan. [Pasal 1 ayat (5)] ‡ Untuk melaksanakan akreditasi S/M.Akreditasi S/M Berdasarkan Permen No.

 Memberikan pengakuan peringkat kelayakan.  Memberikan rekomendasi tentang penjaminan mutu pendidikan kepada program dan/atau satuan pendidikan yang diakreditasi dan pihak terkait (rekomendasi tindak lanjut). .Tujuan Akreditasi S/M  Memberikan informasi tentang kelayakan S/M sebagai satuan pendidikan atau program pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.

sasaran.Manfaat Akreditasi S/M 1. . misi. Umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga S/M dalam rangka menerapkan visi. tujuan. terencana. nasional bahkan regional dan internasional. dan kompetitif baik di tingkat kabupaten/kota. Motivator agar S/M terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap. 3. Acuan dalam upaya peningkatan mutu S/M dan rencana pengembangan S/M. 2. provinsi. dan program S/M. strategi.

. belajar untuk meningkatkan dukungan dari pemerintah.Manfaat Akreditasi S/M 4. dan dana. investasi dana swasta dan donatur atau bentuk bantuan lainnya. masy. Membantu mengidentifikasi S/M dan program dalam rangka pemberian bantuan pemerintah. moral. maupun sektor swasta dalam hal profesionalisme. 5. Bahan informasi bagi S/M sebagai masy. tenaga.

Fungsi Akreditasi S/M  Akuntabilitas. apakah layanan yang dilakukan dan diberikan oleh sekolah/ madrasah telah memenuhi harapan atau keinginan masyarakat. yaitu sebagai bentuk pertanggungjawaban S/M kepada publik. pemerintah.  Pembinaan dan pengembangan. yaitu sebagai informasi bagi semua pihak tentang kelayakan S/M dilihat dari berbagai unsur terkait yang mengacu pada standar minimal beserta indikator-indikatornya. .  Pengetahuan. yaitu sebagai dasar bagi S/M. dan masyarakat dalam upaya peningkatan atau pengembangan mutu S/M.

. Dalam pelaksanaan penilaian ini berbagai aspek yang terkait dengan kelayakan itu diperiksa dengan jelas dan benar untuk memperoleh informasi tentang keberadaannya. Objektif Akreditasi S/M pada hakikatnya merupakan kegiatan penilaian tentang kelayakan penyelenggaraan pendidikan yang ditunjukkan oleh suatu S/M. Agar hasil penilaian itu dapat menggambarkan kondisi yang sebenarnya untuk dibandingkan dengan kondisi yang diharapkan maka dalam prosesnya digunakan indikator-indikator terkait dengan kriteriakriteria yang ditetapkan.Prinsip Akreditasi S/M 1.

Adil Dalam melaksanakan akreditasi. fokus penilaian tidak hanya terbatas pada aspek-aspek tertentu saja tetapi juga meliputi berbagai komponen pendidikan yang bersifat menyeluruh. Komprehensif (Lanjutan) Dalam pelaksanaan akreditasi S/M. dan tidak memandang status S/M baik negeri ataupun swasta. sosial budaya. 3. keyakinan. S/M harus dilayani sesuai dengan kriteria dan mekanisme kerja secara adil dan/atau tidak diskriminatif. Dengan demikian hasil yang diperoleh dapat menggambarkan secara utuh kondisi kelayakan S/M tersebut.Prinsip Akreditasi S/M 2. semua S/M harus diperlakukan sama dengan tidak membedakan S/M atas dasar kultur. .

. 5. Transparan Data dan informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan akreditasi S/M seperti kriteria. jadwal serta sistem penilaian akreditasi dan lainnya harus disampaikan secara terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja yang memerlukannya. mekanisme kerja. Akuntabel Pelaksanaan akreditasi S/M harus dapat dipertanggungjawabkan baik dari sisi penilaian maupun keputusannya sesuai aturan dan prosedur yang telah ditetapkan.Prinsip Akreditasi S/M (Lanjutan) 4.

Memiliki peserta didik pada semua tingkatan kelas. . 5. Memiliki Surat Keputusan Pendirian/ Operasional Sekolah/Madrasah. dan 6. 4. Memiliki sarana dan prasarana pendidikan. Melaksanakan kurikulum yang berlaku. 3. Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan.Persyaratan Mengikuti Akreditasi Sekolah/Madrasah 1. 2. Telah menamatkan peserta didik.

. 9. 1. Menyiapkan perangkat akreditasi dan adm. 2. Mengusulkan jumlah S/M yang akan diakreditasi kepada BAPS/M. 7. 3. dan Melaksanakan tugas lain yang ditetapkan oleh BAP-S/M. Mengkoordinasikan jadwal pemberangkatan asesor. Menyusun data S/M yang telah dan akan diakreditasi di tingkat kab/kota Mengkoordinasikan sasaran penugasan asesor. UPA-S/M membantu BAP-S/M dalam hal: Sebagai penghubung antara BAP-S/M dengan Dinas Pendidikan dan Kandepag. 5. 6. 8. 4. Melaporkan pelaksanaan kegiatan. bagi asesor.TUGAS UPA KAB/KOTA Dengan penugasan dari BAP-S/M. Mengusulkan jumlah asesor yang dibutuhkan untuk kab/kota yang bersangkutan.

AKREDITASI PADA SATUAN DAN PROGRAM PENDIDIKAN 1. Akreditasi di SMK/MAK diberlakukan untuk program keahlian 3. Akreditasi di SLB diberlakukan untuk program pendidikan/jenis ketunaan . Akreditasi di TK/RA. SMP/MTs. SD/MI. dan SMA/MA diberlakukan untuk satuan pendidikan 2.

1. BAN-S/M memberikan wewenang kepada BAP-S/M untuk atas nama BAN-S/M menetapkan peringkat akreditasi sekolah/madrasah.1. penetapan peringkat akreditasi sekolah/madrasah dilakukan dalam rapat pleno BAP-S/M. dan 3. rapat pleno BAP-S/M yang dimaksud pada butir (b) dinyatakan sah apabila memenuhi kuorum dan dihadiri oleh sekurang-kurangnya satu orang anggota BAN-S/M. 2. . Penetapan Hasil Akreditasi Penetapan hasil akreditasi diatur sebagai berikut.

Memperoleh nilai akhir akreditasi sekurang-kurangnya 56. Tidak ada nilai komponen akreditasi skala ratusan kurang dari 40.2. 3. Kriteria Status Akreditasi Sekolah/Madrasah dinyatakan terakreditasi jika memenuhi seluruh kriteria berikut. . Sekolah/Madrasah dinyatakan tidak terakreditasi (TT). 1. jika tidak memenuhi kriteria di atas. Tidak lebih dari dua nilai komponen akreditasi skala ratusan kurang dari 56. 2. Kriteria Status Akreditasi dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi a.

2. Kriteria Status Akreditasi dan Pemeringkatan Hasil Akreditasi (lanjutan) b. 1. Peringkat akreditasi C (cukup baik). atau 56 < NA < 70. 2. Peringkat akreditasi A (sangat baik). Pemeringkatan Hasil Akreditasi Sekolah/Madrasah memperoleh peringkat akreditasi sebagai berikut. jika memperoleh nilai akhir akreditasi (NA) sebesar 86 sampai dengan 100. jika memperoleh nilai akhir akreditasi sebesar 71 sampai dengan 85. . Peringkat akreditasi B (baik). atau 71 < NA < 85. atau 86 < NA < 100. 3. jika memperoleh nilai akhir akreditasi sebesar 56 sampai dengan 70.

3. Setelah periode lima tahun sekolah/madrasah harus diakreditasi ulang. SIKLUS AKREDITASI 1.4. Akreditasi sekolah/madrasah berlaku selama lima tahun terhitung sejak tanggal ditetapkan. Sekolah/Madrasah diwajibkan mengajukan permohonan akreditasi ulang paling lambat enam bulan sebelum masa berlakunya akreditasi berakhir. 2. . Sekolah/Madrasah yang menghendaki akreditasi ulang untuk memperbaiki peringkat setelah melakukan perbaikan dapat mengajukan permohonan sekurangkurangnya dua tahun terhitung sejak ditetapkannya peringkat akreditasi.

4. Sekolah/Madrasah yang masa berlaku status akreditasinya berakhir dan telah mengajukan akreditasi ulang tetapi belum dilakukan akreditasi oleh BAP-S/M. maka status dan peringkat akreditasi sekolah/madrasah yang bersangkutan tetap berlaku dengan surat perpanjangan masa berlakunya akreditasi yang dikeluarkan oleh BAP-S/M. maka status akreditasi sekolah/madrasah yang bersangkutan dinyatakan tidak berlaku. . Sekolah/Madrasah yang masa berlaku status akreditasinya telah berakhir dan menolak untuk diakreditasi ulang oleh BAPS/M. 5. Masa perpanjangan akreditasi berlaku hingga BAP-S/M melakukan akreditasi terhadap sekolah/madrasah yang bersangkutan. 6. SIKLUS AKREDITASI (Lanjutan) 4.

SANKSI DAN KEBERATAN ATAS HASIL AKREDITASI Bagi satuan dan program pendidikan yang tidak terakreditasi akan terkena sanksi sebagaimana diatur dalam Pasal 61 UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003. yaitu tidak boleh menyelenggarakan ujian akhir dan tidak berhak menerbitkan ijazah. BAP-S/M melakukan verifikasi dan evaluasi ulang serta menyampaikan hasilnya kepada BAN-S/M. BAN-S/M membantu penyelesaian bila BAP-S/M tidak dapat menyelesaikan. .5. Berdasarkan pengajuan keberatan tersebut. Sekolah/Madrasah atau pihak lain yang merasa tidak puas terhadap hasil akreditasi dapat menyampaikan keberatan kepada BAP-S/M dengan tembusan kepada BAN-S/M.