KEUTAMAAN DAN MANFAAT AL-QURAN

Tugas Bahasa Indonesia diajuhkan untuk memenuhi persyaratan dalam rangka mengikuti UAS/UAN Kelas IX.B SMPN Pasang. Kec. Binuang. Kab. Polman. Tahun pelajaran 2012/2013 Disusun NAMA : SALMA S.T. KELAS : IX.B NISN : 9972531074 SMPN PASANG KEC. BINUANG KAB. POLMAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

menyatakan bahwa : NAMA : SALMA S.DAFTAR PENGESAHAN Yang bertanda tangan dibawah ini.T.pd NIP: 19700408200711024 NIRWANA.S NIP : 1974 2312 0099032013 Mengetahui : Kepala Sekolah H. KELAS : IX. S.B NISN : 9972531074 Telah menyelesaikan karya ilmiah dengan judul ³ KEUTAMAAN DAN MANFAAT AL ± QURAN ³ sebagai salah satu persyaratan guna mengikuti UAS/ UAN di SMPN PASANG Tahun Pelajaran 2012/2013 Koordinator karya ilmiah siswa : Wali Kelas Guru Pembimbing SYAHIRUDDIN SJ S.Pd NIP : 196312311983011021 . JALALI S.

yang telah membawa ajaran kedunia ini. nasehat dan fasilitas yang telah diberikan kepada kami 3. Bapak dan Ibu guru. Selaku kepala sekolah SMPN PASANG. Serta semua teman-teman dan pihak yang telah membantu penulis sehingga dapat menyusun karya ilmiah ini dengan sederhana. Pasang 12. Karena dengan rahmat dan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan baik. Kedua orang tua penulis yang telah membesarkan dan mendoakan serta memberikan dorongan dan bimbingan kepada penulis.Pd.T. Februari 2012 Penyusun Salma S. Dan tak lupa kita ucapkan salawat kepada junjungan besar kita MUHAMMAD SAW. beserta seluruh staf pengajar di SMPN PASANG yang telah mendidik dan membimbing penulis selama ini. meskipun dalam bentuk sederhana. 4. Kami menyadari. tentu tidak lepas dari kekurangan maka dari itu berikanlah kritik dan saran yang membangun bukan yang mencelah atau menjatuhkan karya ilmiah ini . yakni ajaran agama yang diberrkati ALLAH. atas segala saran. kehadiran karya ini terhadap pembaca. JALALI S. Yang terhormat Bapak H. . Dan tak lupa kami ucapkan terimah kasih sedalam-dalamnya kepada 1.KATA PENGANTAR \ Dengan mengucapkan puji serta rasa syukur kehadirat Allah SWT. 2. Karena tidak ada gading yang tak retak dan bukan gadinglah namanya klo tak retak.

... Kata Pengantar Daftar Isi BAB 1 PENDAHULUAN a... Tujuan Penulisan c.. Al Qur¶an sebagai pengoreksi BAB 3 MANFAAT DAN FUNGSI AL QUR¶AN a.... Al Qur¶an sebagai pembeda dan obat penawar BAB 4 PENUTUP a.. Komposisi Bab BAB 2 KEUTAMAAN AL QU¶AN a. Al Qur¶an sebagai pedoman hidup c............ Al Qur¶an sebagai mukjizat b... Rumusan Masalah d.. Kesipulan b....DAFTAR ISI Sampul Daftar Pengesahan. Al Qur¶an sebagai ruh dan cahaya c.... Al Qur¶an sebagai petunjuk b..... Batasan Masalah e..... Alasan Memilih Judul b........ Saran ...............

BAB 1 PENDAHULUAN a. Al Qur¶an sebagai Obat Penawar dan Nasehat 4. Tujuan Penulisan Kami sangat berharap dengan adanya karya tulis yang pokok pembahasannya ³ KEUTAMAAN AL QUR¶AN´ ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca. 2. Komposisi Bab Adapun komposisi bab yang terdapat dalam karya ilmiah ini membahas tentang : 1. Al Qur¶an sebagai pengoreksi 3. Jelaskan manfaat dan fungsi Al Qur¶an ? d. Alasan Memilih Judul Karena menurut saya masih banyak orang yang belum mengetahui keutamaan serta manfaat Al Qur¶an bagi kehidupan kita b. Perumusan Masalah Berdasarkan pokok-pokok pembahasan diatas maka dari pihak penyusun dapat merumuskan pokok permasalahan yaitu : 1. membahas tentang pendahuluan yang mencakup : alsan memilih judul. e. Al Qur¶an sebagai mukjizat b. Bab kedua. batasan masalah. Bab pertama. Al Qur¶an sebagai pedoman hidup c. membahas tentang ³MANFAAT DAN FUNGSI KEUTAMAAN AL QUR¶AN´ pada pembahasan ini mengikutkan beberapa poin-poin penting seperti : a. Apa Keutamaan Al Qur¶an ? 2. tujuan penulisan. membahas tentang ³MANFAAT DAN FUNGSI KEUTAMAAN AL QUR¶AN´ yang mencakup beberapa poin : a. Bab ketiga. terutama kepada penulis sendiri tentang keutamaan dan manfaat Al Qur¶an c. Batasan Masalah Dalam karya ilmiah ini penulis hanya membahas masalah tentang ³ MANFAAT AL QUR¶AN´ secara sederhana saja yaitu tentang keutamaan dan serta manfaat dan fungsi Al Qur¶an. Al Qur¶an sebagai Cahaya dan Pembeda c. Al Qur¶an sebagai Petunjuk dan Ruh b. Bab keempat adalah bab yang berakhir dengan bagian pembahasan yaitu penutup yang berisi kesimpulan dan saran . dan komposisi bab.

´ . Rasulullah telah menjadikan Al Qur¶an sebagai senjata untuk menantang orang-orang kafir Quraisy. Panggillah orang-orang yang sanggup mengadakaannya selain dari Allah. jika kamu memang orang yang benar. awal surat Thana yang dibaca oleh adiknya Fatimah. Jika mereka (yang kamu seru itu) tidak menerima seruanmu. Bahkan Abu Jabal musuh besar Rasulullah sampai tidak membunuh Nabi karena mendengar surat Adh-Dhuha yang di baca Nabi. Diplomat Quraisy waktu itu. yang letaknya dekat negeri arab. Kemukjizatan Al Qur¶an terbukti dari kabar berita yang menceritakan kejadian masa depan. ³Kemukjizatan Al Qur¶an juga terbukti dari isi ayat-ayatnya. ³Katakanlah sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa dengannya. sedangkan mereka(Rum) sesudah kalah itu akan menang dalam beberapa tahun kepunyaan Allah semua urusan sebelum itu dan kemudiannya. Sekaligus menjadi bukti bahwa Al Qur¶an memang firman Allah SWT. Pada hari itu ( hari kemenangan ) akan bergemira orang-orang beriman. Mukjizat Al Qur¶an menjadi bukti kenabian dan kerasulan Nabi Muhammad SAW. Al Qur¶an merupakan suatu mukjizat yang mustahil dapat ditandingi. ketahuilah bahwa sesungguhnya Al Qur¶an itu diturunkan dengan ilmu Allah Jika manusia dan jin dikumpulkan sekaligus. Seperti surat Rum ayat 2-4.BAB 2 KEUTAMAAN AL QUR¶AN A. dapat meyakinkan kita Al Qur¶an adalah firman Allah bukan ciptaan manusia atau nabi. Karena gaya bahasa yang demikian itulah sehingga Umar Bin Khattab setelah mendegar Al Qur¶an. Gaya bahasa yang luhur tapi mudah di mengerti merupakan ciri dari bahasa Al Qur¶an. sekalipun sebagian mereka menolong sebagian yang lain (QS Al Israak:88) ³ Bahasa Al Qur¶an adalah mukjizat besar sepanjang masa. Al Qur¶an juga menjadi sebab masuknya orang-orang zaman sekarang ke agama islam. berita dari masa depan. mereka tetap tidak akan mampu membuat satu ayat pun yang serupa. ´Telah dikalahkan Rum oleh persia. Keindahan bahasa dan keteraturan susunan katanya tidak dpat ditemukan pada buku-buku bahasa arab lainnya. Rasulullah menantang orang-orang arab agar mereka menandingi tata bahasa Al Qur¶an. Al Qur¶an yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Al Qur¶an sebagai mukjizat Al Qur¶an telah menjadi salah satu sebab penting bagi orang-orrang arab di zaman Rasulullah ke dalam agama islam. Pahami dan renungi ayat-ayat ini agar kita dapat memahami kemukjizatan Al Qur¶an: Pertama. Katakanlah : Jika demikian maka cobalah kalian tunjukkan sepuluh surat seumpama Al Qur¶an itu dari ciptaan kalian. Kaum Quraisy tidak mampu menghadapi keindahan bahsa Al Qur¶an padahal mereka mempunyai kemahiran dalam sastra dan bahasa. terpaksa cepat-cepat pulang begitu mendengar beberapa ayat dari surat Fushsilat yang dikemukakan Rasulullah sebagai jawaban atas usaha-usaha bujukan dan diplomasinya. Dan untuk membuktikan Al Qur¶an memang benar-benar firman Allah SWT seperti bunyi surat Hud ayat 13-14 ³ Bahkan mereka berkata dia (Muhammad) yang mengada-ngada Al Qur¶an.

. Ayat ini turun sekitar tahun 620. Tujuh tahun setelah kekalahan hebat christian Byzabtium di tangan bangsa Persia yakni.Ayat dari surat Ar Rum ini menggambarkan bahwa kekaisaran Byzantine. yang telah memnuhi kekalahan dari bangsa Persia itu akan segera mendapatkan kemenangan. Tetapi hanya bangsa Akar. Tetapi sebelum keruntuhan itu. slay. Byzantium saat itu menderita kekalahan hebat sehingga mereka sangat mustahil mempertahankan keberadaan apalagi mendapatkan kemenangan kembali tidak hanya barang Persia yang menyerang byzantium. terletak dibagian timur kekaisaran roma. ayat pertama ayat Ar-Rum membawa suatu pengumuman bahwa byzantium akan mendapatkan kemenangan beberapa tahun lagi . tujuh tahun setelah peperangan yang memaksa byzantine kehilangan jerussaleem. dan Lombarol juga menjadi ancaman serius bagi kekaisaran byzantine dan mengakibatkan keruntuhan.

keajaiban lain yang di ungkapkan dalam isi surat Ar-rum ini adalah fakta geografis yang tidak dapat diunkpakan pada masa itu. 3. Karena yang di berikan oleh ajaran isalam merupakan penyelesaiian yang sebenar-benarnya sesuai dan memenuhi fitrah manusia. d. karena didalamnya mengemukakan pokok-pokok serta prinsip-prinsip dalam hubungan antara manusia dengan Allah dan makhluk lainnya. akhlak dan lain-lain. tak da satu orang pun yang mampu menandinginya. Kemukjizatan Al Qur¶an terbukti dari kabar berita tentang masa depan b. Hukum ini wajib dijadikan sebagai pandangan hidup bagi seluruh kaum muslim dan seluruh umat manusia untuk mengatasi semua permasalahan hidup yang dihadapi. Keajaiban matematika Al Qur¶an contohnya : angka penggolongan nomor pada kata dalam Al Qur¶an. pengadilan(uqubat). 2. Al Qur¶an merupakan suatu mukjizat yang mustahil dapat ditandingi. sosial (Ijtimali). Keajaiban ilmiah Al Qur¶an yaitu firman Allah yang terkandung banyak sekali sisi keajaiban yang membuktikan berbagai fakta. c. Al Qur¶an mengandung peraturan tentang hukum berpolitik negara(Al-Hukm). Kesimpulan 1.BAB IV PENUTUP A. Al Qur¶an sebagai pedoman hidup. Faktor geografis. Tapi. pendidikan(siyasan ta¶limiyah). a. pidana(Hudua). Al Qur¶an sebagai pengoreksi . Rasulullah menantang orang-orang arab untuk menandingi susunan kata bahkan makna Al Qur¶an.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful