Tugas Metodologi Penelitian Ayu Syafitri ( 709210010

)

TUGAS METODOLOGI PENELITIAN PENGARUH KOMPENSASI DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN UNIT PRODUKSI PT.X PALEMBANG

Oleh Waktu penerbitan Nama Majalah Lembaga Penerbit Volume Nomor Majalah

: Agung Panudju : Oktober 2003 : Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya : Kampus Bukit Besar Jl. Sriwijaya Negara, Palembang 30139 :1 :2

Komponan yang terdapat dalam artikel penelitian yaitu : 1. Judul 2. Latar belakang masalah 3. Masalah yang menyebabkan dilakukan penelitian 4. Tujuan penelitian 5. Kerangka teoritis 6. Penelitian terdahulu 7. Hipotesis 8. Metode penelitian 9. Analisis data dan pembahasan 10. Kesimpulan dan saran 11. Daftar Pustaka

1.1 Judul Peneliti memilih judul berdasarkan atas permasalahan yang ada dan judul tersebut merupakan penjelasan tingkas tentang apa yang terdapat dalam sebuah penelitian sehingga pembaca dapat memutuskan akan membaca atau tidak.

1.2 Latar Belakang Masalah Dalam penulisan jurnal tersebut, penulis mengemukakan bahwa latar belakang pemilihan topik tersebut adalah karena pentingnya sumber daya manusia dalam suatu perusahaan sebagai pelaksana dan mengatur kegiatan perusahaan, sehingga kepuasan karyawan harus diutamakan demi meningkatnya produktivitas karyawan yang dapat meningkatkan nilai perusahaan.
1

signifikan tugas dan umpan balik dapat memberikan kepuasan kerja karyawan. Dimana teori kompensasi menjadi acuan untuk membahas permasalahan apakah variable yang ada dalam kompensasi berupa uang dan sebgainya mempunyai pengaruh teradap kepuasan kerja. karakteristik pekerjaan. Dalam artikel tersebut teori yang dicantumkan berupa kompensasi. Unsur lingkungan dan perilaku juga menjadi dasar atas penyelesaian masalah dalam artikel penelitian ini karena lingkungan dan perilaku dapat mempengaruhi karyawan dalam menyelesaiakan kewajibannya dan mendapatkan kepuasan atas balasan yang diberikan organisasi. Teori karakteristik pekerjaan menjadi acuan atas permasalahan apakah variable pada karakteristik pekerjaan berupa variasi pekerjaan. Selanjutnya teori organisasi merupakan pedoman untuk penyelesaian masalah karena setiap kegiatan karyawan dilakukan dalam sebuah organisasi. maka rumusan masalah itu merupakan suatu pertanyaan yang akan dicarikan jawabannya melalui pengumpulan data. unsure organisasi.5 Kerangka Teoritis Di dalam kerangka teoritis dimaksudkan untuk menerangkan bagaimana hubungan suatu teori dengan faktor-faktor penting yang telah diketahui dalam suatu masalah pada penelitian. 2 . serta kepuasan kerja.Tugas Metodologi Penelitian Ayu Syafitri ( 709210010) 1. Teori kepuasan kerja menjadi acuan untuk menyelesaikan masalah dalam artikel penelitian ini karena tujuan penulisan artikel adalah untuk mengetahui kepuasan kerja karyawan selama berada dalam organisasi.4 Tujuan Penelitian Penulis melakukan penelitian untuk menyelesaikan permasalahan dan diharapkan dapat memberikan jawaban atas permasalahan tersebut dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang membutuhkan. identitas tugas. unsure lingkungan. 1.Penulis menyimpulkan bahwa permasalahan yang timbul dalam penelitian adalah apakah kompensasi dan karakteristik pekerjaan mempengaruhi kepuasan karyawan serta komponen mana yg lebih berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. 1.3 Perumusan Masalah Permasalahan yang timbul berbeda dengan latar belakang masalah sebab masalah itu merupakan kesenjangan antara yang diharapkan dengan yang terjadi. unsure kepribadian.

variabel bebas dalam Karakteristik pekerjaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan karyawan PT. 1. secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan demikian hipotesis pertama dapat diteriama. dan umpan balik) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan.sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. HIpotesis dikatakan jawaban sementara karena jawaban baru berdasarkan pada teori yang ada belum berdasarkan fakta melalui pengumpulan data. variasi pekerjaan. Berdasarkan hasil penelitian kompensasi financial. 1. populasi dan sampel berupa seluruh karyawan yang menjadi populasi dan 93 orang yang menjadi sampel berdasarkan hasil perhitungan kemudian variable penelitian yang memiliki 2 variabel yaitu variable independen dan dependen. kompensasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Teknik analisis data menggunakan metode analisis statistic untuk mengetahui hubungan antara variable dependen dan independen. 1. 3 . identitas tugas. Selanjutnya dalam metode penelitian terdapat instrument penelitian berupa kuisioner pertanyaan dan metode pengumpulan data sebagian besar merupakan data primer yang diperoleh langsung dari kuisioner.Tugas Metodologi Penelitian Ayu Syafitri ( 709210010) 1. Hipotesis dari artikel tersebut berupa Variabel-variabel bebas dalam kompensasi dan karakteristik pekerjaan bersama.6 Penelitian Terdahulu Penelitian terdahulu berfungsi sebagai pendukung atas penulisan artikel yang telah membahas sebelumnya permasalahan kompensasi dan memberikan kesimpulan bahwa variabel-variabel dalam kompensasi (kompensasi finansial dan non finansial) dan variabelvariabel dalam karakteristik pekerjaan (otonomi.9 Analisis Data dan Pembahasan Analisis data menggunakan uji reliabilitas dan validitas.8 Metode Penelitian Metode penelitian yang digunakan oleh penulis berupa rancangan penelitian. variabel. signifikan tugas dan umpan balik . kompensasi non finansial otonomi. variasi pekerjaan.7 Hipotesis Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian yang telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaa. identitas tugas. signifikansi tugas.X Palembang.

11 Daftar Pustaka Daftar pustaka merupakan sumber rujukan atas artikel yang dikutip dari sumber lain dan ditempatkan pasa akhit tugas. identitas tugas. maka semakin tinggi pula kepuasan kerja karyawan.X Palembang ³ termasuk penelitian applied research karena merupakan penelitian yang menyangkut aplikasi teori untuk memecahkan masalah tertentu. kompensasi non finansial.Tugas Metodologi Penelitian Ayu Syafitri ( 709210010) semakin tinggi kompensasi finansial. Jenis artikel Artikel yang berjudul ³ Pengaruh Kompensasi Dan Karakteristik Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Unit Produksi Pt.10 Kesimpulan dan Saran Kesimpulan dari artikel ini berisi rangkuman akhir dari artikel penelitian sehingga hasil akhir dapat disimpulkan dengan jelas disertai saran sebagai masukan atas permaslahan yang dibahas dalam artikel 1. variasi perkerjaan. 4 . 1.otonomi. dengan asumsi bahwa variabel bebas lainnya konstan. signifikansi tugas dan umpan balik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful