P. 1
Fisika

Fisika

|Views: 42|Likes:
Published by Arnis Sasanti

More info:

Published by: Arnis Sasanti on Feb 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/17/2012

pdf

text

original

FISIKA : ALL ABOUT BESARAN POKOK DAN TURUNAN

Nama Kelas Tugas

: : :

Roynol Putra Pamungkas X-MMA IPA FISIKA

1.1. Besaran Dimensional Fisika merpakan cabang ilmu pengetahuan yang memerlukan banyak sekali pengukuran ± pengukuran, misalnya: panjang, luas, berat, massa, kecepatan, waktu dan lain-lain. Semua besaran fisika dalam mekanika dapat dinyatakan dengan tiga besaran pokok, yaitu : - Panjang; - Massa; - Waktu. Yang dimaksud dengan dimensi besaran ialah cara besaran itu disusun oleh besaran pokok, misalnya: - panjang : dapat dinyatakan dalam km, dam, m, dm, cm dsb, yaitu besaran satuan yang dapat diubah kelain satuan yang sama dimensinya.

Konsep garis lurus tentang waktu diikuti dengan terbentuknya konsep tentang urutan kejadian. Ada tujuh besaran pokok dalam sistem Satuan Internasional yaitu Panjang. Secara mikroskopis. Sebagai contoh: masyarakat Barat melihat waktu sebagai sebuah garis lurus (linier).1. Besaran Pokok BESARAN POKOK Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Dengan kata lain sejarah manusia dilihat sebagai sebuah proses perjalanan dalam sebuah garis waktu sejak zaman dulu. atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian. Dalam ilmu fisika dan teknik. semakin panas benda tersebut. Massa. perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung. Setiap atom dalam suatu benda masing-masing bergerak. dengan simbol ³l´ atau ³L´ (singkatan dari bahasa Inggris length). masysrakat Hindu melihat waktu sebagai sebuah siklus yang terus berulang tanpa akhir. Waktu. baik itu dalam bentuk perpindahan maupun gerakan di tempat berupa getaran. Panjang dapat dibagi menjadi tinggi. Dalam hal ini. Suhu. Tiap masyarakat memilki pandangan yang relatif berbeda tentang waktu yang mereka jalani. diukur pada sudut tegak lurus terhadap panjang benda. Intensitas Cahaya. yang secara umum dapat digunakan untuk mengukur banyaknya materi yang terdapat dalam suatu benda. Makin . yaitu jarak vertikal. Panjang adalah dimensi suatu benda yang menyatakan jarak antar ujung. Waktu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) adalah seluruh rangkaian saat ketika proses. zaman sekarang dan zaman yang akan datang.2. suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Jumlah molekul. Mudahnya. kata ³panjang´ biasanya digunakan secara sinonim dengan ³jarak´. yaitu jarak dari satu sisi ke sisi yang lain. Berbeda dengan masyarakat Barat. Massa adalah sifat fisika dari suatu benda. serta lebar. Suhu menunjukkan derajat panas benda. Massa merupakan konsep utama dalam mekanika klasik dan subyek lain yang berhubungan. Kuat Arus. skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan/kejadian. semakin tinggi suhu suatu benda.

sekalipun kita sekarang tahu bahwa arus listrik itu dihasilkan dari aliran elektron yang bermuatan negatif ke arah yang sebaliknya. Besaran Volume Silinder yang jari ±jarinya = r dan tinggi = h. Muatan listrik bisa mengalir melalui kabel atau penghantar listrik lainnya.tingginya energi atom-atom penyusun benda. Pada zaman dulu. Arus konvensional didefinisikan sebagai aliran muatan positif. Jumlah molekul Intensitas Cahaya Besaran panjang memakai simbol [ L ] Besaran massa memakai simbol [ M ] Besaran waktu memakai simbol [ T ] Tanda [] menunjukkan dimensi yang tidak dilengkapi dengan bilangan ± bilangan. makin tinggi suhu benda tersebut. Persamaan dimensi untuk: 1. Besaran Percepatan Percepatan = laju/waktu = (jarak/waktu)/waktu = jarak/(waktu)2 Persamaan menjadi : [Percepatan]= [L]/[T]2 = [L][T-2]=[LT-2] . r dan h merupakan dimensi panjang [L] Maka persamaan menjadi: [Volume]=[L2][l] à [Volume]= [L3] 2. Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. maka: Volume = ›r2h dimana › : tidak mempunyai dimensi.

Besaran Usaha (W) Usaha = hasil gaya dan perpindahan gaya W= F.s à dimensi F=[MLT-2] Dimensi s=(jarak)=[L] Persamaan menjadi : [Usaha]= =[MLT-2][L] = [ML2T-2] 1. Besaran energi kinetik: (Ek) E=½mv2 à dimensi m (massa)=[M] Dimensi v (kecepatan)= [L2T-2] 4. Besaran Gaya : (F) F=m.3.a à dimensi m= [M] Dimensi a= [LT-2] Persamaan menjadi : [Gaya]= [M] [LT-2] =[MLT-2] 5. Sistem Satuan Ada tiga sistem satuan yang biasa dipakai.3. yaitu: .Sistem mks : ( meter ± kilogram ± sekon) .

Sistem fps : (foot ± pound ± sekon) Pada tahun 1960 diresmikan suatu sistem yang pemakaiannya secara internasional dan dinamakan satuan sistem internasional (SI).. yang merupakan sistem mks.Sistem cgs : (centimeter ± gram ± sekon) . Satuan dalam Sistem nternasional Besaran Satuan Lambang Satuan Lambang Dimensi Panjang Meter N L Massa Kilogran Kg M Waktu Sekon/detik S(t) T Arus listrik Ampere A I .

Suhu Kelvin K Ó¨ Intensitas cahaya Kandela Cd J Jumlah zat Mole Mol N .

Percepatan. dll. perhatikan beberapa besaran turunan yang satuannya diturunkan dari satuan besaran pokok berikut ini. Berat jenis. Besaran Turunan BESARAN TURUNAN Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok atau besaran yang didapat dari penggabungan besaran-besaran pokok. Energi Kinetik. Luas = panjang x lebar = besaran panjang x besaran panjang =mxm = m2 Volume = panjang x lebar x tinggi = besaran panjang x besaran panjang x besaran Panjang =mxmxm = m3 Kecepatan = jarak / waktu = besaran panjang / besaran waktu . selain tujuh besaran pokok yang disebutkan di atas. lainnya merupakan besaran turunan. Daya.1. Dalam fisika. Momen inersia. Volume. Usaha. Momentum. Gaya. Kecepatan. Besaran Turunan selengkapnya akan dipelajari pada masing-masing pokok bahasan dalam pelajaran fisika. Contoh besaran turunan adalah Berat.4. Tekanan. Massa Jenis. Untuk lebih memperjelas pengertian besaran turunan. Energi Potensial. Impuls. Luas.

Massa jenis = kg/m3 .Kecepatan = m/det2 .Berat = kg.=m/s .Luas = m2 .Volume = m3 .m/det2 Beberapa besaran dalam Satuan Internasional Besaran Satuan Lambang Gaya Newton N Energi Joule J Daya Watt W Tekanan Pascal Pa Frekuensi Hertz .

Hz Muatan Listrik Coulumb C Beda Potensial Volt V Hambatan Listrik Ohm âĦ Kapasitas Kapasitor Farad F Fluks Magnet Weber Wb Induksi Magnet Tesla T Induktansi Henry H Fluks Cahaya Lumen Ln Kuat Penerangan Lux .

38042x 10-23 joule/oK Tetapan Stefan Boltzmann ( ) = 5.650. Satuan metrik lainnya : 1 km = 103m 1 cm = 10-2m 1 hm = 102m 1 mm = 10-3m 1 dam = 10m 1 mikrometer = 10-6m 1 dm = 10-1m 1 nanometer = 10-9 m .80 m/det2 Tetapan gravitasi (G) = 6.67 x 10-11 newton. Satu meter standar ditetapkan sama dengan 1.96 joule/kg.det oK4 Volume normal gas ideal (Vo)= 22. Satuan Panjang Satuan mks untuk panjang adalah meter (m).Sistem mks a.73 kali panjang gelombang cahaya orange (merah jingga) di dalam spektrum isotop krypton yang massa atomnya 86.687 x10-8 joule/ m2.763.m2/kg2 Tetapan gas ideal (R) = 8316. Penetapan Satuan Standard 1.lx Beberapa tetapan dalam fisika : Percepatan gravitasi (g) = 9.mol 1.moloK Tetapan Boltzmann (k) = 1.4m3/kg.5.

Singkatan ± singkatan sistem metrik Nama Simbol Faktor Atto A 10-18 Femko F 10-15 Piko P 10-12 Nano N 10-9 Mikro 10-6 Mili M 10-3 Centi C 10-2 Deci D .

Satu kilogram standar ditetapkan sam dengan massa sebuah silinder platina iridium. Massa adalah ukuran besarnya kelembaban benda.10-1 Kilo K 103 Mega M 106 Giga G 109 Tera T 1012 b. Satuan massa lainnya: 1 ton =103 kilogram . Massa dan berat mempunyai dimensi yang berlainan. sedangkan berat benda adalah gaya gravitasi. Satuan Massa Massa adalah banyaknya zat yang dikandung oleh suatu benda. Satuan mks untuk massa adalah kilogram (kg).

Sistem fps Sistem fps didasarkan pada gaya (F): panjang (L) dan waktu (T).Sistem cgs Perbedaan sistem cgs dengan sistem mks adalah dala pemakaian centimeter dan gram yang merupakan satuan kelipatan dari meter dan kilogram. 2.1 kg = 101 hektogram 1 kg = 102 dekagram 1 kg = 103 gram 1 kg = 104 desigram 1 kg = 105 centigram 1 kg = 106 miligram 1 kg = 109 mikrogram c. . Satu detik standar ditetapkan sama dengan waktu yang diperlukan atom cesium untuk bergerak sebanyak : 9.192. 3.770 kali. Sistem mks dan cgs disebut sistem metrik absolut. Satuan Waktu Satuan mks untuk waktu adalah sekon (detik).631.

Satuan panjang adalah foot. (1 pound = (1/ 2. Termometer air raksa. Sebuah termometer biasanya terdiri dari sebuah pipa kaca berongga yang berisi zat cair (alkohol atau air raksa). Berikut ini beberapa keuntungan air raksa sebagai pengisi termometer.Satuan gaya adalah pound. ternyata zat cair tersebut memiliki beberapa keuntungan dan kerugian. a. sedangkan apabila didinginkan volume zat cair akan berkurang.2046)x gaya gravitasi terhadap kilogram standar internasional apabila ia ditimbang di suatu tempat di mana percepatan gravitasinya = 32. yaitu air raksa dan alkohol. Nah. Termometer Alat yang digunakan untuk mengukur suhu benda dengan tepat dan menyatakannya dengan angka disebut termometer. 1. Air raksa cepat mengambil panas dari suatu benda yang sedang diukur. sehingga pengukurannya menjadi teliti. Air raksa mudah dilihat karena mengkilat. Volume zat cair akan bertambah apabila dipanaskan. Air raksa tidak membasahi dinding pipa kapiler. .174 ft/det2). antara lain : 1. dan bagian atas cairan adalah ruang hampa udara. Seperti kita ketahui bahwa zat cair sebagai bahan pengisi termometer ada dua macam. Naik atau turunnya zat cair tersebut digunakan sebagai acuan untuk menentukan suhu suatu benda. (1 foot = 1200 / 3937 meter) Sistem fps dinamakan sistem gravitasi Inggris. Termometer dibuat berdasarkan prinsip bahwa volume zat cair akan berubah apabila dipanaskan atau didinginkan. 3. 2.

Air raksa tidak dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah.4. Air raksa harganya mahal. Termometer air raksa banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Kerugian menggunakan alkohol sebagai pengisi termometer. Volume air raksa berubah secara teratur. Alkohol lebih teliti. antara lain : 1. 3. 2. sehingga perlu memberi pewarna dahulu agar dapat dilihat. Jangkauan suhu air raksa cukup lebar. Alkohol harganya murah. jangkauan suhunya terbatas. Termometer alkohol Keuntungan menggunakan alkohol sebagai pengisi termometer. Alkohol dapat mengukur suhu yang sangat rendah. sebab untuk kenaikan suhu yang kecil ternyata alkohol mengalami perubahan volume yang besar. misalnya untuk mengukur panas badanmu digunakan termometer demam. sebab titik beku alkohol ± 1300C. Titik didihnya rendah (780C) 3. 2. antara lain : 1. Mengapa air tidak dipakai untuk mengisi tabung termometer? Alasannya karena air membasahi dinding kaca. Sedangkan untuk mengukur suhu suatu ruangan digunakan termometer dinding. penghantar panas yang jelek. antara lain: 1. . 2. perubahan volumenya kecil. Alkohol tidak berwarna. Selain beberapa keuntungan. 5. Air raksa termasuk zat beracun sehingga berbahaya apabila tabungnya pecah b. Membasahi dinding kaca. 3. ternyata air raksa juga memiliki beberapa kerugian. karena air raksa membeku pada suhu ± 400C dan mendidih pada suhu 3600 C.

b. Keun-tungan termokopel terletak pada kecepatan mencapai keseimbangan suhu dengan sistem yang akan diukur. antara lain : a.Jenis-jenis termometer. Termokopel Termokopel terdiri dari dua jenis logam yang dihubungkan dan membentuk rangkaian tertutup. Besarnya aliran listrik pada kawat berubah sesuai dengan perubahan suhu. Termometer zat cair dalam gelas Termometer ini biasanya digunakan untuk mengukur temperatur pada daerah batas pengukuran yang dipengaruhi oleh jenis zat termometrikyang berupa cairan dalam pipa kapiler. . Prinsip yang dipakai adalah zat cair memuai apabila dipanaskan.

c. Termometer gas volume tetap . Termometer hambatan listrik Dasar kerja termometer ini adalah hambatan listrik dari logam akan bertambah apabila suhu logam tersebut naik. d.

Termometer ini terdiri dari bola yang berisi gas yang dihubungkan dengan tabung manometer. . Prinsip kerjanya adalah perubahan tekanansuatu gas akibat perubahan suhu bila volumenya tetap.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->