TUGAS MANDIRI SEJARAH DAN TEMPAT REKREASI INDRAMAYU

DOSEN MATA KULIAH : Drs. AMIR RULLAH : OLAHRAGA REKREASI

DISUSUN OLEH NPM

: GATOT MAULIDDINNA : 06.04.1.0337

tetapi kiat ambil hikmahnya dari cerita sejarah singkat Indramayu dan tempat rekreasi atau wisata ini. 2008 Penyusun i . M. Dengan kami menceritakan sejarah singkat Indramayu dan tempat rekreasi atau wisata ini dapat diharapkan tercipta sumber daya menusia yang handal dan bertanggung jawab. Kami buat makalah dengan tema ³Sejarah Singkat Indramayu dan Tempat Rekreasi di sekitar Indramayu ³ memiliki arti yang sangat penting bagi kita semua khususnya pemuda pemudi Indramayu. Sindang. Kritik dan saran yang sangat kami harapkan demi sempurnanya kegiatan ini. mudah ± mudahan kami buat makalah ini dapat bermanfaat bagi si pembaca. dengan segala kerendahan hati kami menyampaikan terima kasih yang sebesar ± besarnya kepada si pembaca..Kes memberikan tugas kepada kami. Menceritakan sejarah singkat Indramayu dan tempat rekreasi atau wisata ini bukan semata ± mata hanya untuk dongeng belaka. kami berusaha semaksimal mungkin buku ini dapat tersusun dengan sebaik ± baiknya. «««««««. Amirulloh. Pada kesempatan ini. Akhirnya kami mohon maaf apabila secara Adminitrasi dan pelaksanaan Lomba Tata Upacara Bendera ini ada kekurangan. supaya lebih mengenal pada arti sejarah dan tempat rekreasi di lingkungan kita ini sehingga rasa mempunyai dan memilik sehingga keamanan dan ketertiban dapat terjamin.KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah kami akhirnya dapat menyusun Buku Tugas mandiri ( Tempat Rekreasi ) yang Bapak Drs.

c.. e. BAB II Dasar Pemikiran «««««««««««««««««.. Cpot Center ««««««««««««««««««. Pengertian «««««««««««««««««««« TUJUAN. PELAKSANAAN A. C. B. B. BAB I PENDAHULUAN A. Sasaran ««««««««««««««««««««« 3 3 3 BAB III SEJARAH SINGKAT INDRAMAYU DAN PENINGGALAN ATAU TEMPAT REKREASI A. Pendopo ««««««««««««««««« Ruang pribadi Bupati «««««««««««« Ruang Perkantoran «««««««««««. DAN WAKTU i ii 1 1 2 3 MAKSUD. SASARAN.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR «««««««««««««««««««««««. Waduk Bojong Sari Indramayu ««««««««««« BAB VI PENUTUP ««««««««««««««««««««« 8 ii . B. b. Alun ± alun Indramayu «««««««««««««« a.... Maksud ««««««««««««««««««««« Tujuan «««««««««««««««««««««. d.. DAFTAR ISI «««««««««««««««««««««««««««.. Sejarah Singkat Indramayu «««««««««««« Peninggalan atau Tempat Rekreasi ««««««««« 1. Majid Agung ««««««««««««««« Halaman / lapangan «««««««««««« 4 5 6 6 6 6 6 6 6 6 7 2. 3.

Mengenal tempat ± tempat bersejarah dan tempat ± tempat rekreasi merupakan salah satu upaya pendidikan yang dapat mencakup berbagai butir ± butir tujuan yang hendak dicapai. memahami. Dengan kegiatan marilah kita membuka tempat ± tempat rekreasi atau hiburan yang bersifatnya positif. yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur. Berbagai upaya marilah kita meningkatkan kesenian dan kebudayaan kita. marilah kita salurkan dan wariskan kesenian. kesegaran jasmani dan rohani. memiliki pengetahuan dan keterampilan. Dasar pemikiran Sejarah Daerah bertujuan untuk mengenal.BAB I PENDAHULUAN A. 1 . sehingga budaya dan kesenian kita tidk hilang dan sirnah begitu saja. keterampilan memimpin atau pemandu wisata dan pengembangan sifat adalah merupakan hal ± hal yang dapat diperoleh melalui kegiatan ± kegiatan tersebut. rasa sikap memiliki. Melalui mata diklat sejara dan tempat rekreasi banyak berbagai hal dapat dicapai. keterampilan bercerita. kesehatan jasmani dan rohani. menghayati mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. keperibadian yang mentap dan mandiri serta melestarikan seni budaya bangsa dan rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. kebudayaan dan tempat ± tempat rekreasi ke anak ± anak didik kita melalui jalur pendidikan sekolah dilakukan guna mencapai tujuan pendidikan tersebut.

marilah kita menciptakan kesenian budaya kita untuk di wariskan ke anak cucu kita kelah. Pengertian Menceritakan sejarah singkat Indramayu dan tempat rekreasi atau wisata. kesenian budaya nenek moyang kita. dihadiri oleh siswa. diselenggarakan secara tertib dan khidmat di sekolah. 2 . aparat sekolah.maka dikenal lah sejarah dan juga seni budaya nenek moyang kita adalah termasuk sejarah kesenian. siapa lagi kalau bukan kita ± kita generasi penerus anak bangsa kita. Kita harus jaga peninggalan ± peninggalan. bangunan ± bangunan kuna dan pada waktu itu masi utuh samapi sekarang.B. prasasti. Pengertian istilah sejarah adalah dimana kejadian kejadian pada masa lampau dan meninggalkan atau jejak ± jejak. dilaksanakan pada saat tertentu atau saat yang telah ditentukan.

Siswa Siswai Taman Kanak ± kanak. Mahasiswa ± mahasiswa dan Masyarakat sekitarnya 2. Siswa Siswi sekolah Menengah Atas. Meningkatkan kemampuan untuk berrekreasi 4. SASARAN DAN WAKTU PELAKSANAAN A. Sasaran Sasaran petunjuk cerita sejarah singkat Indramayu dan tempat rekreasi atau wisata : 1. Tujuan Tujuan yang diharapkan dari cerita sejarah singkat Indramayu dan tempat rekreasi atau wisata di sekolah adalah : 1. Membiasakan mengenal arti sejarah 2. Membina dan kekompakan kerjasama C. Siswa Siswi Sekolah Dasar. Iswa Siwai Sekolah menengah Pertama. B.B A B II MAKSUD. Maksud Maksud dilaksanakan cerita sejarah singkat Indramayu dan tempat rekreasi atau wisata adalah mengusahakan dan memantapkan pencapaian tujuan pendidikan Nasional di sekolah di dalam pemantapan sekolah sebagai Wiyatamandala. TUJUAN. Membiasakan mengenel arti seni dan budaya 3. Guru ± guru 3 .

Sejarah Singkat Indramayu Seorang purta Tumenggung Gagak Singalodra dari Bagelen Jawa Tengah bernama Raden Wilalodra yang mempunyai garis keturunan dari Majapahit dan Pajajaran.B A B III SEJARAH SINGKAT INDRAMAYU DAN PENINGGALAN ATAU REKREASI A. Padukuhan berkembang dan berdiri nama ³DARMA AYU´ oleh Raden Wiralodra yang di ambil nama seseorang wanita yang dikagumi karena kecantikan dan kesetiannya µNYI ENDANG DARMA¶ serta dapat di artikan µKewajiban Yang Utama µ atau µTugas Suci¶. Tokoh ± tokoh lain yang berjasa dalam nendirikan padukuhan di maksud adalah Ni Endang Darma yang cantik dan sakti: Aria Tumenggung putra Ki Gedeng Lurah Agung yang di angkat purta oleh purti Ongtion istri Sunan Gunung jati. Kelak tempat itu akan menjadi subur dan makmur serta tujuh keturunanmu akan memerintah di sana. 4 . Manakala telah tiba di sana. berhenti dan gtebanglah semak belukar secukupnya ntuk mendirikan padukuhan dan menetaplah disana.´ Dalam kepergiannya melaksanakan wangsit tersebut Raden Wilalodra di temani KI Tinggkil dan berbekal senjata ³ CAKRA UDAKSANA ³. dalam tepa Bratanya di kaki Gunung Sumbing mendapat wangsit : ³ Hai Wilalodra apabila engkau ingin berbahagia berketurunan di kemudian hari. Ki Buyut Sidum / Kidang Pananjung seorang pahlawan Penakawan Sri Baduga dari Pajajaran. pergilah meranatu ke matahari terbenam dan carilah Lembah sungai Cimanuk. Pangeran Guru seorang pangeran dari Palembang yang mengajarkan ilmu kanuragan dengan 24 muridnya.

Daerah Cimanuk yang diberi nama µDARMA AYU¶ yang kemudian berubah menjadi µINDRAMAYU¶ setelah terbebas dari kekuasaan Pajajaran tahun 1527. Titimangsa tersebut resmi sebagai HARI JADI INDRAMAYU. Bupati ke 30 adalah Bapak Kolonel Infrantri OPE MUSTOPA. di peroklamasikan berdirinya oleh Raden Wiralodra pada hari Jum¶at Kliwon tanggal 1 Muharam 943 H. Bupati Indramayu pertama raden SINGALODRA dengan gelar Raden WIRALODRA I dan sampai sekarang sudah tercatat sebanyak 30 Bupati yang memerintah Indramayu.Selesai ----- 5 . telah di tuangkan dalam Perda kabupaten Daerah tingkat II Indramayu Nomor 02 Tahun 1977. ----. atau 1 Sura 1449 dan jatuh pada tanggal 7 Oktober 1527.

Spot Center bias juga di jadikan tempat merayakannya rahi jadi Indramayu yang jatuhsetiap bulan Oktober. Alun ± alun Indramayu Alun ± alun Indramayu adalah jantung atau pusat pemerintahan daerah Indramayu yang terdiri dari : a. lapangan bola basket. Spot Center Untuk memasyarakatkan olahraga atau pun mengolahragakan masyarakat. dan juga di tengah lapangan terdapat tugu pancasila yaitu bamboo runcing yang berjumlah ada lima bamboo runcing yang menandakan pancasila adalah panca = lima. Pendopo Pendopo adalah tempat pertemuan para pejabat ± pejabat penting atau juga tamu ± tamu negara bertamu dalm kepentingan pemerintahan. dan masih banyak lagi yang tidak bias di sebut satu persatu. 2.B. 6 . sadangkan sila = dasar jadi pancasila adalah lima dasar.Tempat rekreasi atau sarana olahraga dari mulai lapangan sepakbola. Majid Agung Majid Agung adalah pusat peribahan dan juga pusat kegiatan tentang kerohanian di kabupaten indramayu e. lari marathon. Ruang Perkantoran Ruang perkantoran adalah pusat adminitrasi dalam pemerintahan di kabupaten Indramayu d. Peninggalan atau Tempat Rekreasi 1. b. Ruang pribadi Bupati Ruang peribadi Bupati adalah dimana Bupati bekerja untuk lebih serius dalam memecahkan pekerjaan pemerintahan c. dan kegiatan ± kegiatan yang lainya. lapangan bola voli. Halaman / lapangan Halaman / lapangan adalah untuk kegiatan multifungsi diantarannya upacara bendera.

Waduk bojongsari juga bias di jadikan untuk lomba memancing bagi yang hobi memancing. masih banyak lagi kegiatan ± kegiatan yang tidak bias di sebutkan atu ± persatu. dan juga tempat wisata sekeluarga untuk bersanatai ± santai sambil menikmati pemandangan alam sekitarnya dan memancing. 7 . Waduk Bojong Sari Indramayu pernah di pakai untuk pertandingan dalap dayung pada waktu PORDA ke IX yang di laksanakan di Indramayu dan juga sampi sekarang masih layak untuk perlombaan karena sudah standar internasional. Waduk Bojong Sari Indramayu Tempat olahraga Dayung untuk persiapan pertandingan dalam bidang olahraga dayung.3.

B A B IV PENUTUP Puji syukur Alhamdulillah atas berkah dan limpahan rahmat Allah SWT yang tidak terhitung dengan angka dan kata ± kata. Walau demikian setidaknya tugas mandiri ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk mata kuliah Olahraga dan Rekresi ini. walaupun dengan disadari masih sangat sederhana dalam penyusunan dan masih dijumpai kekurangan ± kekurangan baik dalam bahasa maupun kalimat yang di sajikan. 8 . maka tugas mandiri ( Tempat Rekreasi ) ini dapat terselesaikan dengan baik. tentunya dengan harapan dapat bermanfaat yang sebaik ± baiknya.