MAKALAH

tentang

KIAT MENULIS
D I S U S U N OLEH

KELOMPOK 8
PRATIWI RUSMAN SUWANDI SYARIFAH SARMILA

SMP NEGERI 2 TANETE RILAU 2011 / 2012

i

Dan semoga bermanfaat kepada kita semua serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi. Demikian pula kepada guru yang telah memberikan dukungan dan bimbingan kepada kami dalam menyusun makalah ini. masyarakat. Makalah ini d susun berdasarkan apa yang telah d jelaskan beberapa hari yang lalu oleh bapak/ibu guru kita di sekolah kami berusaha agar makalah ini dapat memenuhi standar yang telah d tetapkan oleh bapak/ibu guru. berbangsa. ii . Akhir kata kami mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah memungkinkan terwujud makalah ini yang berjudul ³KIAT MENULIS´. dan bernegara. karena telah melimpahkan RahmatNya sehingga kami dari kelompok dapat mengerjakan makalah ini dengan baik.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat allah SWT.

...................................................... 5 DAFTAR PUSTAKA ............................. Latar Belakang Masalah ...............DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ................................................. Saran ............................................................................................................................................................................................... Kesimpulan ........................................ 5 A................................................................................... ii DAFTAR ISI ............................................................................................................. 1 B.................................................... iii BAB I PENDAHULUAN .......... Perumusan Masalah ...... i KATA PENGANTAR.............................................................................. 2 BAB II BAB III PEMBAHASAN . 3 PENUTUP ............................. 7 iii ..................................... 1 A................................................................................. 5 B...................................................

dapat mengantarmu menjadi penulis yang sukses dan terkenal. iv . Menulis tidak dapat hanya sekedar hobby tetapi. kosa katamu bertambah banyak. guru. otomatis pengetahuan dan wawasanmu bertambah luas. Menulis merupakan kemampuan berkomunikasi yang tingkat paling tinggi. Latar Belakang Assalamu alaikum Wr. Makalah ini banyak membantu siswa. Dengan banyak membaca. penulis pemula dalam memperbaiki tulisan yang belum pernah masuk di media masa. Banyak makalah yang mengupas tentang kiat menulis. Hadirnya makalah ini dapat menjadi referen mencoba kemampuan menulis. Wb. Apabila kita ingin menjadi penulis terkenal maka dari itu. Bismillahi rahmani rahim Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang kreatif menulis. tentu ide-idemu cemerlang.BAB I PENDAHULUAN A. kamu harus banyak membaca.

B. 6. Apakah yang dimaksud dengan latar belakang? 11. 4. Perumusan Masalah Ada beberapa yang harus d pahami yaitu. 8. 1. Apa yang d maksud dengan perumusan masalah? 12. Bagaimana cara menulis laporan yang baik 13. Perbedaan menulis dan mengarang! Pengertian tuturan! Apakah yang d maksud dengan gagasan? Sebutkanlah beberapa nilai menulis 5 apakah arti dari kejelasan? Jelaskanlah pengertian tulisan Dekripsi? Apakah yang di maksud dengan artikel? Bagaimana cara menulis artikel yang baik? Apakah di maksud dengan laporan? 10. Berasal dari manakah kata resensi v . 2. 3. 5. 7. 9.

Artikel adalah bentuk karangan bebas yang membahas masalah sosial dan kemanusiaan 8. Nilai kecerdasan Nilai kejiwaan Nilai kependidikan Nilai kemasyarakatan Nilai keuangan dan Nilai popularitas 5. 2. Kejelasan artinya tulisan harus dapat di baca dan dapat di mengerti oleh pembaca. Sedangkan mengarang merupakan kegiatan menulis yang berkaitan dengan fiksi dan nonfiksi. Kita harus membaca buku atau kerja yang sudah di muat vi . Menulis merupakan kemampuan berkomunikasi yang tingkatnya paling tinggi. Tulisan Deskripsi adalah tulisan yang melukiskan sesuatu sesuai keadaan sebenarnya 7. 6. pengalaman . 3. Kalimat yang di tulis tidak boleh sama-samar atau kabur. Gagasan seseorang tergantung pengalaman atau pengetahuan yang dimilikinya. Perbedaan menulis dan mengarang.BAB II PEMBAHASAN 1. Gagasan berupa pendapat. Tuturan adalah pengungkapan gagasan yang dapat dipahami pembaca. 4. atau pengetahuan seseorang.

Perumusan masalah merupakan hal yang sangat penting. analisis dan uraian. Cara-cara menulis laporan yang baik : a. Perumusan masalah merupakan dasar untuk menyusun bab yang membahas tentang pembahasan 12. laporan di buat secara akurat. margin nomor. di seluruh teks. e. dan judul 13. rujukan data empiris.9. 11. Aturan atau urutan penulisan Peranan bahasa Penyajian laporan meliputi tata letak spasi. Hal ini disebabkan oleh perumusan masalah merupakan acuan pembahasan. Menentukan gagasan atau ide Mentalitas dasar artinya. Berasal dari manakah (Indonesia) dari bahasa belanda recensic atau dari bahasa latin recensed yang berarti ulasan tulisan atau uraian tulisan. d. baik sebagai kutipan . b. Latar belakang di susun untuk menjelaskan alasan pemilihan topik yang teliti. c. kutipan dari berbagi sumber sudah diintegrasikan. 10. vii . Laporan adalah segala sesuatu yang dilaporkan penulisan laporan adalah suatu kegiatan lapangan yang didokumentasikan dalam tulisan sistematis yang di lakukan seseorang melalui praktik.

Kami berterima kasih banyak kepada bapak/ibu guru yang telah membantu membuat makalah ini. kamu harus banyak membaca. berupa pengetahuan seseorang. Dengan banyak membaca otomatis pengetahuan kamu akan meningkat. Saran-saran Saran dari kelompok kami bahwa jika ingin menjadi penulis yang terkenal. Tulisan deskripsi adalah tulisan yang susuai dengan keadaan yang sebenarnya kita harus membaca buku atau karya yang sudah di muat. Latar belakang di sususn untuk menjelaskan alasan pemilihan topik yang teliti Perumusan masalah juga merupakan hal yang sangat penting. pendapat pengalaman atau B. Adapun yang di maksud gagasan. serta teman-teman kelompok kami. Dan mengarang merupakan kegiatan menulis yang berkaitan dengan fiksi dan nonfiksi. Kesimpulan Menulis merupakan kemampuan berkomunikasi yang tingkatnya paling tinggi. walaupun makalah ini belum sempurna/ masih jauh dari kesempurnaan.BAB III PENUTUP A.hal ini di sebabkan oleh acuan pembahasan. Kami juga berterima kasih banyak karena bapak/ibu guru telah membaca makalah ini. viii .

ix . Mohon di maklumi.Mohon maaf jika ada kesahlahan kata-kata yang tidak jelas dalam membuat makalah ini... Wassalam. Terima kasih.

Yogyakarta: PT. Pratama Muddin.DAFTAR PUSTAKA Artati. 2008 . Fuji. 2007 . H. Klaten: pt intan parawira x . Budi . Pribumi Mekar. Jakarta: Intan Parawira. 2008 . triningsih. Kiat Menulis Karya Ilmiah. daherna. Y. Bandung: PT. Kreatif Menulis. 2008 . Panduan Menulis Laporan. Parida. Pandai Memahami Dan Menulis Cerita Pendek.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful