P. 1
rpkps-farmakologi-toksikologi

rpkps-farmakologi-toksikologi

|Views: 383|Likes:

More info:

Published by: محمد فضل Fadhol Romdhoni on Feb 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2014

pdf

text

original

20

RENCANA PROGRAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPKPS) FARMAKOLOGI DAN TOKSIKOLOGI [ 5(1) ]
I. FARMAKOLOGI DAN TOKSIKOLOGI I
A. PERENCANAAN PEMBELAJARAN 1. Deskripsi Singkat Mata Kuliah
Matakuliah farmakologi dan toksikologi I berisi pokok-pokok bahasan konsep dasar farmakologi-toksikologi meliputi prinsip dasar kerja obat, farmakodinamik, dan farmakokinetik, pengembangan dan penilaian obat, efek obat sistem saraf otonom dan neuromuskular, kardiovaskular, keseimbangan air dan elektrolit.

2. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep dasar kerja dan nasib obat dalam tubuh, memahami pengembangan dan penilaian obat, dapat menilai penggunaan obat yang rasional.

3. Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: a. b. c. d. e. Menjelaskan tentang arti prinsip dasar kerja obat Menjelaskan tentang arti farmakodinamik dan farmakokinetik Menjelaskan tentang obat-obat sistem saraf otonom dan neuromuskular Menjelaskan tentang obat-obat kardiovaskular Menjelaskan tentang keseimbangan air dan elektrolit serta obat-obat diuretik-antidiuretik

B. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1. Jadwal Kegiatan Mingguan
Pertemuan Minggu 1 Topik Dasar-dasar farmakologitoksikologi Lanjutan Substansi Proses absorpsi, distribusi, biotranformasi, dan ekskresi obat. Cara kerja serta efek obat terhadap fungsi organ tubuh secara umum. Metode Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Fasilitas -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD

Minggu 2

1

serta gangguan fungsi organ tubuh yang dipengaruhi oleh obat antikolinergik. Metode Pembelajaran dan Bentuk Kegiatan Metode pembelajaran dilakukan dengan tatap muka di kelas dengan pelaksanaan sebagai berikut: 2 . serta gangguan fungsi organ tubuh yang dipengaruhi oleh obat kolinergik. Hubungan antara neurotransmiter dan kerja obat otonom. dan obat ganglia otonom. obat penghambat neuromuskular. Hubungan antara neurotransmiter dan kerja obat otonom. dan efikasi pengobatan. dan obat ganglia otonom. serta gangguan fungsi organ tubuh yang dipengaruhi oleh obat adrenergik. serta gangguan fungsi organ tubuh yang dipengaruhi oleh obat anti adrenergik. Prinsip-prinsip toksikologi dan penanganan keracunan. Cara kerja dan efek obat diuretik-antidiuretik serta kegunaan dan penggunaan secara klinis. Cara kerja dan efek obat antiangina serta kegunaan dan penggunaan secara klinis. Cara kerja dan efek obat antihipertensi serta kegunaan dan penggunaan secara klinis. Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Minggu 12 Minggu 13 Minggu 14 Minggu 15 Lanjutan Lanjutan Lanjutan Keseimbangan air dan elektrolit dan obat-obat diuretikantidiuretik Minggu 16 Ujian Akhir Semester 2. obat penghambat neuromuskular.Minggu 3 Lanjutan Prinsip-prinsip terapeutika. Ujian Tengah Semester Hubungan antara neurotransmiter dan kerja obat otonom. Cara kerja dan efek obat payah jantung serta kegunaan dan penggunaan secara klinis. Hubungan antara neurotransmiter dan kerja obat otonom. Cara kerja dan efek obat antihiperlipidemia serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD Minggu 4 Lanjutan Minggu 5 Obat-obat sistem saraf otonom Lanjutan Minggu 6 Minggu 7 Lanjutan Minggu 8 Minggu 9 Lanjutan Ceramah dan tanya jawab -WB -OHP -LCD Minggu 10 Obat-obat kardiovaskular Ceramah dan tanya jawab -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD Minggu 11 Lanjutan Fungsi renin-angiotensin dalam tubuh. Cara kerja dan efek obat antiaritmia serta kegunaan dan penggunaan secara klinis. keamanan.

Philadelphia. FARMAKOLOGI DAN TOKSIKOLOGI II A. Medicinal Surv. Komponen evaluasi antara lain meliputi pemahaman. Disamping itu monitoring dan umpan balik dari mahasiswa diharapkan dapat memantau selama masa perkuliahan (berupa kuesioner dan kritik-saran dari mahasiswa) 2. Ed. McGraw Hill. Ed. dan ujian akhir semester.. ujian tengah semester.. dan leadership. PERENCANAAN PEMBELAJARAN 3 . Basic Pharmacology in Medicine. 4th.. 1994. Partisipasi di kelas.dosen menerangkan dengan alat bantu buku ajar... M.. Principles and Applications. New York.. PERENCANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN 1. Basic and Clinical Pharmacology. kreativitas. yaitu diskusi dan pemberian tugas mandiri. Kedisiplinan pengumpulan tugas. C.. Penilaian (assessment) ) : Aspek penilaian Pemaham Unsur Penilaian Tugas mandiri Ujian Tengah Semester Ujian Akhir Semester Kreativitas dalam diskusi. London Niesink.M.B.30 100 Soft Skills Konversi Nilai Angka ke dalam Nilai Huruf diserahkan kepada masing-masing Institusi. Ed. Laptop dan LCD Projector dilanjutkan tanya jawab antara dosen dan mahasiswa. Bentuk kegiatan lain. dsb Jumlah Presentase (%) 10 . R. II. 4. L. Ed. Membuat resume. 4th. 5.. Liyye Brown Co. 3.R. Modern Pharmacology..Inc. OHP. (Editor). 2005.. CRC Press. Katzung. DAFTAR PUSTAKA 1. New York Dipama. 11th. 2. merangkum pendapat-pendapat yang ada sehingga terjadi satu pemahaman mengenai satu pokok bahasan. 1990. Laurence.. bekerja sama dengan teman satu kelompok. Goodman and Gilman’s The Pharmacological Basis of Theurapeutics. J. Komponen pemahaman dan ketrampilan meliputi tugas-tugas yang diberikan setiap pokok bahasan.. B.Inc.30 20 . Toxicology. de Vries.. Whiteboard. Presentasi. Pelaksanaan diskusi adalah sebagai berikut: dosen menyiapkan bahan diskusi yang diambil dari tugas yang diberikan dan yang telah diperiksa.A.J. C.40 10 . Craig.R. aktif mengemukakan pendapat sesuai dengan pokok bahasan sehingga diskusi akan berjalan lancar. J.20 20 . dilakukan sebanyak 3 kali dengan tujuan untuk mempersiapkan diskusi kelompok.B. Inc. Pemberian tugas mandiri bersifat wajib. D. 9th. keterampilan. (Editor).. and Hollinger . Metode diskusi ini bagi mahasiswa akan mampu menganalisis bahan yang diberikan secara kelompok. 2004. Hasil pembelajaran Hasil pembelajaran dapat diukur dari evaluasi kemampuan mahasiswa yang diperoleh selama proses pembelajaran. New York. McGraw-Hill. (Editor).

hormon dan antagonis. dan antiinflamasi. obat-obat yang mempengaruhi darah. dan antiparkinson serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. 3. k. h. sistem respirasi. autakoid dan antagonisnya. l. autakoid dan antagonisnya. Deskripsi singkat mata kuliah Matakuliah farmakologi dan toksikologi II berisi pokok-pokok bahasan konsep farmakologi-toksikologi meliputi obat-obat sistem saraf pusat. Fungsi histamin dan serotonin dalam tubuh dan pengaruhnya terhadap fungsi organ tubuh serta kegunaan dan cara penggunaan antihistamin dan serotonin secara klinis. Menjelaskan tentang obat-obat sistem respirasi. Menjelaskan tentang hormon dan antagonis. j. Menjelaskan tentang autakoid dan antagonisnya. Tujuan Pembelajaran Khusus Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: f. i. Menjelaskan tentang vitamin. Jadwal Kegiatan Mingguan Pertemuan Minggu 1 Topik Obat-obat sistem saraf pusat Substansi Cara kerja dan efek obat sistem saraf pusat meliputi anestetik umum. Metode Ceramah dan tanya jawab Fasilitas -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD Minggu 2 Lanjutan Ceramah dan tanya jawab Minggu 3 Lanjutan Ceramah dan tanya jawab Minggu 4 Autakoid dan antagonisnya Ceramah dan tanya jawab Minggu 5 Obat-obat sistem pencernaan Ceramah dan tanya jawab 4 . dan vitamin. B. serta dapat menilai penggunaan obat yang rasional. Cara kerja dan efek obat sistem saraf pusat meliputi analgetik opioid. 2.1. g. antikonvulsi. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1. sistem respirasi. sistem pencernaan. hormon dan antagonis. anestetik lokal. Cara kerja dan efek obat sistem pencernaan meliputi obat digestiva dan obat antiulser serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. dan vitamin. obat-obat yang mempengaruhi darah. Tujuan Pembelajaran Setelah mempelajari matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep farmakologi-toksikologi meliputi obat-obat sistem saraf pusat. analgetik-antipiretik. sistem pencernaan. Menjelaskan tentang obat-obat yang mempengaruhi darah. serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. Cara kerja dan efek obat sistem saraf pusat meliputi psikotropika. Menjelaskan tentang obat-obat sistem saraf pusat. dan obat hipnotik-sedatif serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. Menjelaskan tentang obat-obat sistem pencernaan.

serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. dilakukan sebanyak 3 kali dengan tujuan untuk mempersiapkan diskusi kelompok. serta kegunaan dan cara penggunaan antagonisnya secara klinis. Ujian Tengah Semester Cara kerja dan efek obat sistem respirasi meliputi antiasma dan antitusif. Cara kerja dan efek obat-obat yang mempengaruhi darah meliputi antianemia dan hematopoietik serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. serta kegunaan dan cara penggunaan antagonisnya secara klinis. 5 . kolagoga. progestin. androgen. serta kegunaan dan cara penggunaan antagonisnya secara klinis. OHP. Bentuk kegiatan lain. Fungsi hormon meliputi hormon estrogen. Cara kerja dan efek vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. Pemberian tugas mandiri bersifat wajib. Metode Pembelajaran dan Bentuk Kegiatan Metode pembelajaran dilakukan dengan tatap muka di kelas dengan pelaksanaan sebagai berikut: dosen menerangkan dengan alat bantu buku ajar. Cara kerja dan efek obat sistem pencernaan meliputi antiemetik. hormon tiroid dan paratiroid dalam tubuh dan pengaruhnya terhadap fungsi organ tubuh. kontrasepsi oral. yaitu diskusi dan pemberian tugas mandiri. Whiteboard. Laptop dan LCD Projector dilanjutkan tanya jawab antara dosen dan mahasiswa. dan oksitosin dalam tubuh dan pengaruhnya terhadap fungsi organ tubuh. dan hepatoprotektor serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. serta kegunaan dan cara penggunaan antagonisnya secara klinis. dan antiandrogen dalam tubuh dan pengaruhnya terhadap fungsi organ tubuh. Fungsi hormon meliputi hormon insulin. Fungsi hormon meliputi hormon adenohipofisis. Fungsi hormon meliputi hormon kortikotropin dan adrenokortikosteroid dalam tubuh dan pengaruhnya terhadap fungsi organ tubuh. glukagon.Minggu 6 Lanjutan Cara kerja dan efek obat sistem pencernaan meliputi antidiare dan pencahar serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. Ujian Akhir Semester Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD Minggu 7 Lanjutan Minggu 8 Minggu 9 Minggu 10 Obat-obat sistem respirasi Hormon dan antagonisnya Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD Minggu 11 Lanjutan Ceramah dan tanya jawab -WB -OHP -LCD Minggu 12 Lanjutan Ceramah dan tanya jawab -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD Minggu 13 Lanjutan Ceramah dan tanya jawab Minggu 14 Obat-obat yang mempengaruhi darah Vitamin Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD Minggu 15 Minggu 16 2.

merangkum pendapat-pendapat yang ada sehingga terjadi satu pemahaman mengenai satu pokok bahasan C. aktif mengemukakan pendapat sesuai dengan pokok bahasan sehingga diskusi akan berjalan lancar.Inc. Ed.20 20 .. 4... D.. 2004. III.30 100 Soft Skills Konversi Nilai Angka ke dalam Nilai Huruf diserahkan kepada masing-masing Institusi. New York. Kedisiplinan pengumpulan tugas. dan ujian akhir semester. 1994.. Penilaian (assessment) ) : Aspek penilaian Pemaham Unsur Penilaian Tugas mandiri Ujian Tengah Semester Ujian Akhir Semester Kreativitas dalam diskusi....J. PERENCANAAN PEMBELAJARAN 1. Craig. bekerja sama dengan teman satu kelompok. 11th.. Tujuan Pembelajaran 6 . keterampilan. dan leadership. 3. 2. Ed. Ed. 9th. Inc.R. Basic Pharmacology in Medicine. New York. Laurence.. Deskripsi singkat mata kuliah Matakuliah farmakologi dan toksikologi III berisi pokok-pokok bahasan konsep farmakologi-toksikologi meliputi obat-obat antiinfeksi.30 20 . New York Dipama.A. (Editor). Basic and Clinical Pharmacology. DAFTAR PUSTAKA 1. 1990. R. Presentasi. B. M. J. (Editor). 4th. Komponen pemahaman dan ketrampilan meliputi tugas-tugas yang diberikan setiap pokok bahasan.Inc..Pelaksanaan diskusi adalah sebagai berikut: dosen menyiapkan bahan diskusi yang diambil dari tugas yang diberikan dan yang telah diperiksa.. Principles and Applications. FARMAKOLOGI DAN TOKSIKOLOGI III A. J. Liyye Brown Co.B. antikanker. London Niesink. Modern Pharmacology. 2005. McGraw Hill. McGraw-Hill. 4th. de Vries. kreativitas. Ed. 5. Philadelphia.. CRC Press. Medicinal Surv. dsb Jumlah Presentase (%) 10 . 2. Membuat resume. ujian tengah semester. Disamping itu monitoring dan umpan balik dari mahasiswa diharapkan dapat memantau selama masa perkuliahan (berupa kuesioner dan kritik-saran dari mahasiswa) 2. Katzung. Partisipasi di kelas. Komponen evaluasi antara lain meliputi pemahaman.40 10 .. Toxicology. Hasil pembelajaran Hasil pembelajaran dapat diukur dari evaluasi kemampuan mahasiswa yang diperoleh selama proses pembelajaran.. (Editor). PERENCANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN 1. antiparasit. and Hollinger . L. Metode diskusi ini bagi mahasiswa akan mampu menganalisis bahan yang diberikan secara kelompok. dan desinfektan. C.B.R.M. Goodman and Gilman’s The Pharmacological Basis of Theurapeutics.

3. Jadwal Kegiatan Mingguan Pertemuan Minggu 1 Topik Obat-obat antiinfeksi Substansi Pengertian. dan akibat yang ditimbulkan oleh penyakit infeksi serta prinsip pengobatan dengan kemoterapi. antiparasit. mekanisme terjadinya. Ujian Tengah Semester Cara kerja dan efek obat antituberkulosis dan antilepra serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. Menjelaskan tentang obat antiparasit. Cara kerja dan efek obat antibiotik golongan tetrasiklin serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. B. o. antikanker. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1. Tujuan Pembelajaran Khusus Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu: m. penyebaran. Cara kerja dan efek obat antibiotik golongan kloramfenikol serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. Menjelaskan tentang obat antiinfeksi. n. Metode Ceramah dan tanya jawab Fasilitas -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP Minggu 2 Lanjutan Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Minggu 3 Lanjutan Minggu 4 Lanjutan Minggu 5 Lanjutan Minggu 6 Lanjutan Minggu 7 Minggu 8 Minggu 9 Lanjutan Lanjutan Minggu 10 Obat-obat antiparasit 7 . p. Menjelaskan tentang obat antikanker. penyebab. Cara kerja dan efek obat antelmintik serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. Cara kerja dan efek obat antivirus serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. Cara kerja dan efek obat antibiotik golongan betalaktam serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. Cara kerja dan efek obat antibiotik golongan aminoglikosida dan makrolida serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis.Setelah mempelajari matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep farmakologi-toksikologi meliputi meliputi obat-obat antiinfeksi. Menjelaskan tentang desinfektan. Cara kerja dan efek obat antibiotik golongan sulfonamida dan antiinfeksi saluran kemih serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. dan desinfektan serta dapat menilai penggunaan obat yang rasional.

Cara kerja dan efek desinfektan organik. dan insektisida. ujian tengah semester. Ujian Akhir Semester Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab Ceramah dan tanya jawab -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD -WB -OHP -LCD 2.20 20 .30 100 Soft Skills Konversi Nilai Angka ke dalam Nilai Huruf diserahkan kepada masing-masing Institusi. Cara kerja dan efek obat antimalaria serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. PERENCANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN 1. yaitu diskusi dan pemberian tugas mandiri. dsb Jumlah Presentase (%) 10 . Hasil pembelajaran Hasil pembelajaran dapat diukur dari evaluasi kemampuan mahasiswa yang diperoleh selama proses pembelajaran. OHP. kreativitas.Minggu 11 Minggu 12 Minggu 13 Minggu 14 Minggu 15 Minggu 16 Lanjutan Lanjutan Lanjutan Antikanker Desinfektan Cara kerja dan efek obat antijamur serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. Penilaian (assessment) ) : Aspek penilaian Pemaham Unsur Penilaian Tugas mandiri Ujian Tengah Semester Ujian Akhir Semester Kreativitas dalam diskusi. Presentasi. aktif mengemukakan pendapat sesuai dengan pokok bahasan sehingga diskusi akan berjalan lancar. dan ujian akhir semester.40 10 . Bentuk kegiatan lain. dan leadership. merangkum pendapat-pendapat yang ada sehingga terjadi satu pemahaman mengenai satu pokok bahasan C. Komponen evaluasi antara lain meliputi pemahaman. Laptop dan LCD Projector dilanjutkan tanya jawab antara dosen dan mahasiswa. bekerja sama dengan teman satu kelompok. Partisipasi di kelas. Cara kerja dan efek obat antikanker serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. Pelaksanaan diskusi adalah sebagai berikut: dosen menyiapkan bahan diskusi yang diambil dari tugas yang diberikan dan yang telah diperiksa. 2. Cara kerja dan efek obat antiamuba serta kegunaan dan cara penggunaannya secara klinis. Komponen pemahaman dan ketrampilan meliputi tugas-tugas yang diberikan setiap pokok bahasan. Metode diskusi ini bagi mahasiswa akan mampu menganalisis bahan yang diberikan secara kelompok.30 20 . Whiteboard. Metode Pembelajaran dan Bentuk Kegiatan Metode pembelajaran dilakukan dengan tatap muka di kelas dengan pelaksanaan sebagai berikut: dosen menerangkan dengan alat bantu buku ajar. Disamping itu monitoring dan umpan balik dari mahasiswa diharapkan dapat memantau selama masa perkuliahan (berupa kuesioner dan kritik-saran dari mahasiswa). Kedisiplinan pengumpulan tugas. keterampilan. 8 . Membuat resume. Pemberian tugas mandiri bersifat wajib. dilakukan sebanyak 3 kali dengan tujuan untuk mempersiapkan diskusi kelompok. anorganik.

Laurence. New York. Ed. (Editor).B. New York Dipama. M... McGraw-Hill.Inc.... 1990.Inc.. 9th.D. J. de Vries. 9 . J.J.R.. McGraw Hill. 2004.B. 1994. Ed. New York. Katzung. Ed. 6.A.. 2005.R. Ed.. B. Liyye Brown Co. 4th. Philadelphia.. (Editor).. CRC Press. Inc. London Niesink. Goodman and Gilman’s The Pharmacological Basis of Theurapeutics.. and Hollinger . Basic and Clinical Pharmacology. Craig. (Editor). Toxicology. 11th. 4... C. L. DAFTAR PUSTAKA 1. Basic Pharmacology in Medicine. Modern Pharmacology. 4th.. Medicinal Surv. R. Principles and Applications. 2.M. 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->