Sedangkan ekspor produk utama Ethiopia ke Indonesia adalah kulit dan produk kulit. batu baterei (termasuk baterei kendaraan bermotor). benang. € . dll. kertas tissue. furniture.€ Bentuk hubungan Indonesia dengan Ethiopia Beberapa bentuk kerjasama yang dilakukan diantara Indonesia dengan Ethiopia adalah sebagai berikut : Bidang perdagangan : Impor produk utama Ethiopia dari Indonesia antara lain adalah sabun. perlengkapan dapur. tekstil.

Kelebihan hubungan antara Indonesia dengan Ethiopia: Ethiopia merupakan negara kecil dan masih berkembang.€ 1. Indonesia memiliki sumber daya yang tidak dimiliki oleh Ethiopia. Hal ini akan dimanfaatkan oleh Ethiopia dan secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. 3. seperti beberapa rempah-rempah dan SDM yang melimpah. 2. Hubungan Indonesia dengan Ethiopia akan membuka hubungan Indonesia dengan negara yang lain di Afrika. sehingga cukup mudah bagi Indonesia untuk memasuki pasar perdagngan Ethiopia. .

€ 1. sehingga Indonesia tidak dapat mengharapkan balas jasa yang besar kepada Ethiopia Di Afrika proses birokrasinya cukup rumit dan berbahaya. 2. sehingga kerjasama antara keduanya tidak dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya. Kelemahan hubungan Indonesia dengan Ethiopia: Ethiopia merupakan negara yang miskin. .

Demi tujuan tersebut Bagian Ekonomi Kedutaan dan Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman (EKONID) berusaha menjadi kontak person yang terpenting di Indonesia bagi para pelaku bisnis dari Jerman. € € . pasar terbuka dan persyaratan yang mendukung perdagangan dan investasi sangat menentukan. Cukup banyak seniman dan seniwati Jerman. yang terinspirasi oleh pesona Indonesia dan kemudian dituangkan dalam karya mereka. Oleh karenanya persaingan bebas. Bidang Budaya : Beberapa perkumpulan kebudayaan Jerman-Indonesia juga menyelenggarakan pameran dan proyek lainnya di Jerman dan di Indonesia.€ Bentuk hubungan Indonesia dengan Jerman Beberapa bentuk kerjasama yang dilakukan diantara Indonesia dengan Jerman adalah sebagai berikut : Bidang perdagangan : Masa depan lokasi bisnis Jerman dan banyak pabrik tergantung dari perdagangan luar negeri yang dinamis.

Jerman dengan kontribusinya sebesar 3 milyar euro merupakan mitra bilateral kedua terbesar setelah Jepang. yayasanyayasan politik dan LSM (Organisasi Non-Pemerintah) lainnya. Termasuk dalam jumlah ini adalah kontribusi bagi pengembangan gereja.€ Bidang Politik : Indonesia menjadi mitra penting bagi Jerman dalam kerjasama pengembangan politik. ADB (Bank Pembangunan Asia) dan Dana Pembangunan Uni Eropa. Jerman juga membantu program-program pembangunan di Indonesia dalam jumlah yang cukup besar.Melalui instrumen multilateral seperti PBB. . Bank Dunia.

sehingga memiliki tenaga ahli yang dapat membantu Indonesia mengolah SDA dengan optimal. Indonesia memiliki sumber daya yang tidak dimiliki oleh Jerman. Keuntungan Hubungan Indonesia dengan Jerman Jerman adalah negara maju.€ 1. seperti beberapa rempah-rempah dan SDM yang melimpah. 3. Hal ini akan dimanfaatkan oleh Jerman dan secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. 2. Jerman merupakan salah satu negara yang cukup berpengaruh di Eropa. Hubungan dengan Jerman akan membuka hubungan Indonesia dengan negara Eropa yang lain .

Kelemahan Hubungan Indonesia dengan Jerman 1. Kecerdasan orang Jerman rata-rata melebihi kecerdasan orang Indonesia. sehingga jika tidak berhati-hati orang Indonesia dapat dimanfaatkan oleh orang Jerman € .

€ € . hal ini dikarenakan terjadi perselisihan antara kedua negara dalam hal hak cipta budaya yang saling mengklaim.€ Bentuk hubungan Indonesia dengan Malaysia Beberapa bentuk kerjasama yang dilakukan diantara Indonesia dengan Malaysia adalah sebagai berikut : Bidang perdagangan : Beberapa bahan pangan dan sandang yang diproduksi di Indonesia banyak dipakai oleh masyarakat Malaysia Bidang Budaya : Hubungan Indonesia dengan Malaysia dalam bidang kebudayaan kurang harmonis.

seperti pengiriman TKI ke Malaysia atau tenaga kerja dalam bentuk lain seperti ABK.€ Bidang Ketenagakerjaan: Sebagaimana kita ketahui. . Indonesia dan Malaysia mengadakan berbagai kerjasama dalam bidang ketenagakerjaan.

. Keuntungan Hubungan Indonesia dengan Malaysia Malaysia dan Indonesia memiliki letak geografis yang berdekatan. sehingga terjadinya hubungan dan kerjasama tidak dapat terhindarkan lagi Indonesia memiliki sumber daya yang tidak dimiliki oleh Malaysia. seperti beberapa rempah-rempah dan SDM yang melimpah. Hal ini akan dimanfaatkan oleh Malaysia dan secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. 2. 1.B.

2.C. Kelemahan Hubungan Indonesia dengan Malaysia 1. Hubungan Indonesia dan Malaysia sangat rentan karena letak kedu negara berdekatan sehingga berita-berita kabur mudah tersebar kemana-mana. . oleh karena itu tidak terelakan lagi kedua negara saling bersaing untuk menjadi negara yang maju. Indonesia dan Malaysia merupakan negara yang berkembang.

€ € . seperti bahasanya. dan lain sebagainya. komik. Jepang merupakan negara produsen kendaraan bermotor yang cukup kuat di dunia. Indonesia merupakan salah satu target ekspornya Bidang Budaya : Banyak sekali budaya Jepang yang sudah masuk ke Indonesia.€ Bentuk hubungan Indonesia dengan Jepang Beberapa bentuk kerjasama yang dilakukan diantara Indonesia dengan Jepang adalah sebagai berikut : Bidang perdagangan : Seperti yang kita ketahui. Namun ada juga warga Jepang yang mempelajari kebudayaan Indonesia seperti mempelajari gamelan.

begitu pula dengan Indonesia yang cukup banyak menggunakan tenaga ahli dari Jepang .€ Bidang ketenagakerjaan: Cukup banyak tenaga kerja yang diserap oleh Jepang dari Indonesia.

Jepang merupakan salah satu negara yang cukup berpengaruh di Asia. Hubungan dengan Jerman akan membuka hubungan Indonesia dengan negara Asia yang lain . Hal ini akan dimanfaatkan oleh Jepang dan secara tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Keuntungan Hubungan Indonesia dengan Jepang Jepang adalah negara maju. sehingga memiliki tenaga ahli yang dapat membantu Indonesia mengolah SDA dengan optimal.€ 1. 2. 3. Indonesia memiliki sumber daya yang tidak dimiliki oleh Jepang. seperti beberapa rempah-rempah dan SDM yang melimpah.

Kelemahan Hubungan Indonesia dengan Jepang 1. Kecerdasan orang Jepang rata-rata melebihi kecerdasan orang Indonesia. sehingga jika tidak berhati-hati orang Indonesia dapat dimanfaatkan oleh orang Jepang € .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful