A Struktur Lapisan Kulit Bumi (litosfer) Pertama tama perlu anda ketahui bahwa kata lithosfer berasal dari

bahasa yunani yaitu lithos artinya batuan, dan sphera artinya lapisan lithosfer yaitu lapisan kerak bumi yang paling luar dan terdiri atas batuan dengan ketebalan rata-rata 1200 km. Perlu anda pahami bahwa yang dimaksud batuan bukanlah benda yang keras saja berupa batu dalam kehidupan sehari hari, namun juga dalam bentuk tanah liat, abu gunung api, pasir, kerikil dan sebagainya. Tebal kulit bumi tidak merata, kulit bumi di bagian benua atau daratan lebih tebal dari di bawah samudra. Bumi tersusun atas beberapa lapisan yaitu: a Barisfer yaitu lapisan inti bumi yang merupakan bahan padat yang tersusun dari lapisan nife (niccolum=nikel dan ferum besi) jari jari barisfer +- 3.470 km. b Lapisan antara yaitu lapisan yang terdapat di atas nife tebal 1700 km. Lapisan ini disebut juga asthenosfer mautle/mautel), merupakan bahan cair bersuhu tinggi dan berpijar. Berat jenisnya 5 gr/cm3. c. Lithosfer yaitu lapisan paling luar yang terletak di atas lapisan antara dengan ketebalan 1200km berat jenis rata-rata 2,8 gram/cm3. Lithosfer disebut juga kulit bumi terdiri dua bagian yaitu: 1 Lapisan sial yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun atas logam silisium dan alumunium, senyawanya dalam bentuk SiO2 dan AL 2 O3. Pada lapisan sial (silisium dan alumunium) ini antara lain terdapat batuan sedimen, granit andesit jenis-jeni sbatuan metamor, dan batuan lain yang terdapat di daratan benua. batuan metamorf yaitu batuan yang berubah bentuknya akibat pengaruh tekanan, temperatur dan waktu batuan sedimen yaitu batuan yang terjadi dari hasil proses pengendapan Lapisan sial dinamakan juga lapisan kerak bersifat padat dan batu bertebaran rata-rata 35km. Kerak bumi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu: - Kerak benua : merupakan benda padat yang terdiri dari batuan granit di bagian atasnya dan batuan beku basalt di bagian bawahnya. Kerak ini yang merupakan benua. - Kerak samudra : merupakan benda padat yang terdiri dari endapan di laut pada bagian atas, kemudian di bawahnya batuan batuan vulkanik dan yang paling bawah tersusun dari batuan beku gabro dan peridolit. Kerak ini menempati dasar samudra

2. Lapisan sima (silisium magnesium) yaitu lapisan kulit bumi yang tersusun oleh logam logam silisium dan magnesium dalam bentuk senyawa Si O2 dan Mg O lapisan ini mempunyai berat jenis yang lebih besar dari pada lapisan sial karena mengandung besi dan magnesium yaitu mineral ferro magnesium dan batuan basalt. Lapisan merupakan bahan yang bersipat elastis dan mepunyai ketebalan rata rata 65 km . Perhatikan gambar penampang bumi berikut ini:

1. Batuan pembentuk lithosfer

a Batuan beku b Batuan sediment c. Batuan metamorf Semua batuan pada mulanya dari magma Magma keluar di permukaan bumi antara lain melalui puncak gunung berapi. Gunung berapi ada di daratan ada pula yang di lautan. Magma yang sudah mencapai permukaan bumi akan membeku. Magma yang membeku kemudian menjadi batuan beku. Batuan beku muka bumi selama beribu-ribu tahun lamanya dapat hancur terurai selama terkena panas, hujan, serta aktifitas tumbuhan dan hewan. Selanjutnya hancuran batuan tersebut tersangkut oleh air, angin atau hewan ke tempat lain untuk diendapkan. Hancuran batuan yang diendapkan disebut batuan endapan atau batuan sedimen. Baik batuan sedimen atau beku dapat berubah bentuk dalam waktu yang sangat lama karena adanya perubahan temperatur dan tekanan. Batuan yang berubah bentuk disebut batuan malihan atau batuan metamorf. Untuk lebih memahami jenis-jenis batuan perhatikan uraian berikut: a.Batuan Beku Ada dua macam batuan beku, yaitu batuan beku dalam (contohnya Batu granit

b.Batuan sedimen Ada beberapa macam batuan sedimen, yaitu batuan sedimen klastik, sedimen kimiawi dan sedimen organic. 1.Sedimen klastik berupa campuran hancuran batuan beku, contohnya : Breksi

Konglomerat

2.Sedimen kimiawi berupa endapan dari suatu pelarutan, contohnya batu giok dan Batu kapur

Tenaga endogen meliputi tektonisme. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari luar bumi dan dalam bumi itu sendiri. Tenaga eksogen antara lain meliputi pelapukan (weathering) dan erosi (pengikisan). vulkanisme dan seisme.Sedimen organic berupa endapan sisa sisa hewan dan tumbuhan laut contohnya: batu gamping Koral c.3. Tenaga yang berasal dari dalam bumi disebut tenaga endogen. Mengapa bentuk permukaan bumi tidak merata. Tenaga yang berasal dari luar bumi disebut tenaga eksogen. Hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari luar bumi dan dalam bumi itu sendiri. . sedangkan tenaga eksogen meliputi pengikisan dan pengendapan. 3. Pengaruh dari dalam bumi berupa suatu tenaga yang sangat besar sehingga dapat membentuk muka bumi yang beraneka ragam. Mengapa bentuk permukaan bumi tidak merata. Bentuk muka bumi sebagai akibat proses vulkanisme dan diatropisme. Tenaga eksogen bersifat merusak bentuk bentuk permukaan bumi yang dibangun atas tenaga endogen. Pengaruh dari dalam bumi berupa suatu tenaga yang sangat besar sehingga dapat membentuk muka bumi yang beraneka ragam. Tenaga yang berasal dari luar bumi disebut tenaga eksogen. atau batuan kuarsa menjadi kuarsit Batuan Marmer Batuan Kuarsit . Tenaga yang berasal dari dalam bumi disebut tenaga endogen. Tenaga eksogen bersifat merusak bentuk bentuk permukaan bumi yang dibangun atas tenaga endogen. Contohnya kapur (kalsit) berubah menjadi marmer.Batuan Malihan (Batuan Metamorf) Batuan malihan atau metamorf adalah batuan yang berubah bentuk.

Apabila penyusupan magma hanya sebatas kulit bumi bagian dalam dinamakan intrusi magma.1. Hal ini terjadi bila tekanan Gas cukup kuat dan ada retakan pada kulit bumi . sedangkan tenaga eksogen meliputi pengikisan dan pengendapan. yaitu magma yang menerobos di antara lapisan bumi paling atas. vulkanisme dan seisme. Magma adalah campuran batu-batuan dalam keadaan cair. 1. Intrusi magma dapat dibedakan menjadi empat. Aktifitas magma disebabkan oleh tingginya suhu magma dan banyaknya gas yang terkandung di dalamnya sehingga dapat terjadi retakan-retakan dan pergeseran lempeng kulit bumi.Ekstrusi magma Ekstrusi magma adalah peristiwa penyusupan magma hingga keluar Permukaan bumi dan membentuk gunung api. Vulkanisme yaitu peristiwa yang sehubungan dengan naiknya magma dari dalam perut bumi. Sedangkan penyusupan magma sampai keluar ke permukaan bumi disebut ekstrusi magma. c) Gang (korok). Gejalavulkanisme. liat serta sangat panas yang berada dalam perut bumi. mendatar dan pararel dengan lapisan batuan tersebut. Tenaga eksogen antara lain meliputi pelapukan (weathering) dan erosi (pengikisan).Magma dapat berbentuk gas padat dan cair. Sampai di sini apakah anda dapat memahami. b) Lakolit.Tenaga endogen meliputi tektonisme.Intrusi magma intrusi magma adalah peristiwa menyusupnya magma di antara lapisan batu-batuan. . d) Diaterma adalah lubang (pipa) diantara dapur magma dan kepundan gunung berapi bentuknya seperti silinder memanjang. Bentuknya seperti lensa cembung atau kue serabi. tetapi tidak mencapai permukaan bumi. Proses terjadinya vulkanisme dipengaruhi oleh aktivitas magma yang menyusup ke lithosfer (kulit bumi). yaitu: a) Intrusi datar (sill atau lempeng intrusi).2. kalau anda sudah memahami mari ikuti penjelasan berikutnya! 1. yaitu magma menyusup diantara dua lapisan batuan. yaitu batuan hasil intrusi magma yang menyusup dan membeku di sela sela lipatan (korok).

Ekstrusi magma dapat di bedakan Menjadi: a) api. yaitu magma keluar melalui retakan pada kulit bumi. . Apabila suatu tempat di permukaan bumi yang pernah atau masih mengeluarkan magma maka terbentuklah gunung berapi. Berdasarkan tipe letusan gunung berapi dapat dibedakan menjadi tiga yaitu: a.Gunungapi strato atau kerucut. sehingga terbentuk kawah gunung berapi yang sangat luas. b).Erupsi sentral. berbentukKerucut gunung Gunung dan pegunungan terbentuk karena adanya tenaga endogen. Perhatikan gambar berikut ini! Erupsi linier. yaitu magma yang keluar melalui sebuah lubang permukaan bumi dan membentuk gunung yang letaknya tersendiri. yaitu magma yang meleleh pada permukaan bumi karena letak Magma yang sangat dekat dengan permukaan bumi. c)Erupsi areal.

Jawa.Kebanyakan gunung berapi di dunia merupakan gunung api kerucut. . Letusan pada gunung api kerucut termasuk letusan kecil.Gunung api maar. Gunung api maar memiliki corong.letusan dapat berupa lelehan batuan yang panas dan cair. gunung api ini disebut gunung api strato. Sebagian besar gunung berapi di Sumatera. Jenis gunung api maar tidak banyak. Contohnya Gunung Lamongan jawa Timur dengan kawahnya Klakah. Nusa Tenggara dan Maluku termasuk gunung api kerucut. Bali. gunung berapi ini terbentuk karena ada letusan besar yang membentuk lubang besar pada puncak yang di sebut kawah. Seringnya terjadi lelehan menyebabkan lereng gunung berlapis lapis. Bentuk gunung api maar seperti danau kering. b.Oleh karena itu. Jenis gunung api maar seperti danau kering.

Gunung api perisai Di Indonesia tidak ada gunung yang berbentuk perisai. Material yang dikeluarkan oleh gunung api tersebut. Gunung api perisai contohnya Maona Loa Hawaii. Gunung api perisai terjadi karena magma cair keluar dengan tekanan rendah hampir tanpa letusan. Amerika Serikat. Lereng gunung yang terbantuk menjadi sangat landai. antara lain: .c. Pada umumnya bentuk gunung berapi di Indonesia adalah strato (kerucut).

dan Pelabuhan Ratu di Cisolok). berupa material cair. antara lain: danau di pucak gunung lokondi Sulawesi Utara dan Danau Kalimutu di Flores.Sering mengeluarkan suara gemuruh. antara lain: 1. H2O. kadang kadang disertai getaran (gempa) 4.1)Eflata (material padat) berupa lapili. 2. Ciri ciri gunung api yang akan meletus. Contoh danau vulkanik. Manfaat dan kerugian vulkanisme: 1. dan 5. Jawa Barat. sumber air panas yang memancar (Yellowstone di Amerika Serikat.Tumbuhan di sekitar gunung layu. kerikil. pasir dan debu. antara lain: 1. kemudian membentuk sebuah cekungan besar.Sumber air panas atau geiser. 2)Lava dan lahar.Sumber energi panas bumi misalnya di kamojang. Danau vulkanik adalah danau yang terbentuk akibat letusan gunung yang kuat sehingga menghancurkan bagian puncaknya. Peristiwa vulkanik yang terdapat pada gunung berapi setelah meletus (post vulkanik).terdapatnya sumber gas H2 S.dan CO2. 3)Eksalasi (gas) berupa nitrogen belerang dan gas asam. karena: .Suhu di sekitar gunung naik.Tanah subur yang akan diperoleh setelah beberapa tahun kemudian. cekungan menampung air dan membentuk danau.Objek wisata berupa kawah (Kawah gunung Bromo ). Kerugian yang kita alami terutama adalah berupa jiwa dan harta benda. Danau vulkanik Setelah gunung merapi meletus atas kepundannya yang kedap air dapat menampung air dan membetuk danau. 3.Binatang di sekitar gunung bermigrasi.Mata air mejadi kering 3. 2. sumber air mineral (Maribaya di Jawa Barat dan Baturaden di Jawa Tengah) 2.

daerah lembah (sinklinal) yang sangat luas dinamakan geosinklinal. Gerak orogenetik adalah gerak yang dapat menimbulkan lipatan patahan retakan disebabkan karena gerakan dalam bumi yang besar dan meliputi daerah yang sempit serta berlangsung dalam waktu yang singkat. lembahlembah. isoklin dan kelopak. yaitu gerakan pada lapisan bumi yang tidak terlalu besar dan berlangsung dalam waktu yang lama sehingga menyebabkan lapisan kulit bumi berkerut atau melipat. lipatan isoklin f. Proses pembentukan lembah kulit bumi tersebut karena adanya tenaga tektonik.Tebaran abu yang sangat tebal dan meluas dapat merusak kesehatan dan mengotori sarana yang ada.Lipatan. Tektonisme adalah tenaga yang berasal dari kulit bumi yang menyebabkan perubahan lapisan permukaan bumi. rebah. lipatan tegak b.1. 2. Punggung lipatan dinamakan antliklinal. lipatan miring c.Gempa Bumi yang dapat ditimbulkanya dapat merusak bangunan. Tenaga tektonik adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan gerak naik dan turun lapisan kulit bumi. lipatan rebah d. a. lipatan lipatan dan retakan retakan.Kebakaran hutan akibat aliran lava pijar. (orogenesa dan epiro genesa). Gerak itu meliputi gerak orogenetik dan gerak epirogenetik. Perhatikan gambar: Pehatikan gambar! a.Bentuk muka bumi akibat diatropisme Diatropisme adalah proses pembentukan kembali kulit bumi pembentukan gunung-gunung. ada beberapa lipatan. lipatan kelopak . menggantung. kerutan atau lipatan bumi ini yang nantinya menjadi pegunungan. yaitu lipatan tegak miring. baik mendatar maupun vertikal. lipatan menggantung e. 3. 2.

Graben adalah tanah turun. Horst adalah tanah naik. terjadi bila blok batuan mengalami penurunan.Patahan yaitu gerakan pada lapisan bumi yang sangat besar dan berlangsung yang dalam waktu yang sangat cepat. sehingga menyebabkan lapisan kulit bumi retak atau patah. Bagian muka bumi yang mengalami patahan seperti graben dan horst. Pehatikan gambar! . terjadi bila terjadi pengangkatan.

Gerak epirogenetic yaitu gerak yang dapat menimbulkan permukaan bumi seolah turun atau naik.Gerak epirogenetic positif adalah gerakan permukaan bumi turun dan seolah olah permukaan air laut naik. disebabkan karena gerakan di bumi yang lambat dan meliputi daerah yang luas gerak epirogenetik di bedakan menjadi dua. 1. Contoh. yaitu gerak epiro genetic positif dan gerak epiro genetic negatif. turunya pulau-pulau di kawasan Indonesia timur (Kepulauan Maluku dan kepulauan Benda. .b.

Contoh. lihatlah gambar di bawah ini. Supaya lebih jelas. TES ! . naiknya dataran tinggi Colorado.2.Gerak epirogenetic negatif adalah gerakan permukaan bumi seolah-olah permukaan bumi naik dan seolah olah permukaan air turun.

2010 19:29 2 dinul : ko’ g’ bisa di copy?? . 2010 15:44 1 boni : buaguuus!!!!!! Feb 3.Posted by dedi_suryadi @ 10 Oktober 200959 comments 59 Comments Add Comment Komentar Jan 19.

2010 13:23 3 ian : bagus seh…. aliaz Susah Bagi-bagI!!!!pluz dech!!!!! Feb 9.. 2010 15:44 4 Yang kecewa : Duh kecewaaaaaaaaa gak bisa di coppy!!!!!!!!!!! Feb 10. 2010 07:19 6 poko : koq gag iza di copy ciech ??? . 2010 12:18 5 yang menanggapi : Maaf ya! nanti saya sampaikan kepada pembuatnya.aliaz PELIT!!!!! bagi2 ilmu jangan tanggung..napa???? bebasin orang ngopi dunk!!!!malu ama predikat nama SBI. agar materi Listofer di atas dapat di download.tapi niatnya setengah-setengah.. Feb 26.Feb 8.

P E L I T _ nya itu lho... 2010 10:42 7 anin : lengkap bgt cuy Nov 16..Feb 28.. ngeganggu banget!!! .. 2010 21:35 9 nouviq : waahhh 11 krheen tgazd qw cpet clecai Des 15. 2010 12:36 10 gina : huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu... tapi. 2010 12:20 8 angga : gmn cara bikinny????…aq mw donk Des 3..!!!!!!! bagus sih bagus.

2010 14:29 11 kiddy nahli aulia : animasinya sangat bagus dan meendidik pa.. 2011 19:19 14 SITIMEISITA : makaci unt cttan nya.amal dikit g bisa y? Des 19. Jan 7. 2011 20:52 12 minggus meichel morra : bleh saya mengcopy file diatas untuk tugas dan publikasi…. 2011 20:39 13 vina : penjelasan yg tidak berbelit-belit dan kreatif Jan 24.???? jika boleh terimakasih banyak. . Jan 14.

2011 11:09 17 ika ratih puruhita : kirim donk pak … terima kasih banget deh Mar 2.Feb 22. KECEWA Feb 22. beteeee lah . 2011 13:48 15 ila : iiiiiiiiiiiiiiiihhhhhh cape-cape diliat . tapi kenapa ga bisa di copy ? cedit ih !! Feb 26. 2011 13:50 16 isabela : materi bagus . ga tu nya gak bisa di copy . 2011 23:00 18 cici : it’s really help! thx .

2011 19:14 19 OOy : Wah bagus sih …. Apr 1. 2011 17:56 23 Muhammad Helmi : . mohon ijin membaca.…. 2011 17:54 21 Muhammad Helmi : batu malihan saya berubah bentuk hingga ada kristalnya. 2011 17:55 22 Muhammad Helmi : apa mungkin batu malihan yang saya dapatkan disungai ketika usia 3 tahun itu berjenis batu intan Apr 1. but pelit nggak bisa di copy…! Mar 22..Mar 14. 2011 08:27 20 wangsa jaya : wah bagus nih. Apr 1.

aku share lewat fb ke teman Mei 21.. 2011 14:49 24 ane : bagus belajar jadi mudah . Agu 8..saya memiliki tiga pecahan batu malihan asli Apr 11. 2011 08:35 27 anggri susilowati : woy keren banget lho….minta tolong kirimi di email ya pak.terimakasih.makasih sblmnya… Jun 13.. 2011 06:20 26 akmalinda : sangat menarik…saya kopi dan di tampilkan u siswa2. 2011 21:51 25 tri : askm. .pasti dengan cara seperti ini mereka dengan mudah dapat mengerti penjelasan guru.

sangat bermanfaat Nov 7. 2011 16:27 30 bunglon : terimakasih untuk yang buat…u is the best… Jan 15.Sep 20. Des 19. 2011 11:37 29 linda handayani : trimakasie ya. 2011 20:10 28 puput spenzaga : thanks. 2012 20:54 ... 2012 19:00 31 318173 iswn : this file is the best but ngapa tak bisa di kopi tugas ku jadi tak finish Jan 16..

2012 08:31 35 dedi_suryadi : Mohon maaf atas kekurangannya Jan 20. 2012 10:13 36 Asep NFS : oh jadi seperti itu. 2012 08:27 34 dedi_suryadi : Terima kasih atas komentarnya Jan 19. 2012 21:57 33 amou : makasih banyak!!! Jan 19..32 hendrikenny : woi pantek . aku nyari batu peridolit kok gak ada ? Jan 18. . terimakasih pak..

2012 21:19 39 Hilman Abdurahman (X-1) : Nama : Hilman Abdurahman Kelas : X-1 Absen : 16 Baguss pak!! buat nmbh wawasan Jan 26. 2012 11:21 38 Pian Sopian : Terima kasih Pak Jan 25. ini sangat bemanfaat pak. 2012 11:20 37 Pian Sopian : Terima kasih Bapak …!!! Jan 22.Jan 22.. 2012 08:23 40 fauziah amanda : subhanalloh. gambarnya keren bisa bergerak. hehe .

.. 2012 13:46 41 Ariska Suseno (X3) : Ass. 2012 13:49 42 fauzi akmal dhiatama (x-3) : keren pa postingnya... 2012 13:50 43 alfi harmawan x3 : sangat bagus pak gambarnya .. materinya mantap. 2012 13:52 44 m. qolbu ihsan (x-3) : alhamdulillah pak.Jan 26. keren pa isinya buat nambah ilmu selain di buku…(y) Jan 26. Pa boleh di copy ga? Jan 26. . hehe Jan 26.

2012 15:18 47 intan permatasari (x-3) : makasih pak atas infonya ^_^ Jan 26.. buat nambah wawasan kami. 2012 15:22 48 yulianti affandi ( X-3 ) : bagus pak. 2012 13:53 45 Novi pratiwi (X3) : Bagus pak buat nambah ilmu… hehe Jan 26. ^_^ . 2012 13:53 46 devi yulianti (X3) : izin mengcopy isi nya ya pak ? Jan 26.Jan 26.

bapak jago buatnya heeee Jan 26. materinya sangat membantu . bagus pak.Jan 26. heheee selain materinya bagus. 2012 10:19 52 Adinda Risni Khoerunnisa ( X . 2012 15:56 49 Peni Khoerul A (X-3) : assalamualikum. 2012 20:04 51 Vivi Tresna S : Makasih pa sangat membantu materinya Jan 28..1 ) : terima kasih pak . 2012 19:34 50 Anatassya Carolina (X-1) : Makasih pa materi nya menambah wawasasan kami Jan 26.

Jan 28. 2012 10:24 54 Neng Neli Fitriah ( X-1) : terima kasih pak materinya sangat membantu Jan 28. sudah lengkap . 2012 10:39 56 novia tri lestari X 4 : bagus pak materinya . Jan 28. 2012 10:22 53 Helvy Herdianti ( X-1) : tambah lagi materinya pak Jan 28. 2012 10:28 55 Sundus Maysun ( X-1) : makasih pak atas ilmu yang bapak berikan kepada kami.

Jan 28. 2012 19:22 59 Karina Budiarti X-1 : jenis batuan yg kelihatannya hampir sama.. Penjelasannya cukup membantu. absen 20 Tulis Komentar Top of Form Name .. 2012 14:58 58 Monna Damaianti X3 : Materi nya lengkap dan tidak terlalu rumit.Jan 28. ternyata jenisnya berbeda. dengan melihat ciri ciri yg dimiliki oleh batuan tersebut. dengan adanya materi ini cukup terbantu untuk membedakan jenis nya. 2012 10:40 57 uci sri hartini x-4 : materinya sangat lengkap . Karina Budiarti X-1 No. terimakasih pak Jan 29.

Email Website http:// Kode CAPTCHA * Submit Bottom of Form Previous Post « PROGRAM PENYALURAN BEASISWA BAGI SISWA DARI KELUARGA TIDAK MAMPU DAN KEGIATAN KESISWAAN YANG DIBIAYAI APBNNext Post Operasi Dasar Komputer » .

Agama (2 posts) Pendidikan Lingkungan Hidup (6 posts) Penjaskes (3 posts) Sejarah (3 posts) Sosiologi (3 posts) TIK (6 posts) • Prestasi (40 posts) ○ ○ ○ Guru dan Karyawan (3 posts) Peserta Didik (30 posts) Sekolah (1 posts) • • Profile (12 posts) Program Kerja (49 posts) ○ ○ ○ ○ Humas (5 posts) ICT (8 posts) Kesiswaan (25 posts) Kurikulum (10 posts) . Inggris (4 posts) Bahasa Arab (1 posts) Biologi (15 posts) Ekonomi (3 posts) Fisika (3 posts) Geografi (13 posts) Kimia (4 posts) Matematika (15 posts) Pend. Indonesia (3 posts) B.• • • Categories Comments Recent Posts • • • • Berita SMANDA (247 posts) BP/BK (5 posts) Ekstrakurikuler (32 posts) Konten Bahan Ajar (87 posts) ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ B.

○ • • • Sarana (3 posts) Serba Serbi (54 posts) Topik Utama (16 posts) Tutorial (15 posts) Membangun Bangsa Berkarakter Pancasila KAMPANYE PENDIDIKAN BUDAYA BERKARAKTER BANGSA FAO 21 Januari 2012 GREEN SCHOOLS in SMA N 2 TASIKMALAYA Gerak Jalan Santai SMA Negeri 2 Tasikmalaya HUT ke 44 SMA Negeri 2 Tasikmalaya Pengobatan Gratis dan Sosialisasi Jasa Raharja Top of Form Osis SMAN 2 Tasikmalaya • • • • • • • Polls Bagaimana situs ini menurut anda ? • • • • • Bagus Sangat Bagus Buruk Dapat di kembangkan Tidak Berkomentar View Results Bottom of Form • • • • • • Polls Archive Buku Sekolah Elektronik 0 Free General Articles 0 Free Techno Articles 0 Indonesian Cheap Hosting and Cheap Domain 0 Informasi Program Beasiswa 0 Web links .

UUD 45 (120. 1. INDONESIA 2 (99. 865 hits) LATIHAN SOAL TES CPNS .FALSAFAH IDEOLOGI 2(410.B.2 KiB. Musthafa Sukamanah 0 Pusat Kurikulum 0 Pusat Sumber Belajar-PSMA 0 Situs Kimia Indonesia 0 Situs Resmi Pemerintah Kota Tasikmalaya 0 Toko Online Kreasibimi 0 Website Resmi Kabupaten Tasikmalaya 0 Add-ins Konversi bilangan Ke Huruf ( Terbilang )(unknown.009 hits) LATIHAN SOAL TES CPNS . 730 hits) LATIHAN SOAL TES CPNS .6 KiB. 614 hits) LATIHAN SOAL TES CPNS .TATA NEGARA (143.958 hits) LATIHAN SOAL TES CPNS .9 KiB.PENGETAHUAN UMUM(174.4 KiB.5 KiB.4 KiB. 2.PENGETAHUAN UMUM 2(191.376 hits) LATIHAN SOAL TES CPNS . 731 hits) LATIHAN SOAL TES CPNS .• • • • • • • • • • Jasa Pembuatan Elearning 0 Kementerian Pendidikan Nasional 0 Nomor Pokok Sekolah Nasional 0 Pesantren KHZ.765 hits) LATIHAN SOAL TES CPNS .KEBIJAKAN PEMERINTAH(190. 1. 2.1 KiB.4 KiB.SEJARAH NASIONAL(119. 9.2 KiB.BAKAT SKOLASTIK(125. 14.254 hits) LATIHAN SOAL TES CPNS .165 hits) Downloads • • • • • • • • • • Downloads Page Login Top of Form Nama pengguna: Kata Sandi: Ingat saya .