P. 1
alat ucap fonologi

alat ucap fonologi

|Views: 168|Likes:
Published by Febriza Arini

More info:

Published by: Febriza Arini on Feb 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2012

pdf

text

original

Menyimak, Membaca, Berbicara, Menulis

• •
Lompat ke isi BERANDA ABOUT

← Situs Daring Yang Sering Dikunjungi oleh Para Jurnalis Bahasa Indonesia tidak sama dengan bahasa Inggris →

Sekilas Tentang Pelafalan
Posted on 14/06/2010 | 3 Komentar

Picture from http://www.lerc.educ.ubc.ca/LERC/courses/489/worldlang/Croatian/tipsforteachers.htm

Menurut Kamus Besar Indonesia, Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2008, fonem adalah satuan bunyi terkecil yang berfungsi membedakan arti. Sedangkan fonologi adalah ilmu tentang bunyi bahasa,fonemik adalah bagian ilmu

Pada bahasa Tapanuli (Batak). cenderung tersamar karena pengucapannya tidak mengubah arti kecuali pada kata-kata tertentu yang termasuk jenis homonim (= kata yang sama lafal atau ejaannya dengan kata lain. Sedangkan artikulasi adalah perubahan rongga dan ruang dalam saluran-saluran suara untuk menghasilkan bunyi bahasa. lafal sering dipengaruhi oleh bahasa daerah.bahasa (linguistik) yang meneliti masalah fonem. sedikit banyak dalam pengucapan diwarnai oleh unsur bahasa daerah kita masing-masing. Penulisan fonem vokal hanya terdiri dari lima. artikulasi. Contoh: kata <apa> diucapkan oleh orang Betawi menjadi <ape>. yang notabanenya adalah bahasa Ibu. <besok> menjadi {mbesok] dan sebagainya. pengucapan e umumnya menjadi ε. Tapi terdapat delapan bunyi ujaran pada fonem lokal tersebut. Variasi lafal fonerm / e / dan / o / ini memang tak begitu dirasakan. Menurut buku Bahasa Indonesia SMK/ MAK Kelas X. Sehingga tidak menutup kemungkinan ketika menggunakan bahasa Indonesia. <pOhOn) diucapkan <pu’un>. dan [ε] atau e lebar. Contoh pemakaian katanya. di Jawa khusunya daerah Jawa Tengah pengucapan huruf b sering diiringi dengan bunyi /m / misalnya. Karena tidak adanya pedoman khusus yang mengatur ucapan atau lafal di atas seperti halnya sistem tata tulis atau ejaan dalam Pedoman Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) yang harus dipatuhi oleh kita sebagai pemakai bahasa tulis bahasa Indonesia sebagai ukuran bakunya. buku Bahasa Indonesia SMK/ MAK Setara Tingkat Semenjana Kelas X. Diantaranya adalah. fonem / a / dilafalkan [ a ] fonem / i / dilafalkan [ i ] fonem / u / dilafalkan [u ] fonem / e / dilafalkan tiga bunyi yaitu: [ e ] . yang saya baca. saat mengucapkannya bibir lebih maju dan bundar. [ ə ] atau e lemah. o. Serta lafaladalah ucapan (tata bahasa). fonologi atau fonemik. pengucapan bunyi bahasa. i. tetapi berbeda maknanya (seperti hak azasi manusia dan hak sepatu).Huruf adalah lambang bunyi-bunyi bahasa dalam tata tulis. yakni a. atau pada bahasa daerah Bali dan Aceh pengucapan huruf t dan d terasa kental sekali. misalnya ucapan kata teman seperti terdengar deman. <bali> menjadi [mBali]. aksara. Contoh pemakaian katanya: lafal [ o ] pada kata [ orang ] lafal [0] pada kata [ p h n ]. u. lafal [ e ] pada kata < sate > lafal [ə ] pada kata < pəsan > lafal [ε ] pada kata < n ε n ε k > fonem / o / terdiri atas lafal [ o ] biasa dan lafal [0] atau o bundar. . huruf. Menurut buku tersebut bahwa di dalam Bahasa Indonesia terdapat lambang-lambang ujaran yang berbentuk huruf terbagi menjadi dua bagian. seperti kata <benar> menjadi <bεnar>. Pada halaman 5. diterangkan dengan rinci apa itu fonem. yang oleh seseorang atau sekelompok penutur bahasa diucapkan oleh alat ucapnya. Dan cara mengucapkan lambang bunyi-bunyi tadi disebut dengan lafal. e. yaitu vokal dan konsonan. lafal.

Bookmark the permalink. Membaca. Menulis Menulis 2. Tekanan. Berbicara.Jeda. Lafal. Pingback: Tekanan. dan lain sebagainya.Disamping dipengaruhi oleh bahasa daerah. Menulis TINGGALKAN BALASAN Top of Form Enter your comment here... pelafalan kata juga sering dipengaruhi oleh bahasa sehari-hari yang tidak baku. This entry was posted in Berbicara. 3. dengan beberapa perubahan) Share this: • • • • StumbleUpon Digg Reddit Like this: Suka Be the first to like this post. Menyimak. halaman 5-6. dan Jeda dalam bahasa Indonesia « Menyimak. Intonasi. Membaca. Membaca. Pelafalan. Menyimak and tagged Intonasi. • • • Fill in your details below or click an icon to log in: Email (wajib)(Belum diterbitkan) Nama (wajib) . Membaca. Berbicara. Pingback: Bahasa Indonesia tidak sama dengan bahasa Inggris « Menyimak. Berbicara. (Dikutip dari Buku Bahasa Indonesia SMK/ MAK Setara Tingkat Semenjana Kelas X. Contoh: telur > telor kursi > korsi lubang > lobang kantung > kant0ng senin > sənεn rabu > rebo kamis > kemis kerbau > kebo. 3 RESPONSES TO SEKILAS TENTANG PELAFALAN 1. Pingback: Rangkuman Belajar Menyimak « Menyimak.

Ikuti Follow “Menyimak. Beritahu saya tulisan baru lewat surat elektronik.Situs web Beritahu saya balasan komentar lewat surat elektronik.com. Berbicara. Enter your e . Blog pada WordPress. Kirim Kom entar Bottom of Form • LAMAN DARING JURNALIS       • Aliansi Jurnalis Independen AJA IFEX SEAPA IFJ Global – Information Portal CPJ LAMAN DARING PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA       • Bahasa Kita Indonesia WWW Virtual Library Javanese Ceremonies – Belajar Bahasa Indonesia Learn Indonesian Online For Free! Learning Bahasa Indonesia on the Internet Wikibooks – Belajar Bahasa Indonesia TAUTAN MENARIK     Laman Pusat Bahasa Penggiat Bahasa Sastra Polisi EYD Wikipedia Bahasa Indonesia Theme: Coraline by Automattic. Menulis” Top of Form Get every new post delivered to your Inbox. Membaca.

Sign me up Bottom of Form Powered by WordPress.com .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->