1

1. ASAS PEMILU Pemilu berdasarkan UU No. 12 tahun 2003 adalah berasaskan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Langsung artinya rakyat sebagai pemilih mempunyai hak untuk memberikan suaranya secara langsung sesuai dengan kehendak hati nuraninya, tanpa perantara. Umum artinya Pemilu menjamin kesempatan yang berlaku menyeluruh bagi semua warga negara, tanpa diskriminasi berdasarkan suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, kedaerahan, pekerjaan dan status sosial. Bebas artinya setiap warga negara yang berhak memilih bebas menentukan pilihannya tanpa tekanan dan paksaan dari siapapun. Didalam melaksanakan haknya, setiap warga negara dijamin keamanannya, sehingga dapat memilih sesuai dengan kehendak hati nurani dan kepentingannya. Rahasia artinya dalam memberikan suaranya, pemilih dijamin bahwa pilihannya tidak akan diketahui oleh pihak manapun dan dengan jalan apapun. Pemilih memberikan suara pada surat suaranya dengan tidak dapat diketahui oleh orang lain mengenai kepada siapapun suaranya diberikan. Jujur artinya dalam penyelenggaraan Pemilu, setiap penyelenggara Pemilu, aparat pemerintah, peserta Pemilu, pengawas Pemilu, pemantau Pemilu, pemilih, serta semua pihak yang terkait harus bersikap dan bertindak jujur sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Adil artinya dalam penyelenggaraan Pemilu, setiap pemilih dan peserta Pemilu mendapat perlakuan yang sama, serta bebas dari kecurangan pihak manapun. 2. KONSTITUSIONAL DAN INKONSTITUSIONAL Konstitusional dari akar kata konstitusi atau Undang-Undang Dasar, dengan demikian merujuk pada semua langkah politik yang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di suatu negara. Karena Undang-Undang Dasar adalah hukum tertinggi dalam suatu negara maka suatu tindakan konstitusional adalah semua langkah yang sesuai hukum. Tetapi selanjutnya karena konstitusi diuraikan dalam berbagai undang-undang dan lain peraturan perundang-

misalnya konstitusi mendapat posisi yang begitu sakral sehingga tidak bisa diubah barang sekata pun. LEMBAGA – LEMBAGA PERWAKILAN RAKYAT DARI PUSAT SAMPAI KE DESA A. Presiden Indonesia (nama jabatan resmi: Presiden Republik Indonesia) adalah kepala negara sekaligus kepala pemerintahan Indonesia. Misalnya dengan dicantumkannya Hak Asasi Manusia (HAM) dalam konstitusi maka perspektif HAM menjadi sah sebagai argumen hukum dan politik. 2. Dalam mengubah UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bersama dengan perubahan atau amandemen konstitusi tersebut maka berubah pula batasan tentang tindakan konstitusional. dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama untuk satu kali masa jabatan. Sebagai kepala pemerintahan.2 undangan. Tetapi sejak bergulirnya Reformasi telah 4 kali perubahan dilakukan terhadap konstitusi RI. Presiden dibantu oleh wakil presiden dan menteri-menteri dalam kabinet. MPR berwenang mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Presiden (dan Wakil Presiden) menjabat selama 5 tahun. memegang kekuasaan eksekutif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintah sehari-hari. maka sering pemerintah yang mempunyai kewenangan untuk membuat undang-undang bersama parlemen (di Indonesia Dewan Perwakilan Rakyat) maka dalam beberapa situasi pelanggaran hukum bisa merupakan pelanggaran terhadap peraturan di bawah konstitusi sehingga untuk menetapkan apakah suatu undang-undang tidak bertentangan dengan konstitusi dibentuklah Mahkamah Konstitusi. anggota MPR tidak dapat mengusulkan pengubahan terhadap Pembukaan UndangUndang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di Indonesia. pada masa pemerintahan Presiden Soeharto yang dikenal sebagai era Orde Baru. PUSAT 1. . Presiden adalah simbol resmi negara Indonesia di dunia. 3. Sebagai kepala negara.

.Melantik Presiden dan Wakil Presiden hasil pemilihan umum . Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau sering disebut Dewan Perwakilan Rakyat (disingkat DPR-RI atau DPR) adalah salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan lembaga perwakilan rakyat. Mahkamah Agung (disingkat MA) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan pemegang kekuasaan kehakiman bersama-sama dengan Mahkamah Konstitusi dan bebas dari . dan dapat dipilih kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya. dan pengawasan yang dijalankan dalam kerangka representasi rakyat. 5.Fungsi pengawasan dilaksanakan melalui pengawasan atas pelaksanaan undang-undang dan APBN. legislasi.Mahkamah Konstitusi mempunyai 9 Hakim Konstitusi yang ditetapkan oleh Presiden.Memilih Wakil Presiden .Memilih Presiden dan Wakil Presiden 3. DPR terdiri atas anggota partai politik peserta pemilihan umum yang dipilih melalui pemilihan umum. .Fungsi legislasi dilaksanakan sebagai perwujudan DPR selaku pemegang kekuasaan membentuk undang-undang. .Fungsi anggaran dilaksanakan untuk membahas dan memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan terhadap rancangan undang-undang tentang APBN yang diajukan oleh Presiden. 3 orang oleh Dewan Perwakilan Rakyat. Hakim Konstitusi diajukan masing-masing 3 orang oleh Mahkamah Agung. anggaran. Mahkamah Konstitusi (disingkat MK) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan pemegang kekuasaan kehakiman bersama-sama dengan Mahkamah Agung.Memutuskan usul DPR untuk memberhentikan Presiden dan/atau Wakil Presiden dalam masa jabatannya . Masa jabatan Hakim Konstitusi adalah 5 tahun. DPR mempunyai fungsi . 4.3 . . dan 3 orang oleh Presiden.

ELECTORAL COLLEGE Jumlah anggota electoral college adalah 538 sejak pemilihan umum 1964. Walikota 5. kewajiban dan wewenang MA adalah: . diikuti oleh Texas (34) dan New York (31). Bupati 8. Gubernur 2. Negara bagian dengan jumlah penduduk paling sedikit. Mahkamah Agung membawahi badan peradilan dalam lingkungan peradilan umum. Jumlah total adalah sama dengan . Yang paling banyak adalah California (55). Montana.Berwenang mengadili pada tingkat kasasi.Mengajukan 3 orang anggota Hakim Konstitusi . dan Wyoming. DPRD KOTA 7. DPRD 3. North Dakota. lingkungan peradilan agama. dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh Undang-Undang . masing-masing memiliki 3 lembaga.Memberikan pertimbangan dalam hal Presiden memberikan grasi dan rehabilitasi DESA 1. Jumlah lembaga ini ditentukan oleh sensus setiap 10 tahun. Delaware. lingkungan peradilan militer. Setiap negara bagian diberi jatah elector sebanding dengan jumlah penduduknya.4 pengaruh cabang-cabang kekuasaan lainnya. South Dakota. Vermont. lingkungan peradilan tata usaha negara. Camat 9. menguji peraturan perundang-undangan di bawah Undang-Undang. DPRD KABUPATEN 6. Lurah/Kepala Desa 4. Menurut Undang-Undang Dasar 1945. Alaska. DPRD PROVINSI 4.

. hanya ada satu pemenang. .Bagi partai besar. . . Karena wakil yang akan dipilih adalah orangnya langsung. daerah yang sedikit penduduknya memiliki wakil yang sama dengan daerah yang banyak penduduknya. Dari semua calon. karena itu wakil terpilih dapat dikenali dengan baik oleh komunitasnya. PROPORSIONAL Sistem distrik. Kelebihan tersebut diantaranya: . dan hubungan dengan pemilihnya menjadi lebih akrab. lebih mudah untuk mendapatkan kedudukan mayoritas di parlemen. Seorang kandidat presiden harus mendapat suara (lembaga pemilih) mayoritas untuk menjadi presiden (saat ini 270). 5. .Perpecahan partai dan pembentukan partai baru dapat dihambat.Ada kesenjangan persentase suara yang diperoleh dengan jumlah kursi di partai. karena kursi kekuasaan yang diperebutkan hanya satu.Sistem ini mendorong terjadinya integrasi antar partai.Sistem ini kurang mewakili kepentingan masyarakat heterogen dan pluralis.5 jumlah anggota Kongres (100 Senator dan 435 DPR) ditambah 3 pemilih untuk District of Columbia.Partai kecil dan minoritas merugi karena sistem ini membuat banyak suara terbuang. Senat untuk kandidat wakil presiden).Wakil rakyat terpilih cenderung memerhatikan kepentingan daerahnya daripada kepentingan nasional. bukan berdasarkan jumlah penduduk. yaitu sistem yang berdasarkan lokasi daerah pemilihan. dan tentu saja banyak suara terbuang. . maka pemilih bisa akrab dengan wakilnya. Dengan begitu.Distrik merupakan daerah kecil. hal ini menyebabkan partai besar lebih berkuasa. .Jumlah partai yang terbatas membuat stabilitas politik mudah diciptakan Kekurangan tersebut diantaranya: . Bila tidak ada yang memperoleh mayoritas. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SISTEM DISTRIK. pemilihan umum ditentukan oleh kongres (DPR untuk kandidat presiden. . bahkan dapat mendorong penyederhanaan partai secara alami.

Berbeda dengan sistem distrik.6 Sistem proporsional. sistem proporsional kurang mendukung integrasi partai politik.Setiap suara dihitung dan tidak ada yang terbuang. . hingga partai kecil dan minoritas bisa mendapat kesempatan untuk menempatkan wakilnya di parlemen.Berbeda dengan sistem distrik. dan Swedia. yaitu sistem yang berkiblat pada jumlah penduduk yang merupakan peserta pemilih. Italia. tapi lebih akrab dengan partainya. Kekurangan-kekurangan sistem proporsional diantaranya: .Wakil rakyat kurang akrab dengan pemilihnya. Hal ini menyebabkan sulitnya mencapai stabilitas politik dalam parlemen. . Kelebihan-kelebihan sistem proporsional diantaranya adalah: .Banyaknya partai yang bersaing menyebabkan kesulitan bagi suatu partai untuk menjadi mayoritas. . . karena partai harus menyandarkan diri pada koalisi. Sistem proporsional banyak dianut negara multi-partai. Belanda. Hal ini memberikan kedudukan kuat pada pimpinan partai untuk memilih wakilnya di parlemen. seperti Indonesia. Jumlah partai yang terus bertambah menghambat integrasi partai. Hal ini sangat mewakili masyarakat heterogen dan pluralis.Dianggap lebih mewakili suara rakyat karena perolehan suara partai sama dengan persentase kursinya di parlemen. wakil dengan pemilih kurang akrab karena wakil dipilih lewat tanda gambar.

sehingga dalam hal ini gubernur bertanggung jawab kepada rakyat.Mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri .Memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD . SKEMA PEMILIHAN UMUM BESERTA TUGAS-TUGAS YANG DUDUK DALAM SKEMA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN GUBERNUR WALIKOTA CAMAT LURAH RW RT MASYARAKAT Tugas Presiden . .Menyatakan perang. membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain dengan persetujuan DPR .Memegang kekuasaan yang tertinggi atas Angkatan Darat. dan Angkatan Udara .7 6.Membuat perjanjian internasional lainnya dengan persetujuan DPR Tugas Gubernur Gubernur dipilih bersama wakilnya dalam satu paket pasangan yang dipilih secara langsung oleh rakyat di provinsi setempat untuk masa jabatan 5 tahun. Angkatan Laut.Menetapkan Peraturan Pemerintah .

gubernur memiliki tugas dan wewenang memimpin penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD provinsi. Selain itu. Seorang camat membawahi lurah. dan dapat juga dilantik oleh Mendagri atas nama Presiden. Tugas Camat Tugas camat adalah melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh bupati sesuai karakteristik wilayah kebutuhan daerah dan menyelenggarakan kegiatan pemerintahan lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan. Tugas Lurah Tugas Lurah adalah melaksanakan Kewenangan Pemerintah yang dilimpahkan oleh Camat sesuai karakteristik wilayah dan kebutuhan Daerah serta melaksanakan Pemerintahan lainnya berdasarkan ketentuan Peraturan perundang-undangan. gubernur juga berkedudukan sebagai wakil pemerintah pusat di wilayah provinsi bersangkutan. . Seorang Wali Kota sejajar dengan Bupati. Dan kewenangan gubernur diatur dalam UU No 32 Tahun 2004 dan PP No 19 Tahun 2010. namun tidak bagi kepala desa. yakni Kepala Daerah untuk daerah Kabupaten.8 Gubernur terpilih kemudian dilantik oleh Presiden. gubernur bertanggung jawab kepada presiden. Pada dasarnya. Wali Kota memiliki tugas dan wewenang memimpin penyelenggaraan daerah berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD Kota. sehingga dalam hal ini. Pada dasarnya. Tugas Walikota wali kota adalah Kepala Daerah untuk daerah Kota.

9 Tugas RW dan RT Rukun warga merupakan organisasi masyarakat yang diakui dan dibina oleh pemerintah untuk memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia yang berdasarkan kegotongroyongan dan kekeluargaan serta untuk membantu meningkatkan kelancaran tugas pemerintahan. dan kemasyarakatan di desa dan kelurahan. pembangunan. Rukun tetangga merupakan organisasi masyarakat yang diakui dan dibina oleh pemerintah untuk memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia yang berdasarkan kegotongroyongan dan kekeluargaan serta untuk membantu meningkatkan kelancaran tugas pemerintahan. ABSEN : LELI PURWATI :X–4 : 17 . dan kemasyarakatan di desa dan kelurahan. pembangunan. NAMA KELAS NO.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful