P. 1
Cara Instalasi Huruf Atau Font Arabic Pada Windows

Cara Instalasi Huruf Atau Font Arabic Pada Windows

|Views: 385|Likes:
Published by ArisRustanto

More info:

Published by: ArisRustanto on Feb 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/26/2015

pdf

text

original

Cara Instalasi Huruf Atau Font Arabic pada Windows

Bisakah anda melihat atau membaca huruf di bawah ini ?
‫السل م عليكم ورحمة الله وبر كاته‬

Kalau anda bisa membaca atau melihat tulisan di atas berarti Browser dan Komputer anda sudah terinstalasi Encoding unicode Arabic. Sehingga karacter huruf atau font arab bisa digunakan pada Komputer anda. Bila karakter di atas tidak terbaca atau terbaca kotak kotak pasa browser anda berarti PC anda memerlukan encoding Unicode Arabic atau font tambahan agar anda bisa menulis atau membaca huruf atau font arab seperti di atas. Mungkin diantara anda ingin komputer anda bisa digunakan untuk menuliskan huruf atau karakter arabic atau untuk membaca karakter huruf arab, baik pada browser, ataupun program Microsotf Office Word. Pada Kali ini ESC-Creation membahas cara instalasi Font Arab pada Windows. Pada saat anda menginstal Program Windows pada komputer anda biasanya secara default font Arabic atau encoding Huruf arab tidak terinstalasi, sehingga anda tidak bisa membaca karakter huruf arab pada browser atau pun menuliskan huruf arab pada Office Word. Untuk itu perlu adanya penambahan Arabic encoding atau instalasi font arabic pada windows anda. Berikut cara instalasi font arab pada windows anda :

1. Siapkan CD master software Microsoft Windows XP Profesional SP2. 2. Buka menu Control Panel pada Start menu dan kemudian Buka menu regional and Language Options. Pilih menu languages, pada Suplemental language support, centang Install files for complex script and right-to-left languages (including Thai)

4. Pada Keyboard Layout pilih Arabic(101) atau Arabic (102) dan klik ok . klik detail pada opsi Text services and input languages . letak file di dalam folder i386. klik ok lanjutkan sampai file yang yang diperlukan selesai terinstal. dan browse file yang diperlukan untuk instalasi font arabic ini. pada opsi ini masukan cd Windows SP 2 anda. Pilih menu Advanced >>> Pada Opsi Code page conversion tables >>>centang kotak pada 1004 (mac-arabic) atau centang bahasa lainnya yang ingin ada tambahan seperti font Jepang. Klik apply.3. Kemudian klik aplly. Kemudian klik menu languages. chinese dan font lain yang anda butuhkan. Setelah itu restart PC atau Komputer anda. 7. Pada input languages Pilih arabic (saudi arabia) atau arabic lainnya tergantung jenis huruf arab yag anda inginkan. untuk menambah encoding huruf asia lain yang mungkin juga anda perlukan. 5. 9. Korea. 8. Centang juga Instal files for east Asian languages. Setelah restart masuk menu Control panel >> Regional and languages options lagi 6.

Kemudan pada opsi preferences klik key setting pilih opsi hot keys for input languages >>> switch between input languages > change Keys Silahkan pilih opsi yang anda inginkan dan klik ok. 11. 12. dan mulailah belajar menuliskan huruf arab menggunakan keyboard anda.10. terlebih dulu anda tekan Hots Keys yang anda pilih di atas atau juga bisa menukar bahasa penulisan atau font pada language bar ( Tampil language bar pada dekstop ) centang language yang ingin anda pergunakan. Untuk tampilkan menu language di dekstop anda klik language bar. Pada saat anda akan menuliskan karakter font atau huruf arab. Silahkan download juga Layout Keyboard Huruf arab di sini Selamat mencoba langkah intalasi huruf / font arab. Pengaturan ini dimaksudkan sebagai hot keys antara perpindahan bahasa pada saat anda ingin menggunakan bahasa / font default ke bahasa lain ( Arabic) Setelah langkah diatas selesai maka anda bisa menuliskan huruf arab pada Microsoft Office Word. . dan centang pada opsi show menu language bar on dekstop.

3. karena memang secara default. 2. kalau belum punya silahkan DOWNLOAD DISINI. dan tekan saja OK. kemudian buka control panel kemudian [paste] di [fonts]. pilih dan buka [regional and language options]. . Beri tanda centang pada kotak "Install files for complex script and right-to-left languages [including Thai]". Install font arab tadi ke komputer anda. Agar MS Word anda bisa digunakan untuk mengetik bahasa Arab perlu langkah-langkah sebagai berikut : 1. MS Word hanya bisa untuk mengetik dalam bahasa internasional. dengan cara yang mudah sekali yaitu : [copy] font arab yang tadi. Siapkan font arab anda.</p> Bagi anda yang ingin mengetik bahasa Arab dalam Microsoft word 2007 mungkin saat ini masih merasa kesulitan.<p>Your browser does not support iframes. maka muncul kotak dialog. Baik itu untuk kegiatan sendiri ataupun untuk kebutuhan dan pesanan orang lain. Kadang dalam kegiatan sehari-hari kita perlu untuk mengetik dalam bahasa Arab. Pada kotak dialog yang muncul pilih tab [Languages] 5. yaitu A – Z. maka otomatis font akan terinstall di computer anda. 4. Kembali ke [control panel].

9. Kemudian pilih Input language pada "Arabic (Saudi Arabia)" pada kotak dialog yang muncul. Klik Apply dan OK. Setelah selesai kalau ada perintah untuk restart. pada tab languages klik [details] muncul kotak dialogs [Text Services and Input Languages]. Muncul kotak dialog yang meminta kita untuk memasukkan CD Windows kita. Masukkan CD Windows kita ke CD room kemudian tekan OK. Pada [installed services] pilih [add].6. Pada tab [advanced]. Restart aja. . Setelah restart. maka otomatis windows akan meng copy file yang dibutuhkan. 7. 8. kembali pada [Regional and language options]. klik Apply dan OK . beri tanda check pada kotak "10004(MAC-Arabic)". 10.

12. dengan cara klik [office button] pada kiri atas MS Word anda. Untuk mengatur angka biar bisa menjadi bahasa arab. Pastikan language bar anda sudah muncul. Jika sudah coba buka MS Word 2007. Masuk pada word options. kemudian klik ikon Language bar di task bar kemudian pilih [AR Arabic (Saudi Arabia)]. 13. kemudian pilih [Word options].11. .

.. .14.. Dan terima kasih telah sabar dalam membaca tutorial ini karena memang agak panjang.. scroll ke bawah sampai pada [show document content] . Pilih [advanced]. Untuk memudahkan pengetikan disarankan menggunakan keyboard khusus dengan tombol bhs Arab. semoga bermanfaat. Atau bisa juga anda tandai tombol-tombol di keyboard dengan huruf Arab yang muncul kalau tombol tersebut di tekan. Saya ucapkan "Selamat mengetik dalam bahasa Arab". Nah . Klik [OK] 15.sekarang. Pada pilihan [Numeral] ganti Arabic dengan Context. Selesai.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->