Pentingnya Fungsi Ruler dan Guide Lines Publish: 26 May 2011 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial

Tutorial Coreldraw kali ini akan membahas tentang pentingnya fungsi ruler (penggaris) dan Guide Lines. Kok bisa? ya karena ketepatan dalam mendesain suatu layout sangat penting (terutama bagi yang bergerak di bidang setting) dan hal ini ditentukan oleh sama tidaknya panjang disain di corel (maya) dengan hasil sebenarnya (nyata). Misal kita ingin mendesain kartu nama maka ukuran kartu nama yang kita buat misalnya 9cm x 5,25 cm maka kita juga harus membuat ukuran layout yang sama di coreldraw. Dan untuk itulah fitur ruler ini diperlukan. ok mari kita belajar corel lebih jauh Desainer butuh penggaris? Tentu saja

Karena untuk urusan main layout dan setting ketepatan posisi dan ukuran sangatlah penting. Berikut desktripsi singkat dari Ruler dan Guide Lines: Ruler adalah bantuan berfungsi fungsi penggaris untuk mengukur suatu obyek secara pasti dan tepat dengan presisi tinggi, ruler disediakan dalam posisi vertikal dan horisontal Guide Lines berfungsi mengatur tata letak obyek dan ukuran-ukurannya pada saat memanipulasi obyek biasanya disimbolkan dalam koordinat x: dan y: Unit / Satuan Ukuran Pada Coreldraw ada Centimeter, Milimeter, Inchi, dll ingat saat kita SD (sekolah dasar) guru kita mengajari satuan hitung Satuan Jarak (Panjang) 1 centimeter (cm) = 100 millimeters (mm) --- paling sering dipakai untuk jasa setting 1 inches (inci) = 2.54 centimeters (inchi biasanya digunakan untuk mengukur panjang secara diagonal) 1 mile = 1760 yard 1 yard = 3 feet = 914.4 millimeters (mm) 1 meter (m)= 100 Centimeters (cm) 1 kilometer (km) = 1000 meter (m) 1 mile = 1.609344 Kilometer (km)

Klik Rectange Tool (F6) buat kotak di area kerja . Langkah .langkahnya: 1.nah ini mungkin kita baru mengenal. penulis sendiri pun jarang memakai satuan ini hehehe Satuan untuk Didot Points 1 Didot point = 0. buka Coreldraw Klik New nah disitu kita pilih dulu satuannya.07007 pica = 0.376065 mm = 1.0148057 inch 1 cicero = 12 didot points Nah berikut ini akan saya tambahkan tips supaya kita tahu jarak panjang maupun lebar desain kita. tapi tak ada salahnya kalau kita mengetahuinya untuk menambah wawasan siapa tahu dibutuhkan. gunakan satuan Centimeters saja supaya mudah 2.

jadi ini gunanya bila suatu saat kita diminta mendesain foto dengan jarak 2 cm antara foto yang satu dengan yang lain maka kita tidak akan lagi kesulitan Dengan begini maka melayout / mensetting di Corel DRAW jadi lebih mudah bukan :) hehehe Terima kasih Semoga bermanfaat . panjang dan lebar kotak ini belum beraturan.nah kita sudah mempunyai kotak. kita buat saja panjangnya 2 cm x 2 cm nah sekarang kita sudah mempunyai penggaris / bantuan pengukur.

3... Ubah transparency typenya menjadi Radial seperti yang saya tandai biru . Kemudian Klik menu Interactive Transparency Tool 4. Langkah-langkahnya : 1. ingat hanya hitam... kita bisa mengembangkannya dengan menggabung-gabungkan tools yang ada. bisa dibilang sangat dasar. kalau sudah mengerti benar dasar-dasarnya. Pelajari dasar-dasarnya dulu pada orang yang bertanya kepada saya. dan yang terpenting ide. Pasti tidak lupa. Okeh. tapi tidak ada salahnya saya berbagi kan? :D Cara membuat halftone kita hanya menggunakan tehnik-tehnik dasar.. bagaimana caranya biar cepet bisa? karena menurut saya. hehehe.. Lalu buat lingkaran dan warnai hitam. itulah kenapa saya selalu bilang.. tidak usah terlalu banyak berita basi lagi gan. buka dulu Corel dan buat New Document 2..Membuat Halftone CorelDRAW Publish: 12 Jan 2010 | Author & Copyright: Ervyn | Status: FREE tutorial Mungkin Tutorial Corel DRAW ini akan terlihat sangat sederhana.

Kemudian jadikan Bitmap. maka akan terjadilah gradasi seperti gambar berikut Yang saya tandai merah diatas untuk menyesuaikan gradasinya. ubah warnanya menjadi Hitam.Kemudian klik dua kali di bagian yg saya tandai merah. maka akan muncul Windows berikut Pada bagian yang saya tandai dengan nomor 1. Bitmaps >> Convert To Bitmaps. 5. akan muncul Windows seperti dibawah ini. dan nomor 2 menjadi Putih. .

maka akan muncul windows previewnya seperti dibawah ini Sesuaikan sendiri Blacknya lalu klik Ok 8. Kemudian Klik menu Bitmaps >> Mode >> Grayscale (8-Bit) 7.. Berikut cara cepatnya : . jika kita menginginkannya untuk menjadi Vector. kita tinggal Trace object tersebut.. lalu klik OK 6. Disini Object masih berupa Bitmap. Lalu Klik kembali Bitmaps >> Color Transform >> Halftone.Jangan lupa untuk Check semua kotak yg ada di Options.

. kalaupun kita mau buat yg kotak juga bisa asal langkahnya seperti diatas hanya akan ada perubahan sedikit saja dan saya yakin juragan sekalian mampu mengatasinya . Kemudian akan muncul Windows berikut halftone 11. Jadi gan.9. Intinya seperti itu.. Klik Kanan pada object >> Trace Bitmaps >> Line Art 10. Sesuaikan Opsi-opsinya sesuka hati anda lalu klik OK 12.

Buka Coreldraw ... lalu klik kiri dan tahan mouse sampai ada panah bergeser.. Ketik Reg[spasi]belajar-grafis Kirim ke 0123. Kembali ke tulisan yang anda buat. ini langkah-langkahnya: 1. jangan dipraktekkan ya itu cuma perumpamaan aja. Wah..? ada gambar seperti di bawah ini. bercanda. Ayo kita bikin tulisan 3 d ( 3 dimensi ) dengan CorelDRAW.. Caranya semudah mengambil permen dari anak kecil.. Setelah itu cari yang namanya: Interactive Extrude Tool pada toolbox 4.3 .2 . contoh: Rockwell Extra Bold 3...... Wah.. Buat temen disain supaya gak boring Okey....New 2. disini saya menulis belajar-grafis Catatan: pilih font yang tebal ya.... hehehe... Maksudnya tulilskan apa aja di kertas/lembar kerja corel.4. gerakkan sesuka anda namun disini saya menggerakkan ke bawah 5... Pertama: Siapakan Permen. kayak gini sapa yang gak bisa.Mudahnya Tulisan 3d dengan Coreldraw Publish: 18 Februari 2008 | Author & Copyright: Johan | Status: FREE tutorial Bukan hanya MS OFFICE Word yang bisa berkreasi dengan Wordart miliknya... Corel Draw juga bisa. . lihat sebelah kanan atas monitor. Nah Sekarang tinggal pewarnaan aja... disini urutannya adalah klik 1 ..

. terserah anda namun disini saya pakai warna kuning dan merah. Hasilnya: 3 Dimensi dari Belajar-Grafis -> Bisa dikembangkan lagi...Catatan: untuk 3 dan 4 gambar di atas adalah untuk menentukan warna... jadi..Semuannya juga mudah kalo kita tau caranya... Semua tergantung kreatifitas anda Selamat mempelajari Tutorial Coreldraw dari ilmugrafis SEMOGA BERMANFAAT ..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful