OLEH Mohammad Fandy (110 206 118) PEMBIMBING dr. Mulyadi Wijaya KONSULEN dr. A.J. Rieuwpassa Sp.B ,Sp.

BP

`

Suatu keadaan dimana terdapat pembesaran satu atau lebih jari tangan atau kaki. Makrodaktili merupakan kelainan kongenital yang jarang ditemukan. Makrodaktili lebih sering ditemukan pada jari kaki dan biasanya terdapat pada jari kedua dan jarang bilateral.

`

`

ulnaris. a.radialis.dorsal interossea .interossea posterior. n. a.ulnaris. ` Pembuluh darah : a.TANGAN : ` Tulang terdiri dari Carpal Metacarpal Phalanx ` Otot ` Otot intrinsic dibagi dalam 3 kelompok yaitu . n.medianus. Thenar Hypotenar Gugusan profundus ` Saraf : n.

.

.

ilnaris.dorsalis pedis. a. Tarsal Metatarsal Phalanx ` Otot Otot punggung kaki . n. a.peroneus. m.plantaris medialis.plantaris lateralis .extensor digitorum brevis Otot telapak kaki : 4 Lapisan ` Saraf kaki : n.interossea posterior ` Pembuluh darah : a. n.KAKI : ` Tulang terdiri dari .

.

.

Insiden tertinggi jari kedua baik tangan maupun kaki jari ketiga ` .` Dilaporkan. laki-laki >> perempuan.

lingkungan atau tidak diketahui Makrodaktili tidak diturunkan secara herediter : Suplai persarafan yang abnormal Suplai darah yang abnormal Mekanisme humoral yang abnormal ` ` . beberapa teori muncul : kelainan kongenital yang dapat disebabkan leh genetic.` Belum diketahui dengan pasti Namun.

` Bentuk statik Bentuk progresif ` .

` ` . Makrodaktili yang berhubungan dengan hyperstosis Makrodaktili dan Hemihipertrofi.` Deformitas jari Satu jari yang paling sering terkena Makrodaktili terdiri atas 4 kelompok yang heterogen : Makrodaktili yang berhubungan dengan lipofibromatosis saraf Makrodaktili yang berhubungan dengan neurofibromatosis.

` Anamnesis Bentuk statik Bentuk progresif Tidak ada riwayat trauma dan tidak ada riwayat keluarga yang menderita kelainan yang sama .

` Gejala Klinis .

.

` Gambaran Radiologi X-Ray .

Biopsi : Dilakukan bila ingin membedakan dengan hamartoma ` ` .` MRI : Terlihat massa lemak dengan serat jaringan fibrosa dan hipertrofi tulang. Angiografi dan Limfangiografi : Harus dilakukan apabila dicurigai terdapat perubahan vascular atau limfatik.

` Prosedur Debulking .

` ` Epiphysiodesis Pemotongan Digitus A B C .

` Pemotongan ibu jari A B C .

` Reduksi Ray .

` Amputasi Ray .

berat dan kelihatan jelek .` Pengobatan tidak selalu memuaskan :jari-jari tetap tebal.