HUBUNGAN NTARA KUALITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 6 JEMBER Disusun guna memenuhi

tugas program KK-PPL NonPembelajaran

LAPORAN KK-PPL BIDANG NON PEMBELAJARAN

Oleh: Koordinator: Dewi Puspitasari Anggota : Kendid Mahmudi (080210102054) (080210192005) (080210192011)

Yoga Agung Kusuma Hilman Firmanto

(080210192061)

UNIT PPL DAN MICROTEACHING FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER NOVEMBER 2011

Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan. harus terbentuk masyarakat belajar. maka jelas buku tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. kreatif. memungkinkan kita berpikir kritis. sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Dengan sistem pendidikan yang mapan. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat. . Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. buku terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam dunia pendidikan.BAB I PENDAHULUAN 1. dan produktif. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam hal ini perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli dengan pendidikan khususnya pendidikan di sekolah SMP Negeri 6 Jember.1 Latar Belakang Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan. Oleh sebab itu setiap lembaga pendidikan khususnya sekolah perlu adanya perpustakaan. Untuk mencapai bangsa yang cerdas. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusianya. atau lebih familiar disebut perpustakaan sekolah. Adapun alasan memilih judul laporan ini karena menarik perhatian dan rasa keingintahuan peneliti guna meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah.

4 Manfaat Adapun manfaat dai laporan ini adalah kita memiliki pengetahuan yang lebih dalam tentang makna dan manfaat perpustakaan sekolah. Untuk mengetahui pengertian perpustakaan sekolah 2. BAB II TINJAUAN PUSTAKA . Apa pengertian perpustakaan sekolah? 2. Untuk mengetahui hubungan antara kualitas buku sekoah dengan minat baca siswa 1. Untuk memahami fungsi dari perpustakaan sekolah 3. Apa fungsi perpustakaan sekolah? 3.1.3 Tujuan Tujuan dari laporan ini adalah: 1.2 Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah pada laporan ini adalah: 1. Selain itu bagi pihak sekolah khususnya pengelola perpustakaan sekolah dapat menjadi wacana dan bahan pertimbangan guna meningkatkan kualitas sekolah. Bagaimana hubungan antara kualitas perpustakaan sekolah dengan minat baca siswa? 1.

teknologi dan kebudayaan. bukan sekadar suatu gedung yang berisi koleksi buku yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Pengertian perpustakaan yang mutakhir ini telah mengarahkan kepada tiga hal yang mendasar sekaligus. serta tujuan perpustakaan sebagai sarana . dipelajari atau dipakai sebagai bahan rujukan”. • Dalam pengertiannya yang mutakhir.ruangan atau sejumlah ruangan yang berisi koleksi buku yanng dipelihara dengan baik. The American Library Association menggunakan istilah perpustakaan untuk suatu pengertian yang luas yaitu termasuk pengertian “ pusat media. Kita dapat mempelajari beberapa pengertian perpustakaan seperti di bawah ini : • Menurut kamus “ The Oxford English Dictionary”. pusat sumber pendidikan. • Pada tahun 1970. • Dalam perkembangannya lebih lanjut. disebutkan bahwa “ perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan. pusat informasi.kata “library” atau perpustakaan mulai digunakan dalam bahasa Inggris tahun 1374. fungsi perpustakaan sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan. yaitu hakikat perpustakaan sebagai salah satu sarana pelestarian bahan pustakan. pengertian perpustakaan memperoleh penghargaan yang tinggi.dapat digunakan oleh masyarakat atau golongan masyarakat tertentu. pusat belajar.Pengertian Perpustakaan Sekolah Banyak batasan atau pengertian tentang perpustakaan yang disampaikan oleh para pakar di bidang perpustakaan. teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional. • Pengertian perpustakaan ini pada abad ke-19 berkembang menjadi “ suatu gedung. yang berarti sebagai “ suatu tempat buku-buku diatur untuk dibaca. seperti yang tercantum dalam Keputusan Presiden RI nomor 11. pusat dokumenstasi dan pusat rujukan“.

Pusat kegiatan belajar-mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah b. Pusat Penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya. bukan lagi menjadi ‘pelengkap’ saja bagi keberadaan sebuah sekolah. Pusat Penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya. Pusat kegiatan belajar-mengajar untuk pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah b. BAB III METODE PENELITIAN . Adapun pengertian perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada dalam suatu sekolah yang kedudukan dan tanggunng jawabnya kepada kepala sekolah. yang melayani civitas akademika sekolah yang bersangkutan. c. Pusat Belajar Mandiri bagi siswa Dari beberapa fungsi tersebut maka dapat dilihat bahwa sudah semestinya perpustakaan menjadi bagian integral dari sistem pembelajaran.untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pembangunan nasional. mempunyai fungsi sebagai : a. Fungsi perpustakaan Sekolah Perpustakaan Sekolah menurut Keputusan Menteri Pendidiknan dan Kebudayaan nomor 0103/O/1981. tanggal 11 Maret 1981. Pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan) d. c. Perpustakaan Sekolah dalam perannya di dunia pendidikan mempunyai fungsi sebagai : a. Pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan Semua fungsi tersebut akan tergambar dalam koleksi pepustakaan bersangkutan.

Dalam laporan yang berjudul ‘Hubungan Antara Kualitas Perpustakaan Sekolah dengan Minat Baca Siswa di SMP Negeri 6 Jember’ menggunakan metode observasi dimana selama melakukan kegiataan PPL selama 4 bulan melakukan observasi di SMP Negeri 6 jember. Teknik dan alat perolehan data yang digunakan adalah obsevasi dan pengambilan data menggunakan angket secara random. Adapun objek observasi adalah siswa SMP Negeri 6 Jember. BAB IV PEMBAHASAN 4.1 Pengertian Perpustakaan Sekolah . Adapun teknik penyajiannya adalah hasil analisis angket dan analisis dari beberapa sumber. Tempat dilakukan pengamatan adalah di SMP Negeri 6 Jember spesifikasinya di perpustakaan sekolah SMP Negeri 6 Jember.

b. pusat sumber pendidikan. Dalam dunia pendidikan perpustakaan merupakan jantung pendidikan. Secara garis besar telah dijelaskan apa itu perpustakaan.Ada ungkapan yang indah menyatakan bahwa buku adalah jendela dunia. siswa tidak perlu membeli buku yang dibutuhkan namun cukup mengunjungi perpustakaan sekolah dan membaca atau meminjamnya.ruangan atau sejumlah ruangan yang berisi koleksi buku yanng dipelihara dengan baik.dapat digunakan oleh masyarakat atau golongan masyarakat tertentu. pusat belajar. Secara tidak langsung. ALA (The American Library Association) menggunakan istilah perpustakaan untuk suatu pengertian yang luas yaitu termasuk pengertian “ pusat media. Sedangkan perpustakan pengertian secara sederhana adalah tempat dimana buku-buku diletakkan dan disusun rapi. Adapun pengertian perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada dalam suatu sekolah yang kedudukan dan tanggunng jawabnya kepada kepala sekolah. ada beberapa pendapat yang mendeskripsikan perpustakaan sekolah. pusat informasi. Pada abad ke-19 perpustakaan didefinisikan sebagai “ suatu gedung. Dengan perpustakaan spesifiknya perpustakaan sekolah. teknologi dan kebudayaan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional. dapat dikatakan perpustakaan merupakan komponen penting dalam meningkatkan dan memperluas pengetahuan. yang artinya melalui membaca buku kita dapat mengetahui isi dunia. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan para civitas pendidikan khususnya sswa selain memiliki sumber dari pengajar (guru) mereka menggali pengetahuan dari buku-buku yang disimpan di perpustakaan karena sangat mustahil jika harus membeli tiap buku yang ingin dibaca siswa. disebutkan bahwa “ perpustakaan merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya dan mempunyai fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan. Adapn beberapa pendapat akan dijelaskan sebagai berikut: a. c. pusat dokumenstasi dan pusat rujukan “. Sedangkan menurut Keputusan Presiden RI nomor 11. yang melayani civitas akademika sekolah yang bersangkutan .

Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaanan program kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler. sebagai berikut : 1.2 Fungsi Perpustakaan Sekolah Perpustakaan sekolah dibangun memiliki tujuan dan fungsi. Memupuk rasa cinta. maupun ekstra kurikuler. kesadaran. Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri. Yang dimaksud dengan fungsi edukatif adalah perpustkaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa. maka dapat dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan. mengembangkan kecakapan berbahasa. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik. mengembangkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik. kokurikuler. Yang dimaksud dengan fungsi informatif adalah perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara . Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan. terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi.4. Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik. 4. 8. 7. Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu. Fungsi Informatif. 3. 2. 5. 2. efektif dan efisien. Secara operasional tujuan perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah. Memperluas pengetahuan para siswa. Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah. 6. diantaranya adalah : 1. Fungsi Edukatif. mengembangkan daya ekspresi. dan kebiasaan membaca.

Fungsi Administratif Yang dimaksudkan dengan fungsi administratif ialah perpustakaan harus mengerjakan pencatatan. efektif.3 Hubungan Kualitas Perpustakaan dengan Minat Baca Siswa Perpustakaan sekolah merupakan jantung sekolah.teratur dan sistematis. sehingga dapat digunakan para pembaca untuk mengisi waktu senggang. Apabila perustakaan sekolah tidak dirawat atau dikelola dengan baik maka pengunjung akan merasa malas lama-lama di perpustakaan bahkan jarang berkunjung ke perpustakaan. Perpustakaan sekolah merupakan sumber utama setelah guru dalam menggali ilmu pengetahuan. Fungsi Penelitian Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber obyek penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi. Fungsi Rekreatif. dan efisien. 3. Untuk membuat pepustakaan sekolah menarik minat siswa untuk berkunjung kesana diperlukan manajemen dan pengelolaan yang baik. 5. penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis. Seperti yang telah dijelaskan diatas perpustakaan sekolah memilki tujuan dan fungsi yang banyak. Kegiatan manajemen adalah kegiatan yang mencerminkan . 4. menghadapi permasalahan isi dan integrasi dengan tujuan-tujuan sekolah. Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu. manajemen merupakan sebuah proses yang memfokuskan pada memperhatikan kegiatan dari hari ke hari. 4.sekolah. baik oleh siswa maupun oleh guru. dimana peranan perpustakaan sekolah sangat mempengaruhi keadaan sekolah. Sekolah tanpa perpustakaan sekolah kurang sempurna. Perpustakaan sekolah merupakan jantung sekolah sehingga bila perpustakaan sekolah mati dapat memperlambat perluasan wawasan siswa sendiri. sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.

Apakah kalian pernah mengunjungi perpustakaan sekolah? a. b. Apakah kalian suka membaca? a. kami melakukan observasi ke perpustakaan dan menggunakan angket untuk mengetahui minat baca siswa. faktor yang dapat ditemui dalam sebuah proses manajemen perpustakaan diantaranya adalah: Pertanyaan Angket sebagai berikut: ANGKET 1. berapa kali kalian mengunjungi perpustakaan? . karena………. terkait dan terdiri dari beberapa aspek atau factor untuk mendukungnya. Pernah 1. Tidak 2.. Untk mengetahui fakta tentang hal tersebut. Beberapa • Kebijakan dan prosedur • Manajemen Koleksi • Pendanaan dan Pengadaan • Manajemen Fasilitas • Sumber Daya Manusia • Perencanaan Telah dijelaskan pengelolaan perpustakaan sekolah mempengaruhi minat baca siswa.adanya sebuah sistem. Jika pernah. Ya b. Tidakpernah.

dan komik) b. Buku ensiklopedia c. Jarang (1-4 kali) b. buku dongeng. Sebulan>5 kali 1. Sebulan 1-3 kali c. 10-15 menit d. komik. Kurang bagus karena ada sebagian besar bukunya. Buku pengetahuan umum 1. Sebulan 3-5 kali d.a. Bukufiksi (contoh: novel. karena….Buku kesenian dan kerajinan d. Tidak bagus Karena banyak bukunya yang kualitasnya tidak sesuai dengan perkembangan sekarang 7.. >15 menit 1. Buku yang berkaitan dengan pelajaran b. Tidak. 1-5 menit b. Buku apa yang kalian butuhkan di perpustakaan? a. Ya b. Berapa lama kalian berada di perpustakaan? a. dan lainnya 8. Menurut kalian bagaimana kualitas buku-buku di perpustakaan? a. 5-10 menit c. Bagus dan kualitas isinya masih sesuai dengan perkembangan sekarang b. Tuliskan kritik dan saran kalian untuk perbaikan kualitas perpustakaan! Dan hasil jawaban yang telah diberikan siswa-siswa SMP Negeri 6 Jember sebanyak 35 siswa sebagai berikut: No Pilihan Jawaban 1 A B 2 A B Kelas 7 14 1 0 15 Kelas 8 13 2 1 14 Kelas 9 7 0 0 7 5 No Pilihan Jawaban A B C A Kelas 7 8 4 3 13 Kelas 8 10 1 4 10 Kelas 9 3 1 3 6 . buku fiksi seperti novel. Apakah buku di perpustakaanlengkap? a. 9. Buku yang berkaitan dengan materi pelajaran c. Buku apa yang sering kalian baca dan pinjam? a. terutama buku pelajaran kualitasnya kurang sesuai dengan perkembangan c.

Hal ini menandakan siswa lebih tertarik pada buku yang menghibur dan penuh imajinasi. Buku yang paling dibutuhkan para siswa adalah buku pelajaran dan buku kesenian-kerajinan. selain itu ruang perpustakaan sekolah kurang luas untuk menampung banyak siswa. f. sehingga kebanyakan buku yang mereka inginkan dibaca diluar perpustakaan sekolah. Hal ini dapt disebabkan para siswa hanya mencari buku lalu meminjamnya tanpa dibaca di perpustakaan sekolah. Adapun buku yang banyak diminati siswa adalah buku fiksi dibandingkan buku pelajaran maupun buku pengetahuan. Adapun durasi atau lama kunjungan ke perpustakaan sebagian besar hanya sebentar berkisar 1-5 menit. e. d. Mayoritas siswa suka membaca buku terlepas dari jenis buku yang mereka baca b. Mengenai kualitas buku para siswa sebagian sudah puas dan senang karena dianggap buku-buku di perpustakaan sekolah sudah bagus dan sesuai dengan perkembangan. Sebagian besar siswa pernah mengunjungi perpustakaan sekolah namun kebanyakan siswa hanya pernah ke perpustakaan sekolah tidak rutin ke perpusakaan sekolah c. Mengenai kelengkapan buku di perpustakaan ada sebagian yang menggap udah lengkap karena buku-buku yang mereka butuhkan telah tersedia namun . meskipun ada sebagian kecil menganggap ada beberapa buku ag kurang sesuai.A 3 B C D A 4 B C D 7 2 4 2 5 5 5 0 9 3 3 0 6 5 3 1 0 2 5 0 1 0 3 3 6 B C A 2 0 8 2 1 4 12 3 5 0 6 3 6 0 8 7 0 1 6 1 0 0 6 1 7 B C D 8 A B Dari data sampel 35 siswa diatas dapat dianalisis bahwa minat baca siswa SMP Negeri 6 Jember secara umum adalah: a. namun ada beberapa siswa yang membutuhksn buku fiksi g.

Dari manajemen perpustakaan sekolah sudah baik namun perlu ditingkatkan supaya lebih baik. hal ini disebabkan ruangannya yang kurang luas dan kurang menarik sehingga perlu adanya rombakan kecil seperti diberi slogan atau gambar-gambar. Tata letak buku diperbagus lagi f. Adapun saran dan kritik mengenai perpustakaan secara garis besar adalah: a. dan perawatan buku dan ruangan perpustakaan ditingkatkan. dapat dilihat bahwa perpustakaan sekolah SMP Negeri 6 Jember sudah baik secara kualitas buku. Ada pembaharuan koleksi buku secara rutin c. Namun dari segi tempat maupun ruangan kurang memadai. dan fiksi b.sebagian lagi menganggap kurang lengkap karena tidak menemukan buku yang dicari. penambahan koleksi buku. Menambah koleksi buku seperti buku pelajaran yang sesuai. dan kinerja pengelola perpustakaan. Selain itu dengan peningkatan perpustakaan sekolah akan membawa pada siswa gemar membaca yang pada akhirnya secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan . buku pengetahuan. Pengelola perpustakaan sekolah lebih tegas dalam peminjaman dan pengembalian buku Dari hasil analisis data dan saran-kritik dari siswa. seperti dalam hal peminjaman dan pengembalian buku harus ada peraturan yang jelas dan tegas. Dengan demikian untuk menambah minat baca siswa SMP Negeri 6 Jember. Ruangan dibuat lebih menarik dan diberi hiasan h. perpustakaan sekolah harus meningkatkan kualitas isi buku. Buku diberi sampul supaya kelihatan bagus e. Rak (tempat buku) ditambah supaya buku-buku baru dapat disusun dan dibaca siswa d. Jika perpustakaan sekolah selalu ada peningkatan dalam kualitas maupun kuantitas maka tidak menutup kemungkianan para siswa akan ketagihan mengunjungi perpustakaan dan perpustakaan sekolah menjadi hidup dan ungkapan sebagai jantung sekolah terwujud. Ruangan perputakaan sekolah dibuat lebih luas supaya nyaman g. fasilitas ruangan.

2.wawasan pengetahuan dan prestasi akademik maupun nonakademik.1 Kesimpulan Berdasarkan uraian bahasan “Hubungan Antara Kualitas Perpustakaan Sekolah dengan Minat Baca Siswa di SMP Negeri 6 Jember’” dapat disimpulkan bahwa : 1. Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah. Perpustakaan sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan. . serta daya kreativitas siswa. BAB V PENUTUP 5.

Pengantar Ilmu Perpustakaan: Universitas Terbuka. Jakarta: Universitas Terbuka.3.Basuki.1993 MARTOATMOJO. Peran pengelola perpustakaan / pustakawan yang profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawan yang handal dan profesional. School Library Management. Jakarta: Universitas Terbuka. 1997 ----------------------------------. 1993 SULISTYO. Canada: Saskatchewan schools. DAFTAR PUSTAKA MUJITO.2 Saran Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitu banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah. Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya 4. Sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Kualitas perpustakaan sekolah sangat mempengaruhi minat baca siswa. 2006. Pembinaan Minat Baca. Jakarta : Universitas Terbuka. Pelayanan Bahan Pustaka. penulis memberikan saran sebagai berikut : 1. . Manajemen Perpustakaan Khusus. Semakin baik perpustakaan sekolah maka minat baca siswa juga semakin besar 5. 2.Karmidi. 1993 Anonim.

SULISTYO. 1993. Pengantar Ilmu Perpustakaan.ca/curr_content/teachlib/management/ manmain.Basuki. .htm diakses tanggal 26 Juni 2007.http://www. Jakarta: Universitas Terbuka.saskschools.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful