P. 1
Tipe-Tipe Perilaku Masyarakat Dalam Menyikapi Perubahan a B C D E

Tipe-Tipe Perilaku Masyarakat Dalam Menyikapi Perubahan a B C D E

|Views: 4,109|Likes:

More info:

Published by: Isa Anggana Tandirerung on Feb 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

Oleh: kelompok 5 & 6

Antisipasi Memudarnya Jati Diri Bangsa     . Tantangan Global Terhadap Ekstensi Jati Diri Bangsa E. Pengertian Masyarakat B. Perilaku Mayarakat Sebagai Akibat Adanya Perubahan Sosial Budaya D. Tipe tipe Masyarakat C.Terdiri dari:  A.

serta sistem dari pengawasan tingkah laku manusia & kebebasan. yang mengikuti salah satu cara hidup tertentu. Satu sistem cara kerja & prosedur.` Pengertian Masyarakat yang dikemukakan oleh para ahli adalah sebagai berikut . dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama. J. Nama Para Ahli Pendapat Kelompok manusia terbesar yang mempunyai kebiasaan. atau kesinambuangan. sejajar & setaraf . tradisi. & perasaan persatuan yang sama. Herskovits Kelompok individu yang diorganisasikan. Semua itu tersusun hirarkis (dari atas ke bawah). ataupun saling tembus-menembus (kepenetrasi) John Elvis Gillin & John Philip Gillin Koentjaraningrat Mac Iver Mayor Polak M. Wadah segenap antarhubungan sosial yang terdiri dari banyak sekali kolektivitas serta kelompok. & tiap2 kelompok terdiri dari lagi atas kelompok2 yang lebih kecil (sub kelompok). Kesatuan hidup manusia yang berintersksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu. daripada otoritas & saling membantu. yang meliputi kelompok2 & pembagian2 sosial lain. . sikap.

melainkan merupakan hasil dinamika kebudayaan-kebudayaan manusia. Ralph Linton Roucek & Warren S. . Stainments Dari beberapa pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. di mana mereka berdiam (bertempat tinggal) dalam daerah yang sama sebagian besar atau seluruh warganya memperlihatkan adanya adat istiadat (kebiasaan) serta aktifitas yang sama pula. sehingga mereka itu dapat mengorganisasikan dirinya & berpikir tentang dirinya sebagai satu kesatuan sosial dengan batas2 tertentu. yaitu community yang ditandai oleh adanya persamaan tempat tinggal (the same geographic area) . 2. R. yaitu society yang keberadaannya tidak terikat oleh the same geographic area. yang telah cukup lama hidup & bekerjasama. Masyarakat dalam pengertian natural. Sekelompok manusia yang memiliki rasa dan kesadaran bersama. 1. Masyarakat dalam pengertian kultural. Kelompok manusia yang terbesar yang meliputi pengelompokan2 yang lebih kecil yang mempunyai hubungan erat & teratur.Nama Para Ahli Pendapat Setiap kelompok manusia.

Dalam antropologi budaya. masyarakat. negara berkembang dibedakan menjadi 3. antara lain: ` Masyarakat Primitif ` Masyarakat Desa ` Masyarakat Praindustri .

menangkap ikan. ` Hubungan sosial Hubungan anggota masyarakat bersifat berhadapan (face to face).` Ciri sistem mata pencaharian Tingkat produksi rendah. . sistem mata pencahariannya berburu. belum banyak mengenal pendidikan formal. ` Ciri sistem pendidikan Tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi masih rendah. atau memelihara ternak. Dalam batas2 tertentu sudah melakukan produksi bahan makanan. ` Organisasi kemasyarakatan Belum ada pembagian kerja atau spesifikasi sesuai dengan keahlian masing2 . mengumpulkan bahan makanan. Sebagian besar penduduk masih buta huruf.

` Hubungan sosial Hubungan antar anggota masyarakat tidak terbatas hanya daerahnya sendiri melainkan sudah ada hubungan dengan dunia luar maupun kepentingan lainnya. rahib. pendeta. ` Ciri sistem pendidikan Pendidikan baik formal maupun nonformal diprakarsai oleh pemimpin2 masyarakat. . misalnya ulama.` Ciri sistem mata pencaharian Sistem bercocok tanam merupakan ciri khas. anggota masyarakat mengenal teknik bercocok tanam secara tradosional yang selama berabad2 tidak banyak berubah. ` Organisasi kemasyarakatan sudah mengenal pembagian kerja dan spesialisasi sesuai dengan bidang keahlian masing2. dan pemuka agama lainnya.

2. Dalam masyarakat yang ekonominya belum berkembang. terdapat kecenderungan golongan atas untuk mempertahankan kedudukannya dengan menganut sistem kekerabatan dalam suatu bidang pekerjaan. atau perusahaan.` Ciri sistem mata pencaharian Corak mata pencaharian sebagian besar penduduknya bukan corak agraris melainkan sebagai pekerja atau pedagang. 3. ` 1. . ` Organisasi kemasyarakatan Pembagian kerja sesuai dengan keahlian dan pendidikan. dan bergerak di dunia jasa. dll. maupun pengalaman masing2. ` Ciri sistem pendidikan Tingkat pendidikan warganya lebih tinggi dibandingkan dengan masyarakat desa. Hubungan sosial Munculnya kelas sosial dalam masyarakat merupakan gejala yang paling menonjol antara lapisan bawah dan lapisan atas Perbedaan menonjol antara kelas2 sosial. misalnya dalam cara bergaul.

Dan ada juga yang menanggapi secara negatif. dan tegantung pada rangsangan timbal balik yang muncul dalam kelompok. yang berarti. Salah satunya seperti gerakan. Tanggapan masyarakat terhadap perubahan sering dituangkan dalam bentuk perilaku kolektif.Respon masyarakat terhadap perubahan sosial budaya. cukup sulit diduga. perilaku yang muncul secara spontan. dalam arti menerima perubahan tersebut. Secara umum arti gerakan sosial adalah usaha kolektif yang bertujuan menunjang atau menolak perubahan. relatif tidak teratur. Inti dari setiap gerakan sosial pada dasarnya adalah tidakkepuasan. bermacam2. atau menolak perubahan yang terjadi. sebagian masyarakat menanggapi perubahan sosial budaya dengan positif. .

3.1. Ketidakpuasan terhadap sistem pelapisan sosial (stratifikasi sosial). 4. 2. Ketidakpuasan terhadap nilai2 budaya. seperti dibawah ini. Ketidakpuasan terhadap lembaga2 kemasyarakatan. Tema ketidakpuasan yang disampaikan lewat gerakan sosial bermacam2. diantaranya adalah: Gerakan perpindahan Gerakan ekspresif Gerakan utopia Gerakan reformasi 1. 3. Ketidakpuasan terhadap sikap masyarakat. Ada macam2 bentuk gerakan sosial. . 4. 2.

.

 Meninkatkan kualitas dan kuantitas dalam bidang kesenian. Antisipasi tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.  Membudidayakan jam2 belajar anak2 usia sekolah lewat RT dan RW  Pemerintah beserta masyarakat bekerjasama untuk mencegah beredarnya obat2 terlarang.  Setiap warga negara hendaknya lebih mencintai dan menyukai produksi dalam negeri.  Menjaga kelestarian lingkungan hidup. .Dengan munculnya era globalisasi yang mempunyai dampak negatif.  Mempertebal ideologi dan rasa nasionalisme bangsa melalui berbagai kegiatan yang mendukung  Majunya IPTEK harus diimbangi dengan imtaq. beredarnya gambar2 porno. dan minum-minuman keras. maka bangsa Indonesia perlu melakukan antisipasinya.  Meningkatkan persaratuan dan kesatuan.  Melestarikan kesenian dan budaya tradisional.

kolusi. Orang tua dalam mendidik anak di rumah harus bisa mendidik anaknya dengan benar. Warga masyarakat harus selalu menjaga norma2 dan nilai2 yang ada di dalam masyarakat sehingga tidak menimbulkan kecemburuan sosial dan tidak menimbulkan kesempatan untuk ³ber-KKN´ (korupsi. . Dalam era globalisasi memungkinkan masuknya budaya asing. ing madya mangun karsa. yang berbunyi: Ing ngarso sung tuladha. dan nepotisme).    Setiap warga negara hendaknya selalu ingat dan melaksanakan apa yang diajarkan oleh Bapak Pendidikan Indonesia (Ki Hajar Dewantara). budaya asing yang masuk kita harus selektif. sehingga orang tua benar2 dapat membuat sejahtera keluarga. tut wuri handayani.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->