P. 1
makalah manusia lingkungan

makalah manusia lingkungan

|Views: 649|Likes:
Published by Nadya Putri NP

More info:

Published by: Nadya Putri NP on Feb 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2013

pdf

text

original

TUGAS KESEHATAN LINGKUNGAN BIOSFER DAN KESEHATAN

Oleh: KELOMPOK I

DOSEN : ZUKLARNAINI Msi. MT

JURUSAN TEKNIK LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ANDALAS PADANG 2010

atau secara campuran. peradaban.1 Latar Belakang Penulisan Membahas tentang manusia berarti membahas tentang kehidupan sosial dan budayanya. manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis. dan sebagai makhluk sosial yang saling berhubungan dan keterkaitannya dengan lingkungan dan tempat tinggalnya. serta terkait serta berinteraksi dengan alam dan lingkungannya dalam sebuah hubungan timbal balik baik itu positis maupun negatif.BAB I PENDAHULUAN 1. sumber alam. mengalami kelahiran. y Mengetahui kondisi lingkungan yang kondusif bagi manusia. y Memberikan gambaran hubungan manusia dengan lingkungannya.2 Tujuan Penulisan y Memahami pendalaman mengenai pengertian manusia. Secara biologis. . lingkungan. perkembangan. dan seterusnya. rohani. dan mati. tentang tatanan nilai-nilai. Manusia adalah mahluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam. y Menganalisis sumber alam terkait sebagai kebutuhan manusia dan mengklarifikasinya. y Mencegah dampak-dampak negatif dari pengaruh manusia pada lingkungannya. dan istilah kebudayaan. Manusia juga sebagai mahkluk individu memiliki pemikiran-pemikiran tentang apa yang menurutnya sesuai ketika tindakan-tindakan yang ia ambil. kebudayaan. pertumbuhan. manusia diklasifikasikan sebagai homo sapiens (bahasa latin untuk manusia)sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. dan segala aspek yang menyangkut manusia dan lingkungannya secara menyeluruh. 1.

rotan. biosfer adalah sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup dan hubungan antarmereka. hidrosfer (air). pengaruhnya ada yang langsung dan tidak langsung. dan lain-lain. dan air. mencakup udara. vector penyakit. positif dan negatif. sumber daya hayati yang diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraannya seperti bahan baku untuk papan. hewan dan tanaman beracun. Biosfer dianggap telah berlangsung selama sekitar 3. yang memungkinkan kehidupan dan proses biotik berlangsung. sandang. daratan.5 milyar tahun dari 4. pangan.BAB II ISI Biosfer adalah bagian luar dari planet Bumi. Pengaruh tidak langsung Secara tidak langsung disebabkan elemen-elemen didalam biosfir yang banyak dimanfaatkan manusia untuk meningkatkan kesejahteraannya.5 milyar tahun usia Bumi Biosfer berpengaruh terhadap kesehatan dalam dua cara. mikroba. dan atmosfer (udara) Bumi. diharapkan semakin meningkat pula derajat kesehatan dari manusia tersebut. dan reservoir penyebab dan penyebaran penyakit.permasalahan yang dihadapi oleh manusia bukanlah karena jumlah produksi dari makanan tersebut tetapi jug distribusinya. farmasi. hewan berbahaya secara fisik.manusia itu sendiri membutuhkan energi yang diambil dari makanan yang terdapat pada makanan. demikian pula dengan kemampuan manusia untuk memproduksi tidak . Pengaruh positif. Bumi hingga sekarang adalah satu-satunya tempat yang diketahui yang mendukung kehidupan. Dilihat dari aspek kesehatan. 2. Manusia sebagai omnivora yang terdiri dari hewan dan tumbuhan. 1. industry. Dalam pengertian luas menurut geofisiologi. patogen. industry meubel. Semakin sejahtera manusia. Tidak semua tanah sama produksinya. pengaruh langsung pengaruh langsung disebabkan oleh: 1. pangan. Makanan yang diproduksi di dunia ini begitu banyak jumlahnya setara dengan jumlah manusia yang ada. obat-obatan. termasuk interaksinya dengan unsur litosfer (batuan). Dalam hal ini biosfir berfungsi sebagai bahan mentah untuk berbagai kegiatan industri seperti kayu. karena didapati elemen yang menguntungkan hidup manusia seperti bahan makanan.

dan reservoir agen penyakit . yakni serangga penyebar penyebab penyakit.sanma di seluruh wilayah dunia. maka jumlah produksi makanan juga terus bertambah memenuhi kebutuhan asupan makanan manusia. Penyakut yang disebabkan oleh virus sudah sangat banyak sekali dikenal. Penyakit tersebut juga dapat langsung tertular dari seseorang ke orang lain melalui lingkungan sosial.lain. protozoa. Hal ini tentu akan mempengaruhi kebutuhan gizi pada setia manusia yang ada di dunia yang akan mempengaruhi kesehatan masing-masing individu. harimau. Vektor penyakit yang penting diindonesia adalah nyamuk. karena adanya vector. karena adanya elemen yang langsung yang dapat membahayakan kesehatan secara fisik. Penyakit yang disebabkan oleh virus yang tersebar melalui udara. Hepatitis. 2. Tapi yang menjadi masalah adalah permasalahan yang diakibatkan oleh kualitas dan kuantitas bahan pangan. rotavirus. dan metazoan. Variola. Segala pengobatan terhadap virus tersebut hanya bersifat simptomatis. seperti Morbilli. Untuk penyakiat golongan ini sampai saat ini masih belum ditemukan obat yang langsung dapat membunuh virus tersebut. 3. Penyakit yang disebabkan oleh virus yang tersebar melalui air : polio. rickettsia. Badan manusia sendiri lah yang akhirnya membunuh virus tersebut. Mikroba ini digolongkan kedalamberbagai jenis seperti virus. 4. misalnya beruang.oleh karena itu masih banyak di wilayah bumi yang tidak mendapatkan pasokan makanan. fungi. karena adanya element-elemen mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit(pathogen). dan lain-lain. bakteri. Varicella. Sebagian dari virus yang terdapat di Indonesia disebabkan oleh kondisi lingkungan yang berpengaruh langsung trhadap manusia. dan lain. kutu. Vektor bersama-sama dengan penderita penyakit dapat merupakan suatu system mekanisme yang memelihara kelestarian suatu penyebab penyakit atu disebut dengan reservoir penyakit. skorpio dan lain-lain. Karena jumlah penduduk makin berkembang. pinjal. Lingkungan Makanan makanan adalah sumber energi satu-satunya bagi manusia. Influenza. lalat. dan tungau. .

Apabila kekurangan gizi pada anak tidak ditangani secara baik maka akan mengakibatkan anak akan menderita komplikasi pada organ tubuhnya. 3. . tanah. Zat racun pengkontaminasi makanan semakin banyak wujud dan bentuknya hal ini disebabkan oleh hasil sampingan dari pertanian. dimana penderita kekurangan asupan makanan dan kualitas makanan juga tidak terpenuhi. Prioritas hidup lainnya selain makanan bergizi. air termasuk racun yang tidak dapat diuraikan. bahkan dapat menyebabkan kematian. manusia dan vector. pengawetan makanan. Di Indonesia penyakit kekurangan gizi biasanya diderita oleh anak-anak. sehingga bayi menderita penyakit bawaaan makanan yang mengakibatkan pertumbuhan anak terganggu. Kontaminasi makanan Makanan dapat terkontaminasi oleh berbagai racun yang berasal dari tanah. Kekurangan gizi dipengaruhi oleh: 1. Sehingga apabila dikonsumsi oleh biota dalm taraf trofis yang lebih tinggi maka konsentrasi racun pada masing masing biota pengonsumsi juga akan makin meningkat. 2. peternakan. Demikian pula dengan penderita kekurangan gizi. misalnya membeli dan memiliki brang elektronik atu kendaraan bermotor. dll. Kontaminasi makanan dan minuman bayi akibat dari lingkungan yang tidak sehat. baik kelebihan maupunkekurangan asupan makanan akan menyebabkan kelainan gizi. Berbagai insectisida yang digunakan dalam proses pertanian akan terkonsentrasi dalam biota rantai makanan sehingga apabila sampai pada manusia akan mengakibatkan akumulasi konsentrasi zat racun yang tinggi. berbagai kepercayaan tentang makanan sehingga anak-anak tidak mendapatkan makanan yang bergizi. selain itu kualitas dari makanan yang tidak seimbang. air. Zat racun yang terdapat pada udara. Penyakit yang berhubungan dengan kegemukan yang disebbkan oleh jumlah asupan makanan yang berlebihan. udara. pengetahuan masyarakat tentang gizi yang kurang.Dari segi kualitas.

bakteri. Makanan yang sudah jatuh. Penyakit bawaan makanan adalah penyakit umum yang diderita sesesorang akibat mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh pathogen misalnya virus. staphylococcus. bacillus cocovenans. Pasar yang kotor Beberapa penyakit bawaan makanan Penyakit Diare Hepatitis A Cholera Disentri Tipus Tubercolosa Ascariasis Oxyuriasis Penyebab Rotavirus Virus hepatitis A Vibrio Cholera Shigella spp Salmonella thypi Mycobacterium tuberculosa Ascariasis lumbricoides Enterobius vernicularis . Makanan yang disimpan tampa tutup. Makanan yang terkontaminasi oleh hewan yang berkeliaran disekitar 9. alat masak makanan yang kotor 4. 5. Makanan mentah dan masak disimpan bersama 7. dll. Clostridium. Sayuran dan buah-buahan yang ditanam pada tanah yang terkontaminasi 10. 3. dll Penyakit bawaan makanan Penyakit bawaan makanan tidak dapat dipisahkan secara nyata dari penyakit bawaan air. Dapur. Makanan dapat terkontaminasi oleh beberapa hal: 1. sehingga terkonntaminsi oleh lalat. dll 6. metazoan. Terkontaminasinya makanan dari hewan peliharaan. 2. Makanan yang dicuci dengan air kotor 8. tikus. tapi tetap saja dimakan. protozoa.Makanan juga dapat terkontaminasi oleh mikroba beberapa contoh mikroba yang dapat membuat racun baik antara lain: salmonella. pengolahan makanan yang tidak steril.

dan pengetahuan yang ada. Anak manusia sering kali tergantung pada orang tua untuk hampir sepertiga usianya. fungsi tubuh. didalam tubuh terdapat terlalu banyak hormone thyroid. Manusia dapat bereaksi terhadap berbagai jenis stimuli lingkungan.1.3 Reaksi Manusia Terhadap Stimuli Sekalipun manusia dapat dilihat dari segi fisik maupun mental/budaya. Secara alamiah manusia akan bereaksi secara biologis yang dapat diperkuat oleh tindakan-tindakan yang didasari kebudayaannya. maupun perkembangan fisik manusia sangat menunjang perkembangan budayanya. Jadi baik bentuk fisik. Secara garis besar berbagai stimuli tersebut dapat dikelompokkan menjadi dua bagian berdasarkan asalnya sebagai berikut : a. Misalnya.Trichinosis Trichuariasis Ancylostomiasis Dracontiasis Diphyllobothriasis Cysticercosis Trichinosis Trichua Trichuris trichiura Ancylostoma Duodenae Dracunculus medinensis Diphyllobothrium latum Cysticercus cellulosae 2. proses pendewasaan yang lambat ini dapat merupakan suatu keuntungan. dimana n Budaya Dilihat dari segi budaya.1. kebiasaan.2 Perkembangama. norma. Orang tua dan masyarakat sekitarnya mempunyai kesempatan yang banyak untuk memberi pelajaran mengenai adat. kedua aspek tersebut merupakan satu kesatuan. Hal ini perlu disadari karena manusia bereaksi terhadap stimulus dengan segala kemampuan yang ada padanya. maka metabolisme . ataupun mentransfer budayanya secara turun menurun dari satu generasi kepada yang berikutnya. 2. Stimuli dari dalam tubuh manusia sendiri dan disebut stimuli endogenous Stimuli endogenous dapat berupa stimuli dari kadar-kadar hormon yang diproduksi kelenjarkelenjar hormon tubuh sendiri ataupun segala reaksi-reaksi biokimia yang terjadi di dalam tubuh.

Stimuli dari luar tubuh manusia dan disebut stimuli exogenous Stimuli exogenous berasalkan dari luar tubuh. Respon manusia terhadap stimuli dapat dikelompokkan kedalam kategori sebagai berikut : y Respon yang terjadi secara otomatis. Jadi.tubuh akan terjadi secara berlebihan. dibawah sadar (involutary) seperti reflex-reflex. reaksi fisika-kimia dalam tubuh. manusia butuh alam untuk kehidupannya dan alam juga membutuhkan manusia untuk pelestariannya.. Misalnya keadaan temperatur udara yang tinggi dapat menimbulkan reaksi tubuh yang lebih banyak mengeluarkan keringat.4 Respon Manusia Terhadap Stimuli Reaksi manusia terhadap stimuli disebut respon. Disebut sebagai timbal balik dan simbiotik mutualisme karena manusia hidup di alam lingkungan hidup dan alam sebagai lingkungan hidup juga membutuhkan manusia untuk pelestariannya. y Respon kombinasi antara respon sadar dan respon tak sadar. tekanan darah meninggi.1. dan untuk taraf tertentu tak dapat dikendalikan. y Respon yang terjadi secara sadar (voluntary). Bila keadaan tersebut terjadi cukup lama. Stimuli yang bekerja langsung terhadap tubuh antara lain adalah sinar-sinar yang dapat menembus kulit dan menyebabkan efek pada organ-organ tubuh yang terkena penyinaran. yakni respon yang dilakukan atas kendali otak manusia. Stimulus ini mengakibatkan terjadinya reaksi-reaksi biokimia dalam tubuh seperti halnya contoh-contoh terdahulu. Oleh karena itu didapat stimuli yang bekerja secara langsung dan yang tidak bekerja secara langsung. 2. maka orang akan kekurangan cairan dan merasa haus. Hal ini terjadi agar tubuh tidak terpengaruh oleh keadaan yang panas tadi. yang berbeda hanyalah asal dari stimulusnya. Stimuli tak langsung dapat menimbulkan reaksi lewat putting-putting reseptor urat syaraf yang ada didalam kulit. dan lainnya yang kemudian disalurkan pada susunan saraf pusat untuk kemudian diproses dan respons disalurkan pada organ yang sesuai. 2.2 Interaksi Manusia Dengan Lingkungannya Relasi manusia dan lingkungan adalah hubungan yang timbal balik dan simbiotik mutulisme. b. terasa sering lapar. dan seterusnya. . Stimuli exogenous dibagi kedalam dua kelompok berdasarkan cara kerja stimuli tersebut pada badan. Tubuh akan berkeringat. pada pancaindera.

daya. Kombinasi dari berbagai kondisi fisik di luar mahluk hidup yang mempengaruhi pertumbuhan. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah. 2. . Lingkungan di Indonesia sering juga disebut "lingkungan hidup". keadaan. 3. benda mati. air. kelembaban. hewan. termasuk manusia. benda nyata ataupun abstrak. Lingkungan hidup dapat didefinisikan sebagai: 1. baik berupa benda hidup. 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup. definisi Lingkungan Hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda. yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. cahaya. bunyi. manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri). Ilmu lingkungan adalah cabang dari ilmu biologi. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan. Keseluruhan keadaan yang meliputi suatu mahluk hidup atau sekumpulan mahluk hidup. 2. udara. serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan. dan perilakunya. termasuk manusia lainnya. Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah. energi surya. Gabungan dari kondisi sosial dan budaya yang berpengaruh pada keadaan suatu individu mahluk hidup atau suatu perkumpulan/komunitas mahluk hidup. Daerah di mana sesuatu mahluk hidup berada.3 Lingkungan Bagi manusia. perkembangan dan kemampuan mahluk hidup untuk bertahan hidup. Keadaan/kondisi yang melingkupi suatu mahluk hidup. Ilmu yang mempelajari lingkungan adalah ilmu lingkungan atau ekologi. iklim. dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. mineral. terutama: 1. serta suasana yang terbentuk karena terjadinya interaksi antara elemen-elemen di alam tersebut. dan makhluk hidup. Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Misalnya dalam UndangUndang no. lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitarnya. air.2.

dan lingkungan buatan (manusia). lingkungan tanah (litosfir). 2. Banjir adalah hal yang rutin. Banjir pada umumnya disebabkan oleh air sungai yang meluap ke lingkungan sekitarnya sebagai akibat curah hujan yang tinggi. Contoh kasusnya adalah sebagai berikut : y Banjir Jakarta 2007 adalah bencana banjir yang menghantam Jakarta dan sekitarnya sejak 1 Februari 2007 malam hari. Lingkungan yang hidup (biotis) dan lingkungan tidak hidup (abiotis).Tergantung kebutuhan. Banjir. setiap tahun pasti datang. ditambah banyaknya volume air 13 sungai yang melintasi Jakarta yang berasal dari Bogor-Puncak-Cianjur. Lingkungan prenatal dan lingkungan postnatal. lingkungan dapat diklasifikasikan dengan berbagai cara sebagai berikut : a. Lingkungan air (hidrosfir). banjir berawal dari hujan lebat yang berlangsung sejak sore hari tanggal 1 Februari hingga keesokan harinya tanggal 2 Februari. Kombinasi dari klasifikasi-klasifikasi tersebut. dan lainlain. d. Banjir Banjir adalah peristiwa terbenamnya daratan oleh air. b. lingkungan udara (atmosfir). Peristiwa banjir timbul jika air menggenangi daratan yang biasanya kering. dan lingkungan social (sosiosfir). termasuk Indonesia. lingkungan biologis (biosfir). mengakibatkan hampir 60% wilayah DKI Jakarta terendam banjir dengan kedalaman mencapai hingga 5 meter di beberapa titik lokasi banjir. a. longsor. Selain sistem drainase yang buruk. f. Banjir sudah temasuk dalam urutan bencana besar. . Air banjir juga membawa lumpur berbau yang dapat menutup segalanya setelah air surut. dan air laut yang sedang pasang.4 Studi Kasus Studi kasus yang berkaitan dengan manusia dan lingkungan adalah banjir. Lingkungan biofisis dan lingkungan psikososial. Lingkungan alamiah. c. e. Kekuatan banjir mampu merusak rumah dan menyapu fondasinya. sebenarnya merupakan fenomena kejadian alam "biasa" yang sering terjadi dan dihadapi hampir di seluruh negara-negara di dunia. karena meminta korban besar.

Jumlah ini mencakup korban di tiga provinsi dengan perincian DKI Jakarta 48 orang. tersengat listrik.Pantauan di 11 pos pengamatan hujan milik Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) menunjukkan. Setelah banjir penyakit infeksi saluran pernafasan.3 triliun rupiah. Pada tanggal 9 Februari 2007 meningkat menjadi 66 orang. Jawa Barat. Jawa Barat 19 orang. Tangerang. malam lalu mencapai ratarata 235 mm. dan musim hujan di Indonesia mulai bulan Desember dan berakhir bulan Maret. Banjir 2007 ini lebih luas dan lebih banyak memakan korban manusia dibandingkan bencana serupa yang melanda pada tahun 2002 dan 1996. hujan yang terjadi pada Jumat. Sedikitnya 80 orang dinyatakan tewas selama 10 hari karena terseret arus. Hujan rata-rata di Jakarta yang mencapai 235 mm itu sebanding dengan periode ulang hujan 100 tahun dengan probabilitas kejadiannya 20 persen. intensitas hujan mencapai puncaknya pada bulan Februari. dan di Bogor sebanyak 7 orang. sebagaimana dicatat Kantor Berita Antara Badan Koordinasi Nasional Penanganan Bencana (Bakornas PB) menyatakan sebanyak 66 orang meninggal akibat bencana banjir yang terjadi di tiga provinsi. Hingga tanggal 8 Februari 2007. dan Banten. diperkirakan 4. Ini disebabkan keadaan sanitasi dan cuaca yang buruk. Pada tanggal 10 Februari jumlah korban meningkat menjadi 80 orang. Penyebab utama banjir ini adalah curah hujan yang tinggi. Kerugian material akibat matinya perputaran bisnis mencapai triliunan rupiah. Depok. dan Banten 13 orang. dengan intensitas terbesar pada akhir bulan. Pada tahun 2007. bahkan tertinggi di stasiun pengamat Pondok Betung mencapai 340 mm. Warga yang mengungsi mencapai 320. yakni DKI Jakarta. dan penyakit kulit menjangkiti warga Jakarta. terutama yang berada di pengungsian. 2 Februari. menurut data Polda Metro Jaya jumlah korban meninggal akibat banjir di Jakarta. atau sakit. . diare. dan Bekasi mencapai 48 orang.000 orang hingga 7 Februari 2007.

Berdasarkan pantauan. Pusakanegara (1. dan Legon Kulon (2.488 hektar sawah dipastikan rusak. Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi material sendiri.792 ha). y Subang dan Indramayu Banjir juga hampir sepekan merendam sawah dan permukiman di Subang dan Indramayu yang masih termasuk wilayah pantai utara Jawa Barat. yakni Pakisjaya. Banjir yang menggenangi 25 dari 30 kecamatan di Karawang diperparah dengan jebolnya tanggul Sungai Citarum.101 ha).000 hektar sawah di Kabupaten Karawang. kerusakan terluas terjadi di Kecamatan Pamanukan (2. dan Perkebunan Kabupaten Karawang mencatat. Setidaknya 18. Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang mempengaruhi suatu lereng yang curam. Ketinggian genangan bervariasi antara 20 hingga 70 sentimeter.275. y Karawang Banjir akibat luapan sungai Citarum yang terjadi awal Februari 2007 telah menggenangi 17. Tanggul yang jebol ada di Kaceot I dan II.7 miliar. ada lima kecamatan yang masih dianggap rawan banjir. Rengasdengklok. sawah yang terendam banjir tersebar di 22 kecamatan. Batujaya. sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. sedangkan di Kabupaten Indramayu banjir menggenangi areal sawah di Kecamatan Kandanghaur. namun ada pula faktorfaktor lainnya yang turut berpengaruh: . Provinsi DKI Jakarta telah membangun serangkaian Sistem Pengendali Banjir Jakarta. Dinas Pertanian. serta saluran induk Tarung Utara. dan Tirtajaya. b. Kehutanan. Tangkil. Jayakerta. Longsor Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Jawa Barat. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Hingga 10 Februari. Untuk menangani banjir.Ditemui pula beberapa kasus demam berdarah dan leptospirosis sebagai akibat genangan air setelah banjir.5 ha). Kerugian diperkirakan mencapai sekitar Rp 1. di Kabupaten Subang.

Kecamatan Pasir Jambu. lalu lintas. Bengkulu. Sumatera Selatan dan Kota Manna. y Bencana Tanah Longsor di Bengkulu Jalur penghubung Kota Pagaralam. akibatnya lumpuh total kendaraan tidak bisa melintas. penggunaan bahan-bahan peledak. y Getaran dari mesin. Rabu (24/2/2010). y Lereng dari bebatuan dan tanah diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat. Akibatnya air dari arah perbukitan menyerap ke dalam tanah dan mengalir dengan membawa matrial longsor. Contoh kasus : y Bencana Tanah Longsor di Tenjolaya Lokasi bencana tanah longsor di kawasan Perkebunan Teh Dewata. Bandung Barat. dan bahkan petir. bencana longsor ini terjadi pada saat hujan deras mengguyur sejumlah lokasi tersebut dalam waktu dua hari terkahir. y Gempa bumi menyebabkan tekanan yang mengakibatkan longsornya lereng-lereng yang lemah.y Erosi yang disebabkan sungai-sungai atau gelombang laut yang menciptakan lereng- lereng yang terlalu curam. Akibat peristiwa ini sedikitnya 43 orang meninggal dan 28 bangunan tertimbun tanah longsor. y Gunung berapi menciptakan simpanan debu yang lengang. Desa Tenjolaya. . hujan lebat dan aliran debu-debu. y Berat yang terlalu berlebihan. Jawa Barat. misalnya dari berkumpulnya hujan atau salju. Jumat (12/11/2010) tertimbun longsor sepanjang 15 meter.

3.1 Kesimpulan Terdapat berbagai cara mendefinisikan manusia dan lingkungan. Setiap manusia akan berinteraksi terhadap lingkungan dan interaksi tersebut akan menimbulkan berbagai dampak. baik itu dampak positif maupun dampak negatif.2 Saran Manusia sebagai makhluk ciptaan tuhan yang maha esa diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan tanpa menimbulkan dampak negatif. . Setiap definisi itu menjelaskan sifat manusia yang khusus yang menjadikannya manusia. Salah satu cara mendefinisikan manusia adalah menerusi kreativitinya.BAB III PENUTUP 3.

wikipedia. Banjir Jakarta 2007.wordpress. Tanggal akses 22 November 2010 Anonymous B.Lumpuh). (http://id. Tanggal akses 22 November 2010 Anonymous A.wikipedia. 2010.org/wiki/Manusia). Manusia.com/read/2010/11/12/22133253/Longsor. Longsor Jalur Pagaralam Bengkulu Lumpuh . 2010.multiply.DAFTAR PUSTAKA Soemirat Slamet.com/journal/item/9/tanah_longsor_apa_penyebabnya).com/2009/02/12/definisi-lingkungan-hidup/). Tanah_Longsor_Apa_Penyebabnya. Tanggal akses 22 November 2010 Anonymous C. Juli. (http://id. Tanggal akses 22 November 2010 . Tanggal akses 22 November 2010 Anonymous D. (http://zamiali.Pagara lam-Bengkulu. 2010.org/wiki/Banjir_Jakarta_2007). (http://regional. (http://yukez. 1994. 2010. Bandung : ITB Anonymous A.Jalur.kompas. Definisi Lingkungan Hidup.. 2010. Kesehatan Lingkungan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->