P. 1
Tata Cara Sederhana Membuat Kompos

Tata Cara Sederhana Membuat Kompos

|Views: 1,864|Likes:
Published by uchiempus

More info:

Published by: uchiempus on Feb 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2012

pdf

text

original

TATA CARA SEDERHANA MEMBUAT KOMPOS

LANGKAH PERTAMA: Membuat strarter untuk mempercepat proses pengomposan, misalnya EM4 (efektif mikroorganisme tipe 4). Bahan2nya bisa macam2 (yang ada disekitar kita). Contoh yang paling gampang, menggunakan tape/tapai (peuyeum singkong) 1 kg, terasi yg paling murah 1/4 kg, gula pasir 1/4 kg, air kelapa 5 gelas. Bahan tersebut dimasukkan ke dalam jerigen plastik ukuran 20 liter. Tambahkan air 10 liter, kemudian diaduk sampai lumat. Lalu, biarkan selama 7 hari dan jangan ditutup. Setelah itu, bahan tersebut sudah bisa dipakai sebagai starter untuk proses pengomposan. bahan cairan ini baunya seperti alkohol. Kita namakan bahan cairan ini dengan sebutan MOL (mikroorganisme lokal). LANGKAH KE DUA: Mengumpulkan bahan kompos (sampah), terdiri atas sampah organik yang ada di sekitar kita. Sampah organik yang masih segar berwarna hijau dicampur dengan sampah organik (daun2) yang sudah kering berwarna coklat. Bahan2 itu dirajang/potong halus kecil2 ukuran maksimum sekitar 3 cm. Jumlah yang hijau dan yang coklat seimbang, atau 1 banding 1, diaduk rata. Lebih bagus jika dicampur kotoran ternak. Jumlah total bahan kompos minimum 1/2 meter kubik. LANGKAH KE TIGA: Masukkan bahan2 tersebut dalam keranjang bambu. Kalau tidak ada, bisa dimasukkan dalam karung yang bolong2 dilubangi. Kemudian dibasahi dengan MOL. Setiap 3 hari diaduk, ditambah MOL. Pada minggu pertama akan terasa proses kompos ini mengeluarkan panas, bisa sampai 70 derajat celsius. Pada minggu ke dua, panas mulai menurun. Minggu ke tiga sudah mulai mendingin. Dan minggu terakhir, sudah dingin kembali, dan kompos sudah matang dengan warnanya coklat kehitaman seperti tanah. Giliran berikutnya bisa dimanfaatkan untuk tanaman.

19 May 2006
Membuat Kompos

drum berukuran kira-kira 1 mkubik. proses pembusukan yang terjadi juga akan menghasilkan bau busuk akibat dari pembentukan amoniak dan H2S.Seorang teman. Walaupun reaktor komposku terbuat dari drum PVC (seperti yang terlihat pada Gambar di atas). Sungguh! 1. misalnya dari sisa sayuran. Sampah organik yang disiapkan bisa berasal apa saja. atau potongan-potongan tanaman dari kebun. Sebelum dimasukkan ke dalam reaktor kompos. hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah. reaktor ini harus memiliki sistem ventilasi yang bagus. Agar semua orang percaya kamu itu memang enggak cuman cuap-cuap doang!". Aku pikir. Berikut adalah langkah sederhana membuat kompos yang sangat tidak memerlukan daya yang besar. sebenarnya reaktor ini bisa dibuat dari apa saja. tulang dan minyak. reaktor yang telah kubuat setahun yang lalu kubawa serta. bahan-bahan tadi sebaiknya dipotogn kecil-kecil agar proses dekomposisinya menjadi lebih cepat dan lebih sempurna. . gitu. Jika reaktor ini tidak memiliki sistem ventilasi yang baik. 2. Reaktor ini adalah wadah yang terabut dari PVC. CB. "Mbok ya diterangkan bagaimana cara membuat kompos ala kamu. nasi. hindari memasukkan daging. Persiapan Bahan Organik Siapkan bahan (atau sampah) organik yang akan dikomposkan. Agar kompos tidak berbau. bilang kepadaku. Siapkan Reaktor Kompos (Komposter) Ketika aku pindah ke Cimahi sebulan yang lalu. Reaksi pengkomposan adalah memang jenis reaksi yang memerlukan udara. ada baiknya juga.

3.sebotol berukuran 1 liter. Oleh sebab itu. sengaja kubuat sebuah sistem sederhana sehingga proses . Bakteri pengurai yang dapat digunakan untuk membantu proses pengomposan juga dijual di toko-toko penjual pupuk. kuusahakan agar setiap lubang di reaktor komposku kututup dengan kawat kasa. Jadi untuk skala rumah tangga. Siram dan Aduk Agar proses pengomposan berjalan dengan sempurna. setelah 5 hari volume sampah yang dimasukkan akan menyusut kira-kira menjadi hanya 25% dari volume awalnya. Jadi. tambahkan air dan EM4. Jika proses ini berjalan dengan baik. Jadi jangan lupa untuk selalu menyiram media kompos ini setiap hari dengan air secukupnya. Pada reaktor komposku. Sumber bakteri pengurai yang paling mudah didapat adalah pupuk kandang (kotoran ternak). sering kali lalat menjadi masalah yang menjengkelkan.. alangkah baiknya jika bahan-bahan tadi dicampur terlebih dahulu dengan sumber bakteri pengurai sebelum dimasukkan ke dalam reaktor kompos. Panen Kompos siap dipanen setelah diproses kira-kira 2-3 minggu. Bila bau tak sedap keluar. 4. dan bau segera menghilang. Selama proses pengomposan. bolak-balik media kompos setiap hari agar proses aerasi berjalan sempurna.Proses pembusukan atau dekomposisi memerlukan bakteri pengurai. bergantung pada tahap pemrosesnya. Salah satunya adalah EM4 (Effective Microorganism 4) yang aku beli di Cihideung seharga Rp. Bila perlu. 15000. media harus mengandung kira-kira 50% air. reaktor kompos berukuran 1 mkubik sudah lebih dari cukup.

(secara saya masih mahasiswa dan belum mempunyai pekerjaan) nih dia langkah2 membuat kompos. Sejak setahun yang lalu. rapikan dalam bentuk gundukan. gula pasir. Jika menggunakan pupuk kandang. bisa menggunakan kantong plastik untuk sampah (trash bag) atau tong/drum) 6.proses fermentasi akan berlangsung selama 8 hari. aduk hingga merata 3. suhu akan meningkat sekitar 50 derajat celcius. Sehingga. aduk (bolak-balik) satu kali setiap hari. 5. lumpur yang kuperoleh langsung kupakai sebagai media tanaman di kebunku. Sampah organik yang kuhasilkan. lumayan kan bisa kaskuser dapet dari kaskus. kan? Sederhana dan jauh lebih sehat. (EM4 atau Effective Microorganism bisa di beli di toko2 dengan harga yang terjangkau kok).. Aduk hingga benar2 larut dan tercampur rata.Cara pembuatan Kompos Sederhana. kupakai sendiri.pemanenan kompos dilakukan dari dasar reaktor. hal ini dilakukan agar suhu pada bahan tidak terlalu panas. kompos siap digunakan . karung. Campurkan larutan secara merata di bahan yang telah disiapkan. Mudah. dengan membalik bahan sedemikian rupa sehingga lapisan bagian bawah menjadi berada di atas dan sebaliknya. 2. Kompos yang diperoleh adalah lumpur hitam yang mengandung air kira-kira 50%. Tingginya 20cm sampai dengan satu meter. tongkol jagung. aku tidak pernah lagi membuang sampah organik. Buat larutan dari EM4. Biasanya.. untuk mendapatkan kompos kering. Pada saat fermentasi. Pastikan pada saat mencampur tidak ada cairan yang mengalir terbuang. lumpur tadi harus dijemur. atau kain terpal. Campurkan bahan tambahan berupa sekam atau serbuk gergaji. Usahakan agar larutan dan bahan tercampur dengan baik. 7... 8. dan batang rumput gajah yang dapat mengganggu proses pembuatan atau pengadukan. setelah itu. tanpa harus membeli buku yang lumayan membuat kosong dompet saya. Jadi tidak perlu dijemur dahulu. dan sudah tidak mengeluarkan bau. Untuk Suka Tanaman Hias. Cacah bahan utama brupa jerami atau dedaunan agar bentuknya rapi dan untuk memudahkan proses penguraian. 4. TS mau share aja nih untuk cara pembuatan kompos. dan air.. Ini bisa dilakukan dengan cara menuang larutan sedikit demi sedikit. bersihkan dari sampah organik seperti ranting. . Tutup gundukan menggunakan pastik. dingin. Rapikan dan tutup kembali.(kalau dalam volume kecil (sedikit). 1. kompos yang sudah jadi memiliki ciri gembur.

5. 4. Kompos dapat digunakan untuk pupuk tanaman (kalau saya juga dipakai buat makanan ikan lele). Memanfaatkan barang yang tidak berguna bagi masyarakat kita pada umumnya untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat. daun kering dan sisa-sisa sayuran Siapkan kotoran hewan (kotoran sapi. karena kompos yang dihasilkan memiliki banyak cacing. Siapkan EM4 (banyak tersedia di toko pertanian). Menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan sekitar. buang di tempat sampah trus bakar Kalau daun-daun dan rumput tersebut dibakar rasanya menambah polusi di dunia yang semakin tidak sehat ini. bagaimana sampah tersebut dapat dimanfaatkan? Jadikan saja kompos.untuk kaskuser yang mau menjadikan ini bisnis sampingan yaa boleh juga sih. 4. Bahan-bahan dan alat yang diperlukan: 1. 2... . Rumpu. 3. Baru percobaan : Kompos hasil olahan sendiri saya buat untuk memupuk tanaman dan juga memberi makan ikan.. Bagaimana dengan pemanasan global yang digembar-gemborkan selama ini? Apakah kita juga akan membantu semakin rusaknya dunia ini dengan pembakaran-pembakaran yang tidak perlu? So.itung2 buat nabung ato buat uang jajan. Mengurangi polusi 3.hehehe unya halaman di rumah?? Banyak rumput tumbuh?? Sampah dedaunan berserakan?? Bersihkan. Karung sebagai media penyimpanan. Untuk tahap sekarang tidak perlu dipikirkan dulu kompos dapat digunakan untuk menghasilkan uang. kambing atau yang lainnya) yang sudah agak lama. Yang perlu kita tanamkan dalam diri kita dengan pembuatan kompos ini adalah : 1. Bahan-bahan yang sangat mudah didapatkan Setelah memperhatikan beberapa manfaat yang dapat diperoleh marilah kita mencoba untuk membuat kompos sendiri. 2. bagaimana mendapatkan bahan-bahan pembuatan komposnya apabila diproduksi secara masal?). serangga dan banyak makanan alami buat pertumbuhan lele. ya pupuk alami yang sangat bermanfaat dan apabila dikelola dengan seius dapat menghasilkan uang (tapi…. Kenapa saya berikan ke ikan lele.

Sebagai inovasi dapat ditambahkan berbagai macam bahan dalam pembuatan kompos yaitu jerami. Potong menjadi beberapa bagian (kira-kira 2-5 cm/bagian). Masukkan daun/rumput ke dalam karung. 2. Ikuti petunjuk pemakaian EM4. Siram dengan EM4. Pada tulisan ini ditekankan untuk daun dan rumput karena memang 2 hal tersebut yang mengganggu penulis. Pupuk telah digunakan untuk pemupukan tanaman sawi. cabe serta pemberian pakan tambahan untuk ikan lele selain pelet. 2008.Proses pembuatan : 1. 1:33 pm Filed under: Kompos Langkah langkah pembuatan kompos organik 1.CaCo3 .Bekatul . Persipan bahan : . tapi ini belum berakhir karena untuk mempercepat pertumbuhan bahan-bahan tersebut perlu dibolak-balik komposisinya setiap 2 minggu sekali dan diberi air secukupnya setiap 3 hari. Setelah semua daun/rumput dipotong kemudian direndam dalam cairan EM4 (tidak perlu lama-lama. daun-daun kering dan sisa-sisa sayuran menjadi satu. Tutup karung. 3. karena nanti EM4 tersebuta akan disiramkan ke dalam karung) yang telah dicampur dengan air. 5. Selesai sudah proses pembuatan kompos. Pemotongan ini diperlukan untuk mempercepat proses pembusukan. Tulisan ini dibuat karena kepedulian akan kelestarian lingkungan dan memperoleh hasil pertanian dari pupuk organik. 4. Tinggalkan sebuah Komentar Kompos Organik November 28. 6. dan semua yang berbentuk tanaman .Kotoran ayam . 7. daun jagung.Jerami kering . Kumpulkan rumput-rumput. Masukkan kotoran hewan ke dalam karung kira-kira 1/3 bagian.

CaCo3. sisa sayuran. Tumpuk campuran diatas selanjutnya tutup dengan terpal atau plastik. salah satu unsur dari 3 R. selanjutnya jerami di rendang atau di siram dengan air sampae jerami benar benar basah . 5 . Kompos siap digunakan untuk menanam berbagai tanaman. dan bekatul ke dalam tumpukan jerami yang sudah basah.2 . 6 . Aduk semua campuran sampae merata ke semua bagian. Dalam artikel ini. Pengolahan sampahrumah tangga menjadi kompos dapat dilakukan oleh siapa saja. Campurkan kotoran ayam . . buah-buahan dapat dimanfaatkan menjadi kompos. Sampah-sampah organik seperti dedaunan. Cara Sederhana Membuat Kompos Skala Rumah Tangga Posted on 18 April 2011 Cara sederhana membuat kompos skala rumah tangga ini merupakan artikel tentang cara praktis dan sederhana dalam membuat kompos dari sampah organik yang dihasilkan rumah tangga. diamkan selama 15 hr. Sehingga dengan mengolah sampah menjadi kompos berarti ikut membantu mengurangi permasalahn yang disebabkan sampah. kompos yang dihasilkan dapat dimanfaatkan langsung sebagai media tanam ataupun pupuk organik. CaCo3 . 3. 7 . Jerami yang sudah kering di potong potong dg panjang 10 cm. dan bekatul sampae merata (homogen). Selain itu. di mana saja dan dengan berbagai cara. Tebarkan campuran kotoran ayam. Membuat kompos merupakan bentuk dari recycle. Alamendah akan membagikan tips sederhana untuk membuat kompos yang bisa dilakukan oleh rumah tangga baik yang memiliki lahan kosong ataupun hanya memiliki sedikit lahan terbatas bahkan tidak memiliki lahan sama sekali. 4 .

Tutup atau taburi sampah dengan tanah secara berkala untuk mengurangi bau. Membuat Kompos dari Sampah Bagi Rumah Tangga Dengan Lahan Terbatas. pot. pengolahan sampah menjadi kompos dapat dilakukan dengan menggunakan ember. Setelah tiga bulan. Setelah penuh. kaleng bekas. Isi lubang dengan sampah organik yang telah ditiriskan. tutup lubang dengan tanah. Bila terdapat kotoran binatang bisa ditambahkan untuk meningkatkan kualitas kompos. Keluarkan isi drum dan angin-anginkan selama 2 minggu. tutup drum dengan tanah dan diamkan selama tiga bulan. . kaleng bekas. serbuk gergaji. Jika telah penuh. lubang dapat digali. Membuat Kompos dari Sampah Bagi Rumah Tangga yang Tidak Mempunyai Lahan. • • • • • • • • Sediakan drum atau sejenisnya. Hasil galian dapat digunakan sebagai kompos sedangkan lubangnya dapat digunakan untuk membuat kompos kembali. atau kapur secara berkala. Benda-benda ini sekaligus nantinya dapat dijadikan pot. • • • • • Gali tanah sedalam 50-100 cm. atau sejenisnya. Bagi yang rumahnya hanya memiliki sedikit lahan kosong. Kompos sudah dapat digunakan. • Sediakan ember. Masukkan sampah organik ke dalam wadah (drum) setiap hari.Sampah ini dapat dimanfaatkan menjadi kompos Membuat Kompos dari Sampah Bagi Rumah Tangga yang Memiliki Lahan. pembuatan kompos tetap dapat dilakukan. ataupun wadah lainnya. Lubangi kecil-kecil bagian dasar drum untuk rembesan air dari sampah. Tanam drum dengan kedalaman sekitar 10 cm dari permukaan tanah. Ini merupakan cara paling sederhana dalam membuat kompos namun hanya bisa dilakukan jika memiliki lahan (tanah) kosong. pot. Taburi dengan sedikit tanah. Lubang dibuat dengan jarak minimal 10 meter dari sumur untuk menghindari tercemarnya sumur. Bagi rumah tangga yang tidak memiliki tanah atau lahan kosong.

5 x 1 x 1 m(panjang x lebar x tinggi). diantaranya cara-cara berikut ini. Dasar bak cekung dan melekuk di bagian tengahnya. Sobat Alamendah.go. Dengan kompos kita akan mendukung tanaman secara organik. demikian proses pembuatan kompos dari sampah organik bagi rumah tangga baik yang memiliki lahan kosong. Taburi dengan sedikit tanah.Jemur sampai kering.Bubuhkan 50 – 100 gram belerang untuk setiap 1 kg tanah sampah. maupun tidak memiliki lahan sekalipun. ada banyak cara membuat kompos.30 kg abu dapur atau abu kayu Cara Membuat 1). selain itu tanaman kita akan lebih subur tentunya. Semoga mampu menginspirasi kita semua bahwa semua orang. Sebab salah satu cara menanggulangi sampah adalah dengan membuat kompos. Tapi hasilnya kurang sempurna dan kompos yang dihasilkan berair dan lunak. serbuk gergaji.Gali tumpukan sampah (garbage atau sampah lapuk) yang sudah seperti tanah . Masukkan sampah organik ke dalam wadah (drum) setiap hari.id Ada beberapa alternatif cara yang dipilih sesuai kondisi lokal.6. atau kapur secara berkala. di mana pun juga. Buatlah bak pengomposan dari bak semen. dapat melakukan tindakan nyata dalam menangani permasalahan lingkungan utamanya sampah. lahan terbatas. lalu ayak . Aduk semua bahan menjadi satu kecuali abu.750 kg kotoran ternak memamah biak (± 50 kaleng ukuran 20 liter) . Bahkan dengan cara-cara yang sederhana sekalipun. saat ini saya sedang asik-asiknya mencoba membuat kompos. dapat diterapkan cara ini.• • • • • • Lubangi bagian dasar dan letakkan di wadah yang dapat menampung rembesan air dari dalamnya. 2).5 m3 kulit buah kopi . Kompos jadi siap pakai Pada daerah yang banyak terdapat sampah kota dan desa yang telah mengalami proses pembusukan dan penghancuran yang cukup lama di alam terbuka.pustaka-deptan. Bila terdapat kotoran binatang bisa ditambahkan untuk meningkatkan kualitas kompos. Wadah siap dijadikan pot dengan kompos di dalamnya sebagai media tanam. Buat lubang pada salah satu sisi bak agar cairan yang dihasilkan dapat tertampung dan dimanfaatkan. Bahan: . Atau buatlah bak pengomposan dengan menggali tanah ukuran 2. sebagai berikut: .2 1 /4 hingga 4 m3 sampah lapuk (garbage) . Setelah penuh. Masukkan ke dalam bak pengomposan setinggi . Cara Membuat kompos versi www. tutup drum dengan tanah dan diamkan selama dua bulan.Pisahkan dari bahan-bahan yang tidak dapat lapuk .

pengomposan akan memakan waktu lama.1 meter. Tampunglah cairan yang keluar dari bak semen. Siram ke permukaan campuran bahan untuk meningkatkan kadar nitrogen dan mempercepat proses pengomposan. Jika terlalu banyak sampah coklat. cara ke II dapat diadaptasi dengan menggantikan kulit buah kopi dengan hijauan seperti Iamtoro atau lainnya.Sampah mudah lapuk (garbage) . balik-balik bahan kompos setiap minggu. 3) Untuk menandai apakah proses pengomposan berlangsung dengan balk.Jerami yang sudah bercampur dengan kotoran dan air kencing ternak. Kemudian taburi bagian atas tumpukan bahan tadi dengan abu. 5). Timbun lagi campuran kotoran dan air kencing ternak di atas timbunan tadi tipis-tipis dan merata. Cara Membuat Kompos Metode Karung versi http://belajarmengajar. 7). Tutup lagi dengan campuran kotoran dan kencing ternak. Kompos Sistem Bogor Bahan : . Pengomposan yang baik akan meningkatkan suhu dengan pesat selama 4 – 5 hari. . Timbun bagian paling atas dengan abu sampai setebal ± 10 cm. 4).blogspot. 6). 6). . 2 – 3 minggu kemudian.com/ Berikut ini adalah cara pengomposan. 2). 5).Abu dapur atau abu kayu Cara Membuat: 1). Balik-balik campuran bahan kompos setelah berlangsung 15 hari. dengan menggunakan karung sebagai wadahnya : Langkah 1: Potong/cacah dengan ukuran 2 s/d 3 cm sampah organik yang akan dibuat kompos.5 meter. Timbun lagi campuran jerami dan sampah-sampah setinggi 25 cm. Timbuni campuran jerami dan sampah setinggi 25 cm di atas bedengan berukuran 2. buatlah atap naungan di atas bedengan pengomposan sebab air hujan dan penyinaran langsung matahari dapat menggagalkan proses pengomposan. Setelah 2 – 3 bulan kompos sudah cukup matang. perhatikan suhu udara dalam campuran bahan. 3). tanpa dipadatkan supaya mikroorganisme aerob dapat berkembang dengan baik. lalu segera menurun lagi. Jemur kompos sebelum digunakan hingga kadar airnya kira-kira 50 -60 % saja. Langkah 2: Campur sampah coklat dan sampah hijau dengan perbandingan 1:2. Agar pengomposan berhasil. Setelah di proses selama 3 bulan kompos biasanya cukup matang. 4).5 x 2. 30 hari dan 60 hari.Kotoran ternak memamah biak . Kalau di daerah kita tidak tersedia kulit buah kopi.

Kompos bisa disimpan di dalam karung sebelum digunakan. Hal-hal lain yang perlu diketahui: Pertama. tangkai sayuran) dan sampah hijau (sayuran. Selain itu ada bahan-bahan yang sebaiknya tidak dibuat kompos yaitu: . kertas yang tidak mengkilat. Langkah 9: Seminggu sekali Langkah 3 s/d 8 diulang kembali. kompos sudah jadi/matang. sisa sayuran yang bersantan (menyebabkan munculnya belatung). kulit telur. Dalam waktu enam minggu kompos sudah jadi dan siap digunakan. Siram kembali dengan MOL sampai sampah terlihat basah kemudian aduk kembali. Sedangkan yang masuk kelompok sampah anorganik adalah plastik. Minggu ke-5 dan ke-6 suhu kembali normal seperti suhu tanah. suhu mencapai 45-65C. ikan. Karung terasa hangat bila dipegang. Catatan: Minggu ke-1 dan ke-2 mikroba mulai bekerja. Langkah 7: Karung ditusuk-tusuk dengan obeng atau alat lainnya secara merata agar oksigen (udara segar) bisa masuk.Langkah 3: Ratakan sampah yang akan dibuat kompos sebelum dicampur dengan MOL. serutan kayu. ampas teh/kopi. pupuk kandang). sekam. Kemudian karung diikat agar tidak diacak-acak kucing. stereoform. Kita harus memisahkan sampah berdasarkan jenisnya. buah-buahan. yang perlu diketahui adalah bahan baku utama membuat kompos. Langkah 6: Masukkan sampah ke dalam karung. rumput kering. setelah diangin-anginkan sebentar. Langkah 8: Simpan di tempat yang tidak kehujanan dan tidak terkena sinar matahari langsung. lemak/minyak. jerami. tulang. dan kaca. yaitu sampah itu sendiri. Kompos yang sudah jadi berwarna coklat kehitam-hitaman dan baunya seperti tanah. Minggu ke-3 dan ke-4 suhu mulai menurun menjadi sekitar 40C. Ada dua jenis sampah yaitu organik dan anorganik. Langkah 4: Sirami permukaan sampah secara merata dengan MOL. ampas kelapa. serbuk gergaji. Yang termasuk sampah organik dan bisa dijadikan bahan kompos adalah sampah coklat (daun kering. potongan rumput segar. daun segar. kulit udang. sampah dapur. keju. logam.Daging. atau ayam. Langkah 5: Aduk agar MOL tercampur merata. . kulit jagung. anjing. susu. kertas (mengkilat).

Di toko pertanian sebenarnya dijual starter siap pakai seperti EM4 (effective microorganism 4). Yang pasti. Wadah ini biasa disebut dengan komposter. 3. Diamkan selama tiga hari sampai keluar jamur yang berwarna kuning.” Kita balik saja prinsip itu menjadi “bila dapat dipermudah kenapa mesti dibikin susah. anda tidak akan keluar uang sepeserpun bila membuatnya sendiri. sebagian dibikin MOL.. karungnya buat komposter. mungkin bisa kurang. hemat. Anda cek saja sendiri deh. kelembaban. 2. Gampang kan? Di rumah pasti anda punya karung. dan abu-abu. Berasnya dimasak jadi nasi kemudian dimakan. dahan. Diamkan selama satu minggu. Nggak usahlah ikut-ikutan birokrat hitam yang berprinsip “bila bisa dipersulit kenapa harus dipermudah. starter yang digunakan untuk mengurai sampah menjadi kompos. Apalagi selain repot. Bahan yang digunakan untuk membuatnya bisa bermacam-macam. wadah untuk memproses sampah menjadi kompos. Tapi sekali lagi. minta tolong saja emak anda untuk beli beras yang 20 kiloan. Nasi (baru maupun basi) dibentuk bulat sebesar bola ping-pong sebanyak 4 buah. jingga. dan batang kayu yang tidak mudah hancur dalam kompos (mengundang rayap). Proses penguraian memerlukan suhu tertentu. Macam-macam jenisnya. di sini saya akan menjelaskan cara membuat MOL yang bahannya mudah didapat. ada yang terbuat dari batako. Mungkin lebih. . Namun. tapi barangkali anda akan lebih puas jika bisa membuat sendiri. anda mungkin akan balik kanan bila mau bikin kompos saja kok repot amat. Keempat. Sampah organik secara alami akan mengalami penguraian oleh ratusan jenis mikroba. jamur. 4 Tuang air satu gayung yang sudah dicampur gula sebanyak empat sendok makan ke dalam botol/wadah yang berisi nasi jamuran.15. Selain itu. bahkan bila mau bisa beli jadi yang harganya sampai ratusan ribu. mahal lagi. ada yang namanya keranjang takakura. dan binatang tanah. Bola nasi jamuran kemudian dimasukkan ke dalam botol/wadah plastik. Mending dibuang ke kali deh. .Ranting. Jika tidak ada. Sampah coklat kaya kandungan karbon (C) yang merupakan sumber energi makanan untuk mikroba. dan oksigen (udara segar). Perbandingan MOL dengan air sebesar 1:5. tergantung selera. Starter buatan sendiri ini biasa disebut dengan MOL (mikro organisme lokal). MOL sudah bisa digunakan sebagai starter untuk membuat kompos dengan dicampur air.Tanaman yang berhama (hama dan bijinya masih terkandung dalam kompos jadi). Langkah-langkah membuat MOL yang merupakan starter dalam pengomposan: 1. yang baru maupun basi. Di rumah ada nasi kan? Kita bisa membuat MOL dari nasi. Campuran nasi dan air gula tersebut akan berbau asem seperti tape/peuyeum.000.” Kita gunakan karung sebagai tempat membuat kompos. Sampah hijau mengandung nitrogen (N) yang diperlukan oleh mikroba untuk tumbuh dan berkembang biak. Kedua. Starter yang dijual di toko harganya berkisar Rp. 5. enzim.Kotoran anjing & kucing (kemungkinan membawa penyakit). gentong plastik. beres urusannya. Ketiga. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->