PENGERTIAN UMUM DAN NPWP/PPKP DAN UTANG PAJAK

• 1

Pengertian –Pengertian umum dalam pajak Wajb pajak ialah orang pribadi atau badan yang menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan ditentukan untuk melakukan kewajiban perpajakan,termasuk pemungut pajak atau pemotong pajak tertentu

2 3

Badan ialah sekumpulan orang dan/atau modal yang merupakan kesatuan baik yang melakukan usaha atau yang tidak melakukan usaha Pengusaha adalah orang pribadi badan dalam bentuk apapun yang dalam kegiatanannya menghasilkan,mengimpor,mengekspor barang dan melakukan usaha perdagangan,memanfaatkan barang tidak berwujud/jasa dari luar daerah pabean

4

PKP adalah pengusaha yang melakukan penyerahan barang kena pajak atau penyerahan jasa kena pajak yang dikenakan pajak berdasarkan UU PPn 1984 dan perubahannya.

5

NPWP adalh nomor yang diberkan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang digunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

6

Pajak yang terutang adalah pajak yang harus dibayar pada suatu saat, dalam masa, tahun, atau dalam bagian tahun pajak, menurut UU perpajakan.

7

Surat pemberitahuan adalah surat yang oleh wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak menurut peraturan perundang-undangan perpajakan.

8 9

Surat Pemberitahuan Masa adalah surata pemberitahuan untuk suatu masa pajak. Surat Pemberitahuan Tahunan adalah surat-surat pemberitahuan suatu tahun pajak atau bagian tahun pajak.

15 Pembukuan adalah proses pencatatan yang dilakukan secara teratur untuk mengumpulkan data dan informasi keuangan ynag ditutup dengan menyusun laporan keuangan berupa neraca dan laopran laba rugi pada setiap tahun pajak berakhir. mengumpulkan.10 Surat Tagihan Pajak adalah surat untuk melakukan tagihan pajak dan/atau sanksi administrasiberupa bunga dan/ atau denda. 14 Penanggung Pajak adalah orang atau badan yang bertanggung jawab atas pembayaran pajak. 17 Surat Keputusan pembetulan adalah surat keputusan yang membetulkan kesalahan atau kekeliruan penerapan ketentuan tertentu dalam peraturan perundang-undangan perpajakan. mengolah data. 12 Pekerjaan Bebas adalah pekerjaan yang dilakukan oleh orang pribadi yang mempunyai keahlian khusus sebagai usaha untuk mendapatkan penghasilan yang tidak terikat dengan hubungan kerja. 11 Surat Paksa adalah surat perintah membayar utang pajak dan biaya penagihan pajak.pemungutan oleh pihak ketiga yang diajukan oleh wajib pajak 19 Putusan Banding adalah putusan badan peradilan pajak atas banding terhadap surat keputusan keberatan yang diajukan oleh wajib pajak 20 Surat Keputusan Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pajak adalah surat keputusan yang menentukan jumlah pengembalian pendahuluan kelebihan pajak untuk wajib pajak tertentu . 18 Surat Keputusan Keberatan adalah surat keputusan atas keberatan tehadap surat ketetapan pajak atau terhadap pemotongan. dan/ atau keterangan lain untuk menguji kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan dan untuk tujuan laindalam rangka melakasanakan ketentuan peraturan perundangundangan perpajakan. 13 Pemeriksaan adalah serangkaian kegiatan untuk mencari. 16 Penelitian adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menilai kelengkapan pengisian Surat Pemberitahuan dan lampiran-lampirannya.

telkom.dsb Penghapusan NPWP Merupakan tindakan penghapusan NPWP oleh tata usaha Kantor Pelayanan Pajak.yang tidak memenuhi syarat lagi sebagi wajib pajak .bea dan cukai.PLN.seperti kantor imigrasi.yakni pasal 2 ayat (1) Undang-Undang KUP Manfaat NPWP 1 2 untuk memperoleh pinjaman modal daro bank untuk memudahkan berhubungan dengan instansi yang mewajibkan mencantumkan NPWP.Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak Fungsi NPWP 1 2 sebagai suatu sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dipergunakan untuk menjaga ketertiban dalam pembayaran pajak dan dalam pengawasan administrasi pajak wajib pajak wajib mencantumkan NPWP yang dimilikinya dan apabila tidak mendaftarkan diri untuk memperoleh NPWP maka wajib pajak akan dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan perpajakan.KPKN .penghaupasan ini dilakukan dalam hal : 1 2 3 4 5 6 Wajib pajak orang pribadi meninggal dunia dan tidak meninggalkan warisan Wanita kawin tidak dengan perjanjian pemisahan harta dan penghasilan disyaratkan adanya akta nikah/perkawinan catatan sipil Warisan yang belum terbagi dalam kedudukan sebagai Subjek Pajak sudah selesai dibagi Wajib pajak badan yang telah dibubarkan secara resmi berdasakan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku Bentuk usaha tetap yang karena suatu hal kehilangan statusnya sebagai bentuk usaha tetap Wajib pajak orang pribadi lainnya selain yang dimaksud dalam no 1 dan 2.

seperti yang telah ditentukan dalam pasal 2 ayat (2) undang-undang KUP PKP terdiri atas : 1 2 3 4 5 1 2 BUMN BUMD Penanaman Modal Asing Bentuk Usaha Tetap dan Orang Asing Perusahaan Masuk Bursa Dipergunakan untuk mengetahui identitas PKP yang sebenarnya untuk melaksanakan hak dan kewajiban di bidang PPN dan pajak Penjualan atas Barang Mewah dan untuk pengawasan administrasi perpajakan Manfaat PPKP 1 2 Untuk dapat menjadi rekanan pemerintah dalam mendaftarkan atau memperoleh tender proyek perusahaan Untuk memperoleh pembayaran dari KPKN dan sebagainya Pencabutan Pengukuhan sebagai Pengusaha Kena Pajak Merupakan tindakan pencabutan PPKP oleh usaha Kantor Pelayanan Pajak.bubar.tidak mempunyai ahli waris atau ahli waris tidak dapat ditemukan Fungsi PPKP .Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PPKP) Pengusaha kena pajak terdaftar adalah pengusaha yang telah dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak yang telah tercatat dalam tata usaha kantor palayanan pajak dan telah diberikan suratpengukuhan pengusaha kena pajak. Pencabutan PPKP dilakukan dengan cara mengisi formulir yang ditentukan.pencabutan ini dilakukan dalam hal PKP pindah alamat ke wilayah kerja KPP lain.atau tidak memenuhi syarat lagi sebagai PKP.yang dilakukan oleh : 1 2 Wajib pajak atau kuasanya dengan melampirkan Surat Kuasa Khusus Petugas KPP yaqng bersangkutan dalam hal : a) Wajib pajak meninggal dunia berdasarkan Surat Keterangan Kematian dan tanpa meninggalkan warisan.

hak untuk menunda atau mengangsur pembayaran pajak 5. 2. kewajiban membuat faktur pajak Hak Kewajiban Fiskus a) Hak Fiskus yang diatur dalam undang-undang perpajakan adalah : 1. menerbitkan NPWP dan/atau mengukuhkan PKP secara jabatan menerbitkan Surat Tagihan Pajak melakuka pemeriksaan dan penyegelan melakukan penyidikan menerbitkan Surat Paksa dan melaksanakan penyitaan b) Kewajiban Fiskus kewajiban untuk melakukan penyuluhan kepada wajib pajak menerbitkan Surat Ketetapan Pajak merahasiakan data wajib pajak . 3.b) Wajib pajak sebagaimana dimaksud dalam pasal 11 ayat(1) huruf e dan f. 5. kewajiban melakukan pemotongan atau pemungutan pajak 7. hak untuk mendapatkan pembinaan dan pengarahan dari fiskus 2. 2. kewajiban membayar atau menyetor pajak 4. 4.berdasarkan hasil pemeriksaan KPP yang bersangkutan Hak dan Kewajiban Wajib Pajak a) Hak Wajib Pajak yang diatur dalam undang-undang perpajakan : 1. 3. 1. hak mengajukan keberatan dan banding b) Kewajiban wajib pajak yang diatur dalam Undang-undang perpajakan adalah : 1. kewajiban membuat pembukuan dan/atau pencatatan 5. hak untuk memperpanjang waktu penyampaian SPT 4. hak memperoleh kembali kelebihan pembayaran pajak 6. kewajiban mengisi dan menyampaikan SPT 3. kewajiban mentaati pemeriksaan pajak 6. hak untuk membetulkan Surat Pemberitahuan (SPT) 3. kewajiban untuk mendaftarkan diri 2.

utang adalah perikatan yang dimana mengandung kewajiban bagi salah satu pihak(baik perorangan maupun badan sebagai subjek hukum)untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukan sesuatu yang menjadi hak pihak lainnya. Cara Pengenaan Utang Pajak Setelah diketahui saat timbulnya utang pajak.akan tetapi kedudukan kreditor dan debitor dalam hukum perdata berbeda dengan hukum pajak.yakni pihak kreditor dan pihak debitor.keadaan-keadaan.misalnya : pengusaha melakukan impor b) Keadaan-keadaan.• Utang Pajak Menurut hukum perdata. Negara dan rakyat sama sekali tidak ada perikatan yang melandasi utang tersebut. Secara yuridis dalam hal utang harus ada dua pihak. Timbulnya Utang Pajak Menurut ajaran materiil utang pajak timbul jika ada sesuatu yang menyebabkan Tatbestand yaitu rangkaian dari perbuatanperbuatan.dan peristiwa-peristiwa yang dapat menimbulkan utang pajak itu . A.misalnya : memiliki hart bergerak maupun tidak bergerak c) Peristiwa-peristiwa.yang dapat dilihat dari penyebab timbulnya utng dan sifat utangnya a) Utang Perdata Penyebab timbulnya utang perdata umumnya karena perikatan yang dikuasai oleh hukum perdata b) Utang Pajak Penyebab timbulnya utang pajak pada umumnya disebabkan undangundang.selanjutnya ialah bagaimana cara utang pajak itu dillakuka.Hak dan kewajiban antara Negara dan rakyat tidak sama.seperti: a) Perbuatan-perbuatan.menurut teori ada tiga cara yang dapat dilakukan.sehingga pemerintah dapat memaksakan pembayaran utang kepada wajib pajak.misalnya : mendapat hadiah B. yaitu : .

Wajib pajak tidak mempunyai harta kekayaan lagi III. Hak untuk melakukan penagihan sudah daluwarsa IV. Pada awal tahun pajak. Berakhirnya Utang Pajak Ada empat hal yang mengakibatkan berkhirnya utang pajak.atau ahli waris tidak dapt ditemukan II.a) Pengenaan di Depan (Stelsel Fiksi) Merupakan suatu cara yang didasarkan atas suatu anggapan(fiksi) dan anggapan tersebut tergantung pada ketentuan bunyi undang-undang b) Pengenaan di Belakang (Stelsel Riil) Merupakan suatu cara yang didasarkan pada keadaan yang sesungguhnya(riil). Atau sebab lain sesuai hasil penelitian . Wajib pajak meninggal dunia dengan tidak meninggalkan harta warisan dan tidak punya ahli waris.yaitu : a) Pembayaran/pelunasan Apabila wajib pajak melunasi atas utang pajaknya ke kas negara atau tempat lain yang ditunjuk oleh Menteri Keuangan b) Kompensasi Suatu cara yang dilakukan melalui cara pemindahan kelebihan pajak pada suatu jenis pajak dengan menutup kekurangan utang pajak atas jenis pajak yang sama/lainnya c) Penghapusan Utang Terjadi karena adanya proses penghapusan piutang pajak yang disebabkan : I.fiskus akan mengenakan pajak berdasarkan anggapan yang ditentukan undang-undang yang selanjutnya setelah berakhirnya tahun pajak dilakukan pengenaan pajak berdasarkan keadaan yang sesungguhnya C.yang diperoleh dalam suatu tahun pajak c) Pengenaan cara Campuran Merupakan suatu cara yang mendasarkan pada kedua cara pengenaan pajak di atas(fisi dan riil).

Sistem Pemungutan Pajak Terdapat tiga sistem pemungutan pajak yang berlaku.dan melaporkan jumlah pajak yang terutang. Kedisplinan wajib pajak(Tax Disciplin) c) With holding System Sistem pemunutan pajak yang mana besarnya pajak terutang dihitung dan dipotong oleh pihak ketiga(pemberi kerja dan Bendaharawan Pemerintah) . Kejujuran wajib pajak III. Kesadaran wajib pajak (Tax Consciousness) II. memperhitungkan. Beberapa syarat dari wajib pajak dalam menjalankan sistem ini.yaitu : a) Official Assesment System Sistem pemungutan pajak dimana jumlah pajak yang harus dilunasi atau terutang oleh wajb pajak dihitung dan ditetapkan oleh fiskus b) Self Assement System Sistem pemungutan pajak dimana wajib pajak harus menghitung. Kemauan membayar dari wajib pajak(Tax mindedness) IV.membayar.d) Daluwarsa Merupakan suatu cara untuk menghapus utang pajak karena lampaunya waktu e) Pembebasan Biasanya dilakukan berkaitan dengan kebijakan pemerintah D.yaitu : I.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful