Sejarah dan Perkembangan FreeBSD

FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32) (termasuk Microsoft Xbox, DEC Alpha, Sun UltraSPARC, IA-64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98. Dukungan untuk arsitektur ARM dan MIPS sedang dalam pengembangan, FreeBSD dapat berjalan diberbagai mesin contoh Intel X86 ( 32 bit dan64 bit), ProsesorCompac/Digital Alpha, MesinSPARC 64 ±bit dariSun Microsystem, PowerPC, AMD64. FreeBSD merupakan turunan dari Berkeley UNIX. Akan tetapi, FreeBSD tidak bisa dipanggil sebagai Unix Pada tahun 1969. Unix dikembangkan, ditulis dalam bahasa Assembly oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie. Tadinya OS ini dinamai UNICS, singkatan dari (Uniplexed Information and Computer System), akan tetapi atas usul dari Brian Kernighan, namanya dirubah menjadi Unix. Tahun 1973, dengan alasan portabilitas, Unix ditulis ulang dalam bahasa C. Selanjutnya, perusahaan AT&T (yang lab-nya, Bell, dipakai untuk mengembangkan Unix oleh Dennis Ritchie) memberikan source code Unix kepada instalasi pendidikan dan pemerintahan untuk lebih mengembangkan penggunaannya. Pada tahun 1981, Kelompok Peneliti Sistem Komputer, Computer Systems Research Group (CSRG), Universitas California di Berkeley melakukan modifikasi sistem operasi UNIX AT&T untuk dijalankan di mesin DEC VAX II/780. Fitur yang paling menonjol pada release sistem operasi UNIX baru ini adalah dukungan terhadap virtual memory dan implementasi protokol baru dari ARPANET yang selanjutnya dikenal sebagai Internet Protocols (IP). Sistem operasi UNIX baru ini berbeda sama sekali dengan sistem operasi UNIX AT&T. Sistem operasi ini kemudian dikenal sebagai Berkeley UNIX. Pada proses pengembangan berikutnya, tim BSD berhasil membuat suatu sistem file dengan performa cepat yang diberi nama UNIX File Sytem (UFS). Perubahan dalam regulasi legal di Amerika Serikat antara tahun 1977 sampai dengan tahun 1984 telah membolehkan pihak AT&T untuk memberikan lisensi UNIX ke vendor lain sehingga pada
STMIK Putera Batam | 1

salah seorang pengembang Unix pindah ke UCB (University of California at Berkeley) dan mulai membuat modifikasi untuk Unix. Ken Thompson. Pada 1984. BSD adalah singkatan dari Berkeley Software Distribution.4BSD yang dirilis pada tahun 1993. Sekitar tahun 1992 dan 1993. Varian BSD yang lainnya adalah NetBSD dan OpenBsd. System V. Pengembangan FreeBSD melibatkan banyak sekali pihak. Pada saat yang sama. Hubbard. Pada tahun 1982 AT&T mengembangkan UNIX System III dan System V di tahun 1983 untuk keperluan pasarnya sendiri. dan Nate STMIK Putera Batam | 2 . Di antara sekian banyak flavor Unix BSD terdapat tiga sistem freeware yang populer digunakan dan salah satunya adalah FreeBsd yang akan dijelaskan dalam pelatihan ini. Sebuah pengembangan dari Unix BSD yaitu 4. Commiters dipilih oleh FreeBSD Core Team. AT&T mulai memasarkan Unix dalam versi-versi baru dengan nama semacam System III. Versi modern BSD adalah 4. dll. pada dasarnya terdapat dua cabang keluarga Unix yang utama.4 BSD-Lite yang dikembangkan untuk plattform PC compatible inilah yang kemudian dikenal sebagai FreeBSD. Akibat kejadian-kejadian di atas maka pada pertengahan tahun 1980-an terdapat empat versi berbeda dari UNIX yaitu : Research Version. 3BSD. Dewasa ini. digunakan hanya di lingkungan internal AT&T. Rod Grimes. Biasanya mereka adalah programmer individu berkemampuan tinggi yang dikenal sebagai commiters. Berkeley Software Distribution (BSD) dari Berkeley. Istilah Unix kini telah menjadi nama sebuah keluarga yang terdiri dari puluhan sistem operasi.tahun 1981 Microsoft meluncurkan XENIX yang merupakan UNIX hasil pengembangan tim Santa Cruz Operation (SCO). Kebanyakan sistem-sistem BSD saat ini berstandarkan 4. Versi Berkeley buatan CSRG (Computer Systems Research Group) ini kemudian dinamai seperti 2BSD. System V komersial dari AT&T dan XENIX yang tidak lagi diminati oleh Microsoft.4BSD-Lite. yang dipasarkan oleh perusahaan yang telah mengembangkannya yaitu SCO. Jordan K. dll. yaitu keluarga System V buatan AT&T dan keluarga BSD. yaitu versi gratis dari Unix BSD.

Hubbard dikontrak Walnut Creek untuk mempersiapkan channel distribusi CDROM. Yahoo!.Williams bekerja pada proyek 386BSD dan merilis set perubahan-perubahan yang dikenal dengan ³Unofficial 386BSD Patchkit. direktori internet terbesar saat ini. Dewasa ini FreeBSD telah melahirkan rilisrilis yang sangat stabil dan luas digunakan oleh masyarakat dunia. Tugas-tugas administrasi sistem menjadi sangat praktis dan mudah. Fitur tersebut memberikan kemudahan yang berarti bagi para user untuk menambah atau menghapus aplikasi-aplikasi sebagaimana yang mereka kehendaki. dicek integritasnya. CDROM pertama dari FreeBSD adalah versi 1. STMIK Putera Batam | 3 . didalamnya termuat berbagai utiliti perbaikan (fixes) dan fungsi-fungsi lainnya sebagaimana layaknya sebuah sistem operasi riil. Segera setelah itu. Para user cukup mengeksekusi satu baris perintah dan aplikasi-aplikasi dengan sendirinya di-download. selanjutnya mengusulkan sistem operasi baru berbasiskan kepada patchkit yang telah ada dengan nama FreeBSD. dirilis pada bulan Desember 1993. Barangkali apa yang menarik dari FreeBSD adalah sisi teknisnya yang simpel. dan diinstall secara otomatis.5 . begitu pula organisasi dan vendor-vendor besar lainnya. di-build. sasaran utama FreeBSD Project adalah memberikan software yang dapat digunakan untuk beragam tujuan. Diakui bahwa program instalasi FreeBSD termasuk dalam tool instalasi Unix yang paling sederhana di antara yang lainnya. Selanjutnya sebagai upgrade dan peningkatan dilakukan secara berkesinambungan dan signifikan. mempercayakan jutaan halamannya untuk dilayani oleh sistem FreeBSD. FreeBSD 2. Walnut Creek memberikan dukungan dengan menawarkan server dan hardware berbandwidth tinggi untuk mengembangkannya. Berdasarkan penuturan Hubbard.´ Perawatan patchkit dirasa menemui jalan buntu sehingga suatu mekanisme baru dibutuhkan. Di samping itu. David Greenman. Sayangnya tak lama kemudian proyek tersebut terhenti.0 dirilis bulan November 1994. sistem software third-party yang datang bersamanya (Port Collections) telah diadopsi NetBSD dan OpenBSD. Ketiga author akhirnya memulai proyek baru yang dinamakan ³386BSD 0.0. yang kemudian bekerja pada Walnut Creek.

Berbeda dengan Linux yang dibuat secara ³keroyokan´ oleh para programmer di seluruh dunia.cdrom. Model pengembangan FreeBSD dikelola secara profesional oleh ratusan programmer individual yang dipanggil dengan Committers. di Indonesia FreeBSD menjadi tulang punggung dari jaringan AI3 (Asian Internet Interconnection Initiative). FreeBSD Developers. bertanggung jawab terhadap tugas teknis dalam pembuatan FreeBSD. seperti Yahoo. dan ftp.com menggunakan FreeBSD sebagai sistem operasi bagi servernya. Sebagai salah satu sistem Unix yang reliabel untuk platform x86. Tercatat beberapa situs internet tersibuk di dunia. Hotmail. Lisensi 1. pembuatan manual. Jaringan yang di Indonesia berpusat di ITB ini bertujuan untuk menghubungkan perguruan tinggi serta lembaga pendidikan maupun riset di Indonesia ke jaringan internet melalui gateway internet AI3 di ITB. Tim ini bertanggung jawab untuk menentukan tujuan-tujuan proyek secara keseluruhan serta aturan pelaksanaannya.Model pengembangan FreeBSD nyaris serupa dengan NetBSD maupun OpenBSD. Model pengembangan FreeBSD diarahkan untuk menciptakan produk yang stabil dan mudah digunakan. sementara FreBSD Documentation Team menangani tugas-tugas yang berkenaan dengan pendokumentasian proyek.com. yang merupakan papan direksi FreeBSD. Jangan mengaku jika kamu yang menulis code tersebut STMIK Putera Batam | 4 . FreeBSD dikembangkan oleh sebuah tim yang terbagi atas tiga kelompok besar. masing-masing adalah FreeBSD Core Team. FAQ. Penyeleksian tim Commiters diputuskan oleh FreeBSD Core Team. Tim kedua. tetapi memiliki perbedaan yang signifikan dengan development Linux. memiliki wewenang langsung untuk melakukan perubahan-perubahan pada system. Sementara itu. FreeBSD Core Team bertindak sebagai semacam ³dewan direksi´ dari proyek FreeBSD. FreeBSD harus menjaga kompatibilitas program-program sebaik mungkin di antara sistem. dan sebagainya. Saat ini FreeBSD banyak dipercaya sebagai OS untuk server yang menangani beban yang cukup tinggi. Commiters berwenang melakukan perubahan-perubahan yang dibutuhkan terhadap source official FreeBSD kapan pun juga.com. FreeBSD Developers. dan FreeBSD Documentation Project.

Login yang biasa pertama kali dipakai itu adalah login dengan user : root. yang akan muncul adalah permintaan login dari mesin. Jangan menyalahkan siapapun jika code tidak bekerja 3. Setelah anda menginstall FreeBSD dan menjalankan FreeBSD. Disini saya akan memberikan perintah dasar FreeBSD sebagai dasar untuk mengoperasikan FreeBSD. Jika anda mempunyai user/account yang baru anda buat maka anda dapat masuk ke mesin itu lewat account tersebut. Setelah itu anda dapat mengoperasikan mesin FreeBSD anda dengan perintah-perintah berikut: # µcd¶ = change directory (pindah ke directory «) # µls¶ = list (me-list semua directory dan file yang ada disuatu directory) # µrm¶ = remove (menghapus suatu file) # µmkdir¶ = make directory (membuat directory/folder) # µclear¶ = menghapus semua layar dari perintah-perintah yang pernah kita buat # µps¶ = processing status (melihat proses yang sedang bekerja di mesin) # µkill¶ = menghentikan suatu proses # µcp¶ = copy (untuk mengcopy suatu file) # µwhoami¶ = untuk mengetahui sebagai apa kita menjalan mesin tersebut # µpwd¶ = untuk mengetahui kalo kita sedang berada di directory « # µtar¶ = untuk mengekstrak file compress (file nya harus bertipe . Dan passwordnya adalah sesuai dengan yang anda masukkan pada waktu penginstallan. pasti bingung untuk mejalankan FreeBSD pada waktu setelah di innstall.gz) # µcompress¶ = untuk mengkompress suatu file atau directory # µwhereis¶ = untuk mengetahui terletak di directory mana suatu file itu berada # µmv¶ = memindahkan suatu file ke directory lain atau merubah nama suatu file STMIK Putera Batam | 5 .2. Kamu boleh melakukan apa saja dengan code tersebut Perintah Dasar FreeBSD Bagi yang masih pemula.tar.

# µpasswd¶ = untuk merubah password account yang sedang dipakai # µee¶ = easy editor (suatu program editor text seperti notepad jika di Windows) Tahap Installasi Tekan angka 1 pada keyboard untuk memilih Boot FreeBSD [default] Pilih Indonesia pada Country Selection STMIK Putera Batam | 6 .

STMIK Putera Batam | 7 .Pilih USA ISO pada System Console Keymap Pilih Standart Installation Tekan Enter pada Message Buat semua free space pada harddisk menjadi Slice Partition dengan menekan tombol A pada keyboard.

STMIK Putera Batam | 8 . Dasar Instalasi (sysinstall) 1. Catatan: Jika anda ingin setiap user mempunyai group personal-nya (seperti yang ada pada Linux & Panther). Instalasi semua file distribusinya (´Semua source sistem. Setup Dasar dan Account 1. 4. 3. Instalasi koleksi port.config tekan enter. 2.9600 dialup on secure¶ >> /etc/ttys lalu tekan enter. tiap user mempunyai group 0 (wheel) member± sebab dengan cara su akan mengalami kurang cocok. 2. Bila anda tidak melakukan itu pada terminal serial didalam sysinstall. binari dan sistem X Window´). pastikan setiap langkah pembuatan account user.Kemudian tekan tombol S untuk membuat partisi tersebut Bootable Tekan tombol Q setelah selesai. Konfigurasi network. lakukan sekarang dengan cara mengetikan : echo µttyd0 ³/usr/libexec/getty std. Tambahkan : o o o o o o o o o o bash cvsup ispell kde mozilla-gtk portupgrade rsync samba screen sudo 5. Ketikan: visudo # uncomment full access for %wheel lalu tekan enter. Serial console dibuat enable dengan mengetikan : echo ³-hD´ > /boot. 3. buatlah group group baru pertama kali pada saat melakukan sysinstall.

conf rc.sh cvsup. 6.conf.org/doc/en_US.diff Mengubah Source. tar xzf local.conf && vi resolv.com/~pepper/freebsd/install/reppep.conf.conf.diff tekan enter.conf /etc && cp /root/reppep/refuse /usr/sup && vi /etc/cvsupfile /etc/ntp.freebsd. 9. Ketikan: patch /etc/ssh/sshd_config /root/reppep/sshd_config. lakukan secara periodik) Catatan: Rekomendasi dari FreeBSD ada di http://www. Ketikan: cd /root && ftp http://www.sh /root/bin && chmod u+x /root/bin/*. Ketikan: mkdir -p /home/ports/distfiles && cd /usr/ports && rmdir distfiles && ln -s /home/ports/distfiles # preserves ports across rebuilds.reppep.conf /root/reppep/ntp.sh && rehash 13.Peringatan: Langkah ini muda STMIK Putera Batam | 9 . Kernel dan World (dengan tipe terbaru. walau agak susah tetapi secara teori cukup aman.ISO88591/books/handbook/makeworld.local.conf && egrep -v µ(^$|^#)¶ rc. buka jugalah file file itu untuk patch lokal anda.conf /root/reppep/pkgtools. Instalasilah file kernel anda dan tetapkan konfigurasinya dalam direktori /usr/src/sys/i386/conf. dan bukalah pada untuk direktori /root/reppep ² bila anda punya patch local. 8. pastikan tidak ada variabel yang anda tuliskan dua kali didalam file rc.tgz && tar xzf reppep.html. Ketikan: cd /etc && cp /root/reppep/make. Jika anda punya pacth lokal. && cat /root/reppep/rc. bacalah prosedur yang tertulis didalam Handbook FreeBSD. 10. Ketikan: cd /root/reppep && cp build-world-kernel. Jika anda masih kurang jelas dg apa yang anda lakukan disini ataupun dengan mengikuti langkah dari situs tadi. bukalah file file itu dengan cara mengetikan.tgz && ls -lt reppep kemudian anda tekan tombol enter.conf* >> rc. 5. 7. Ketikan: mkdir -p ~root/bin ~root/log 12. ambilah file file tambahan yang disarankan berikut patch-nya. Ketikan: patch /usr/local/etc/pkgtools.conf .conf /usr/sup/refuse 11.conf | sort | more # tuliskan semua konfigurasi jaringan komputer anda pada file rc.4.conf make. Ketikan: mkdir -p /usr/sup && cp /root/reppep/cvsupfile /root/reppep/periodic.tgz && ls -lt reppep tekan enter.

Situs http://www. Editlah tiap file konfigurasi tambahan ang ada dalam direktori /etc or /usr/local/etc. 3.sh 4. ns . tidak akan berpengaruh terhadap port yang telah terinstall 2.root. Pembuatan kernel baru.ISO8859-1/books/handbook/networkSTMIK Putera Batam | 10 . 1. mergemaster 10. pastikan anda memiliki akses console (PS/2-style atau serial) sebelum melakukan perubahan. dan bukan sistem yang baru anda buat.org/doc/en_US.net.. bisa dilihat dengan menyetel opsi named_enable=´YES´ 2. shutdown -r now 11.root named. Catatan: Jika anda memakai bagian ini sebagai panduan dalam pengubahan sistem yang sedang beroperasi. ketika melakukan perubahan kernel atau world.freebsd. shutdown -r now 6.root-servers. shutdown now # single-user 8. 7. atau mengunci anda sendiri. dan pohon port. Catatan: Konfigurasi BIND disini dioperasikan sebagai root tanpa partisi pengamanan khusus. cd /usr/src && mergemaster -p # mergemaster akan membutuhkan banyak waktu.merusak sistem anda. cd /etc/namedb && sh make-localhost && mv named. make installkernel 5.conf # konfigurasikan domain promer dan domain slave & instalasilah file file zona.old && dig @m.root && vi named. build-world-kernel. Ujilah sambungan komputer anda ke jaringan dan firewal-nya (mungkin memakai perintah ipfw list). > named. cd /usr/src && make installworld 9. 12.conf && grep named /etc/rc. jangan lupa lakukan perintah portupgrade -ai pada saat kernel & world yang baru anda buat sudah selesai dikerjakan. sehinga akan lebih b aik melakukannya sebelum sistem down.sh # mengubah dasar FreeBSD yaitu source (kernel & world). cvsup. Mengkonfigurasi BIND 1.

&& vi procmailrc STMIK Putera Batam | 11 . Konfigurasikan XFree86 (disini tidak akan dijelaskan lebih rinci) lihatlah situs http://www.freebsd. cd /usr/ports/lang/perl5.conf.perl port && perl ±version 2.sh && cp samba. & nbp 7.d && cp netatalk. cd /usr/local/etc/rc. pasti anda ingin menginstalasi KDE secara otomatis pada saat boot.conf.so´ >> /usr/local/etc/afpd. dan BIND mungkin juga dioperasikan dalam kondisi jail.sh /root/reppep/netatalk.d && patch netatalk. tetapi tidak akan dijelaskan dalam uraian ini. or use KDE with startx: echo exec startkde > ~/.html memberikan instruksi untuk menjalankan BIND dalam sebuah kondisi chroot.sample netatalk. dan disable printer. 2. sehingga semua program terkontrol melalui file yang sama.diff # disable atalk.sh.conf 6. cd /etc/mail && mv mailer.conf && vi smb.org/doc/en_US. cd /usr/local/etc && cp smb.8 && make install && rehash && use.ISO8859-1/books/handbook/x-config. 5. echo ³. portupgrade -a && portversion |grep -v = # mencoba mengubah apa saja.xinitrc Mengkonfigurasi Mail 1.html.sh.default smb.sample samba. Sekali XFree86 bekerja. portinstall analog cronolog curl docproj-nojadetex htmldoc lsof lynx-ssl minicom netatalk nmap nut procmail webmin apache2 squirrelmail p5-Mail-SpamAssassin drac imap-uw postfix && rehash # customized or perl-based 4. Instalasi Port 1. cd /usr/local/etc && cp /root/reppep/procmailrc .conf . pap.conf # disini pasword enkripsi diset enable.sh 8. coba lakukan perintah berikut : echo µttyv9 ³/usr/local/bin/kdm´ xterm on secure¶ >> /etc/ttys. dan bisa anda pertimbangkan. Disini juga dituliskan pembatasan akses dari IP seperti yang dituliskan dalam firewall yang ada dalam file smb.dns.sh.conf. Kedua opsi tersebut cukup melindungi BIND dari serangan. 9. lalu melakukan disable terhadap local master. mkdir -p /var/log/samba && cd /usr/local/etc/rc.sendmail && cp /root/reppep/mailer.conf mailer. 3.-noddp -passwdminlen 6 -loginmaxfail 6 -uamlist uams_dhx.

conf /root/reppep/pam.???/* vhost.d/dracd.key & key from server.cf && vi + /usr/local/etc/postfix/main.key && cp /usr/local/certs/imapd.conf && apachectl stop && apachectl configtest && apachectl startssl && apachectl fullstatus # remove cert from server. STMIK Putera Batam | 12 . Jika memakai Postfix Virtual Host.pem # follow prompts 10. cd /usr/ports/mail/imap-uw && make cert && chmod -x /usr/local/certs/imapd.crt && vi ssl. apachectl configtest && apachectl graceful 4.ini 6. killall sendmail .conf 2.conf Mengkonfigurasi Apache & SquirrelMail 1.diff && patch /etc/pam.conf /root/reppep/inetd. mkdir -p ssl./configure 7.pem ssl.crt ssl. cd /usr/local/www/squirrelmail && .diff && touch vhost.conf.crt 5.local).key/server.conf. vi /etc/aliases && newaliases # forward for $myself & root 7. vi /usr/local/etc/mail/spamassassin/local. editlah dengan cara ketikan: vi /etc/mail/virtual && postmap /etc/mail/virtual 8.cf.cf # customize SpamAssassin 5.diff # for imap-uw 4. Test https://$hostname/mail/.host && /usr/local/etc/rc. echo localhost > /usr/local/etc/dracd.ini-recommended /usr/local/etc/php.conf /root/reppep/httpd.conf (set ServerAdmin & ServerName dan lihatlah securitynya) 3.3. mkdir -p /var/log/httpd /home/httpd && mv /usr/local/www/data /home/httpd/htdocs && mv /usr/local/www/cgi-bin /home/httpd && cd /usr/local/etc/apache2 && patch httpd.sh start 6. cp/usr/local/etc/php.conf /root/reppep/httpd.conf.diff.crt/server. or vi httpd.pem ssl.* >> main.key && cp /usr/local/certs/imapd. patch /etc/inetd. cd /usr/local/etc/postfix && cat /root/reppep/main.cf && postfix stop . Either apply a local patch (patch httpd. Bila diinginkan port terpasang lakukan: portinstall -f mysql-server # -f to get around the hold in pkgtools.conf. postfix check && postfix start && sleep 1 && tail /var/log/maillog 9.

Tambahkan plugin tambahan yang anda inginkan untuk SquirrelMail . untuk mengoperasikan webmin bila diperlukan. Apabila ternyata ada kegagalan. Konfigurasi webmin dilakukan dibawah: Servers.0. FreeBsd dapat di download di internet dan didapatkan secara gratis. 6. ulangi langkah langkah diatas.sh 2.0.8. /usr/local/etc/rc. Bila mysql-server terinstalasi didalam server anda. 4.d/webmin. sedangkan adalah operating system yang komerisal. lakukan pengujian atas hasil kerja anda. webmin 1. User Webmin: Buanglah semua modul yang tidak diperlukan. Menguji Squirell Mail (dg cara mengunencryp IMAP ke localhost) & telnet $hostname imap akan gagal. dilain pihak Windows yang bersifat GUI sehingga perintah dapat dipersingkat dengan icons. FreeBSd berbasis teks sehingga semua perintah hamper dilakukan dengan adanya teks dan bukan icons. Berikut ini adalah perbandingan FreeBsd dan Microsoft berdasarkan tampilan: STMIK Putera Batam | 13 .1 & trusted IPs. Sedangkan Windows adalah operating system bersifat komersial sehingga harus dibeli dengan harga yang cukup tinggi.sh-dist stop # pakailah argumen start nanti. Setelah semua selesai. Konfogurasi Webmin: IP Access Control: aturlah ³Only allow from listed addresses´ to 127. cd /usr/local/lib/webmin/ && . jika diblok oleh firewall. 9. Perbandingan FreeBsd dan Windows FreeBsd adalah operating system yang open source. 5./setup. Visit https://$hostname:10000/ 3.

Gambar tampilan Windows 7 Gambar 2. Tampilan desktop FreeBsd STMIK Putera Batam | 14 .Gambar 1.

Multimedia FreeBsd STMIK Putera Batam | 15 .Gambar 3. Tampilan Multimedia Windows 7 Gambar 4.

Penginstallan FreeBsd dapat didapatkan dari internet karena merupakan salah satu OS yang opensource.Kesimpulan: FreeBsd adalah software berbasis teks sehingga banyak perintah harus didasarkan kepada teks dan bukan icons. FreeBsd yang merupakan turunan dari Unix ini memiliki perintah yang mirip dengan MsDos. sehingga tidak berbasis GUI (Graphical User Interface). STMIK Putera Batam | 16 .