P. 1
Massa Atom

Massa Atom

|Views: 33|Likes:
Published by Zuhdi Anwarudin

More info:

Published by: Zuhdi Anwarudin on Feb 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2013

pdf

text

original

Massa atom (ma) dari suatu unsur kimia adalah massa suatu atom pada keadaan diam, umumnya dinyatakan

dalam satuan massa atom.[1]Massa atom sering disinonimkan dengan massa atom relatif, massa atom rata-rata, dan bobot atom. Walaupun demikian, terdapat sedikit perbedaan karena nilai-nilai tersebut dapat berupa ratarata berbobot dari massa semua isotop unsur, atau massa dari satu isotop saja. Untuk kasus suatu unsur yang hanya memiliki satu isotop dominan, nilai massa atom isotop yang paling melimpah tersebut dapat hampir sama dengan nilai bobot atom unsur tersebut. Untuk unsur-unsur yang isotop umumnya lebih dari satu, perbedaan nilai massa atom dengan bobot atomnya dapat mencapai lebih dari setengah satuan massa (contohnya klorin). Massa atom suatu isotop yang langka dapat berbeda dari bobot atom standar sebesar beberapa satuan massa.

Atom litium-7 memiliki 3 proton, 4 neutron, dan 3 elektron. Atom ini bermassa 7,016 u. Litium-6 yang langka dan bermassa 6,015 u hanya memiliki 3 neutron, membuat bobot atom (massa atom relatif) litium menjadi 6,941 u.

[sunting]Massa

atom relatif  

Massa atom relatif (Ar) adalah massa atom rata-rata relatif terhadap 1/12 dari massa atomkarbon-12, dengan perata-rataan berdasarkan kelimpahan isotop. Ia bersinonim dengan bobot atom.[2] Massa isotop relatif (Ar) adalah massa relatif suatu isotop yang diperbandingkan dengan karbon-12.

=O>.<
[sunting]

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->