P. 1
Evolusi Manusia

Evolusi Manusia

|Views: 65|Likes:
Published by Septian Widyanto

More info:

Published by: Septian Widyanto on Feb 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/19/2012

pdf

text

original

NAMA KELAS

: SEPTIAN WIDYANTO : XII NS 3

NO. ABSEN : 27

SEJARAH EVOLUSI MANUSIA
Sumber : http//tokohsejarah.blogspot.com Sebelumnya Menurut skema µindah¶ yang diajukan oleh evolusionis, evolusi internal dari genus Homo adalah sebagai berikut: Pertama Homo erectus, kemudian apa yang disebut sebagai Homo sapiens "kuno" dan manusia Neanderthal (Homo sapiens neanderthalensis), dan akhirnya manusia Cro-Magnon (Homo sapiens sapiens). Akan tetapi semua pengelompokan ini sebenarnya hanyalah variasi dan ras-ras yang khas dalan keluarga manusia. Perbedaan antara mereka tidak lebih besar daripada perbedaan antara suku Inuit dengan suku Afrika, atau suku pygmi dengan orang Eropa.

Tonjolan besar alis pada tengkorak Homo erectus, dan ciri-ciri seperti dahi yang condong ke belakang, bisa dilihat dalam sejumlah ras zaman sekarang, seperti pribumi Malaysia yang ditunjukkan di sini.

Mari kita kaji terlebih dahulu Homo erectus, yang dikatakan sebagai spesies manusia paling primitif. Seperti yang tersirat dalam namanya, Homo erectus berarti "manusia yang berjalan tegak." Evolusionis harus memisahkan fosil-fosil ini dengan yang sebelumnya dengan menambahkan ciri "ketegakan," karena semua fosil Homo erectus yang ada benar-benar tegak dan tidak terlihat dalam spesimen australopithecine atau yang dikatakan sebagai Homo habilis.

Inilah mengapa fosil Homo erectus yang ditemukan di Afrika semakin dianggap penting. (Perlu dicatat bahwa beberapa fosil yang dikatakan sebagai Homo erectus dimasukkan di bawah spesies kedua yang dinamakan Homo ergaster oleh beberapa evolusionis. dan manusia Jawa tersusun atas pecahan tulang tengkorak ditambah tulang panggul yang ditemukan beberapa meter darinya tanpa ada petunjuk bahwa potongan ini berasal dari makhluk yang sama.83 meter saat dewasa. contohnya) dan ras lain memiliki alis yang menonjol (penduduk asli Australia.100 cc). Manusia Peking tersusun atas beberapa elemen buatan yang mana aslinya telah hilang. Kecerdasan lebih bergantung pada organisasi internal otak. Ada fakta yang secara umum disetujui bahwa perbedaan pada kapasitas tengkorak tidak selalu menunjukkan perbedaan dalam kecerdasan dan kemampuan. Terdapat pertentangan di antara para ahli dalam hal ini.) Spesimen Homo erectus paling terkenal yang ditemukan di Afrika adalah fosil "Homo erectus Narikotome." yang ditemukan di dekat Danau Turkana di Kenya. yang mungkin tingginya 1. Namun kemudian disadari bahwa kedua fosil ini tidak dapat dipercaya." atau "Turkana Boy. dan alis mata tebal mereka yang menonjol. Alasan utama evolusionis mendefinisikan Homo erectus sebagai "primitif" adalah kapasitas otak tengkorak mereka (900 ± 1. Walker menulis bahwa Ia tertawa ketika melihatnya karena "ia mirip sekali dengan Neanderthal. Fosil yang telah membuat Homo erectus terkenal diseluruh dunia adalah fosil dari manusia Peking dan manusia Jawa di Asia." Mengenai tengkoraknya.Tidak ada perbedaan kerangka di luar tengkorak antara manusia moderen dengan yang dimiliki oleh Homo erectus. yang lebih kecil daripada rata-rata manusia moderen. banyak orang yang hidup saat ini di bumi yang memiliki kapasitas tengkorak yang sama dengan Homo erectus (suku pygmi. Struktur rangka tegak dari fosil ini tidak ada bedanya dengan manusia moderen. Ahli paleoanthropologi Amerika. daripada volumenya. . Akan tetapi. misalnya). mengatakan bahwa Ia meragukan jika "rata-rata ahli paleontologi bisa mengatakan adanya perbedaan antara kerangka fosil tersebut dengan kerangka manusia moderen. Dipastikan bahwa fosil ini adalah dari seorang anak laki-laki berusia 12 tahun ini. Alan Walker.

Keadaan ini menyingkapkan sekali lagi bahwa Homo erectus benar-benar ras manusia. [tulang] alisnya yang kokoh dan seterusnya. dimulai oleh Milford Wolpoff dari University of Michigan. Kerangka orang Aborigin Australia di atas secara khusus menyerupai Pemuda Turkana. diskusi mengenai hal ini dan hasil dari konferensi yang diadakan tentang hal ini pada tahun 2000 diringkaskan sebagai berikut: Sebagian besar peserta pada konferensi Senckenberg larut dalam debat panas mengenai status taksonomi Homo erectus.Bahkan evolusionis Richard Leakey menyatakan bahwa perbedaan antara Homo erectus dan manusia moderen tidak lebih dari variasi ras: Seseorang juga akan melihat perbedaan: pada bentuk tengkorak. . Perbedaan ini mungkin tidak lebih nyata daripada yang kita lihat saat ini antara ras manusia moderen yang dipisahkan secara geografis. Dalam majalah American Scientist. Variasi biologis semacam ini muncul ketika populasi terpisah secara geografis satu sama lain dalam jangka waktu yang cukup lama. Mereka dengan kuat berpendapat bahwa Homo erectus DAN ORANG ABORIGIN Kerangka Pemuda Turkana (Turkana Boy) yang ditunjukkan di samping adalah contoh terbaik Homo erectus yang sejauh ini telah ditemukan. Kesimpulan yang dicapai Laughlin adalah bahwa semua ras yang berlainan ini pada dasarnya merupakan ras-ras Homo sapiens (manusia moderen): Adalah merupakan fakta yang semakin nyata dalam komunitas ilmiah saat ini bahwa Homo erectus adalah pengelompokan yang tidak diperlukan dan bahwa fosil ini dikatakan sebagai kelas Homo erectus sebenarnya tidaklah begitu berbeda dari Homo sapiens untuk dianggap sebagai spesies yang berbeda. Alan Thorne dari University of Canberra dan kolega mereka. Profesor William Laughlin dari University of Connecticut melakukan pemeriksaan anatomis yang luas atas suku Inuit dan penduduk kepulauan Aleut. pada besarnya tonjolan wajah. dan melihat bahwa orang-orang ini benar-benar serupa dengan Homo erectus. Yang menarik adalah ketiadaan perbedaan besar antara fosil yang berumur 1.6 juta tahun ini dan manusia zaman sekarang. tanpa ciri-ciri "purba".

Homo erectus tidak memiliki keabsahan sebagai satu spesies dan seharusnya dihilangkan sama sekali. mereka juga memiliki tulang alis yang besar dan rendah. Kesimpulan yang dicapai oleh para ilmuwan yang mempertahankan pendapat di atas bisa disimpulkan sebagai berikut "Homo erectus bukanlah spesies yang berbeda dengan Homo sapiens. ada celah besar antara Homo erectus. Kata Homo sapiens berarti manusia yang bijaksana. dari sekitar 2 juta tahun yang lalu hingga sekarang. Subyek dari konferensi ini. tidak ada. Namun seperti halnya Homo erectus. dan kera yang mendahului Homo erectus dalam skenario "evolusi manusia" (Australopithecus. Ini berarti bahwa manusia pertama muncul dalam rekaman fosil secara tiba-tiba dan tanpa adanya sejarah evolusi yang mendahului. adalah spesies Homo sapiens yang sangat bervariasi dan menyebar luas tanpa ada pemutusan atau pembagian alami. Tetapi Homo sapiens yang paling awal jauh berbeda dari manusia modern. para ilmuwan sulit menentukan secara tepat kapan Homo Sapiens pertama kali muncul. Perbedaan utama diantara mereka adalah dimilikinya tengkorak yang lebih tinggi dan lebih bulat. ras manusia. Semua manusia yang hidup saat ini termasuk dalam spesies Homo sapiens. NEADRTHAL : ANATOMI DAN KEBUDAYAAN MEREKA Sekitar 400 ribu hingga 300 ribu tahun yang lalu Homo erectus berkembang menjadi spesies baru manusia yang disebut Homo sapiens. tetapi lebih merupakan satu ras dalam Homo sapiens." Di lain pihak. Homo habilis. dan Homo rudolfensis). Homo sapiens pertama sangat mirip dengan Homo erectus. Orang ini tidak memiliki dagu. juga dahi yang menonjol. Homo sapiens pertama memiliki wajah yang lebar yang menonjol disekitar mulut dan hidung. Semua anggota genus Homo. Homo erectus. Karena proses evolusi itu berjalan secara bertahap. . satu hal yang hanya dimiliki manusia modern.

Seruling ini. seorang paleoanthropologi. menulis: Perbandingan yang teliti dari sisa-sisa kerangka Neanderthal dengan manusia moderen telah menunjukkan bahwa tidak ada satupun dalam anatomi Neanderthal yang secara meyakinkan menunjukkan kemampuan bergerak. dan menyebutnya Homo sapiens neanderthalensis.000 dan 67. ." namun semua penemuan menunjukkan bahwa mereka tidak berbeda dengan seorang manusia µkekar¶ yang berlalu-lalang di jalan saat ini. sebuah fakta yang diakui oleh hampir semua orang saat ini. ditemukan oleh arkeolog Ivan Turk dalam sebuah gua di Utara Yugoslavia pada bulan Juli 1995. Salah satu contoh yang paling menarik adalah seruling yang terfosilkan buatan orang-orang Neanderthal. atau berbahasa yang lebih rendah daripada manusia moderen. menghasilkan empat nada serta memiliki nada setengah dan nada penuh. Manusia Neanderthal adalah satu tipe awal Homo sapiens . Sebelumnya Neanderthal (Homo neanderthalensis) adalah manusia yang secara tiba-tiba muncul 100. ada yang seperti Homo erectus akhir. Homo sapiens awal kira-kira memiliki tinggi yang sama dengan manusia modern.Ukuran otak Homo sapiens awal bervariasi secara luas. terbuat dari tulang paha seekor beruang. dari New Mexico University. Disisi lain.000 tahun yang lalu. Para evolusionis telah dengan keras mencoba untuk menghadirkan mereka sebagai "spesies primitif. Perbedaan ukuran antara jantan dan betina yang sangat menonjol seperti pada hominid awal mulai berkurang pada Homo sapiens. Satu-satunya perbedaan mereka dari manusia moderen adalah bahwa rangka mereka lebih tegak dan kapasitas tengkorak mereka sedikit lebih besar. rekaman fosil menunjukkan bahwa Neanderthal memiliki kebudayaan yang telah maju. Ahli musik Bob Fink kemudian menelitinya.000 tahun. berkarya. dengan tenang tetapi cepat sekitar 35. dan kemudian menghilang. yang menurut test karbon radioaktif berusia antara 43. intelektual. Seorang ahli terkemuka dalam hal ini. Neanderthal adalah satu ras manusia. Fink membuktikan bahwa seruling ini. atau terasimilasi dengan ras yang lain.000 tahun yang lalu di Eropa. dan ada yang mendekati ukuran manusia modern. Banyak peneliti masa kini mendefinisikan manusia Neanderthal sebagai subspesies dari manusia moderen. Erik Trinkaus.

dan jarak disebelahnya adalah nada setengah. yang mengkaji seruling tersebut. ditemukan di Israel. . Terlihat pulasebuah alat batu yang diyakini telah digunakannya. "Tiga nada ini adalah tidak bisa tidak adalah diatonis dan akan dengan sempurna berbunyi tepat dalam skala diatonis acuan manapun. ramuan dasar dari musik barat. NEANDERTHAL: RAS MANUSIA Di atas tampak tengkorak Homo sapiens neanderthalensis Amud I. Fink. Tingginya diperkirakan 1.Penemuan ini menunjukkan bahwa Neanderthal telah menggunakan skala tujuh nada. Ini dan penemuan-penemuan serupa menunjukkan bahwa Neanderthal benar-benar ras manusia yang punah ditelan waktu. Fink mengatakan." Ini berarti bahwa jarak pertama mewakili nada penuh. moderen maupun antik.8 meter.740 cc." Hal tersebut mengungkap bahwa Neanderthal adalah orang dengan telinga dan pengetahuan musik. menyatakan bahwa "jarak antara lubang kedua dan ketiga pada seruling tua ini adalah dua kali dari jarak antara yang ketiga dan keempat. Isi otaknya sama besar dengan manusia masa kini: 1.

99)." 3 April 1997). dengan kata lain. "Neanderthals Lived Harmoniously. sangat . Perhitungan yang dilakukan atas artefak ini menunjukkan bahwa lubang-lubang dibuat agar menghasilkan nada yang benar. h. Jarum ini. yang terbuat dari tulang. Sebuah jarum jahit berusia 26. Bertentangan dengan propaganda evolusionis. From Lucy to Language. bukan manusia gua kuno. Johanson.SERULING NEANDERTHAL Seruling Neanderthal terbuat dari tulang. inilah alat musik yang dirancang secara piawai. Foto di atas adalah perhitungan Bob Fink atas seruling itu. B. juga ditemukan selama penggalian fosil. Edgar. JARUM JAHIT NEANDERTHAL Jarum berumur 26 ribu tahun: temuan menarik ini menunjukkan bahwa manusia Neanderthal berpengetahuan menjahit baju sejak puluhan ribu tahun yang lalu (D. yang terbukti telah digunakan oleh orang-orang Neanderthal. penemuan-penemuan semacam ini menunjukkan bahwa manusia Neanderthal telah berperadaban. (The AAAS Science News Service.000 tahun.

PROPAGANDA FAKTA YANG TAK ADA Meskipun penemuan-penemuan fosil menunjukkan bahwa manusia Neanderthal tak bersifat "purba" jika dibandingkan dengan kita dan adalah satu ras manusia. . jika ia membuat sebuah perkakas yang tajam. orang yang melakukannya harus membuat mengukur dengan tepat besarnya tenaga yang digunakan untuk menjaga sisi-sisinya agar tetap lurus dan sudut yang tepat untuk memukulnya. Kuhn dan Stiner menemukan sejumlah perkakas di dalam gua ini." Penelitian terbaik pada kemampuan membuat perkakas Neanderthal adalah yang dilakukan Steven L. Kadang kala Manusia Neanderthal masih digambarkan . Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu permasalahan terpenting yang dihadapi dalam pekerjaan tersebut adalah pecah yang terjadi sebagai hasil dari tekanan pada sisi batu tersebut. termasuk mata tombak. yang secara berturut-turut. Kuhn dan Mary C.lurus dan memiliki sebuah lubang untuk dilalui benang. Orang yang memakai pakaian dan membutuhkan sebuah jarum jahit tidak bisa dianggap "primitif. Penemuan ini adalah alat pemotong yang tajam dan runcing. Membuat sisi tajam semacam ini dengan menipiskan lapisannya tak diragukan lagi merupakan pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan dan keterampilan. Walaupun kedua orang ilmuwan ini adalah pendukung teori evolusi. yang dibuat dengan menipiskan secara hati-hati lapisan di pinggiran batu. pada University of New Mexico. seorang profesor antrophologi dan arkeologi. hasil dari penelitian dan analisa arkeologis mereka menunjukkan bahwa Neanderthal yang hidup di dalam gua pada pantai barat daya Italia selama ribuan tahun melakukan aktifitas yang membutuhkan kapasitas berfikir yang sama kompleksnya dengan manusia modern saat ini. Dengan alasan ini. Stiner. prasangka para evolusionis terhadap mereka berlanjut tanpa berkurang.

Kelompok manusia yang telah tinggal selama ribuan tahun di suatu tempat di bagian bumi ini. dahi yang tinggi. atau menjadi punah karena sesuatu hal yang belum diketahui. sebagaimana ditunjukkan gambar di samping. Manusia ini memiliki dagu. cenderung akan berbeda penampilannya dibandingkan dengan kelompok manusia lainnya yang tinggal di bagian lain bumi. penemuan ilmiah menunjukkan bahwa Neanderthal adalah satu ras manusia yang tidak berbeda dari kita dalam tingkat kecerdasan dan keterampilan. Jika melihat pada benda-benda yang dibuat oleh tangan-tangan manusia kuno. . Para ilmuwan mengklasifikasikan manusia modern sebagai Homo sapiens sapiens. inti Levallois dan lain-lain. Singkatnya. Inilah suatu tanda bahwa Darwinisme bersandar pada prasangka dan propaganda. Fisik manusia modern berubah secara bertahap dari satu tempat ke tempat lainnya. Manusia modern awal juga tidak memiliki tulang alis besar dan memiliki tengkorak yang lebih tinggi dan lebih bulat. Mereka memiliki pengetahuan terhadap bahan yang mereka kerjakan dan memahami seluk beluknya. Para ahli Antropologi yakin bahwa manusia modern pertama adalah perkembangan dari tipe awal Homo sapiens.sebagai "manusia kera" pada sejumlah museum evolusionis. Tetapi secara pasti mereka tidaklah "primitif" atau "setengahkera. itu bukanlah sesuatu yang main-main." MUNCULNYA MANUSIA MODERN Manusia modern pertama muncul sekitar 100 ribu tahun yang lalu di Timur tengah dan Afrika. sehingga sulit untuk menggambarkan garis pemisah diantara mereka. bukan pada penemuan ilmiah. dan wajah yang lebih kecil dan tidak terlalu menonjol dibandingkan dengan wajah awal Homo sapiens. Ras ini bisa jadi menghilang dari sejarah dengan berasimilasi dan bercampur dengan ras yang lain. Perbedaan Ras manusia berhubungan erat dengan asal-usul manusia. yakni sub spesies dari Homo sapiens.

Sebagai contoh manusia yang leluhurnya dari beberapa generasi tinggal di iklim panas. Australia adalah negara dengan penderita kanker kulit terbanyak.Perbedaan ini barangkali karena adanya penyesuaian dengan lingkungan setempat. . cenderung akan memiliki kulit yang gelap. karena memang penduduk kulit putih australia bukan asli orang australia. Pigmen gelap membantu melindungi kulit dari terbakar matahari dan mengurangi resiko kangker kulit.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->