MULTILEVEL NAND DAN NOR

Pokok Bahasan : Pendahuluan NAND dan NOR sebagai pengganti AND, OR, NOT (Implementasi teorema De Morgan) Ringkasan rangkaian Padanan NAND dan NOR Konversi rangkaian AND, OR, NOT ke NAND dan NOR saja Cara cepat merubah rangkaian AND, OR, NOT menjadi NAND atau NOR saja

artinya hanya dengan menggunakan jenis gerbang NAND saja atau NOR saja dapat menggantikan fungsi dari 3 gerbang dasar yang lain (AND. Keuntungan pemakaian NAND saja atau NOR saja dalam sebuah rangkaian digital adalah dapat mengoptimalkan pemakaian seluruh gerbang yang terdapat dalam sebuah IC. artinya : dengan mengimplementasikan gerbang NAND atau NOR. akan ada banyak level / tingkatan mulai dari sisi input sampai ke sisi output.PENDAHULUAN Gerbang NAND dan NOR merupakan gerbang universal. OR. NOT). sehingga menghemat biaya . Multilevel.

A Teorema de Morgan X = A+A Aturan Boolean No.6 A A X X=A A A A X Keterangan X A X .IMPLEMENTASI TEOREMA DE MORGAN 1. A A X X = A.

A Aturan Boolean No. X = A+A A A X Teorema de Morgan X = A.2.5 A A X X=A A X Keterangan A A X A X .

10 X = A. X = A+B A+B X Aturan Boolean No.B X Aturan Boolean No.10 X = A+B A B X . X = A.3.B A B A B X 4.B A B A.

10 X = A.5.B A B X . X = A+B A B X Teorema De Morgan X = A.B Aturan Boolean No.

6. A X = A.B B X Teorema De Morgan X = A+B Aturan Boolean No.10 X = A+B A B X .

RINGKASAN PADANAN NAND dan NOR GERBANG NAND A X A NOR X A X A B X A B X A B X A B X A B X A B X .

KONVERSI RANGKAIAN AND. Melalui penyelesaian persamaan logika / Boolean 2. NOT KE NAND & NOR Konversi dapat dilakukan dengan 2 cara : 1. Langsung dari gambar padanan Melalui penyelesaian persamaan logika Contoh 1: Diketahui sebuah persamaan : Y = (A+B)C + AC Selesaikan persamaan tersebut hanya dengan gerbang NAND saja . OR.

kan seluruh persamaan (tidak mengubah nilai fungsi) selesaikan dengan De Morgan untuk Bar yang bawah (seluruh persamaan sudah dalam bentuk NAND) A B C Y A B C Y Rangkaian Asal Rangkaian Dengan NAND saja .Jawab : Y = (A+B)C + AC = AC + BC + AC = AC + BC + AC = AC.BC.AC Uraikan berdasarkan Hukum Boolean Double bar.

dengan menggunakan gerbang NOR saja Jawab : Y = (A+B)C + AC Y = AC + BC + AC Y = AC + BC + AC Y = (A+C) + (B+C) + (A+C) Uraikan menurut Hk.Contoh 2: Selesaikan soal seperti contoh 1. Boolean Double bar-kan seluruh persamaan dan masing-masing minterm selesaikan dengan de Morgan untk masing-masing minterm .

A B C Y Rangkaian Asal A B Y C Rangkaian Dengan NOR saja .

NOT menjadi hanya NAND atau NOR saja. Cukup mengingat padanan seperti yang ditunjukkan dalam ringkasan Contoh 3: Selesaikan soal contoh 1 dengan NAND saja . OR.Langsung dari gambar Padanan Merupakan penyelesaian cara cepat untuk mengubah sebuah rangkaian dengan gerbang AND.

A B C Y A B C A B C Y Y Rangkaian Asal Rangkaian Akhir Dua NOT yang berdekatan dapat saling dihilangkan .

Diketahui sebuah rangkaian logika sebagai berikut : X Y Z Jadikan sebagai rangkaian NAND saja. 3. Ada berapa level yang didapat ? . Diketahui sebuah fungsi dengan persamaan : W = A(B+C) + ABC + AB Ubahlah fungsi tersebut hanya dengan menggunakan gerbang NOR saja. 2. Dengan menggunakan gerbang NAND saja.Soal Latihan : 1. gambarlah rangkaian pengganti gerbang OR.

OR dan NOT D E W F . Ubahlah rangkaian tersebut ke dalam bentuk AND. Diketahui sebuah rangkaian dengan NAND saja. OR dan NOT A B C Y 5. Diketahui sebuah rangkaian dengan NOR saja. Ubahlah rangkaian tersebut ke dalam bentuk AND.4.