P. 1
Proposal Penguatan Modal

Proposal Penguatan Modal

|Views: 225|Likes:
Published by John Uchli

More info:

Published by: John Uchli on Feb 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/31/2012

pdf

text

original

PROPOSAL PENGUATAN PERMODALAN ”BUDIDAYA TERNAK KAMBING”

SARJANA PENGGERAK PEMBANGUNAN DI PEDESAAN (SP-3) ANGKATAN XIX TAHUN 2010

DESA KECAMATAN KABUPATEN

: GIRIPANGGUNG : TEPUS : GUNUNGKIDUL

Disusun Oleh : Dian Astuti, S.Pt.

DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA PROVINSI DIY BALAI PEMUDA DAN OLAHRAGA PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 2010

Atas perhatiannya disampaikan terima kasih. S. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini kami lampirkan rincian anggaran biaya Demikian proposal ini kami sampaikan. bahwa dalam rangka mendukung kegiatan SP-3 Angkatan XIX Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2010 yang bertempat di Desa Giripanggung Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul. besar harapan kami atas berkenan mengabulkan permohonan ini. Desa Giripanggung. .Pt. Dengan ini kami mengajukan proposal permohonan bantuan dana untuk mendukung kegiatan kami. 4 November 2010 Peserta SP-3 Dian Astuti. Kepala Dinas Dikpora Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Di Yogyakarta Dengan hormat.SARJANA PENGGERAK PEMBANGUNAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKAERTA ANGKATAN XIX TAHUN 2010 Desa Giripanggung Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul Nomor Lampiran Hal : 01/ SP-3/ November/ 2010 : : Permohonan modal budidaya ternak kambing Kepada Yth.

Tepus merupakan salahsatu wilayah di Gunungkidul yang terletak disebelah selatan ibukota Gunungkidul. Sementara untuk kebutuhan sapi potong untuk setiap tahunnya sekitar 1 juta ekor sapi. memiliki luas wilayah 104. Batas Batas wilayah Kecamatan Tepus.PROPOSAL PENGUATAN PERMODALAN SARJANA PENGGERAK PEMBANGUNAN DI PEDESAAN DESA GIRIPANGGUNG. Kecamatan Tepus terdiri dari 5 Desa yaitu Sidoharjo. sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemandirian masyarakat agar mampu memanfaatkan apa yang ada guna mendapatkan kesejahteraan hidup yang lebih baik dan pemerataan pembangunan. Tepus. untuk Kurban. Timur dengan Kecamatan Girisubo. Domba maupun Unggas memiliki prospek yang besar dalam pengembangannya. Selatan dengan Samudera Indonesia dan Barat dengan Kecamatan Tanjungsari. Latar belakang SP-3 ditugaskan di beberapa desa yang telah mengajukan proposal permintaan penempatan SP-3 dengan program yang jelas dan terukur. KECAMATAN TEPUS KABUPATEN GUNUNGKIDUL I. untuk anak laki-laki 2 ekor kambing/domba). Kabupaten Gunungkidul. Sapi. Giripanggung dan Sumberwungu. baik itu manusia maupun alamnya. Sehingga diharapkan kebutuhan itu dapat terpenuhi dari komoditas lokal . hajatan. Kecamatan Tepus. Salah satu desa yang mendapatkan SP-3 yaitu wilayah Kecamatan Tepus. Mengingat setiap tahunnya dibutuhkan 5 juta ekor kambing/ domba untuk Kurban dan Aqiqah (untuk anak perempuan 1 ekor kambing/domba . Komoditas Kambing. Sarjana Penggerak Pembangunan Pedesaan ( SP-3) merupakan program pemerintah dalam rangka memberdayakan sumber daya yang ada di desa. Purwodadi. PENDAHULUAN A. Sehingga peserta berupaya untuk ikut membantu mengangkat kesejahteraan masyarakat dengan melaksanakan beberapa kegiatan di desa Giripanggung. resepsi pernikahan maupun untuk konsumsi hariannya.06% dari luas wilayah Gunungkidul.91 Km2 atau 7. disebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Semanu.

Manfaat Bagi masyarakat : 1. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan kemadirian sesuai dengan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada. 2. Bersama-sama dengan segenap upaya untuk meningkatkan . pemasaran dan promosi sesuai dengan potensi dan kemampuan desa. Mengurangi angka pengangguran dengan kegiatan usaha produktif 2. mata pencaharian dan keterbelakangan atau masalah lain yang berkaitan dengan keterperukan kehidupan masyarakat. Untuk memecahkan masalah pengangguran. Menambah pengetahuan dan kemampuan dalam mengembangkan potensi desa 2. Meningkatkan kemandirian bagi masyarakat dan SP-3 itu sendiri . 2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mencegah terjadinya urbanisasi. Tujuan Program 1. Masyarakat mampu mengelola sumber daya alam. Bagi SP-3 : 1. B. Bagi pemerintah : 1. sosial budaya dan lingkungan sehingga mampu hidup layak. mengembangkan usaha produktif. kemiskinan. Memiliki kesadaran yang tinggi tentang pentingnya berkehidupan yang layak atau sejahtera khususnya tentang pendidikan baik untuk diri sendiri maupun keluarga.A. 3.

.Desember 2010) tentunya membutuhkan penguatan permodalan untuk membantu dalam program program pemberdayaan masyarakat dan menggiatkan kembali mental wirausaha bagi SP-3 itu sendiri. Adapun penguatan modal yang dibutuhkan SP-3 dalam jangka waktu satu tahun kedepan diuraikan dalam rincian. Latar Belakang Masalah Dalam pelaksanaan program SP-3 selama setaun ini ( Januari 2010. Untuk itu kami mohonkan biaya penguatan modal ini kepada Balai Pemuda dan Olahraga ( BPO). SP-3 dalam hal ini mengajukan pengadaan hewan ternak kambing untuk kelangsungan wirausaha SP-3.C.

Hal ini diharapkan dengan ternak yang bervariasi jenis kelaminnya. Adapun sistem bagi hasil yang diterapkan adalah 60% : 40 % dari . A. C. Sistem Pelaksanaan Pelaksanaan budidaya ternak kambing dilakukan dengan sistem kerjasama bagi hasil antara pemodal ( SP-3) dan peternak selaku pemelihara. Sasaran Kegiatan : - Petani atau masyarakat Desa Giripanggung yang berprofesi sebagai petani dan peserta SP-3 sendiri. Adapun ternak kambing yang akan digaduhkan adalah ternak jantan kecil 2 ekor dan ternak betina 1 ekor. Pengaruh Terhadap lingkungan : Pemanfaatan limbah pertanian untuk pakan ternak dan kotoran hewan ternak yang dapat dimanfaatkan untuk pupuk kandang. Ruang Lingkup Kegiatan Program budidaya ternak Kambing merupakan program unggulan pribadi dan akan dilaksanakan di Dusun Pringapus Desa Giripanggung wilayah Kecamatan Tepus. akan menjadikan 2 budidaya sekaligus terlaksana. Mitra Kerja : - GAPOKTAN beserta Masyarakat di wilayah Desa Giripanggung Balai Penyuluh Pertanian (BP3K) Kecamatan Tepus Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul Balai Pemuda dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Kecamatan Tepus - - D. Gunungkidul. ternak kambing untuk pembibitan dan ternak kambing untuk penggemukan. sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan berdaya guna.II. B.

- Dian Astuti. 800. Rencana Tindak Lanjut Rencana tindak lanjut dalam kegiatan ini adalah peningkatan populasi ternak kambing melalui pembibitan kambing. Dimana 60% untuk peternak dan 40% untuk pemodal (SP-3). Kabupaten Gunungkidul selama tahun 2010 dengan harapan agar tujuan program bisa terlaksana khususnya dalam mengatasi pengangguran terdidik dan kemiskinan.000. 2. 4 November 2010 Peserta SP-3 Angkatan XIX Rp. SPt. Penutup Demikian proposal penguatan permodalan SP-3 di desa Giripanggung. E.Rp. F.keuntungan penjualan yang didapatkan.Rp. Atas terkabulnya proposal ini saya ucapkan banyak terima kasih.Rp. Yogyakarta. Rincian Anggaran Pembelian Betina Kambing 1 ekor Pembelian pejantan kambing kecil 2 ekor Subsidi pengadaan pakan Total Anggaran G. .000. 800.000. Kecamatan Tepus. 400.000.000. dan penjualan ternak kambing jantan untuk hari raya Qurban ataupun aqiqah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->