P. 1
Kkm Fisika

Kkm Fisika

|Views: 82|Likes:
Published by Ai Nuraida

More info:

Published by: Ai Nuraida on Feb 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/07/2012

pdf

text

original

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) KELAS VII ( 1 ) SEMESTER I

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN: IPA Sekolah Kelas Semester KKM : MTs CIJULANG : VII : I (SATU) : 65
Kriteria Ketuntasan Minimal Kriteria Penetapan Ketuntasan Nilai KKM Daya Kompleksitas Intake % Dukung

Kompetensi Dasar dan Indikator
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajarai benda-benda alam dengan menggunakan Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya  Mengindentifikasikan besaranbesaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian megelompokkan dalam besaran pokok dan turunan  Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran  Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana 2.1. Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya  Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat  Membuat termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume  Membandingkan skala termometer Celcsius dengan

2.

termometer yang lain 2.2. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari  Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar  Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran 3. 3.1. Memahami kalsifikasi zat Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat  Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai  Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam  Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan 3.2. Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari  Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu 3.3. Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana  Menjelaskan aturan penulisan

lambang unsur  Menuliskan nama dan lambang unsur  Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana  Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana 3.4. Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran  Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan  Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana  Mengelompokkan zat-zat kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan seharihari 4. 4.1. Memahami wujud zat dan perubahannya Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  Menyelidiki perubahan wujud suatu zat  Menafsirkan susunan gerak partikel pada berbagai wujud zat melalui penalaran  Membedakan kohesi dan adhesi berdasarkan pengamatan  Mengkaitkan peristiwa kapilaritas dalam peristiwa

Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat . ∆t Q = m. Mendeskripsikan peran kalor dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  Menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda.kehidupan sehari-hari 4.U dan Q = m.C.1. 5.3. Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain dalam kehidupan seharihari cair dan gas  Merencanakan percobaan sederhana untuk menunjukkan pemuaian zat cair dan zat padat  Menunjukkan prinsip pemuian dalam teknologi misalnya Bimetal 4.2. perubahan wujud zat  Menyelidiki faktor-faktor yang dapat mempercepat penguapan  Menyelidiki banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu at  Menyelidiki kalor yang dibutuhkan pada saat mendididh dan melebur  Menerapkan hubungan Q = m.L untuk meyelesaikan masalah sederhana 5.

destilasi.4. Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana  Membuat kesimpulan dari hasil pecobaan perubahan fisika dan kimia  Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan 5. Mengindentifikasi terjadinya reaksi kimia melaui percobaan sederhana  Mereaksi dua zat untuk menunjukkan perubahan warna dan atau suhu .3.2. Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia  Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya 5. Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia  Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih  Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana  Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan. penguapan dan sublimasi ) 5.

 Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia berdasarkan perubahan warna dan atau suhu KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) KELAS VII ( 1 ) SEMESTER II .

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN: IPA Sekolah Kelas Semester KKM : MTs CIJULANG : VII : II (DUA) : 65 Kriteria Ketuntasan Minimal Kriteria Penetapan Ketuntasan Nilai KKM Daya Kompleksitas Intake % Dukung Kompetensi Dasar dan Indikator 6. 6.1.2. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik  Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan  Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik melalui pengamatan 6. Menganalisis data percobaan gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam .

kehidupan sehari-hari  Menemukan persamaan laju yang ditempuh  Menunjukkan Konsep GLB dalam kehidupan sehari-hari  Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan kecepatan setiap satuan waktu  Menyelidiki GLBB dipercepat beraturan  Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan sehari-hari 6. membawa dan memperlakukan alat dan bahan secara aman  Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan penyakit  Mengindentifikasi simbol- .3. pencahayaan.4. Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam  Memegang. menemukan objec Mikropis) 6. Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan  Mengenal bagian-bagian mikroskop  Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus.

Memahami keanekaragaman makhluk hidup Mengindentifikasi ciri-ciri makhluk hidup  Mengidentifikasi ciri-ciri mahluk hidup  Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi  Membedakan ciri tumbuhan dan hewan 7.simbol dalam Laboratorium 7. Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasrkan ciri-ciri yang dimiliki  Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya  Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup  Membuat perbandingan ciriciri khusus tiap kingdom dalam sistem 3 kingdom  Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati 7.1. 7.3.2. Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme  Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop .

Memahami saling ketergantungan dalam ekositem Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem  Mengindentifikasikan satuansatuan dalam ekosistem dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama  Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaring-jaring kehidupan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem 8. jaringan. dan manfaat tumbuhan. Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya  Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan  Mengkaitkan hubungan antara sel. bentuk.2. Mengindentifikasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem  Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka  Menyebutkan contoh makhluk hidup yang tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi  Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka  Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis. 8. hewan langka . organ dan sistem organ penyusun tubuh 8.1.

4. udara dan tanah kaitannya dengan aktifasi manusia dan upaya mengatasinya.3.  Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan . Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan  Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih  Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan kebutuhan pangan  Memperkirakan hubungan populasi penduduk dengan ketersediaan lahan  Mejelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan 8. Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan  Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya  Menjelaskan pengaruh pencemaran air.yang dilindungi 8.

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) KELAS VIII ( 2 ) SEMESTER I .

Memahami Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup  Menyebutkan faktorfaktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup  Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup  Membandingkan metamorfosis dan 1.1 .KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN: IPA Sekolah Kelas Semester KKM : MTs CIJULANG : VIII : I (SATU) : 70 Kriteria Ketuntasan Minimal Kriteria Penetapan Ketuntasan Daya Kompleksitas Intake Dukung Nilai KKM % Kompetensi Dasar dan Indikator 1.

1 Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan  Membandingkan macam organ penyusun sistem gerak pada manusia  Membedakan fungsi tulang rawan. 2.2 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan . tulang keras.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia  Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi. dan sendi sebagai penyususn rangka tubuh  Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya  Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya 2.metagenesis 1. dan dewasa  Membedakan ciri anak-anak dan remaja 2. anak-anak. otot. remaja.

 Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya 2. Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia  Mendeskripsikan jenis makanan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya  Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi.3 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan  Membandingkan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia  Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan  Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya 2.4 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan .

korteks.kesehatan  Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia  Menjelaskan fungsi jantung. batang dan daun  Menunjukkan letak epidermis. 3. fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah  Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan seharihari 3.1 Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan  Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau  Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam . dan stele pada tumbuhan  Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan 3.

. dan molekul).4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari  Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit  Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan seharihari 4. 4.3 Mengidentifikasi macammacam gerak pada tumbuhan  Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan  Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti 3. ion.fotosintesis  Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis  Menjelaskan faktorfaktor yang mempengaruhi fotosintesis 3.1 Menjelaskan konsep partikel materi Menjelaskan konsep atom. dan molekul  Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom. ion.

5.2 Mengkomunikasikan informasi .1 Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari  Menyebutkan bahanbahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.  Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga 5. Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion.3 Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa  Menjelaskan dengan simbol perbedaan antara molekul unsur  Menunjukkan beberapa contoh molekul sederhana dalam kehidupan seharihari. 4.2 Menghubungkan konsep atom. ion dan molekul  Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia 4. 5. dan molekul dengan produk kimia sehari-hari  Menjelaskan hubungan atom. ion.

dan sosial.4 Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika  Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika  Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan. pemanis.tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia  Mengidentifikasi fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan  Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk 5. . pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan  Menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan 5. ekonomi.3 Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan  Menjelaskan bahanbahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna.

5.  Mendata zat adiktif dan psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan .5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika  Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika.

penjumlahan gaya dan pengaruhnya 6.1 .KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) KELAS VIII ( 2 ) SEMESTER II KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN: IPA Sekolah Kelas Semester KKM : MTs CIJULANG : VIII : II (DUA) : 70 Kriteria Ketuntasan Minimal Kriteria Penetapan Ketuntasan Nilai KKM Daya Kompleksitas Intake % Dukung Kompetensi Dasar dan Indikator 6. Memahami peranan usaha. gaya. dan energi dalam kehidupan sehari-hari Mengidentifikasi jenis-jenis gaya.

pada suatu benda yang dikenai gaya  Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan.3 Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya. agak kasar. prinsip “usaha dan energi” serta .2 Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari  Mendemonstrasikan hukum I Newton secara sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  Mendemonstrasikan hukum II Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  Mendemonstrasikan hukum III Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 6. dan kasar  Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan  Membandingkan berat dan massa suatu benda 6.  Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin.

bidang miring.4 Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  Menunjukkan penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tuas (pengungkit). katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak.penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  Menunjukkan bentukbentuk energi dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari  Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari  Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak  Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari  Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha  Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan seharihari 6. dan roda gigi (gear)  Menyelesaikan masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan dengan .

cair. cair. gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameterparameternya  Mengidentifikasi getaran 7. Memahami konsep dan penerapan getaran. tekanan. dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan  Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari  Mendeskripsikan hukum Pascal dan Hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung. dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari.hari 7. melayang dan tenggelam  Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat. dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  Menemukan hubungan antara gaya.1 .pesawat sederhana 6.5 Menyelidiki tekanan pada benda padat.

frekuensi dan panjang gelombang 7. ultrasonik dan audiosonik  Memaparkan karakteristik gelombang bunyi  Menunjukkan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.  Merencanakan percobaan untuk mengukur laju bunyi *)  Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi 7.pada kehidupan sehari-hari  Mengukur perioda dan frekuensi suatu getaran  Membedakan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal  Mendeskripsikan hubungan antara kecepatan rambat gelombang.3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa  Merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukikan sifat-sifat perambatan cahaya  Menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh .2 Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari  Membedakan infrasonik.

periskop dan sebagainya *) .melalui percobaan  Menjelaskan hukum pembiasan yang diperoleh berdasarkan percobaan  Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar. berbagai jenis teropong.4 Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik  Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina  Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata  Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik  Menjelaskan konsep lup sebagai alat optik  Menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang relevan.sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung 7.  Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat. seperti : mikroskop. cermin cekung dan cermin cembung.

.

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) KELAS IX ( 3 ) SEMESTER I KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN: IPA Sekolah Kelas : MTs CIJULANG : XI .

1 Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan  Mendeskripsikan bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia  Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi  Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya  Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi 1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia  Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia  Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi .Semester KKM : I (SATU) : 75 Kriteria Ketuntasan Minimal Kriteria Penetapan Ketuntasan Nilai KKM Daya Kompleksitas Intake % Dukung Kompetensi Dasar dan Indikator 1. 1.

seleski alam. dan perkembangbiakan  Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup  Memprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya . fungsi sumsum tulang belakang. Menulis artikel tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi  Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi 1.1 Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi. 2. dan sel saraf dalam sistem koordinasi  Menunjukkan bagian-bagian alat indra dan fungsinya  Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya 2.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan  Membandingkan bentuk/bangun bagian organ dan/atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia  Mendeskripsikan fungsi otak.

2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup  Mendiskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat (gen.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan  Mendefinisikan pengetian bioteknologi  Mendeskripsikan keuntungan . kromosom)  Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan intermediat 2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya  Menentukan gamet dari genotip tetua/induk  menentukan rasio hasil persilangan persilangan monohibrida dan dihibrida melalui bagan 2.dengan kemampuan yang dimiliki  Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi alam  Menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup  Mendiskripsikan cara perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan 2.

Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari  Menjelaskan benda dapat bermuatan listrik bila dengan dilakukan dengan cara tertentu  Memberi contoh peristiwa yang menghasilkan benda yang bermuatan listrik  Melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat muatan listrik  Menjelaskan secara kualitatif hubungan antara besar gaya listrik dan besar muatan listrik serta jarak antara benda bermuatan listrik 3. penanaman secara hidroponik dan aeroponik) 3.pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan  Mendata produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya  Membuat produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari (membuat tempe.1 .2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan seharihari  Menjelaskan konsep arus 3. fermentasi sari buah.

4 Mendeskripsikan hubungan energi dan .3 Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  Menjelaskan konsep gaya gerak listrik (GGL) sumber arus listrik  Menjelaskan susunan dan cara kerja elemen listrik primer dan sekunder  Mengukur tegangan antara kutub-kutub sumber tegangan dan tegangan jepit (tegangan terpakai) 3. semi konduktor dan isolator)  Menggunakan Hukum Kirchoff I untuk menghitung V dan I dalam rangkaian  Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel 3.listrik dan beda potensial listrik  Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel  Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik.  Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (Hukum Ohm) #  Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor.

 Menjelaskan hubungan antara daya listrik energi listrik. .daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari  Menjelaskan hubungan antara V. dan satuannya (kWh dan Joule)  Menerapkan konsep energi dan daya listrik dalam perhitungan penggunaan listrik di rumah tangga berdasarkan angka yang tertera pada kWh meter  Menunjukkan perubahan energi listrik menjadi energi bentuk lain  Mempraktikkan penghematan energi dalam kehidupan seharihari dan Mengemukakan alasannya. I dengan energi listrik yang digunakan.

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( IPA ) KELAS IX ( 3 ) SEMESTER II .

2 Mendeskripsikan pemanfaatan 4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet  Menunjukkan sifat kutub magnet  Mendemonstrasikan cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat kemagnetan  Memaparkan teori kemagnetan bumi  Menjelaskan sifat medan magnet secara kualitatif di sekitar kawat bermuatan arus listrik 4.1 .KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN: IPA Sekolah Kelas Semester KKM : MTs CIJULANG : IX : II (DUA) : 75 Kriteria Ketuntasan Minimal Kriteria Penetapan Ketuntasan Nilai KKM Daya Kompleksitas Intake % Dukung Kompetensi dasar dan Indikator 4.

1 Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya Mendeskripsikan karakteristik sistem .kemagnetan dalam produk teknologi  Menjelaskan cara kerja elektromagnetik dan penerapannya dalam beberapa produk teknologi  Menemukan penggunaan gaya Lorentz pada beberapa alat listrik sehari-hari  Menyadari pentingnya pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi  Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik  Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis medan magnetik dengan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan  Menjelaskan prinsip kerja dinamo/generator secara sederhana  Menjelaskan secara kualitatif prinsip sederhana cara kerja transformator  Menunjukkan hubungan antara pergeseran garis medan magnetik dan terjadinya gaya gerak listrik induksi melalui percobaan 5. 5.

dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya  Menjelaskan periode rotasi bulan dan posisinya terhadap bumi . 5.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet  Mendeskripsikan matahari sebagai salah satu bintang  Mendeskripsikan sumber pembentukan energi matahari  Mendeskripsikan susunan lapisan matahari  Mendeskripsikan karakteristik dan perilaku bumi. jarak rata-rata ke matahari. dan sebagainya dengan menggunakan tabel 5.  Mendeskripsikan orbit planet mengitari matahari berdasarkan model tata surya  Mendeskripsikan perbandingan antar planet ditinjau massa.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi. jari-jari. bulan.tata surya  Mendeskripsikan peredaran bulan mengelilingi bumi dan bumi mengelilingi matahari  Menjelaskan gravitasi sebagai gaya tarik antara matahari dan bumi sehubungan dengan jarak.

gerhana matahari dan menghubungkannya dengan peristiwa pasang surut air laut  Menjelaskan fungsi satelit buatan. Mendiskripsikan terjadinya gerhana bulan.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor  Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan litosfer terhadap perubahan zat dan kalor  Menjelaskan pengaruh proses-proses yang terjadi dilapisan atmosfer terhadap perubahan zat dan kalor 5. 5.5 Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan  Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan  Menjelaskan proses pemenasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi  Menjelaskan pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia  Menyadari bahayanya pengaruh negatif proses-proses lingkungan karena ulah manusia .

terhadap kesehatan manusia .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->