P. 1
Membuat Hiren

Membuat Hiren

|Views: 128|Likes:
Published by Sanora Dachi

More info:

Published by: Sanora Dachi on Feb 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2012

pdf

text

original

Membuat Hiren¶s Boot USB Flashdisk Untuk Versi 9.7 dan 9.

8
oleh salsabel pada Mar.19, 2009, dalam kategori Flashdisk USB, Hiren's Boot CD, Tools

Hiren¶s versi 9.7 dan versi 9.8 secara struktur telah mengalami penyempurnaan dari versi 9.6 dan sebelumnya. Sepertinya programmer Hiren telah bekerja keras untuk menata kembali program-program dalam Boot CD ke dalam kategorisasi yang lebih teratur. Ini terbukti dari akses menu yang lebih mudah dan terstruktur. Dalam versi terbaru ini juga ada update beberapa program yang dalam versi terdahulu sempat terdeteksi sebagai virus oleh beberapa program antivirus. Bagi yang punya antivirus galak seperti Avira, tentu hal ini sangat menjengkelkan. Beberapa pembenahan bug dan update program juga membuat rilis program terakhir ini menjadi lebih menarik. Bahkan sekarang Hiren¶s dilengkapi Sistem Operasi Windows XP sehingga bisa langsung booting ke GUI Windows tanpa harus repot-repot dengan instalasi. Nah, kali ini kita akan membuat USB Flashdisk Hiren¶s dengan segenap fasilitas di atas agar lebih kompak dan fleksibel.. PENGANTAR Untuk membuat sendiri Hiren Boot USB Flashdisk versi 9.7 dan 9.8 perlu ada program yang berbeda dari program yang digunakan dari versi sebelumnya. Meski berbeda, namun secara keseluruhan, caranya tidak serumit versi sebelumnya. Anda dapat melihat perbedaannya dengan menyimak cara Membuat Hiren¶s Boot CD dari Flashdisk 9.6 ke bawah yang saya ulas sebelumnya. Anda tidak perlu lagi membuat salinan Sistem Operasi MSDOS dan menambahkannya ke Flashdisk. Cukup Anda download tool yang diperlukan, ikuti langkah demi langkah instalasi. Tidak percaya? Silakan simak caranya berikut ini dan buktikan sendiri PERSIAPAN Untuk memulai praktek kali ini, Anda perlu mempersiapkan hardware dan program berikut:ini:

USB Disk Storage Format (34KB). Grub4DOS (147KB). Saya sarankan Anda memilih flashdisk dengan ukuran maksimal 4GB untuk mengurangi kemungkinan trouble saat melakukan booting. Komputer dengan sistem operasi windows yang sehat dan Flashdisk USB dengan ukuran minimal 256MB. ekstrak dan jalankan USB Disk Storage Format. atau DaemonTools hanya untuk memenuhi kebutuhan pembuatan Hiren¶s Boot USB ini. Program ini digunakan untuk menginstall Bootloader untuk flashdisk Anda. Program inilah yang menggantikan fungsi file sistem MSDOS pada versi sebelumnya. Hirens Boot CD versi 9. Di dalamnya juga ada dua file yang nantinya harus Anda salin ke dalam USB Flashdisk Anda. .EXE yang saya sampaikan dalam posting sebelumya. 3. akhiri dengan meng klik µStartµ. Tancapkan flashdisk USB Anda. LANGKAH INSTALASI 1.1. Pilih flashdisk USB Anda di bagian µDevices¶. Setelah selesai Anda bisa langsung mem-burning ke dalam CD atau langsung Anda Insert ke dalam Drive Virtual dengan menggunakan program semacam Virtual CD. 2. Formatter ini memiliki fungsi yang sama dengan HPUSBFW. Buka tulisan tersebut. Virtual Drive. 4. Pilih File System µFAT32µ. Temukan link download Hiren¶s Boot CD di bagian bawah artikel untuk mendapatkan File ISO Hiren¶s.8.7 atau versi 9.

Dobel klik grubinst_gui. Akan muncul menu konfirmasi berikut ini.2. kemudian pilih Whole Disk(MBR). Mulai proses pemasangan Bootloader pada flashdisk dengan mengklik Install. . Klik µOKµ. Perhatikan pada ukuran space nya. Tunggu beberapa saat hingga proses format selesai. Tunggu beberapa saat Hingga selesai.1 seperti tampilan di bawah ini.zip hasil download Anda. Pilih Disk Anda. Ekstrak file grub4dos_guntingbatukertas. 3. pastikan Anda memilih flashdisk dengan benar.exe untuk menjalankan program Grub4Dos Installer 1. Klik pada tombol Refresh Part List. pilih Yes.

Kemungkinan alternatifnya adalah µF1µ. µInsertµ dan µF10µ. Exit dari BIOS untuk menyimpan perubahan. Setting BIOS: Untuk AMI BIOS: . Mungkin beberapa motherboard lain mengharuskan untuk menekan tombol lain untuk dapat masuk ke BIOS. Pilih µEmulation Typeµ dan set ke µHarddiskµ. set µ1st Boot Deviceµ ke µUSB RMD-FDDµ.7 atau 9. File ini merupakan kombinasi Bootloader untuk mengarahkan proses booting ke flashdisk.Masuk ke bagian USB Mass Storage Device Configuration. Reboot PC Anda. 5. Jika Anda memakai BIOS keluaran AMI. µUSB Function For DOSµ dan µThumbDrive for DOSµ. Set ke posisi µEnableµ beberapa fungsi berikut: µUSB Function Supportµ. silakan coba download dan gunakan Syslinux untuk menggantikan fungsi grub4dos. Kemudian masuk ke µBoot Menuµ dan set µ1st boot deviceµ ke µUSB Stickµ.4. µF2µ. Jika tetap tidak bisa. Pilih µ1st Boot deviceµ dan set pada µUSB ZIPµ. Masuk ke bagian Advanced Setup. dan seharusnya Anda sudah bisa booting melalui Flashdisk USB. Perhatikan pesan saat booting seperti ini µPress [Del] to enter Setupµ yang mengindikasikan bahwa Anda harus menekan µDel¶ untuk dapat masuk ke BIOS. Masuk pada BIOS dengan menekan tombol µDelµ pada keyboard atau tombol lain sesuai BIOS Anda. Anda bisa coba pilihan µEmulation Typeµ ke µFloppyµ atau µForced FDDµ Untuk Phoenix/Award BIOS: Masuk ke µAdvanced BIOS Featuresµ.lst dari folder grub4dos ke Flashdisk USB Anda. PERIKSA SETTING PC ANDA y y y Agar dapat booting dengan baik dengan Flashdisk USB astikan PC Anda mendukung booting melalui Flashdisk. mungkin Anda perlu mengubah setting pada pilihan µUSB Keyboard Legacy supportµ. Sekarang.8) ke Drive CD dan copy semua file yang ada di dalamnya ke dalam Flashdisk. y Jika semua setting di atas masih belum membuat USB Hiren Anda berjalan normal atau keluar GRLDR.Masuk ke Feature Setup. . Cek BIOS Anda. Copy file grldr dan menu. Masukkan BootCD (9.. coba jalankan flashdisk Anda untuk melakukan booting dari awal.

Belum lagi aktivasinya. sistem C:/ atau drive yang berisi instalasi Windows dan partisi lain untuk menyimpan image CD Hiren¶s Boot CD 9.5 atau Hiren¶s Boot USB Flashdisk Flashdisk/keping DVD untuk menyimpan backup file image (Optional) Prinsip kerja Pada dasarnya.30. Nah. nggak secepat kilat dalam arti sebenarnya sih.8 berisi Norton Ghost 11.. Saya sarankan minimal terdapat 2 partisi. 2009. Hiren's Boot CD. persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan sebagai berikut: y y y Komputer atau Notebook target yang dilengkapi drive CD/DVD untuk menjalankan Hiren¶s Boot CD. Untuk melakukan praktek. Norton Ghost menyediakan fungsi backup dan restore dengan mudah. Saya dulu pernah termasuk dalam µgolongan¶ ini.. Bagi yang belum punya Hiren¶s Boot CD Versi terbaru. dalam seminggu saya bisa install windows 2 hingga 3 kali karena beberapa instalasi game 3D yang saya mainkan sudah tamat dan harus diganti dengan yang baru Selain karena memang µhobi¶. kali ini kita akan µbermain¶ dengan Program Norton Ghost 11. Tapi jauh lebih cepat daripada jika Anda harus menginstall Windows dari awal berikut program yang akan Anda gunakan. terkadang Windows mengalami masalah yang tak terduga seperti serangan virus. Ya. missing file atau instalasi error..8. daripada kita alami hal ini saya akan paparkan langkah antisipasi yang bisa Anda praktekkan. Backup dan Install Windows Secepat Kilat oleh salsabel pada Apr. dalam kategori Flashdisk USB. Sebelumnya. diantaranya Symantec/Powerquest Disk Image. dll. ada dua langkah yang Anda lakukan . maap kalo ada siaran ulang ya. Roxio GoBack.5 yang dapat Anda temukan dalam CD Hiren¶s Boot CD 9. Dengan bantuan Hiren¶s Boot CD. praktis dan cepat. Repotnya. ribet kan! Nah. Anda bisa melakukan prose backup dan restore instalasi Sistem Operasi Anda dengan mudah. Sebenarnya banyak sekali program semacam ini yang beredar di pasaran. kita perlu program Cloning Tool. Bagi yang sudah tahu. silakan dapatkan di sini. jika kita ga bisa berlama-lama buang-buang waktu hanya untuk install Windows plus aplikasi seabreg. Windows Proses instalasi sistem operasi seringkali menjadi hal yang sangat menjemukan. Terutama apabila Anda termasuk orang yang risih jika instalasi OS Anda tidak stabil atau lemot. Windows System Restore. Ini bisa membuat makin sering kita µbermain¶ dengan CD instalasi Windows.Norton Ghost.

anda bisa memanggil file backup yang telah Anda buat sebelumnya untuk memulihkan instalasi Windows persis seperti saat file image dibuat. 4. Masukkan Hiren¶s Boot Flashdisk USB atau Hiren¶s Boot CD sesuai dengan preferensi Anda. pastikan CDROM berada pada posisi booting pertama. Klik [OK] . 2.]Ghost (Normal). Anda harus menyimpan file image di partisi selain C:/. Dengan kata lain.1. masuk ke BIOS dengan menekan DEL/F2/F8/F12 sesuai dengan BIOS PC Anda. Itulah mengapa di atas saya menyarankan minimal ada 2 partisi.5 > [8. langkah ini mutlak diperlukan jika Anda ingin bisa melakukan langkah restorasi/pemulihan sistem dengan cepat. 3. Langkah Pertama. Perlu saya tekankan bahwa. Masuk ke Bagian Boot Sequence/Urutan Booting. Pilih [2. Pada Menu Utama Hiren¶s.] Norton Ghost 11. File ini berisi rekaman komplit file sistem operasi Anda berikut program yang telah ter-install didalamnya.] Backup Tool > [2. Misalnya: Anda memilih menggunakan CD Hiren¶s. Pada menu Booting Hiren¶s. Restorasi Windows. Membuat File Image. Pastikan media yang Anda gunakan menempati urutan pertama booting. tanpa adanya file Image Anda tidak bisa melakukan restorasi Windows. Membuat backup Data Partisi PC yang berisi Sistem Operasi Windows ke dalam File Image . Jika terjadi sesuatu. File ini harus disimpan di partisi selain partisi Windows itu sendiri. Nyalakan komputer. Misalnya Anda punya C:/ yang bersi instalasi Windows. 1. Tunggu beberapa saat hingga program Norton Ghost berjalan. 2. pilih µStart Boot CD¶ 5.

Biasanya Windows ada pada Primary Drive seperti pada contoh. Perhatikan atribut lainnya seperti File System (NTFS/FAT32). Pilih Menu > Local > Partition > To Image untuk menyimpan partisi ke dalam sebuah file image. [OK]. 7. 8. . Biasanya Windows ada pada Local (1) seperti pada contoh.6. Pilih Harddisk Fisik yang akan di backup. Pilih Partisi Harddisk yang akan di backup. [OK].

Tentukan Partisi Harddisk mana yang akan digunakan untuk menyimpan file backup image. Perhatikan bahwa harddisk ditulis dalam urutan seperti berikut. misalnya Backup_1 kemudian klik [SAVE].2: = merupakan Harddisk Fisik Pertama Partisi Kedua [DATA] = label DATA .2:[DATA] FAT. Pastikan Anda memilih drive yang tepat. Ukuran dsb. artinya adalah: D: = Drive D: 1. 9. Beri nama pada file.Label. D:1.

FAT = File System FAT32 10. Persis . Toh Norton Ghost tidak mengubah isi file image. hasilnya bisa sampai 60% dari ukuran file asli meski prosesnya akan sedikit lebih lambat. hanya ukuran filenya saja yang dipadatkan. hasilnya kurang lebih 30% dari ukuran file sebenarnya HIGH = Pilihan kompresi tingi. Selanjutnya akan muncul dialog kompresi Image File. Saya anjurkan Anda memilih pilihan ini untuk menghemat space harddisk. pilih salah satu berdasarkan keterangan berikut: No = Pilih ini jika Anda tidak ingin mengubah file image dari ukuran file windows sebenarnya FAST = Pilihan kompresi cepat.

Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan muncul Image Box µImage Creation Completed Successfully¶. klik [Continue].seperti yang dilakukan oleh WinZIP ato WinRAR. Klik [Quit] untuk keluar Program. 11. Ketika muncul dialog box µProcesed with partition image creation?¶ Pilih [YES] 12. .

5 > [8. Tunggu beberapa saat hingga program Norton Ghost berjalan. . Anda bisa menggunakan Flashdisk atau Media DVD untuk menyimpan file Image ini. hanya untuk berjaga-jaga.] Norton Ghost 11.Sampai di sini Anda sudah punya satu file image dari sistem operasi Anda yang sewaktu-waktu bisa dipanggil kembali untuk melakukan restorasi. Pilih Menu > Local > Partition > From Image untuk me-restore partisi dari file image yang tadi telah kita buat. Pada menu Booting Hiren¶s. Langkah Kedua. Boot dari Hiren¶s Boot CD atau Hiren¶s Boot USB Flashdisk 2. Pada Menu Utama Hiren¶s. Anda tinggal melakukan langkah restorasi berikut ini. suatu saat jika ada masalah dengan Windows.] Backup Tool > [2. 4. Nah. Pilih [2. Klik [OK].]Ghost (Normal). pilih µStart Boot CD¶ 3. Restore Windows dari Backup File Image 1.

6.GHO pada drive penyimpanan Anda. Pilih Partisi sumber/Source file image kemudian klik [OK] . Temukan file Image dengan ekstensi .5. dan akhiri dengan Open. Pilih.

[OK] 8. Pilih Partisi Harddisk tujuan/Destination Restorasi. . Pilih Harddisk fisik tujuan/Destination Restorasi Windows. Klik [Reset Computer] untuk me-restart Komputer. Pilih Primary [OK] 9. Ketika Muncul Dialog Box µProsses With Partition Restore?¶ klik [Yes] 10. Tunggu hingga selesai 100% 11.7.

com/sistem-operasi/windows/norton-ghostbackup-dan-install-windows-secepat-kilat/#ixzz1lep5itRV Under Creative Commons License: Attribution No Derivatives .Baca selengkapnya di: http://guntingbatukertas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->