Bab I PENDAHULUAN 1.

Latar belakang
Harus diakui,perkembangan teknologi kloning sangat pesat.Banyak orang menganggapnya sebagai terobosan penting bagi sejarah umat manusia dibidang teknologi.Suatu teknologi hasil pemikiran manusia,selain memiliki manfaat juga memiliki dmpak/pengaruh yang merugikan,sebaik apapun teknologi itu. Akan tetapi didalam proses kemajuan ini pasti tersimpan kecemasan yang tidak diketahui orang.Dampak langsung teknik kloning justru adalah pukulan terhadap moral dan etika yang berkaitan langsung degan hakikat manusia itu sendiri.

2.Tujuan penulisan
Tujuan saya menyusun karya ilmiah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia.Selain itu saya juga ingin memperkenalkan kloning kepada para pembaca.

3.Rumusan masalah
1.Bagaimana kloning terhadap kesehatan manusia? 2.Bagaimana manfaat kloning bagi manusia?

4.Metode pengumpulan data
Dalam pengumpulan data saya menggunakan berbagai sumber diantaranyaa: 1.Buku yang berisi mengenai kloning 2.Koran yang berisi tentang kloning 3.Penggunaan situs internet yang berisi tentang kloning

5.Sistematika

penulisan

Rumusan masalah 4.meliputi: 1.Saran .Dalam penyusunan karya tulis ini berdasarkan sistematika yang sederhana dan urtan bab demi bab.Pengertian kloning 2.Metode pengumpulan data 5.Kloning pada Hewan 3.Latar belakang 2.meliputi: 1.Kloning pada manusia Bab III: Keunggulan kloning &Kelemahan kloning.meliputi: 1.Kesimpulan 2.Keunggulan kloning 2.Sistematika penulisan Bab II : Pembahasan.Kelemahan kloning Bab IV : Penutup.Adapun sistematika karya tulis ini adalah sebagai berikut: Bab I : Pendauluan.Tujuan penyusunan karya tulis 3.meliputi: 1.

Dolly berasal dari payudara seekor domba betina.atau mikroorganisme yang kode genetiksama dan identik.Tapi bila kekurangn gizi.King dari AS.kloning bisa berasal dari suatu gen yang sama.Kloning dapat diartikan juga sebagai suatu zat yang berasal dari populasi sel-sel dari satu induk yang sama.Ian Wilmut pada 1996.keduanya .hasil perkembangan gen ini disebut gen kloning. Sel yang terdiri dari ribuan DNA atau penentu sifat-sifat makhluk kromosom dan sel-sel kecil itu berkembangbiak sesuai dengan gizi yang ada.Dalam perkembangan berikutnya. 2.dan tiap individu dari satu sel itu punya kode genetik yang sama pula.Pengertian kloning Kloning adalah penggunaan sel somatik makhluk hidup multi seluler untuk membuat satu atau lebih individu dengan materi gentik yang sama atau identik. Jadi kloning merupakan teknologi untuk membuat gen.Bab II PEMBAHASAN 1.Kloning pada hewan Setelah adanya kloning katak tutul pada 1952 oleh Robert William Biriggs dan Thomas J.sel-sel.hingga kloning domba Dolly oleh pakar rekayasa genetika Skotlandia.

lahirlah domba Dolly.Pada saat yang sama disiapkan pula sel telur yang diambil inti selnya. 2.pada tahun 1998.Sel stem diambil dari sel kulit yang disebut sel kumulus.Kloning manusia adalah hal yang berbeda.diberikan kejutan listrik setelah itu melalui molekul-molekul yang ada. Ada beberapa tahap pada kloning.Dan agar sel kambing itu menyatu dengan sel telur.para peneliti di Hawaii mengkloning 50 ekor tikus .Kemudian ada juga kloning anak Kuda hasil kloning yang telah dilahirkan di laboratorium Italia. 3.sel telur akan memprogram genetika didalam sel kambing untuk memproduksi embrio domba dengan cairan kimia.Padas hari kedua.karena untuk mendapatkannya ada embrio yang dihancurkan. .Selain itu .telah berhasil mengkloning manusia.kloning domba juga bias untuk mengobati penyakit jantung & stroke. 3.Terjadi proses pembelahan dan pertumbuhan dalam sel telur. Agar sel itu dapat masuk ke dalam sel telur yang diambil .Sel stem dari donor diambil inti selnya.yaitu: 1.Kloning pada manusia Perusahaan di AS. Enam hari kemudian.embrio yang berada dalam sel disuntikkan kedalam rahim domba betina .mereka tumbuh menjadi sel embrio dan terus membelah dan pada hari kelima memisahkan diri.Inti sel dari dari donor disisipkan kedalam sel telur. Untuk menghasilkan embrio sel manusia diperoleh dari inti sel stem donor diinjeksikan pada sel telur donor yang sudah dibuang inti selnya .Setelah 150 hari.akan menempati ruang yan kosong.Embrio yang menggunakan sel telur &DNA sel kulit manusia terus berkembang selama enam hari.

Bab III Keunggulan &Kelemahan kloning 1.yang bias dimanfaatkan manusia. Teknologi kloning juga bisa menanggulangi kanker &peradang.Teknologi clone berhasil melakukan rekayasa genetik pada hewan sehingga hewan itu menghasilkan protein.seorang wanita tidak sepenuhnya memerlukan sel kelamin jantan atau sel sperma.4.Keunggulan kloning Untuk melahirkan seorang anak.Gen kloning yang ada pada rekayasa .Pada hari ke lima inilah sel embrio diimplantasikan kedalam rahim wanita dan berkembang biak menjadi bayi dengan kodre genetik sama dengan sel donor.

stroke . Intinya proses kloning merupakan rangkaian esperimen yang rumit dan memerlukan faktor keberuntungan.diabetes.saya memperoleh kesimpulan bahwa: .Begitu muncul manusia kloning. Bab IV Penutup 1.AIDS.maka manusia bias saja”difotokopi “atau “direproduksi” seenaknya seperti benda lain.seperti proses pembentukan hormon. 2.Kelemahan cloning Makhluk kloning memang banyak kelemahanya.Kesimpulan Dari uraian tentang kloning yang saya susun.genetika tersebut mempunyai industri yang berguna bagi manusia.apakah bayi hasil kloning akan berumur panjang ataukah sebanding dengan umur sel induknya.Juga belum diketahui.jadi secari tidak sengaja akan merusak tatanan manusia.hubungan antara orang yang dikloning dengan yang mengkloning tidak dapat dibedakan. Segera menjadi kenyataan &secara otomatis urutan susunan manusia telah menjadi buyar.Teknik cloning juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti.dan alzheimen.Makna keberadaan manusia.tidak bias di samakan dengan benda organik/ anorganik lainnya.parkinson.dan obat-obatan. Jikalau hanya diukur dari konsep eksistansi materi secara umum pada manusia.Bayi hasil kloning kesehatannya rentan.vitamin.

Saran 1. 2.Selasa.Dengan kloning. Kompas.menentang adanya kloning.Riza Spd.26 November 2011.2009.1.Kloning pada manusia dan hewan.Kloning mempunyai banyak manfaat. Sebagian pihak. Jakarta:Yudistira.Sebagai generasi penerus kita harus belajar lebih giat untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi kepentingan seluruh umat manusia.Saya berharap bagi para pembaca yang budiman supaya mempunyai wawasan yang lebih luas lagi setelah membaca karya ilmiah ini. 2.bioteknologi di dunia semakin berkembang pesat. 3. 2. Daftar Pustaka Astuti.tetapi juga mempunyai banyak kekurangan. 3.Kita harus memajukan teknologi Negara kita dengan mencoba sesuatu hal yang baru.Manfaat & .

Februari 17.Pengaruh Kloning.com Friday..ii Daftar . W.W.W.2012. Daftar Isi Judul Kata pengantar………………………………………………. Kloning.Proses kloning pada manusia.

.Latar belakang……………………………………………….2 2.Rumusan masalah………………………………………….Isi………………………………………………………….4 Bab IV PENUTUP………………………………………………….Kesimpulan……………………………………………… ………5 2..1 5.Metode pengumpulan data…………………………….Tujuan penulisan……………………………………………1 3.1 4.1 1.1 2.iii Bab I PENDAHULUAN……………………………………….5 1.Kloning pada hewan ……………………………………….2 3..Sistematika penulisan…………………………………….Saran……………………………………………………… .1-2 Bab II PEMBAHASASAN………………………………………2 1.Kloning pada manusia………………………………………3.Pengertian cloning………………………………………….

. 6 .……….5 Dftar Pustaka……………………………………………………….

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful