P. 1
Contoh RKS - 12 PEKERJAAN PENGECATAN

Contoh RKS - 12 PEKERJAAN PENGECATAN

|Views: 1,835|Likes:
Published by nusantara knowledge

More info:

Published by: nusantara knowledge on Feb 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

09/20/2013

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI

BAB - 12 PEKERJAAN PENGECATAN
ARSITEKTUR

-

DAFTAR ISI

01. 02. 03. 04. 05. 06. 07.

PENGECATAN SECARA UMUM ……………………………… PENGECATAN LANGIT-LANGIT GYPSUM …………………. PEKERJAAN LANGIT-LANGIT DAN DINDING BETON EXPOSE ……………………………………. PENGECATAN DINDING.……………………….……………… PENGECATAN BESI ……………………………………………. PEKERJAAN FINISHING MELAMIC…..………..……………… PENGECATAN MARKA JALAN (TRAFFIC PAINTER)……….

77 80

81 82 84 85 87

PT. Jasa Ferrie Pratama

76

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI

BAB - 12 PEKERJAAN PENGECATAN
ARSITEKTUR

-

01.

PENGECATAN SECARA UMUM

a. Lingkup Pekerjaan - Bagian ini meliputi pengadaan tenaga, bahan cat (kecuali ditentukan lain), peralatan, untuk melaksanakan pekerjaan ini termasuk alat-alat bantunya dan alat angkutnya (bila diperlukan), ketempat pekerjaan seperti yang tercantum dalam gambar, uraian, dan syarat teknis ini dan perjanjian kerja. - Melaksanakan pekerjaan pengecatan sesuai dengan yang ditentukan dalam gambar dan RKS hingga diperoleh hasil yang memuaskan.

b. Persyaratan Bahan - Pengecatan seluruh pekerjaan harus sesuai dengan NI-3 dan NI-4 atau sesuai dengan spesifikasi dari pabrik cat yang bersangkutan. - Kontraktor wajib membuktikan keaslian cat dari pabrik tersebut mengenai hal-hal yang menunjukkan kemurnian cat yang digunakan, antara lain : - segel kaleng - test laboratorium - hasil akhir pengecatan Hasil dari test kemurnian ini harus mendapat rekomendasi tertulis dari produsen untuk diketahui Konsultan Pengawas. Biaya test tersebut menjadi tanggungan Kontraktor. - Sebelum memulai pengecatan, Kontraktor wajib menyerahkan 1 contoh bahan yang masih dalam kaleng, 3 contoh bahan yang telah dicatkan pada permukaan plywood ukuran 40 x 40 cm, brosur lengkap dan jaminan dari pabrik. - Untuk pengecatan dinding yang bersentuhan dengan dinding tetangga menggunakan cat weathershield, anti lembab, anti jamur.

c. Pelaksanaan 1) Umum - Sebelum dikerjakan, semua bahan harus ditunjukkan kepada Konsultan Pengawas beserta ketentuan / persyaratan jaminan pabrik untuk mendapatkan persetujuannya. Bahan yang tidak disetujui harus diganti tanpa biaya tambahan. - Jika dipandang perlu diadakan penukaran / penggantian, bahan pengganti harus disetujui oleh Konsultan Pengawas berdasarkan contoh yang diajukan Kontraktor.
PT. Jasa Ferrie Pratama

77

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI

BAB - 12 PEKERJAAN PENGECATAN
ARSITEKTUR

-

- Untuk pekerjaan cat di daerah terbuka, jangan dilakukan dalam keadaan cuaca lembab dan hujan atau keadaan angin berdebu, yang akan mengurangi kualitas pengecatan dalam keadaan terlindung dari basah dan lembab ataupun debu. - Permukaan bahan yang akan dicat harus benar-benar sudah dipersiapkan untuk pengecatan, sesuai persyaratan pabrik cat dan bahan yang bersangkutan. Permukaan yang akan dicat harus benarbenar kering, bersih dari debu, lemak / minyak dan noda-noda yang melekat. - Setiap pengecatan yang akan dimulai pada suatu bidang, harus mendapat persetujuan dari Konsultan Pengawas. Sebelum memulai pengecatan, Kontraktor wajib melakukan percobaan untuk disetujui Konsultan Pengawas. - Kontraktor tidak diperkenankan memulai suatu pekerjaan di suatu tempat bila ada kelainan / perbedaan di tempat itu sebelum kelainan tersebut diselesaikan. - Bila ada kelainan dalam hal apapun antara gambar dan lain-lainnya, maka Kontraktor harus segera melaporkannya kepada Konsultan Pengawas. - Kontraktor wajib memperbaiki/mengulangi/menggantikan kerusakan yang terjadi selama masa pelaksanaan dan masa garansi, atas beban biaya Kontraktor selama kerusakan bukan disebabkan oleh tindakan Pemberi Tugas.

2) Teknis - Lakukan pengecatan dengan cara terbaik, yang umum dilakukan kecuali spesifikasi lain. Jadi urutan pengecatan, penggunaan lapisanlapisan dasar dan tebal lapisan penutup minimal sama dengan persyaratan pabrik. Pengecatan harus rata, tidak bertumpuk, tidak bercucuran atau ada bekas-bekas yang menunjukkan tanda-tanda sapuan, semprotan dan roller. - Sapukan semua dasar dengan cat dasar memakai kuas, penyemprotan hanya diijinkan dilakukan bila disetujui Konsultan Pengawas. - Pengecatan kembali dilakukan bila ada cat dasar atau cat akhir yang kurang menutupi, atau lepas. Pengulangan pengecatan dilakukan sebagaimana ditunjukkan oleh Konsultan Pengawas, serta harus mengikuti petunjuk dan spesifikasi yang dikeluarkan pabrik yang bersangkutan. - Pembersihan permukaan harus mendapat persetujuan, pekerjaan termasuk penggunaan ongkos, pencucian dengan air, maupun pembersihan dengan kain kering.

PT. Jasa Ferrie Pratama

78

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI

BAB - 12 PEKERJAAN PENGECATAN
ARSITEKTUR

-

- Kerapian pekerjaan cat ini dituntut untuk tidak mengotori dan mengganggu pekerjaan finishing lain, atau pekerjaan lain yang sudah terpasang. Pekerjaan yang tidak sempurna diulang dan diperbaiki atas tanggungan Kontraktor.

d. Pengujian Mutu Pekerjaan - Sebelum melaksanakan pekerjaan, Kontraktor wajib melakukan percobaan atas semua pekerjaan yang akan dilaksanakan atas biaya sendiri. Pengecatan yang tidak disetujui Konsultan Pengawas harus diulangi / diganti, atas biaya Kontraktor. - Pada waktu penyerahan, pabrik dengan Kontraktor harus memberi jaminan selama minimal 2 tahun atas semua pekerjaan pengecatan, terhadap kemungkinan rusaknya warna karena cuaca dan kerusakan cat lainnya. - Konsultan Pengawas wajib menguji semua hasil berdasarkan syarat-syarat yang telah diberikan baik oleh pabrik maupun atas petunjuk Konsultan Pengawas. Peralatan untuk pengujian disediakan oleh Kontraktor. - Pengawas berhak minta pengulangan pengujian bila dianggap perlu. - Dalam hal pengujian yang telah dilakukan dengan baik atau kurang memuaskan, maka biaya pengujian / pengulangan pengujian adalah termasuk tanggung jawab Kontraktor.

e. Pengamanan pekerjaan - Daerah-daerah yang sedang dicat agar ditutup dari pekerjaan-pekerjaan lain, maupun kegiatan lain dan juga daerah tersebut terlindung dari debu dan kotoran lainnya sampai cat tersebut kering. - Lindungi pekerjaan ini dan juga pekerjaan atau bahan lain yang dekat dengan pekerjaan ini seperti fiting-fiting, kosen-kosen dan sebagainya dengan cara menutup / melindungi bagian tersebut selama pekerjaan pengecatan berlangsung. Kontraktor bertanggung jawab memperbaiki atau mengganti bahan yang rusak akibat pekerjaan pengecatan tersebut.

PT. Jasa Ferrie Pratama

79

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI
02. PENGECATAN LANGIT-LANGIT GYPSUM

BAB - 12 PEKERJAAN PENGECATAN
ARSITEKTUR

-

a. Lingkup Pekerjaan Pekerjaan ini meliputi pengecatan seluruh permukaan langit-langit gypsum board, dengan finishing cat, sesuai dengan gambar dan petunjuk Konsultan Pengawas.

b. Persyaratan Bahan Cat serta pelapis lain yang digunakan adalah produksi PT. ICI INDONESIA mutu terbaik, yaitu terdiri dari : - ICI Alkali Resisting Primer A 931 – 1050 - ICI Acrylic Wall Filler A 931 – U 9001 - ICI Vinyl Acrylic Emulsion A 921 Dengan warna-warna yang akan ditentukan kemudian.

c. Pelaksanaan 1. Sebelum dilakukan pengecatan pada permukaan langit-langit harus diperhatikan mengenai : - Profil yang diminta sesuai dengan berdasarkan peil-peil yang ditentukan. gambar sudah dilakukan,

- Permukaan langit-langit harus datar dan sempurna sesuai dengan pola yang telah ditentukan. - Pada permukaan langit-langit tidak terjadi lubang-lubang atau cacat lain. - Seluruh bidang pengecatan sudah bersih dari segala noda atau kotoran/debu. - Tekstur hasil semprotan cat harus merata.

2. Pada pemukaan langit-langit yang sudah siap untuk dicat, dilakukan pengecatan dengan lapisan-lapisan sebagai berikut : 1 lapis ICI Alkali Resisting Primer A 931 - 1050 1 lapis ICI Acryric Wall Filler A 921 – U 9001 1 lapis ICI Vinyl Acrylic Emulsion A 921

PT. Jasa Ferrie Pratama

80

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI
03.

BAB - 12 PEKERJAAN PENGECATAN
ARSITEKTUR

-

PENGECATAN LANGIT-LANGIT DAN DINDING BETON EXPOSE

a. Lingkup Pekerjaan Pekerjaan ini meliputi pengecatan seluruh permukaan langit-langit dan dinding beton eksposed sesuai dengan gambar atau petunjuk Konsultan Pengawas.

b. Persyaratan Bahan ICI Vinyl Acryric Emulsion A 921 Plamur digunakan cat produksi ICI sesuai dengan ketentuan pabrik yang sudah disetujui Konsultan Pengawas. Bahan-bahan lain sesuai dengan yang disyaratkan oleh Pabrik.

c. Pelaksanaan - Pekerjaan harus dilaksanakan dengan cara “full system” sesuai dengan ketentuan pabrik. - Sebelum dilakukan pengecatan pada permukaan langit-langit harus diperhatikan mengenai : Profil yang diminta sesuai dengan gambar sudah dilakukan, berdasarkan peil-peil yang ditentukan. Permukaan langit-langit harus datar dan sempurna sesuai dengan pola yang telah ditentukan. Pada permukaan langit-langit tidak terjadi lubang-lubang atau cacat lain. - Permukaan langit-langit yang sudah siap dicat, terlebih dahulu harus diplamur dengan bahan plamur yang sudah disetujui Konsultan Pengawas. - Plamuran dilakukan bilamana permukaan sudah sempurna, tidak terdapat retak-retak dan dilakukan setelah ada persetujuan Konsultan Pengawas. - Pengecatan dilakukan dengan menggunakan alat kuas atau roller, dimana penggunaan alat-alat tersebut disesuaikan dengan keadaan lokasinya. - Setiap kali lapisan pada cat akhir dilakukan harus menghindarkan terjadinya sentuhan-sentuhan selama 1,5 sampai 1 jam. - Pengecatan akhir harus dilakukan secara ulang paling sedikit selama 2 (dua) jam kemudian.

PT. Jasa Ferrie Pratama

81

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI
04. PENGECATAN DINDING

BAB - 12 PEKERJAAN PENGECATAN
ARSITEKTUR

-

a. Lingkup Pekerjaan Pekerjaan ini meliputi pengecatan dinding seperti yang dinyatakan dalam gambar dan petunjuk Konsultan Pengawas, antara lain : - Pengecatan seluruh dinding bangunan bagian luar seperti dalam gambar dan petunjuk Konsultan Pengawas. - Pengecatan dinding bangunan bagian dalamseperti dinding ruang tangga, service dan lain-lain sesuai gambar dan petunjuk Konsultan Pengawas.

b. Persyaratan Bahan 1. Untuk dinding bangunan bagian luar : - Cat dasar ICI Alkali Resisting Primer A 931 - 1050 - ICI Acrylic Wall Filler A 913 – 49001 - ICI Weathershield A 918 - Bahan-bahan lain sesuai dengan yang disyaratkan oleh Pabrik. 2. Untuk dinding bangunan bagian dalam : - Plamur digunakan produksi ICI sesuai dengan ketentuan pabrik yang sudah disetujui Konsultan Pengawas. - ICI Vinyl Acrylic Emulsion A 921 - Bahan-bahan lain sesuai dengan yang disyaratkan oleh pabrik. 3. Untuk dinding bangunan bagian dalam dari ruang OK dan Recovery : - Cat ex JOTUN atau setara, dengan type Majestic Optima Anti Bacterial. Dengan ketentuan pengerjaan sesuai dengan spesifikasi dari pabrikan. 4. Warna-warna akan ditentukan kemudian.

c. Pelaksanaan 1 Pekerjaan harus dilaksanakan dengan cara “full system” sesuai dengan ketentuan pabrik. Sebelum dilakukan pengecatan pada permukaan dinding tersebut, maka harus diperhatikan permukaan plesterannya dari : Profil yang diminta sesuai dengan gambar sudah dilakukan, berdasarkan peil-peil yang ditentukan. Permukaan plesteran harus datar dan sempurna sesuai dengan pola yang telah ditentukan. Permukaan plesteran telah diberi lapisan aci dengan hasil yang rata dan halus.
82

2

-

-

PT. Jasa Ferrie Pratama

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI
-

BAB - 12 PEKERJAAN PENGECATAN
ARSITEKTUR

-

Seluruh bidang pengecatan sudah bersih dari segala noda-noda atau kotoran/debu.

3. Bila pengecatan dilakukan di atas permukaan dinding tidak diplester, maka Kontraktor harus memeriksa apakah permukaan dinding sudah bersih dari noda, seperti yang disyaratkan. 4. Setelah permukaan dinding siap untuk dicat, dilakukan pengecatan dengan lapisan-lapisan sebagai berikut : - Untuk dinding bangunan bagian luar : • Lapis cat dasar ICI Alkali Resisting Primer A 931 – 1050 • 1 lapis ICI Acrylic Wall Filler A 913 – 49001 • 2 lapis ICI Weathershield A 918 - Untuk dinding bangunan bagian dalam • 1 lapis Plamur Non ICI • 2 lapis ICI Vinyl Acrylic Emulsion A 921 5. Pengecatan dilakukan dengan menggunakan alat kuas atau roller, dimana penggunaan alat-alat tersebut disesuaikan dengan keadaan lokasinya dengan mutu yang baik. 6. Setiap kali lapisan pada cat akhir dilakukan harus dihindarkan terjadinya sentuhan-sentuhan selama 1,5 sampai 1 jam. Pengecatan akhir harus dilakukan secara ulang paling sedikit selama 2 (dua) jam kemudian.

PT. Jasa Ferrie Pratama

83

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI

BAB - 12 PEKERJAAN PENGECATAN
ARSITEKTUR

-

05.

PENGECATAN BESI

a. Lingkup Pekerjaan Pekerjaan ini meliputi pengecatan besi atau baja dan detail lain yang disebutkan dalam gambar serta sesuai dengan petunjuk Konsultan Pengawas.

b. Persyaratan Bahan Cat yang dipakai adalah produk ICI yang terdiri dari : ICI QD Metal Primer Chromate A 540 – 4900 ICI Super Gloss A 365 Bahan-bahan lain sesuai dengan yang disyaratkan oleh pabrik

c. Pelaksanaan 1. Pekerjaan harus dilaksanakan dengan cara “full system” sesuai dengan ketentuan pabrik. 2. Kontraktor harus menyerahkan surat jaminan mutu dari pabrik pembuat cat tersebut serta cara pelaksanaan sesuai dengan ketentuan dari pabriknya. 3. Besi yang dicat harus dibersihkan dari karat, minyak dan kerak dengan cara menggosok, menyikat dengan alat sikat baja, kemudian harus segera ditutup cat, dengan lapisan-lapisan sebagai berikut : - 1 lapis ICI QD Metal Primer Chromate A 540 – 4900 - 2 lapis ICI Super Gloss A 365 4. Setiap kali lapisan pada cat akhir dilakukan, harus dihindarkan terjadinya sentuhan selama 1,5 – 1 jam.

PT. Jasa Ferrie Pratama

84

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI
06. PEKERJAAN FINISHING MELAMIC

BAB - 12 PEKERJAAN PENGECATAN
ARSITEKTUR

-

a. Lingkup Pekerjaan Pekerjaan ini meliputi pekerjaan finishing melamic kayu untuk pekerjaan kayu halus (interior) seperti kusen pintu dan jendela kayu, daun pintu dan jendela kayu, railing tangga dan void kayu, dan bagian-bagian lain sesuai dengan gambar.

b. Persyaratan bahan Jenis cat melamic yang digunakan untuk pengecatan kayu halus (interior) adalah DANAPAINTS atau setara, yang merupakan cat pelitur dari bahan polyurethane berwarna transparan.

c. Pelaksanaan 1 Semua pelaksanaan pekerjaan melamic dilaksanakan dengan full system dengan mengikuti ketentuan-ketentuan dari pabrik cat yang telah disetujui oleh Pemberi Tugas / Konsultan Perencana yaitu produksi dari Danapaints atau setara. Yang termasuk pekerjaan ini adalah seluruh bidang-bidang pekerjaan kayu yang terlihat di dalam bangunan, termasuk panil-panil,lis-lis, kayu, pekerjaan interior plint, serta bagian-bagian lain yang ditentukan dalam gambar. Semua permukaan kayu yang hendak di melamic, dibersihkan dari debu, minyak dan kotoran yang mungkin melekat disitu. Sesudah betul-betul bersih, digosok dengan ampelas kayu, agar seluruh permukaan kayu rata dan licin, tidak lagi terdapat serat yang tidak rata pada permukaan kayu tersebut. Apbila seluruh permukaan kayu sudahlicin, pori-pori kayu harus tertutup dengan melamic wood filter secukupnya, kemudian digosok dengan kain sampai halus dan rata. Permukaan kayu yang telah diplamur dengan wood filter tersebut dihaluskan dengan amplas duco yang halus, kemudian debu bekas amplas tersebut dibersihkan. Pembuatan wood filter dilakukan dengan mencampurkan 10 bagian sanding sealer 421 – 2917 dengan bagian hardener 873 – 0802 merk Danapaints atau setara dan ditambahkan dengan baik secukupnya, wood filter diaplikasikan dengan kape sampai pori-pori tertutup sempurna dengan diamplas duco yang halus untuk setiap lapisan. Dibutuhkan 2 – 3 lapis cat dasar, setiap lapisan harus di amplas sempurna sehingga diperoleh permukaan yang halus dan rata.
85

2

3

4

5

6

7

PT. Jasa Ferrie Pratama

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI
8

BAB - 12 PEKERJAAN PENGECATAN
ARSITEKTUR

-

Pewarna dipakai Danastai 890 dengan daya sebar 8 – 10 m2 per-liter satu lapis. Warna akan ditentukan kemudian oleh Pemberi Tugas / Konsultan Perencana. Sanding Sealer 421 – 2917 sebagai cat dasar dicampur dengan hardener 873 – 0802 serta diencerkan dengan thinner 803 – 0030. Perbandingan campuran adalah 10 bagian Sanding Sealer + 1 bagian hardener + thinner secukupnya.

9

10 Cat akhir dipakai Plastofix 421 – 1512 produksi dari Danapaints atau setara. Ulaskan Plastofix lapis 1 dengan rata dan sempurna dan amplas, kemudian ulaskan Plastofix lapis ke 2, dan yang terakhir lapis 3 adalah lapisan finished tidak perlu diamplas. 11 Hasil akhir pekerjaan cat melamic harus merupakan bidang yang utuh, rata, halus / licin, tidak ada bagian yang belang dan harus dijaga dari pengotoran-pengotoran.

PT. Jasa Ferrie Pratama

86

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI
07.

BAB - 12 PEKERJAAN PENGECATAN
ARSITEKTUR

-

PENGECATAN MARKA JALAN (TRAFFIC PAINTER)

a. Lingkup Pekerjaan Pekerjaan ini meliputi pengecatan seluruh marka jalan termasuk garis-garis parkir sesuai dengan gambar.

b. Persyaratan bahan Jenis cat yang digunakan untuk marka jalan adalah menggunakan cat

DANAPAINTS, atau setara (full system).

c. Pelaksanaan 1. Pelaksanaan pengecatan marka jalan ini harus dilaksanakan dengan full system sesuai dengan ketentuan pabrik pembuatnya, dan dilaksanakan oleh tenaga-tenaga ahli untuk pekerjaan ini. Yang termasuk dalam pekerjaan cat marka jalan adalah pembuatan / pengecatan marka jalan (lajur parkir), dan lain-lain sesuai dengan gambar rencana. Cat yang digunakan adalah produksi Danapaints (full system) jenis Glass Beads Premix seri 898-0734 dan Acrylic Traffic Paints serie 898, atau dapat digunakan jenis cat yang setara. Cara pelaksanaannya adalah dengan sistem premix yaitu dengan mencampurkan Glass Beads Premix serie 898-0734 kedalam Acrylic Traffic Paint serie 898 dengan perbandingan ± 300 gram Glass Beads untuk setiap liter cat tersebut. Pengecatan dilaksanakan dengan sistem spray dengan peralatan yang khusus untuk pengecatan jalan. Kemudian diatas garis yang memakai sistem premix tersebut ditaburkan Glass Beads Drop On serie 898-0733. Pekerjaan pengecatan marka jalan harus dilaksanakan sesuai dengan cara yang ditentukan oleh pabriknya. Hasil pengecatan marka jalan harus baik, rapih dan tidak boleh ada noda-noda yang mengotori bagian permukaan jalan atau bagian-bagian lainnya. Bila terdapat noda-noda yang mengotori bagian-bagian yang lain, maka Kontraktor harus membersihkan atau memperbaiki hingga seperti keadaan semula.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

AKHIR BAB
PT. Jasa Ferrie Pratama

87

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->