P. 1
Contoh RKS Elektrikal - 10 Sistem Nurse Call

Contoh RKS Elektrikal - 10 Sistem Nurse Call

|Views: 1,046|Likes:
Published by nusantara knowledge

More info:

Published by: nusantara knowledge on Feb 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2013

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI

DAFTAR ISI

ELEKTRONIKA :

BAB – 10 SISTEM NURSE CALL

HAL

01. 02. 03. 04. 05. 06. 07. 08. 09. 10. 11. 12. 13. 14.

UMUM ………………………………………………….………… STANDARD & PERATURAN REFERENSI……………………

252 252

PERALATAN YANG DIGUNAKAN …………………….. ……

252

SISTEM NURSE CALL………………………………………….

252

GAMBAR KERJA ……………………………………………….

252

PENGOLAHAN PEKERJAAN …………………………………

253

PEKERJAAN INSTALASI……………… ……………………..

253

PEMASANGAN KABEL ……………………………………….

253

PEKERJAAN SAMBUNGAN KEBEL ………………………..

253

PELINDUNG KABEL ………………………………………….

254

PERSYARATAN KERJA ……………………………………..

254

PENYELESAIAN PEKERJAAN ………………………………

254

PENYERAHAN PEKERJAAN ………………………………...

255

DAFTAR MATERIAL ………………………………………….

256

PT. Jasa Ferrie Pratama

251

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI
01. Umum

ELEKTRONIKA :

BAB – 10 SISTEM NURSE CALL

Untuk mengetahui adanya pemanggilan pasien ataupun team medis lainnya ke para perawat pada stasiun perawat tertentu, digunakan sistem instalasi nurse call, dimana selain pemberitahuan secara bell berbunyi juga secara visual ditunjukkan ruang mana indicator yang memanggil, sehingga pasien yang memerlukan bantuan para perawat dapat respon yang cepat dari para perawat.

02.

Standard dan Peraturan / Referensi
a. b. c. Peraturan-peraturan yang dikeluarkan oleh Departement Kesehatan. Peraturan Umum Instalasi Listrik – Indonesia tahun 2000. Peraturan W.H.O.

03.

Peralatan yang digunakan
a. b. c. d. e. f. g. h. i. j. Master unit nurse call Nurse call push button Nurse reset push button Flasher Corridor bulk head light Bugger Call switch in lavatory / bath room Reset switch in lavatory / bath room Remote unit Power supply 24 V.

04.

Sistem Nurse Call
Sistem nurse call untuk rumah sakit berfungsi untuk : Pekerjaan pemanggilan perawat dengan menekan tombol tekan baik di bangsal tempat tidur ataupun pada keadaan darurat dapat ditekan pada ruang kamar mandi dan toilet. Apabila panggilan telah ditanggapi oleh salah seorang perawat maka panggilan dari pasien akan di-reset oleh perawat yang merespon panggilan tersebut.

05.

Gambar Kerja
Pemborong harus menyerahkan gambar-gambar kerja (shop drawings) untuk disetujui MK. Gambar kerja (shop drawings) harus diserahkan kepada MK selambat-lambatnya 30 hari sebelum pelaksanaan pemasangan.

PT. Jasa Ferrie Pratama

252

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI
06. Pengolahan/Pekerjaan

ELEKTRONIKA :

BAB – 10 SISTEM NURSE CALL

Pemborong harus melaksanakan pekerjaan pemasangan/ instalasi nurse call sesuai dengan cara-cara dan petunjuk pabrik pembuat dan atas petunjuk MK. Gambar-gambar dan persyaratan teknis ini merupakan ketentuan yang harus diikuti oleh Pemborong didalam melaksanakan pekerjaan ini.

07.

Pekerjaan Instalasi/Pemasangan Kabel
a. Pemborong harus melaksanakan instalasi kabel dari terminal box keseluruh extension dengan menggunakan bahan yang telah ditentukan seperti didalam gambar-gambar dan persyaratan teknis ini. Dari MDF diruang Nurse Call ditarik kabel kesetiap terminal Intermediate Distribution Frame (IDF) yang jumlahnya sama dengan kapasitas terminal box tersebut.

b.

08.

Pekerjaan Sambungan Kabel
a. Semua sambungan baik yang berada di MDF maupun diterminal box, harus memakai terminal strips tanpa solder, dan harus dipathing antara kabel keluar dan kabel masuk. b. Tidak diperkenankan adanya sambungan kabel didalam atau pada sambungan pipa instalasi, semua sambungan harus berada diterminal box tanpa solder.

09.

Pelindung Kabel
a. Pemborong harus memberikan pelindung kabel instalasi berupa pipa-pipa PVC didalam gedung/ruang pada semua instalasi telepon. Dan pelindungan kabel dengan pipa galvanis (GIP) pada instalasi yang menyeberangi jalanan, area yang perlu perlindungan mekanis seperti yang tercantum pada gambar. b. Pada setiap jarak tarikan maksimum 12 meter atau pada setiap belokan atau pada ujung dan pangkal suatu persimpangan/crossing dengan jalan harus disediakan bak kontrol dari pasangan batu bata, penutup dari beton bertulang yang mudah dibuka dengan bentuk serta ukuran yang sesuai seperti tercantum dalam gambar.

PT. Jasa Ferrie Pratama

253

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI
10. Persyaratan Kerja

ELEKTRONIKA :

BAB – 10 SISTEM NURSE CALL

a. Pemborong harus mempelajari dan memahami lokasi pekerjaan setempat dan gambar-gambar rencana yang secara umum menunjukan tata letak, instalasi dan lain-lain. Pemborong harus melakukan penyesuaian dengan keadaan dilapangan sehubungan dengan adanya beda tinggi dan keadaan sebenarnya dilapangan. b. Pemborong harus menempatkan secara tetap/full time seorang koordinator yang ahli dalam bidangnya, berpengalaman dalam pekerjaan yang serupa dan dapat sepenuhnya mewakili Pemborong dengan predikat baik. c. Tenaga pelaksana lainnya harus dipilih hanya yang sudah berpengalaman dan mampu menangani pekerjaan ini secara aman, kuat dan rapi.

11.

Pengujian Pekerjaan
a. Seluruh instalasi kabel dan peralatan harus diuji terlebih dahulu sebelum dihubungkan dengan Nurse Call. b. Pemborong harus dapat memperagakan bahwa seluruh sistem dapat bekerja dengan sempurna dan sesuai seperti yang dimaksud. c. Seluruh pekerjaan tersebut baru dapat dianggap selesai dan diterima, bila telah diperiksa dan diuji oleh PT. Telkom dan dinyatakan baik serta mendapatkan "sertifikat lulus uji" d. Pemborong harus menyerahkan jadwal waktu tentang keperluan pengujian yang akan diselenggarakannya dan cara-cara pelaksanaan pengujian tersebut selambat-lambatnya 14 hari sebelum waktu pengujian, kepada MK. e. Seluruh biaya dan pelaksaan pengujian yang harus dilakukan sehubungan dengan pekerjaan ini, adalah sepenuhnya menjadi beban dan tanggung jawab Pemborong. f. Terhadap kegagalan-kegagalan pengujian Pemborong harus melaksanakan penggantian-penggatian bahan dan pekerjaan atau memperbaikinya menurut pendapat MK (Pengawas Lapangan) dengan tanpa adanya tambahan untuk penggantian atau perbaikan pekerjaan yang gagal tersebut.

12.

Penyelesaian Pekerjaan
Pemborong harus melaksanakan perbaikan-perbaikan terhadap bidang-bidang dinding atau bagian-bagian lain yang cacat/rusak akibat pelaksaan instalasi pekerjaan ini, dengan biaya sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemborong.

PT. Jasa Ferrie Pratama

254

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI
13. Penyerahan Pekerjaan
a. Dokumen Terlaksana

ELEKTRONIKA :

BAB – 10 SISTEM NURSE CALL

1. Pemborong harus membuat catatan-catatan yang cermat dari penyesuaianpenyesuaian pelaksanaan pekerjaan dilapangan. Catatan tersebut harus dituangkan dalam 2 (dua) set lengkap gambar sephia dan 3 (tiga) set gambar cetak biru (blue print) sebagai gambar-gambar sesuai pelaksaan (as built drawings). 2. Pemborong harus meyerahkan pada MK, Dokumen terlaksana yang terdiri dari gambar-gambar sesuai pelaksanaan (as built drawings) dan 3 (tiga) copy hasil pelaksanaan pengujian yang telah dilakukan oleh pihak yang berwenang dan telah di sahkan, selambat-lambatnya 1 (satu) minggu setelah pekerjaan selesai.

b.

Pedoman Penggunaan Pemborong harus menyerahkan 3 (tiga) set lengkap buku-buku pedoman penggunaan (operation manual) sistem Nurse Call yang telah terpasang, dari pabrik pembuat.

c.

Jaminan Pekerjaan Pemborong harus memberikan jaminan (garansi) dan service secara cumacuma selama tidak kurang dari 1 (satu) tahun terhitung sejak saat penyerahan pekerjaan. Dalam jangka waktu tersebut Pemborong harus segera mengganti dengan peralatan yang baru atau memperbaiki peralatan yang rusak/cacat akibat kesalahan Pabrik, Workmanship atau Engineering.

d.

Persyaratan Bahan/Material 1. Semua material yang disupply dan dipasang oleh Pemborong harus baru dan material tersebut khusus untuk pemasangan di daerah tropis, materialmaterial haruslah dari produk dengan kwalitas baik dan dari produk yang terbaru. Untuk material-material yang disebut dibawah ini, maka Pemborong harus menjamin bahwa barang tersebut adalah baik dan baru, dengan jalan menunjukkan surat order pengiriman dari dealer/agen (pabrik), serta sebelum pemasangan harus mendapat persetujuan tertulis dari Perencana/MK. 2. Pemborong harus bersedia mengganti material yang tidak disetujui, karena menyimpang dari spesifikasi tanpa biaya extra. 3. Untuk komponen dari material, yang mungkin yang mudah diperoleh di pasaran bebas. sering diganti harus dipilih
255

PT. Jasa Ferrie Pratama

RSU “KASIH IBU “- EXTENSION DENPASAR - BALI
4. Daftar Material

ELEKTRONIKA :

BAB – 10 SISTEM NURSE CALL

Untuk semua material yang ditawarkan, maka Pemborong wajib mengisi daftar material yang menyebutkan : merk, type, model, kelas, lengkap dengan brosur/katalog yang dilampirkan pada waktu tender. Tabel daftar material ini diutamakan untuk komponen-komponen yang berupa barang-barang seperti tertera pada daftar merk/produk material. 5. Penyebutan Merk/Produk Pabrik Apabila pada spesifikasi teknis ini atau pada gambar menyebutkan beberapa merk tertentu atau kelas mutu (quality performance) dari material atau komponen tertentu terutama untuk material peralatan yang utama, maka Pemborong wajib melakukan didalam penawarannya material yang dalam taraf mutu dan pabrik yang disebutkan itu. Apabila nanti selama proyek berjalan terjadi, bahwa material yang disebutkan pada tabel material tidak dapat diadakan oleh Pemborong, yang diakibatkan oleh sesuatu alasan yang sangat kuat dan dapat diterima Pemilik, MK dan Perencana, maka dapat dipikirkan pengganti merk/type dengan suatu sanksi tertentu kepada Pemborong.

14.

Daftar Material/Bahan
a. b. Nurse call station : Questek (Australia), Aipon.

Terminal Box Nurse Call Plat Baja dengan ketebalan 1,5 mm, cat powder coating, warna abu-abu muda : Ex- local. Kabel Conduit : Kabelindo, Supreme, Kabel Metal, Tranka. : EGA, Marshall Tuflex, Waller, Clipsal.

c. d.

AKHIR BAB
PT. Jasa Ferrie Pratama

256

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->