LAMPIRAN 9

FORMAT OBSERVASI KONDISI SEKOLAH *)
Universitas Negeri Yogyakarta

NPma. 2
Untuk mahasiswa

NAMA SEKOLAH ALAMAT SEKOLAH

: :

NAMA MAHASISWA : NOMOR MHS : FAK/JUR/PRODI :

NO 1

Aspek yang Diamati Kondisi fisik sekolah

Deskripsi Hasil SMA N 1 Depok menempati tanah seluas 7939 m2. Terdiri dari 8 unit bangunan. Kondisi fisik bangunan di SMA N 1 Depok cukup memadai untuk kegiatan belajar mengajar dan mempunyai tata letak gedung yang efisien. Terdapat juga fasilitas olahraga seperti Lapangan Basket dan Volley. Adapun Lapangan Upacara yang cukup luas. Beberapa ruangan yang ada sudah cukup bagus namun juga masih terdapat ruangan yang kurang pencahayaan sehingga kurang menunjang kegiatan KBM. Ruang workshop yang biasa digunakan untuk acara maupun kegiatan KBM,namun harus memesan terlebih dahulu. Saat ini SMA N 1 Depok sedang direnovasi sehingga keadaan sekolah sangat berantakan dikarenakan bahan bangunan yang terdapat di dalam maupun luar Sekolah. Jumlah total siswa pada tahun 2011/1012 adalah 625 , terdiri dari 6 rombongan belajar kelas X, 6 rombongan belajar kelas XI( dibagi menjadi 2 penjurusan yaitu IPA dan IPS masing- masing jurusan 3 rombongan belajar ) dan 6 rombongan belajar kelas XII(dibagi menjadi 2 penjurusan yaitu IPA dan IPS masing- masing jurusan 3 rombongan belajar ). Jumlah rata-rata siswa per rombongan

Keterangan

2

Potensi siswa

Kimia. Laboratorium IPA (Fisika. 7 Laboratorium Terdapat Laboratorium TIK dengan kondisi masih kurang rapi dan kurangnya computer karena hanya terdapat 32 komputer sedangkan siswa lebih dari jumlah computer sehingga harus ada 1 komputer untuk 2 siswa.LAMPIRAN 9 FORMAT OBSERVASI KONDISI SEKOLAH *) Universitas Negeri Yogyakarta NPma.Biologi). 5 Fasilitas KBM. Laboratorium Bahasa dengan beberapa peralatan yang rusak. OHP viewer. Bagi guru-guru setiap tahun dilaksanakan IHT (In House Training) di luar sekolah. 2 Untuk mahasiswa belajar adalah 36 siswa. 6 Perpustakaan Terdapat banyak buku-buku Fiksi maupun non Fiksi dan Koran. Buku-buku pelajaran juga ada dan cukup lengkap. LCD. Komputer dan juga alat Peraga. Tata letak perpustakaan sudah cukup rapi namun penataan buku masih kurang. terdiri dari 9 staf tatausaha PNS dan 13 tata usaha tidak tetap. 4 Potensi karyawan Jumlah seluruh karyawan di SMA N 1 Depok sebanyak22 orang. Sistem penerimaaan siswa dilakukan dengan menggunakan NEM siswa yang mendaftar. Prestasi siswa (waka kurikulum) 3 Potensi guru Guru berprestasi tiga kali tingkat kabupaten juara 2 dan 3. . Model. media Media yang digunakan seperti White board.

bentuk stuktur organisasi dalam ruang ini belum diganti dengan pengurus yang baru (Kepsek lama). bahaya tawuran dan hal-hal lain yang tidak boleh dilakukan oleh siswa. 2 Untuk mahasiswa 8 Bimbingan konseling Fisik BK : ruang BK sudah cukup bersih tetapi panataan tata ruang masih kurang rapi. Hal ini bertujuan untuk sharing antara siswa dengan para mahasiswa yang bersangkutan tentang perguruan tinggi mana yang kira-kira cocok untuk siswa. Selain itu. . Program2 dari BK untuk sekolah : 1. baik dari tempat duduk para guru bimbingan konseling maupun penataan barang-barang yang terdapat di atas meja para guru. Kegiatan ini bertujuan untuk memproteksi diri para siswa. 2. Pembinaan pribadi adalah program awal tahun dimana para siswa diberi pembekalan- pembekalan tentang bahaya narkoba. Untuk pointpoint pelanggaran yang dianggap penting masih dalam bentuk kertas hvs yang ditempel pada dinding di ruangan ini. Kelanjutan studi (edufaited) adalah progam tahunan beberapa dari BK dengan tinggi mendatangkan yang ada di perguruan Yogyakarta.LAMPIRAN 9 FORMAT OBSERVASI KONDISI SEKOLAH *) Universitas Negeri Yogyakarta NPma.

LAMPIRAN 9 FORMAT OBSERVASI KONDISI SEKOLAH *) Universitas Negeri Yogyakarta NPma. Hal ini bertujuan untuk menambah jam belajar siswa kelas XII sehingga siswa lebih dapat menyerap dan memahami materi yang akan diujikan pada Ujian Nasional serta lebih mempersiapkan siswa dalam mengikuti tes masuk Perguruan Tinggi. PMI. Pelajaran tambahan ini sendiri diadakan secara gratis dari sekolah dan para siswa wajib mengikutinya. basket. Sedangkan waktu sore dikhususkan untuk persiapan ke Perguruan Tinggi. seperti sekolahsekolah pada umumnya dibebaskan untuk mengikuti bimbingan belajar dari luar sekolah sesuai keinginan mereka. Waktu untuk pelajaran tambahan ini diadakan lima kali (3X waktu pagi dan2X waktu sore) dalam satu minggu. juga sangat memperhatikan prestasi siswa-siswanya dalam bidang non akademik. Waktu pagi dikhususkan sekolah untuk persiapan Ujian Nasiona (Intensifikasi)l. 10 Ektrakurikuler (Pramuka. drumband. dsb) SMAN 1 Depok selain berprestasi dalam bidang akademik. bagian kesiswaan menyelenggarakan sebuah bimbingan belajar atau pelajaran tambahan bagi para siswa kelas XII. Sekolah mendorong aktifitas belajar siswa dengan . Untuk para siswa kelas X dan XI. 2 Untuk mahasiswa 9 Bimbingan belajar Di SMA NEGERI 1 DEPOK.

voli. Jadwal untuk ekstrakurikuler dilaksanakan pada sore hari di luar jam pelajaran sehingga tidak bertabrakan dengan jadwal mata pelajaran dan tidak mengganggu aktifitas siswa. jurnalistik. pramuka. Ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh sekolah tidak hanya sebagai fasilitas semata akan tetapi merupakan ajang kompetensi yang sering pula dilombakan. karate. Ekstrakurikuler yang ada di SMAN 1 Depok ini sangat berfariasi sehingga dapat menunjang dan mewadahi potensi siswa agar bisa tersalurkan. beberapa PMI. 2 Untuk mahasiswa memfasilitasi mereka dengan berbagai ekstrakurikuler yang diselenggarakan di sekolah. footsal. Englsh club. Hal ini secara tidak langsung dapat membawa nama baik sekolah dan menggali secara mendalam . pala. dalam seminggu itu minimal 2 kali diadakan. Ekstrakurikuler diadakan setiap 1 minggu sekali. cheerleaders. diantaranya yaitu membatik.LAMPIRAN 9 FORMAT OBSERVASI KONDISI SEKOLAH *) Universitas Negeri Yogyakarta NPma. Sekolah bagi mewajibkan ekstrakurikuler siswanya. dll. bahasa jepang. Ekstrakurikuler yang banyak diminati siswa adalah cheerleaders dan English Club. Hal ini supaya tidak terlalu membebani siswa karena siswa pun pastinya mempunyai aktifitas lain di luar sekolah. diantara ektrakurikuler yang diwajibkan antara lain KIR dan Pramuka.

Banyak juga kejuaraan yang berhasil diraih oleh SMAN 1 Depok dalam bidang ekstrakuler ini. akan tetapi belum sampai pada tingkat nasional. 2 Untuk mahasiswa kemampuan potensi siswa dalam bidang non akademik. dinding) 14 Karya tulis ilmiah remaja .LAMPIRAN 9 FORMAT OBSERVASI KONDISI SEKOLAH *) Universitas Negeri Yogyakarta NPma.Lemari dan kotak P3K. Ruangannya masih kurang karena lantai kotor dan terlihat kusam. 13 Administrasi (karyawan. misalnya seperti karate yang berhasil mendapat kejuaraan sampai tingkat nasional. Dari 3 tahun berturutturut itu SMAN 1 Depok selalu mengikutinya dari tingkat Provinsi. sedangkan yang menjadi program andalan sejak tahun 2008 Ekspora yaitu OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia). sekolah. 11 Organisasi dan fasilitas OSIS 12 Organisasi dan fasilitas UKS Fasilitas ruang UKS ini terdapat 1 tempat tidur. Tidak mengapa karena ini merupakan sebuah proses yang nantinya mudahmudahan bisa terwujud. 1 kipas angin.

CCA 2007. kertas HVS. Juara 2 yaitu pidato keagamaan. sabuk.hasduk. Juara 3 yaitu CCA 2006. Folio. kotak infak dan Mukena yang disediakan bersih dan banyak. terdapat 2 kamar mandi ( 1 pria. Juara 1 yaitu CCA 2000 MSQ 2007. ada pula AlQuran dengan jumlah banyak. buku gambar. Di koperasi ini menjual seperti Alat tulis.LAMPIRAN 9 FORMAT OBSERVASI KONDISI SEKOLAH *) Universitas Negeri Yogyakarta NPma.Kaligrafi 2006. Letak koperasi sendiri kurang strategis sehingga membuat siswa kurang berminat. 18 Kesehatan lingkungan Kondisi kesehatan lingkungan di SMA N 1 Depok cukup baik. buku islami dan beberapa Piala kejuaraan. Terdapat UKS yang jarang digunakan . 1 wanita).bed OSIS.MHQ 2006. 2 Untuk mahasiswa 15 Karya Ilmiah oleh Guru 16 Koperasi siswa Koperasi Siswa dikelola oleh Siswa kelas XI namun sekarang sedang vakum dan kurangnya kegiatan. kertas buffalo.CCA 2001. Semuanya itu adalah kejuaraan tingkat Kabupaten Sleman. dilengkapi kran air wudlu untuk pria 11 buah namun yang 1 rusak dan untuk wanita terdapat 7 kran air.Lantai bersih. 17 Tempat ibadah Tempat ibadah di SMA N 1 Depok cukup luas. sampul buku tulis.topi OSIS.

2 Untuk mahasiswa dan pada saat ini kurang kondusif untuk digunakan karena dekat dengan lokasi pembangunan gedung baru.LAMPIRAN 9 FORMAT OBSERVASI KONDISI SEKOLAH *) Universitas Negeri Yogyakarta NPma. Namun karena terdapat pembangunan gedung baru sehingga mengganggu kondisi lingkungan SMA N 1 Depok. Secara keseluruhan kondisi lingkungan cukup sehat dan banyak pohon sehingga pasokan oksigen cukup baik dan tidak gesang. 19 Lain ±lain: Tempat parkir Fasilitas Olahraga Ruang Guru Toilet .

LAMPIRAN 9 FORMAT OBSERVASI KONDISI SEKOLAH *) Universitas Negeri Yogyakarta NPma. . Mahasiswa. 2 Untuk mahasiswa Yogyakarta. 4 Februari 2012 Koordinator PPL Sekolah.