Fungsi ATP sebagai ³alat bayar energi´ dalam metabolisme

Dr. Damajanty Pangemanan,MKes.AIFM

Model molekul ATP

Dua rantai fosfat yang terakhir dihubungkan dengan bagian sisa molekul oleh ikatan fosfat berenergi tinggi yang sangat labil sehingga dapat dipecah seketika bila dibutuhkan energi untuk meningkatkan reaksi sel lainnya .ATP   suatu nukleotida yang terdiri dari basa nitrogen adenin. gula pentosa ribosa dan tiga rantai fosfat.

glukosa dipecah menjadi piruvat di dalam sitosol. Tahap akhir dari sintesis ATP terjadi dalam mitokondria dan menghasilkan total 36 ATP. . namun seringnya dijumpai di mitokondria melalui proses fosforilasi oksidatif dengan bantuan enzim pengkatalisis ATP sintetase Bahan bakar utama sintesis ATP adalah glukosa dan asam lemak.Sintesis ATP dapat dihasilkan melalui berbagai proses selular. Mula-mula. Dari satu molekul glukosa akan dihasilkan dua molekul ATP.

setiap molekul ATP didaur ulang sebanyak 2000 hingga 3000 kali setiap hari. . Artinya.1 mol. Energi yang digunakan oleh sel manusia untuk melakukan hidrolisis dapat berjumlah 200 hingga 300 mol ATP per hari. karenanya sintesis harus segera diikuti dengan penggunaan.ATP dalam tubuh manusia Jumlah total ATP dalam tubuh manusia berkisar pada 0. ATP tidak dapat disimpan.

Lemak & Protein dipakai seluruhnya oleh sel untuk membentuk ATP yang dipakai sebagai sumber energi utk berbagai FUNGSI SEL. .Mengapa ATP fungsinya dipakai sebagai alat bayar? Karbohidrat . Secara Fungsional ATP dipakai sebagai medium pemindahan energi dari bahan makanan SEL semua mekanisme fisiologis yang memerlukan energi untuk kerjanya mendapatkan energi langsung dari ATP.

.ATP   Enzim-enzim oksidatif yang mengkatalis perubahan Adenosine Diphospate (ADP) menjadi ATP dengan serangkaian reaksi menyebabkan energi yang dikeluarkan dari pengikatan hidrogen dengan oksigen digunakan untuk mengaktifkan ATPase dan mengendalikan reaksi untuk membentuk ATP dalam jumlah besar dari ADP. dan cukup untuk berlangsungnya hampir semua langkah reaksi kimia dalam tubuh.3 kkal/mol. Bila ATP di urai secara kimia sehingga menjadi ADP akan menghasilkan energi sebesar 7.

000 kalori pada keadaan fisiologis yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan dan cukup untnk menjalankan semua reaksi kimia didalam tubuh . Energi bebasnya ± 7300 kalori atau 7. Sebanyak 12. Beberapa sifat ATP yg membuatnya bernilai tinggi sebagai alat bayar energi : 1.3 kilokalori 2.

2. sitoplasma sel melalui Anaerobic glikolisis dan b. Pembakaran as. Pembakaran Protein .lemak didalam mitokondria 3.Pembakaran KBH (terutama glukosa) berlangsung dalam a. mitokondria sel melalui Siklus ASAM SITRAT (siklus Krebs) Aeorobik.PRODUKSI ATP 1.

Fungsi ATP dalam proses Metabolisme Membangkitkan sintesis komponen seluler yg penting . Membangkitkan sekresi kelenjar Membangkitkan hantaran saraf . Membangkitkan kontraksi otot Membangkitkan transport aktif melewati membran.

 Sintesis as.Membangkitkan sintesis komponen seluler yg paling penting Proses intra sel yg penting & butuh ATP diantaranya adalah:  Pembentukan peptida diantara as.fosfolipid & hormon .  Sintesis glukosa dr asam laktat.lemak dr asetil koenzim A.Amino selama berlangsungnya sintesis protein.1.  Sintesis kolesterol.

Miosin merupakan salah satu protein kontraktil serabut otot yg bekerja sbg enzim.2. .yang me¶kan pemecahan ATP ADP terlepas Energi utk kontraksi.Membangkitkan kontraksi otot  Kontraksi otot tdk akan terjd tanpa adanya energi dari ATP.

3.amino &Aseto asetat dpt terjadi melawan gradien elektrokimia (lawan dr proses difusi) Butuh energi yg disediakan dlm btk ATP Absorpsi dari traktus intestinalis (usus) Absorpsi dari tubulus ginjal .as.Membangkitkan transport aktif melewati membran Transport aktif sebagian besar Elektrolit dan zat spt glukosa.

Membangkitkan sekresi kelenjar  Sekresi kelenjar yg melawan gradien konsentrasi butuh ATP .

Membangkitkan hantaran saraf Utk penyebaran impuls saraf butuh ATP yg berasal dr potensial energi yg disimpan dlm btk perbedaan konsentrasi dr ion membran Energi utk melewati setiap potensial aksi disepanjang membran serabut didptkn dr cadangan ini .

5 kkal/mol pada suhu tubuh) terutama di otot . melainkan Creatine Phospate (CP) yang mengandung ikatan phospate berenergi tinggi lebih banyak (9.Creatine Phospate (CP)  ATP bukan zat yang terbanyak disimpan sebagai ikatan phospate berenergi tinggi dalam sel.

. Efek ini mempertahankan konsentrasi ATP hampir pada tingkat puncak selama CP tetap di dalam sel. Dengan kandungan energi lebih tinggi antara CP terhadap ATP menyebabkan reaksi sangat menguntungkan ATP. dimana bila ATP mulai digunakan. energi dari CP dipindahkan dengan cepat kembali ke ATP. dimana pengunaan ATP yang paling kecilpun dalam sel mengeluarkan energi dari CP untuk mensistesis ATP baru.   CP dapat memindahkan energi dengan saling bertukar dengan ATP.

Creatine Phospate (CP) Fungsi Creatine Phospate (CP) sbg Depot Penyimpanan Cadangan Energi &Penyanggah ATP Creatine Phospate (CP) mengandung ikatan fosfat berenergi tinggi yang jumlahnya 3-8 kali lebih banyak di ATP tp tdk dpt bekerja sebagai agen pengganda langsung utk transfer energi diantara mknan & sist.fungsional sel tapi dapat saling transfer energi dgn ATP .

. Jika ATP mulai habis maka energi dlm CP ditransfer kembali dgn cepat menjadi ATP kemuddian menuju ke sistem fungsional sel.Bila ATP banyak tersedia dlm sel maka sebagian besar energinya dipakai utk sintesis Creatine Phospate (CP) yaitu sebagai cadangan energi.

 Dengan adanya CP konsentrasi ATP hampir konstan sehingga FK merupakan. st sistim penyanggah ATP krn hampir semua kecepatan reaksi metabolisme dlm tubuh bergantung pd ketetapan nilai ATP .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful