Panduan angka kredit

DRAFT

PANDUAN PENETAPAN ANGKA KREDIT BIDANG PENELJTIAN UNIVERSITAS LAMPUNG

LEMBAr A PENELITIAN UNIVERSITAS LAMPUNG BANDAR LAMPUNG
2005

S. Bandar Lampung.Si. penguraian. John Hendri. yaitu menghasilkan karya ilmiah dan hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan atau tidak dipublikasikan.KAT A PENGANTAR Sesuai dengan Surat Keputusan Menter. M. mengeditlmenyunting karya ilmiah. Akhir kata semoga Panduan Penetapan Angka Kredit Bidang Penelitian Universitas Lampung bermanfaat baik bagi Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional.. dan membuat rancangan dan karya teknologi..H. M. Negara Koordinator Bidang Pengawasan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 38!KEP/MK. yang telah berusaha menyelesaikan panduan ini. menerjemahkanlmenyadur buku ilmiah. Dengan tersusunnya panduan ini.H. NIP. Untuk menindaklanjuti surat keputusan ini perlu disusun Panduan Penetapan Angka Kredit Bidang Penelitian. Dosen. dan Hamdan. Heryandi.H. Panduan ini disusun dengan tujuan untuk menjamin bahwa penilaian dan penetapan angka kredit tersebut benar-benar sesuai dengan peraturan yang berlaku dan dapat dipertanggungjawabkan baik secara ilmiah maupun moral dalam rangka memperoJeh angka kredit kerika dosen mengusulkan kenaikan jabatanlpangkat serta untuk memberikan pedoman yang jelas dalam penilaian dan penetapan angka kredit terhadap unsur melaksanakan penelitian yang diusulkan sehingga menghindari penilaian yang subjektif Ruang lingkup panduan ini meliputi unsur-unsur kegiatan melaksanakan penelitian.S. Muhammad Akib. rancangan dan karya seni monumental/seni pertunjukkan/karya seni yang masih memerlukan penjelasan. 2002) yang menyatakan bahwa angka kredit untuk kegiatan melaksanakan penelitian adalah angka kredit maksimaI. 25 April 2005 Lembaga Penelitian Univeritas Lampung Ketua Dr. S.. Maizar Syafar. 131692050 . S.M. dan penjabaran lebih Ianjut.. WASPANJ81l999 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya yang tertera dalam buku Himpunan Peraturan Barn Tentang Angka Kredit Jabatan Dosen (Bagian Kepegawaian BAUK Unila.H.S. M.S05. S. Harsono Sucipto. dan pengelola kepegawaian Universitas Lampung. membuat rancangan dan karya teknologi yang dipatenkan. saya mengucapkan terima kasih kepada tim penyusun yang terdiri dari Drs.

DAFTAR lSI Halaman KATAPENGANTAR DAFTAR 1. IV.3 Mengedit/rnenyunting karya ilmiah diterbitkan dan diedarkan secara nasional 4.4 Membuat rancangan dan karya teknologi yang dipatenkan 10 II . rsr II PENDAHULUAN TUJUAN RUANG LINGKUP DEFINISI DAN PENET AP AN ANGKA KREDIT 4. III. HasiI penelitian atau hasil pernik iran yang tidak dipublikasikan tinggi) 4. Hasil penelitian atau hasil pemikiran dalam bent uk 1) B uku monograf 2) B uku referensi 3) Dalam j urnal atau majalah ilmiah " L! a) Internasional b) Nasional terakreditasi c) Nasional tak terakreditasi 4) Melalui seminar yang disajikan secara oral a) Tingkat internasional b) Tingkat nasional 5) Melalui seminar yang disajikan secara poster 6) Dalam koranlmajalah populer/umum 4 6 6 8 8 8 9 10 B.2 Menerjemahkan/menyadur buku ilmiah 10 (tersirnpan di perpustakaan perguruan 10 diterbitkan dan diedarkan secara nasional 4. II.1 Menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan 2 2 j 2 2 2 A.

karya seni monumental/seni intemasionaI.5 Membuat dan nasional rancangan dan 11 rancangan dan karya teknologi.6 Lain-lain pertunjukkan/karya sastra tingkat 12 nasional. dan lokaI 13 ]3 BUKU RUJUKAN III . 4.secara internasional 4.

masih memerlukan penjabaran lebih lanjut. melalui penilaian Berhubung angka kredit untuk kegiatan melaksanakan penetapan angka kredit beberapa butir-butir penelitian adalah angka maksimal. dan (5) membuat rancangan dan karya teknologi. WAS PAN/81 I999 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya. penguraian. membuat rancangan dan karya teknologi yang dipatenkan. dan I I I U. Melaksanakan penelitian merupakan salah satu unsur Tridhanna pendidikan penetapan dan pengajaran serta pengabdian Perguruan Tinggi (selain yang dinilai dalam Unsur dari hasil (2) (4) kcpada masyarakat).I I I J I. sofistikasi. dan peningkatan profesionalismenya hams I I I I I I I I J I melaksanakan penelitian. jabatan. Angka kredit untuk kegiatan melaksanakan bukan angka kredit absolut. TUJUAN Tujuan panduan penetapan Lampung adalah: a angka kredit bidang penelitian di lingkungan Universitas . karya ilmiah melaksanakan penelitian (1) menghasilkan atau atau hasil pemikiran buku dipublikasikan tidak dipublikasikan: karya menetjemahkan/menyadur (3) mengedit/menyunting ilrniah. dalam majalah nasional tidak terakreditasi. dan kemutakhiran. penelitian adalah angka kredit maksimal dan ini masih diberikan angka sejawat (peer review) Artinya dalam batas rambu-rambu kredit yang wajar bagi kasus masing-masing berdasarkan mutu. kenaikan angka kredit ketika dosen mengajukan penelitian tersebut meliputi yang ilmiah. dan lain-lain. rancangan dan karya seni monumental/seni pertunjukkan/karya seni. PENDAHULUAN dengan Surat dan Keputusan Menteri Negara Koordinator Negara Bidang Nomor: Pengawasan Sesuai Pembangunan Pendayagunaan Aparafur 38fKEP/MK. jabatan/pangkat. penjelasan. Untuk menjamin bahwa penilaian dan penetapan angka kredit benar-benar sesuai I dengan peraturan yang berlaku dan dapat diperranggungjawabkan baik secara ilmiah . dosen dalam membina karier kepangkatan. atau hasil kegiatan seperti hasil penelitian pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk monograf dan buku referensi.

. unsur melaksanakan penclitian sehingga menghindari penilaian yang subjektif.maupun moral dalam rangka memperoleh kenaikan jabatanipangkat.: Bidang Pengawasan Pembangunan Negara Nomor: 38/KEP /MK. Jebih Janjut. DEFINISI DAN PENETAPAN ANGKA KREDIT 4. Apabila Iebih dari dua topik.: topik pembahasan .:- seni yang masih memerlukan penjelasan. dan penjab2. IlL RUANG LINGKUP Ruang lingkup panduan penetapan angka kredit bidang penelitian ini meliputi unsur-un... Menghasilkan karya ilmiah A Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipublikasikan dalam bentuk: 1) Buku monograf adalah suatu tulisan ilmiah dalam bentuk buku yang substa": hanya pada satu hal saja dalarn suatu bidang iImu. tersebut.~'. dan karya seni monumental/se-..: ti._ . dan ~ karya ilmiah. \E_-.': Monograf pembahasannya merupakan selrurangnya masing-masing rangkuman berisikan dua topik pembahasan suatu bidang topik ditulis oleh satu orang atau tim penulis yang berbe. seorang atau tim atau salah satu anggota dari ::~ penulis diperkenankan hanya terlibat untuk dua topik pembahasan.~. yang dipatenkan. WASP AN/811999 yang meliputi (I) menghasilkan ilmiah dari hasil penelitian atau hasil pemikiran buku yang ilmiah. rujukan-rujukan Tiap-tiap Tiap-riap tc'~.. b angka kredit ketika dosen mengusulk. pembahasan mencantumkan hasil pemikiran rnaksimaI20.. Buku monogrr: hasil penelitian atau hasiI dalam pemikiran penults ilmu y2. .~::'_: mendapat angka kre. dipublikasikan atau k2. dipublikasikan: (2) menerjemahkan/menyadur (3) mengedit/menyunrr.. untuk menetapkan angka kreditnya. (4) membuat rancangan membuat rancangan pertunjukkan/karya dan karya teknologi rancangan dan karya teknologi. yang menunjang hasi' penelitian 2. ::.': kegiatan melaksanakan Negara Koordinator penelitian sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan dan Pendayagunaan MeD:~:Aparz . penguraian..:-. Untuk memberikan pedoman yang jeIas dalam penilaian dan penetapan angka kre.1.:. IV.z.

__ -.5 (nilai 4 tidak ada) : Diterima/ditolak {Batas penerimaan (passing grade)=300} 3 .3.5 X 23 em memiliki International Standard of Book Numbering System (ISBN) diterbitkan oleh Badan Ilmiah/Organisasi/Perguruan mempunyai lembaga penerbitan resmi (5) isi tidak menyimpang dari falsafah Paneasila dan UUD 1945 Tinggi yang Penetapan angka kredit Untuk penetapan angka kredit yang diperoleh dosen yang hasil penelitian atau hasil pemikirannya dipublikasikan dalam bentuk monograf atau buku referensi ditentukan dengan menilai unsur-unsur yang tertera dalam format tabel berikut: NO ] 2 3 UNSUR Originalitas (hasil_penelitian/pemikiran) Kesesuaian disiplin ilmu Persyaratan buku monograf dan referensi BOBOT SKOR NILAI A 40 30 30 100 B Ax~_ L ~. serta dilengkapi hasil penelitian atau hasil pemikiran dengan rujukan-rujukan tersebut. Syarat buku monograf dan referensi: (1) (2) (3) (4) tebal minimal 40 halaman (format UNESCO) ukuran 15. Buku referensi hams merupakan dari hasil penelitian atau hasil pemikiran dari satu orang atau tim yang saling berkaitan atau penulis yang sudah dikemas menjadi satu kesatuan berhubungan dalam satu bidang ilmu. Angka kredit yang menunjang maksimal untuk satu buku 40.2.2) Buku referensi Buku referensi adalah suatu tulisan i1miah dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya rangkuman pad a satu bidang ilmu.__ ~ Setiap kriteria diberi skor Hasil penilaian Alasan penolakan Catatan penilai : 1.

Namun jika anggotanya tersebut mendapat Y2 x 40% (= 2.6 untuk buku referensi). = 4. dan seterusnya. dosen angka kredit sebesar 60% (7.Untuk menetapkan angka kredit yang diperoleh. Apabila topik pembahasan (dalam buku monograf) dan buku referensi ditulis secara tim/kelompok.350 sehingga angka kredit yang diperoleh hanya 60% dari angka kredit maksimal.8 2. maka akan rnendapar 14.2 untuk monograf.4 untuk buku referensi. karya ilmiahnya dipublikasi dalam bentuk monograf dan buku referensi.8 untuk buku referensi). Angka kredit yang diperoleh adalah sebagai berikut: Karena memperoleh nilai 300. dari kegiatan melaksanakan penelitian. memperoleh nilai 300 yang berarti karya ilmiah tersebut diterima. berarti terletak pada range 300 . Setelah dinilai oleh Tim Penilai Kelayakan Publikasi. Jika dalam bentuk monografakan 60%x20 = mendapat nilai: 12 Jika dalam bentuk buku referensi akan mendapat nilai: 60%x40 =24. digunakan sistem selang seperti berikut: 300 .350 351 -400 401 . 3) a) Dalam jurnal atau majalah ilmiah Internasional Majalah ilmiah intemasional adalah majalah ilmiah yang terbit di negara lain yang memiliki reputasi yang tidak diragukan atau majalah ilmiah nasional terakreditasi 4 . sedangkan bila sebagai anggota (hanya 1 anggota) = untuk monograf.4 untuk monograf. akan mendapat 40% (= 4. dan dosen tersebut bertindak sebagai ketua. 9.450 >450 = 60% x angka kredit maksimal = 70% x angka kredit maksimal = 80% x angka kredit makscnal = 100% x angka kredit maksimal Contoh perhitungan penetapan angka kredit: Misalkan seorang dosen yang mengajukan kenaikan jabatan/pangkat.

. 2. Spanyol. Kriteria Jurnal Intcrnasional 1. bisa dilihat dari kemutakhiran dan daftar acuannya. topik lembaga mencenninkan Seyogyanya diterbitkan oleh himpunan profesi. Terbit teratur sesuai dengan jadwal yang ditentukan ]2. Juma1 berkua1itas (prestige). Artikel yang baik-baik yang dimuat.dari banyak negara 9. Memberi kesempatan penulis artikel membaca contoh cetak 15. bisa dilihat dari daftar penelaah naskahnya dan editorial board-nya yaitu pakar di bidangnya dalam dan luar negeri 4. Kadar sumber acuan primer >80%. penelitian). 14. Menjadi acuan bagi banyak peneliti (citation) 6. Penelaah berasal dari banyak negara yang terkemuka di bidangnya 10. Artikel yang dominan (kalau bisa >80%). derajat kemutakhiran 17. Penyumbang artikeI berasal. angka penolakan acuan >80% berupa artikel orisinil (hasil 5 . Oibaca oleh banyak orang . . derajat fakultas. Tercantum dalam Current Content dan sejenis (di POll ada juga majalah abstrak yang disebut Fokus. kelokalan. Penerbitan jurnal tidak terkendala oleh dana 13. Ketersediaan ±60% naskah tidak menjadi masalah. Pengelolaan naskah sedemikian rupa sehingga naskah yang diterima cepat terbit (rapid review) dan ada keterangan terbit 3. Tersedia Indeks di setiap volume 18. bisa dilihat dari distribusi/peredarannya (circulation) 5. Bukan jumal universitas "Jurusan". Cina). atau diterbitkan yang oleh himpunan profesi. Bahasa yang digunakan adalah salah satu bahasa PBB (Inggris.yang menurut penilaian Dirjen Oikti disamakan dengan majalah ilmiah internasional. Ulasan. Arab. Menawarkan off-prints/reprints 11._di bidangnya. 8. tapi berbahasa Indonesia) 7. bukan sekedar review atau u1asan ]6. Perancis.

Hasil penelitian yang dipublikasikan yang terakreditasi dalam jurnal atau majalah ilmiah nasional Apabila penulis berupa mendapat angka kredit 25 per artikel. pembagian angka kredit sesuai dengan peraturan yang berlaku (60% ketua.326. 6 . juga mendapat akreditasi dari Dirjen Dikti {berlaku 3 (tiga) tahun} sehingga suatu majalah ilmiah yang terakreditasi pada suatu tahun dapat saja tidak terakreditasi pada tahun berikutnya. suatu timikelompok. sangat tergantung hasil penilaian dari Dirjen Dikti yang kemudian ditetapkan dalam suatu Surat Edaran Dirjen Dikti.731 Bagi hasil penelitian yang dipublikasi kriteria intemasional terakreditasi yang memenuhi di atas. Apabila penulis berupa suatu tim/kelornpok. Nature 22. c) Nasional tidak terakreditasi adalah majalah ilmiah yang Majalah ilmiah nasional yang tidak terakreditasi memenuhi kriteria sebagai berikut: 1. Appl Biochem Biotech 0. Bertujuan menampung/mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian ilmiah dan atau konsep ilmiah dari disiplin ilmu tertentu. pembagian angka kredit sesuai dengan peraturan yang berlaku (60% ketua. b) Nasional tera kreditasi adalah majalah ilmiah yang di sampmg Majalah ilmiah nasional terakreditasi mernenuhi kriteria sebagai majalah ilmiah nasional. 40% dibagi rata anggota) . mendapat angka kredit 40 per artikel.19.208.192.306. EMRO Journal 13. Salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah Impact Factor.- dalam jumal atau majalah ilrniah ilmiah nasional dengan rnajalah yang menurut penilaian ilmiah internasional. Contoh: Impact facto pada tahun 1993: Cell 37. Eur J Biochem 3. yaitu: Jumlah sitasi pada artikel yang dimuat di jumal X JU1l11ah artikel yang dimuat di jumal X Faktor ini dihitung tahunan. atau majalah Dirjen Dikti disamakan .. 40% dibagi rata anggota).

5.3. Untuk penetapan angka kredit yang diperoleh dosen yang hasil penelitian atau hasil pemikirannya dipublikasikan dalam jumal atau majalah ihniah nasional tidak terakreditasi ditentukan dengan menilai unsur-unsur yang tertera dalam format tabel berikut: NO I UNSUR Originalitas Kesesuai_?_I1_Pisiplin Ilmu Format Substansi: .2. Ditujukan kepada masyarakat ilmiah/peneliti yang mempunyai disiplin- disiplin keilrnuan yang relevan. Untuk menetapkan angka kredit yang diperoleh. digunakan sistem selang seperti berikut: 300 . Memiliki International Standard of Serial Number (lSSN). 6.5 (4 tidak ada) : Diterima/ditolak {Batas penerimaan (passing grade)=300} . 4. Hasil penelitian yang masuk dalam majalah ilmiah yang memenuhi kriteria tersebut di atas mendapat angka kredit maksimal 10 per artikel ilmiah... Diedarkan secara nasional.Abstrak BOBOT A SKOR B NILAI AXB 2 3 .350 351-400 401-450 >450 = = 60% x angka kredit maksimal 70% x angka kredit maksimal 80% x angka kredit maksimal = = 100% x angka kredit maksimal 7 .2.Iurnlah Nilai 100 maksimum 500 I Setiap kriteria diberi skor Hasil penilaian Alasan penolakan Catatan penilai : 1. 30 20 50 j - - Pendahuluan Masalah Metode HasillPembahasan Kesimpulan Daftar Pustaka . Perguruan Tinggi dengan unit Mempunyai dewan redaksi yang terdiri dari para ahli dalam bidangnya. 3 Diterbitkan oleh Badan I1miah/Organisasil unitnya.

8 . secara tertulis dalam bentuk b) Tingkat nasional Makalah disajikan di seminar nasional secara tertulis dalam bentuk makalah (1 makalah angka kredit maksimal10). ketika digunakan melaksanakan jabatanlpangkat kegiatan penelitian oleh untuk mendapatkan seorang dosen angka kredit unsur kenaikan mengajukan mendapatkan angka kredit maksimal 15 untuk tingkat internasional Apabila penulis berupa suatu tim/kelompok.4). dari kegiatan melaksanakan penelitian.350 berarti angka kredit yang diperoleh hanya 60% dari angka kredit maksimal yaitu: 60% x 10 =6 Jika karya ilmiah itu ditulis secara timlkelompok dan dosen tersebur sebagai ketua maka akan mendapat angka kredit sebesar 60% (=3. berarti terletak pada range 300 . dinilai oleh Tim Penilai Kelayakan Publikasi memperoleh nilai 300 yang berarti karya ilmiah tersebut diterima. dan seterusnya.6). 4) Melalui seminar yang disajikan secara oral a) Tingkat internasional Makalah disajikan di seminar intemasional makalah (1 makalah angka kredit maksimaI15). dan 10 untuk tingkat nasional. Karya ilmiah yang dipublikasi melalui seminar di tingkat internasional dan nasional secara umum dapat dinyatakan telah mengikuti persyaratan oleh panitia penyelenggara seminar sehingga diterima ilmiah yang diajukan sebagai penyaji dalam semianr.. Untuk itu. Namun apabila 2 anggota dosen tersebut mendapat Y2x 40% (=1 .2).I I I I t Contoh perhitungan penetapan angka kredit: Seorang dosen yang mengajukan kenaikan jabatan/pangkat. karya ilmiahnya dipublikasi Setelah dalam jurnal atau majalah " ilmiah tidak terakreditasi. sedangkan bila menjadi anggota (hanya 1 anggota) memperoleh angka kredit 40% (=2. I I I I I I I I I I I I I I I Angka kredit yang diperoleh yang diperoleh adalah sebagai berikut: Karena memperoleh nilai 300.

3. Penulis dalam meminta pengesahan kepada Jembaga penelitian hams melampirkan persyaratan berikut: I. makalah ilmiah yang akan disyahkan harus melampirkan persyaratan berikut: 1. atau Poster yang tel all disahkan oleh panitia. atau 2. Bukti pennintaan sebagai pembawa makalah oleh panitia. atau 3. 40% dibagi rata anggota) Bagi suatu kegiatan semmar yang menerbitkan presiding. Makalah disahkan oleh panitia. 2. doseu yang presiding mempublikasikan karya ilmiahnya. karya ilmiah yang dipublikasi di tingkat intemasional dan nasional melalui poster secara umum dapat dinyatakan telah mengikuti persyaratan ilmiah yang diajukan oleh panitia penyelenggara digunakan penelitian memperoleh seminar sehingga berhak menampilkan mendapatkan seorang dosen angka saat kredit posternya. namun bagi kegiatan seminar yang tidak menerbitkan prosiding. Internasional dan atau Nasional.pembagian angka kredit sesuai dengan peraturan yang berlaku (60% ketua. pembagian angka kredit sesuai dengan peraturan yang berlaku (60% ketua. dan 5 angka kredit maksimal yaitu 10 untuk tingkat internasional Apabila penulis berupa suatu tim/kelompok. Bukti pennintaan sebagai penyaji melalui poster oleh panitia. Untuk itu ketika melaksanakan kegiatan untuk oleh unsur rnengajukan kenaikan jabatanlpangkat. Menunjukkan sertifikat asli sebagai penyaji 5) Melalui seminar yang disajikan secara poster atau desain yang difungsikan dan atau mempromosikan yang menarik dan Poster adalah rancangan sebuah kegiatan sentuhan audio tertentu visual untuk mempublikasikan suatu hasil karya dengan disebarluaskan secant original. 40% dibagi rata anggota). 9 . untuk tingkat nasional. Sarna seperti penyajian secara oral dalam suatu semmar. atau Menunjukkan sertifikat asli sebagai penyaji poster. tersebut hanya meminta pcngesahan dari lembaga penelitian sesuai dengan peraturan yang berlaku.

ketua.engeditlmenyunting buku ilmiah adalah hasil suntinganl editing terhadap isi buku ilmiah orang Jain untuk memudahkan pernahaman bagi pembaca dan diterbitkan serta diedarkan secara nasional dalam bentuk buku (angka kredit maksimal 10).6) Dalam koran/majalah populer/umum Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang dipubJikasikan daJam koran/majaJah populer/majalah umum sebagai suatu tulisan ilmiah populer (angka kredit maksimal I). (2) buku yang diterjemahkan/disadur hams edisi terbaru. 40% dibagi rata anggota) 4.3 Mengeditlmenyunting karya i1miah h.2 Menerjemahkan/menyadur buku ilmiah Menterjemahkan/menyadur buku ilmiah dalam bahasa asmg ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya yang diterbitkan dan diedarkan secara nasional dalarn bentuk buku (angka kredit maksimal ] 5). Apabila penulis berupa suatu tim/kelompok. Hasil penelitian atau hasil pemikiran yang tidak dipublikasikan (tersimpan di perpustakaan perguruan tinggi) Hasi penelitian atau hasil pemikiran yang tidak dipublikasikan adalah hasil penelitian atau hasil pemikiran satu orang atau tim/kelompok penulis yang tidak dipublikasikan malalui jurnal/prosiding seminar setelah mendapat rekomendasi dari Guru Besar atau pakar di bidangnya dan telah terdaftar di perpustakaan perguraan tinggi. memperoleh angka kredit maksimal 3. 40% dibagi rata anggota) Apabila penulis berupa suatu timlkelompok. Penulis akan mendapatkan nilai rnaksimal (15) apabila dapat memenuhi kriteria atau syarat untuk buku monograf dan referensi ditambah syarat (l) buku yang diterjemahkan/disadur hams sesuai dengan bidang ihnu penulis. pembagian angka kredit sesuai dengan peraturan yang berlaku (60% ketua. pembagian angka kredit sesuai dengan peraturan yang berlaku (60% 4. 10 . (0 B.

5 Membuat Membuat se'vigus rancangan rancangan dan karya teknologi. rancangan atau karya tersebut tidak diperkenankan angka kredit unsur kegiatan melaksanakan penelitian. tersebut. untuk tingkat intemasional (angka . Apabila perancang atau pembuat karya teknologi berupa suatu tim/kelompok.: angka kredit sesuai dengan Apabila penulis berupa sllatu tirnikelompok. Nasional adalah rnendapat sertifikasi hak cipta/hak intelektual dari badan atau instansi yang berwenang untuk tingkat nasional (angka kredit maksimal 40/satu rancangan). Apabila tidak lint uk digunakan agar mendapat 4. hams sesuai dengan bidang ilmu dosen yang membuat rancangan dan karya teknologi yang dipatenkan sesuai. 40% dibagi rata anggota) 4.4 Membuat rancangan dan karya teknologi yang dipatenkan Membuat rancangan rancangan dan karya teknologi yang dipatenkan adalah membuat yang yang sekaligus menghasiikan karya nyata di bidang teknologi dipatenkan yakni mendapat sertifikasi hak cipta/hak intlektual secara paten dan badan atau instansi yang berwenang pada tingkat: a. pembagian peraturan yang berlaku (60% ketua. I b. canggih dan mutakhir pada tingkat: a. seni rancangan membuat dan karya seni yang monumental/seni pertunjukan/karya dan karya teknologi adalah rancangan menghasilkan karya nyata di bidang teknologi tanpa mendapat hak paten otoritas sebagai karya yang tetapi mendapat penilaian sejawat yang mempunyai bermutu. Internasional adalah mendapat sertifikasi hak ciptalhak intelektual dari badan atau instansi yang berwenang kredit maksimal 80/satu rancangan).Penulis akan mendapatkan nilai maksirnal (10) apabila buku yang diedit/disunting memenuhi kriteria atau syarat buku monograf atau referensi dan hams sesuai dengan bidang ilmu penulis. pembagian angka kredit sesuai dengan peraturan yang berlaku (60% ketua. Internasional adalah mendapat penilaian sejawat yang mempunyai otoritas untuk tingkat intemasional (angka kredit maksimal 20 11 . 40% dibagi rata anggota) I I I I I I I I Rancangan dan karya teknologi yang dipatenkan.

kukusan. seni pertunjukkan dan karya desain sepanjang mernilikinilai baru tergolong dalam karya seni monumental.ya penelitian. Karya seni monumental. teater. seni kriya. seni keramik dan seni fotografi dll. pedalangan. b. seni lukis. Nasional adalah mendapat penilaian sejawat yang mempunyai otoritas untuk tingkat nasional (angka kredit maksimal 15) c.. Rancangan dan karya seni pertunjukan yang dalam penikmatannya adalah rancangan dan karya seni seperti seni karawitan. Rancangan dan karya seni kriya adalah rancangan mempunyai nilai keterampilan sebagaimana dan karya seru yang seni kerajinan tangan. seni pahat. pembagian angka kredit untuk sesuai dengan peraturan yang beriaku (60% ketua. Membuat rancangan dan karya teknologi. melalui pertunjukkan. desain interior. Rancangan dan karya seni rupa adalah rancangan dan karya sem yang mempunyai nilai estetik tinggi seperti seni patung. 40% dibagi rata anggota) Rancangan dan karya seni monumental adalah rancangan dan karya seni yang mempunyai nilai abadilberlaku sepanjang zaman yang penilaiannya tidak saja pada aspek monumentalnya tetapi juga pada elemen estetiknya seperti patung. dll. musik. candi. Karya desain adalah bagian dari karya seni rupa yang diapiikasikan benda-benda kebutuhan sehari-hari yang mempunyai gratis. tari. rupa. kepada nilai guna. seni ini akan ditetapkan angka kreditnya sesuai sesuai dengan dalam bidang ilmu dosen apabila mengajukan. mainan anak-anak dll. a.b. dll. d. desain industri tekstil dU. c. seperti membuat keranjang. kenaikan jabatan/pangkat unsur melaksanakan kegiatan 12 . Lokal adalah mendapat penilaian sejawat yang mempunyai otoritas tingkat daerah (angka (~redit maksimal 10) Apabila perang atau pembuat karya berupa suatu tim/kelompok. rancangan dan karya sent yang I I I I II monumental/seni dengan ketentuan pertunjukan/karya di atas. seperti desain komunikasi visualldesain desain produk.

4. 13 . (2002) Himpunan Peraturan Bani Tentang Angka Kredit Jabatan Dosen. Lain-lain Suatu majalah dapat memuat beberapa artikel ilmiah dari penulis yang sama dan angka kreditnya dihitung per-artikel ilmiah dan bukan per-majalah ilmiah . Universitas Lampung. • BVKU RUJVKAN Bagian Kepegawaian BAUK Unila.6. Bandar Lampung.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful