MAKALAH

PENJASKES
AKTIVITAS DILUAR SEKOLAH

DISUSUN OLEH

RAHMI SEPITRIANI 5888 SULMAN S WAHYUDDIN ADE SURTI
KELAS XI IPS 2

5904 5907 5948

SUKMAWATI ASBAR 5998

SMA NEGERI 5 WATAMPONE TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

.......................Latar Belakang......................................................................................................................................................................................................................... DAFTAR ISI.........................Tuju an.................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR........................................................... A.................................................................... BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... BAB III PENUTUP............................................... C. .. i ii 1 A.......................................................................................................................................................................................................................................................................................Rum usan Masalah.................................................................................................................................. B.................................................................................................................................................................................................................................. B.........................................................................Kesi mpulan.......................................................................................................Saran .......................................................... DAFTAR PUSTAKA............................................ BAB II PEMBAHSAN......................................................

Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga penyusunan tugas ini dapat diselesaikan. 15 Pebruari 2012 Penyusun . agar dapat memenuhi tugas mata pelajaran Pendidikan Jasmani Watampone. Tugas ini disusun untuk diajukan sebagai tugas mata pelajaran Pendidikan Jasmani “Aktivitas di Luar Sekolah” untuk tugas semester genap Demikianlah tugas ini disusun semoga bermanfaat.KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT.

Kelompok I .

Salah satu wadah pembinaan siswa di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam siswa dapat mengembangkan bakat. Dalam pembinaan siswa di sekolah. Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam program ekstrakurikuler didasari atas tujuan dari pada kurikulum sekolah. Latar Belakang Sekolah merupakan lembaga pendidikan. Ekstrakulikuler akan membantu siswa memahami potensi dan pemahaman dirinya yang akan berimplikasi penuh dalam rencana kariernya.BAB I PENDAHULUAN A. ketrampilan dan potensinya. Dengan Demikian siswa diharapkan dapat mencapai prestasi belajar yang maksimal sehingga tercapainya tujuan pendidikan. Melalui kegiatan ini pula dapat berimplikasi dalam perencanaan pendidikan dan kariernya sesuai dengan bakat. kecerdasan dan keterampilan. banyak wadah atau program yang dijalankan demi menunjang proses pendidikan yang kemudian atas prakarsa sendiri dapat meningkatkan kemampuan. yang menampung peserta didik dan dibina agar mereka memiliki kemampuan. keterampilan ke arah pengetahuan yang lebih maju. minat dan kemampuannya. Dalam proses pendidikan diperlukan pembinaan secara berkoordinasi dan terarah. minat. Melalui kegiatan ekstrakulikuler ini .

tak jarang banyak siswa yang mengikuti lomba. atau event sampai tingkat propinsi dan nasional karena pada mulanya tumbuh dan berkembang dari kegiatan ekstra yang mereka ikuti. Tujuan tujuan penulisan disesuaikan dengan bagian rumusan permasalahan. Rumusan tujuan pun dapat dirinci seperti bagian rumusan masalah. Hal ini akan menjadi pertimbangan Universitas untuk menerima siswa tersebut. Arti penting atau peranan kegiatan ektrakuliler bagi siswa 2. yaitu menjadi sub bagian yang spesifik. Mereka akan memiliki piagam ataupun sertifikat yang bisa dilampirkan sebagai siswa yang berkompetensi dan memiliki kemampuan non akademik dalam bidang tertentu. B. Dan Perlunya pembinaan/peningkatan di bidang ektakurikuler . penulis perlu menguraikan tentang Arti penting atau peranan kegiatan ektrakuliler bagi siswa. Dalam rumusan tujuan ini. Rumusan Masalah Berdasarkan dari latar Belakang diatas maka penyusun dapat mengemukakan hal-hal bebagai berikut : 1. Perlunya pembinaan/peningkatan di bidang ektakurikuler C.bakat mereka bisa dikembangkan.

menghormati masyarakat madani (civil society). Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan. demokratis. minat. potensi. dan kreativitas. yaitu Ekstrakurikuler dan Kokurikuler. Pembinaan kesiswaan terdiri dari 2 macam.BAB II PEMBAHASAN Yang dimaksud dengan pengembangan kesiswaan adalah mengembangkan potensi siswa sesuai bakat. dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus . memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan. bakat. minat dan kebutuhan siswa melalui kegiatan-kegiatan di luar jam sekolah dengan mengadakan pembinaan kesiswaan yang dimonitor oleh pihak sekolah. mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat. sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan. 39 pada Bab 1 pasal 1 yang menyatakan bahwa : Tujuan pembinaan kesiswaan adalah untuk mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat. menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia. Seperti yang tertulis di Permen No.

yaitu pertama. Sedangkan kokurikuler adalah kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang telah dijatahkan dalam struktur program. yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi. yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik. Rekreatif. Prinsip Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam menjalankan kegiatan ekstrakurikuler. d. Fungsi Kegiatan Ekstrakurikuler Fungsi dari kegiatan ekstrakurikuler antara lain adalah : fungsi a.diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah. berupa penugasan-penugasan atau pekerjaan rumah yang menjadi pasangan kegiatan intrakurikuler. yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana rileks. c. terdpaat beberapa prinsip yang harus dijalani. Persiapan karir. Pengembangan. bakat dan minat mereka. mengembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik yang menunjang proses perkembangan. prinsip . yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik. b. Sosial.

bakat dan minat peserta didik masing-masing. yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler dalam suasana yang disukai dan mengembirakan peserta didik. meliputi Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR). (b. (c. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).) Latihan/lomba keberbakatan/prestasi. c. kegiatan penguasaan keilmuan dan kemampuan akademik. yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk bekerja dengan baik dan berhasil. penelitian. f.) Krida. Individual. b. seni dan budaya.a. Pilihan. yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh. meliputi Kepramukaan. . yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela peserta didik. e. Kemanfaatan sosial. cinta alam. Menyenangkan. dimana kegiatan ekstrakurikuler disesuaikan dengan potensi.) Karya Ilmiah. yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat. d. Jenis Kegiatan Ekstrakurikuler Terdapat beberapa jenis kegiatan ekstrakurikuler yaitu : (a. Keterlibatan aktif. meliputi pengembangan bakat olah raga. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA). Etos kerja. jurnaistik. Palang Merah Remaja (PMR). teater. keagamaan.

Klub Bahasa dan Klub Debat dan juga ekskul seperti Paskibra. kesehatan. mulai dari bidang olahraga seperti basket. lalu bidang akademik seperti KIR. bidang kesenian seperti paduan suara. futsal. yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti oleh kelompokkelompok peserta didik. keagamaan. Artikel Permasalahan Sebaiknya setiap SMA harus terdapat berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler. Lapangan. Seminar. perlindungan HAM. Klasikal. Pramuka dan PMR. e. . dan pameran/bazar. dengan substansi antara lain karir. yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti peserta didik dalam satu kelas. yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti peserta didik secara perorangan. seni budaya. Kelompok. c. yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti peserta didik antarkelas/antarsekolah/madraasah. modern dance. pendidikan. b. tari tradisional. Format Kegiatan Ekstrakurikuler Format Kegiatan dari kegiatan ekstrakurikuler dibagi menjadi 5.(d). Individual. teater. d. lokakarya. yaitu: a. voli. hingga tenis meja. yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti seorang atau sejumlah peserta didik melalui kegiatan di luar kelas atau kegiatan lapangan. Gabungan.

Hal ini menyebabkan anggota dari kegiatan dari ekskul yang bersangkutan sering meminta dispensasi belajar saat menjelang hari perlombaan. Para guru pun banyak yang mengijinkan mereka untuk tidak ikut pelajaran dan menggunakan waktunya untuk berlatih. Salah satu faktor penurunan prestasi siswa ini disinyalir karena mereka terlalu fokus pada kegiatan ekskul.Kegiatan ekstrakurikuler yang disebutkan diatas sering mengikuti perlombaan di luar sekolah. Memang pada akhirnya. Ekskul ini sering mengikuti perlombaan paduan suara di luar sekolah yang menyebabkan mereka harus berlatih lebih sering dari jadwal rutin jika sedang akan mengikuti perlombaan. Analisis Masalah · Pokok masalah Adanya ketidakseimbangan antara prestasi anggota paduan suara di kegiatan ektrakurikuler dengan prestasi di kelas. para anggota paduan suara ini akan meminta dispensasi belajar kepada setiap guru mata pelajaran. Baik skala daerah maupun nasional. Tetapi hal ini berdampak pada menurunnya prestasi belajar para angota paduan suara. H-7 hari. seringkali hasil perlombaan yang diikuti Mezzo Voices membawa nama baik sekolah karena gelar juara yang didapat. . Biasanya. Banyak dari mereka yang tadinya masuk ke dalam jajaran peringkat kelas tiba-tiba harus turun peringkat.

Mengadakan dialog terbuka antara pihak sekolah dengan pembina dan anggota paduan suara mengenai kebijakan yang akan diambil. Membuat skala prioritas antara belajar dengan kegiatan ekskul 2. 3. yaitu dari pihak sekolah dan juga dari pihak siswa : Pihak sekolah : 1. 2. Memberi ketegasan mengenai batas jadwal latihan dari ekskul paduan suara. Aktif di kelas sehingga tidak terlalu tertinggal dengan materi pelajaran. Pihak siswa : 1.· Faktor penyebab o Kurangnya waktu latihan anggota paduan suara o Kurangnya fokus dan keoptimalan saat latihan o Pihak sekolah terlalu longgar dalam pemberian dispensasi o Latihan baru dipadatkan saat hari-hari menjelang perlombaan Solusi Permasalahan Solusi yang bisa ditawarkan untuk menangani kasus semacam ini dibagi menjadi 2 bagian. Memanfaatkan waktu latihan yang ada seoptimal mungkin .

minat. dapat di simpulkan bahwa salah satu wadah pembinaan siswa di sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler. . Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam program ekstrakurikuler didasari atas tujuan dari pada kurikulum sekolah. Saran Dengan adanya makalah ini siswa pada khususnya dan pembaca pada umumnya dapat mengetahui bahwa Ekstrakulikuler akan membantu siswa memahami potensi dan pemahaman dirinya yang akan berimplikasi penuh dalam rencana kariernya. Melalui kegiatan ini pula dapat berimplikasi dalam perencanaan pendidikan dan kariernya sesuai dengan bakat. ketrampilan dan potensinya. Ekstrakulikuler akan membantu siswa memahami potensi dan pemahaman dirinya yang akan berimplikasi penuh dalam rencana kariernya.BAB III PENUTUP A. Melalui kegiatan ekstrakurikuler yang beragam siswa dapat mengembangkan bakat. Kesimpulan Dari pembahasan di atas. B. minat dan kemampuannya.

info/ip/makalah-ekstrakurikuler .com/2011/01/15/kumpulan-materi-bk-sosial/pembahasan-2/ http://www.DAFTAR PUSTAKA http://bk2009.wordpress.ilmupengetahuan.