P. 1
Instrument

Instrument

|Views: 75|Likes:
Published by chendo0lz

More info:

Published by: chendo0lz on Feb 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/20/2012

pdf

text

original

MODEL PENAMPILAN ADMINISTRASI SEKOLAH

1. Administrasi a. Dokumentasi Pemilikan Sarana dan Prasarana Primer Sekolah Obyek Pengamatan 1) Memiliki dokumen sekolah yang lengkap (sertifikat tanah, izin bangunan, dll) 2) Tersedia tempat khusus untuk menyimpan dokumen (cabinet atau lemari arsip) 3) Tersedia petunjuk tata letak dokumen yang lengkap. 4) Memiliki sarana atau peralatan penyimpanan dokumen yang lengkap b. Program Kegiatan sekolah Obyek Pengamatan 1) Memiliki program kegiatan sekolah yang jelas 2) Memiliki jadwal kegiatan sekolah yang sesuai dengan kalender pendidikan. 3) Memiliki grafik pelaksanaan kalender pendidikan c. Jadwal Pelajaran Obyek Pengamatan 1) Memiliki kalender pendidikan 2) Memiliki daftar pembagian tugas guru 3) Memiliki jadwal pelajaran d. Program Supervisi Sekolah Obyek Pengamatan 1) Memiliki program supervisi kelas (rencana kerja dan jadwal) 2) Memiliki catatan atau data hasil supervisi kelas e. Data Statistik Memiliki data statistik tentang : Obyek Pengamatan 1) Guru 2) Karyawan 3) Siswa 4) Prasarana dan sarana 5) Perkembangan sekolah, antara lain perkembangan jumlah siswa, guru, karyawan, lulusan, dan rata-rata nilai UAN/UAS Buku-buku Catatan Kegiatan Obyek Pengamatan 1) Memiliki buku notula rapat 2) Memiliki buku tamu 3) Memiliki laporan piket Ya Tidak

Ya

Tidak

Ya

Tidak

Ya

Tidak

Ya

Tidak

f.

Ya

Tidak

Administrasi Siswa Obyek Pengamatan 1) Perlengkapan Administrasi Siswa y Memiliki tempat khusus untuk menyimpan perlengkapan administrasi siswa 2) Penerimaan Siswa Baru a) Memiliki daftar calon siswa baru b) Memiliki daftar siswa baru 3) Data Pribadi Siswa a) Memiliki buku induk siswa b) Memiliki buku mutasi siswa c) Memiliki daftar kelas d) Memiliki buku presensi e) Tersedia papan absensi kelas f) Memiliki buku rapor Administrasi Guru Perkembangan Administrasi Guru Obyek Pengamatan a) Tersedia tempat khusus untuk menyimpan perlengkapan guru b) Memiliki buku kurikulum (Garis-garis Program Pengajaran) dan buku petunjuk pelaksanaan kurikulum c) d) e) f) g) h) i) Memiliki daftar hadir siswa Memiliki buku daftar nilai hasil belajar Memiliki buku kumpulan soal-soal tes yang telah dipakai Memiliki buku pegangan guru dan pegangan siswa Memiliki buku batas pengajaran Memiliki buku analisis hasil evaluasi belajar siswa Memiliki buku program perbaikan bagi para siswa yang mengalami kesulitan belajar dan program pengayaan bagi siswa yang telah mencapai standar keberhasilan Ya Tidak Ya Tidak c. Ya Tidak . Organisasi Sekolah Obyek Pengamatan 1) Struktur Organisasi Sekolah a) Memiliki bagan struktur organisasi sekolah b) Memiliki uraian jabatan dan tugas yang tertuang dalam SK Kepala Sekolah c) Memiliki petunjuk pelaksanaan kerja d) Memiliki laporan pelaksanaan tugas sesuai dengan jadwal minimal setiap semester 2) Struktur Organisasi BP3 a) Tersedia bagan struktur organisasi BP3 b) Tersedia deskripsi jabatan dan tugas BP3 c) Tersedia petunjuk pelaksanaan kerja d) Tersedia laporan pelaksanaan tugas sesuai dengan jadwal b.2. Administrasi Sekolah Secara Khusus a.

2) Pengadministrasian Pegawai a) Memiliki buku induk b) Memiliki DUK guru dan pegawai lainnya c) Memiliki buku catatan waktu kenaikan pangkat atau gaji pegawai d) Memiliki kartu cuti pegawai e) Memiliki buku daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan pegawai f) Memiliki daftar hadir guru atau pegawai lainnya 3) Tenaga Guru dan Tenaga Lainnya a) Memiliki perencanaan keperluan tenaga guru dan tenaga lainnya b) Memiliki bagan struktur yang sesuai dengan kegiatan sekolah c) Memiliki uraian tugas guru dan tenaga lainnya dan petunjuk pelaksanaan tugas d) Memiliki daftar mutasi guru dan tenaga lainnya e) Memiliki laporan semesteran. SK. salinan ijasah. tengah tahunan dan mengenai mutasi dan kenaikan pangkat Administrasi Surat-Menyurat Obyek Pengamatan 1) Perlengkapan Administrasi Surat-Menyurat y Memiliki tempat khusus untuk menyimpan perlengkapan dan arsip 2) Pengadministrasian a) Memiliki agenda surat keluar/masuk b) Memiliki buku ekspedisi surat menyurat c) Memiliki Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPBS) d) Memiliki daftar isian kegiatan e) Memiliki buku penerimaan iuran BP3 Administrasi Keuangan Obyek Pengamatan 1) Perlengkapan Administrasi Keuangan a) Memiliki tempat khusu untuk menyimpan perlengkapan administrasi keuangan b) Memiliki alat hitung c) Memiliki buku administrasi keuangan 2) Menyusun RAPBS a) Memiliki RAPBS yang telah disahkan oleh yang berwenang b) Memiliki program penjabaran RAPBS 3) Pengadministrasian Keuangan a) Memiliki catatan logistik (uang dan barang) sesuai mata anggaran dan dengan sumber dananya masing-masing b) Memiliki buku setoran ke Bank/Yayasan ( untuk SD percobaan) c) Memiliki daftar penerimaan gaji/honor guru dan tenaga lainnya d) Memiliki buku laporan keuangan semester dan tahunan Ya Tidak e. Ya Tidak .d. Administrasi Kepegawaian Obyek Pengamatan 1) Perlengkapan Administrasi Pegawai a) Tersedia tempat khusus untuk menyimpan perlengkapan administrasi pegawai b) Tersedia petunjuk administrasi pegawai c) Tersedia file pegawai lengkap dengan pas foto. Ya Tidak f.

Ya Tidak . Administrasi Bimbingan dan Penyuluhan Obyek Pengamatan 1) Perlengkapan Administrasi BP a) Memiliki tempat khusus untuk menyimpan administrasi BP b) Memiliki sarana yang diperlukan untuk administrasi BP 2) Pengadministrasi BP a) Memiliki data pribadi setiap siswa b) Memiliki buku catatan kasus dan penyelesaiannya c) Memiliki peta kelas dan peta siswa Ya Tidak h.g. dan kursi baca) 2) Program Pengembangan Perpustakaan a) Memiliki program kerja pengembangan perpustakaan b) Memiliki rencana kegiatan sebagai penjabaran program kerja Ya Tidak i. Ya Tidak j. meja. Administrasi Perlengkapan Obyek Pengamatan 1) Perlengkapan administrasi sarana dan prasarana a) Memiliki tempat khusus untuk menyimpan perlengkapan administrasi sarana dan prasarana b) Memiliki tempat penyimpanan barang/peralatan yang terawat rapi dan bersih c) Memiliki Daftar Usulan Kegiatan 2) Rencana Kebutuhan Sarana dan Prasarana a) Memiliki rencana kebutuhan sarana dan rencana pengadaannya b) Memiliki rencana pemeliharaan atau perawatannya 3) Pengadministrasian Perlengkapan a) Memiliki daftar seluruh inventaris sekolah b) Memiliki daftar inventaris untuk tiap ruang c) Memiliki daftar penghapusan barang inventaris d) Memiliki buku penerimaan dan pengeluaran barang e) Memiliki barang inventaris yang telah diberi nomor kode barang sesuai ketentuan f) Memiliki kartu riwayat inventaris barang g) Memiliki buku persediaan barang Administrasi Keterampilan Obyek Pengamatan 1) Perlengkapan Administrasi Keterampilan a) Memiliki tempat khusus untuk menyimpan perlengkapan administrasi keterampilan b) Memiliki sarana administrasi keterampilan lainnya 2) Pengadministrasian Sarana-Prasarana Keterampilan a) Memiliki daftar peralatan keterampilan b) Memiliki daftar bahan praktek c) Memiliki catatan penggunaan alat dan pemakaian bahan 3) Pengadministrasian Kegiatan Keterampilan a) Memiliki jadwal kegiatan praktek b) Memiliki catatan hasil kegiatan keterampilan siswa Administrasi perpustakaan Obyek Pengamatan 1) Perlengkapan Administrasi Perpustakaan a) Memiliki tempat khusus untuk menyimpan perlengkapan administrasi perpustakaan b) Memiliki sarana perpustakaan (rak buku.

tokoh budaya dan seni yang ada dilingkungan sekolah c) Memiliki jadwal kegiatan d) Memiliki data siswa yang mengikuti kegiatan e) Memiliki laporan pelaksanaan kegiatan kerjasama dengan masyarakat/dunia usaha Ya Tidak . Administrasi Hubungan dengan Masyarakat dan Dunia Usaha Obyek Pengamatan 1) Program Kerjasama dengan Masyarakat Dunia Usaha a) Memiliki program kerjasama dengan dunia luar 2) Pengadministrasian Program Kerjasama Sekolah dengan Masyarakat dan Dunia Usaha a) Memiliki dokumen kerjasama dengan masyarakat dan dunia usaha b) Memiliki daftar unit usaha.3) Pengadministrasian Perpustakaan a) Memiliki buku catatan/daftar keseluruhan buku yang ada b) Memiliki katalog c) Memiliki kartu buku d) Memiliki kartu anggota perpustakaan e) Memiliki buku daftar peminjam f) Memiliki kartu peminjaman g) Memiliki buku daftar penghapusan barang inventaris perpustakaan k.

besi. dll b) Tidak terletak di daerah sumber penyakit (tempat timbunan sampah. antara lain banjir. pagar hidup bersih dari sampah. perjudian. Pagar dan Halaman Sekolah Obyek Pengamatan 1) Pagar Sekolah a) Pagar hidup dipangkas secara teratur b) Pagar kayu atau besi dicat atau dikapur rapi c) Pagar tidak mudah diterobos atau dipanjat d) Pagar dipelihara dan dirawat dengan baik (pagar tembok bebas dari coretan. Situasi Lingkungan Sekolah Obyek Pengamatan 1) Tidak terletak dalam lingkungan gangguan keamanan dan ketertiban lingkungan yang kurang baik lainnya (pencurian. tanah longsor. rawa. dll) d) Tidak terletak didaerah yang mudah timbul kebakaran 2) Jalan dan saluran air dalam lingkungan sekolah terawat baik 3) Prasarana lingkungan sekolah didayagunakandan dirawat dengan baik 4) Penghijauan di sekolah sangat memuaskan b. Prasarana Dan Sarana Lingkungan Sekolah a. pecahan patok-patok. rawa. kayu.MODEL PENAMPILAN FISIK SEKOLAH 1. pagar bambu. dll) 2) Keadaan masyarakat sekitar sekolah a) Tidak menganggu proses belajar mengajar b) Taat mengikuti peraturan c) Merawat dan menjaga kerindangan lingkungan d) Berpartisipasi dalam berbagai usaha dan kegiatan sekolah c. selalu bersih dan rapi. dll) c) Bebas dari bagian-bagian yang membahayakan (parit yang dalam. dll) c) Tidak langsung berbatasan dengan jalur lalu lintas ramai atau keadaan yang membahayakan (jalan ramai. sarang nyamuk. sungai deras. WTS. daerah karantina. Kondisi Fisik Sekolah Obyek Pengamatan 1) Lokasi Sekolah a) Bebas dari gangguan bencana alam. perkelahian. dll) 2) Pintu pagar dapat ditutup dan dikunci secara baik pada waktunya 3) Halaman sekolah a) Diatas halaman dan bangunan sekolah tidak dilalui jaringan listrik tegangan tinggi b) Bebas dari benda yang membahayakan (batu-batu besar dan tajam. dll) d) Bersih dari sampah dan kotoran lainnya serta tidak berdebu dimusim kemarau e) Diatur sesuai dengan keperluan dan fungsinya Ya Tidak Ya Tidak Ya Tidak . daun kering. tindak kekerasan.

Ruang Kelas Obyek Pengamatan 1) Dinding tidak retak dan bersih dari coretan atau kotoran lainnya 2) Langit-langit utuh. bersih. Kondisi gedung sekolah a. papan tulis. dll) 2) Konstruksi bangunan kokoh dan utuh b. bersih. jangka.2. surat ijin mendirikan bangunan. papan absensi. dan bebas dari sarang laba-laba serta kotoran lainnya 3) Komponen-komponen bangunan lengkap dan berfungsi dengan baik 4) Ruangan cukup terang dan ventilasi cukup 5) Luas ruangan sesuai dengan standar yang ditetapkan 6) Pengaturan tata letak fasilitas memenuhi syarat paedagogis . kapur. penggaris. kayu segitiga. Kondisi Bangunan Secara Umum Obyek Pengamatan 1) Memiliki data pendukung pemilihan tanah dan bangunan sekolah (sertifikattanah. muja-kursi siswa. dan bebas dari sarang laba-laba serta kotoran lainnya 3) Komponen-komponen bangunan lengkap dan berfungsi dengan baik 4) Ruangan cukup terang dan ventilasi cukup 5) Pengaturan tata letak fasilitas memenuhi syarat paedagogis 6) Dalam ruangan tersedia kelengkapan sebagai berikut a) Papan nama dan nomor ruangan dipasang dipintu b) Papan daftar hadir siswa c) Jadwal giliran membersihkan ruangan kelas d) Papan untuk menempelkan hasil karya siswa e) Tempat penyimpanan dokumen kelas (misalnya daftar absensi siswa) f) Tempat cuci tangan dan lap tangan g) Segala fasilitas belajar mengajar (meja-kursi guru. dll) 7) Luas ruangan sesuai dengan standar yang ditetapkan 8) Jumlah siswa perkelas cukup memadai 9) Ada keserasian antara warna cat yang dipakai dengan ruangan 10) Apabila penerangan matahari berkurang dibantu dengan penerangan lampu 11) Pengaturan tata letak fasilitas belajar memenuhi persyaratan paedagogis 12) Pandayagunaan ruangan sesuai dengan fungsinya 13) Ruangan terpelihara dan terawat dengan baik Ya Tidak Ya Tidak c. Ruang Praktek/Laboratorium/Keterampilan Bagi sekolah yang memiliki ruang paraktek/laboratprium/keterampilan hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut: Obyek Pengamatan Ya Tidak 1) Dinding tidak retak dan bersih dari coretan atau kotoran lainnya 2) Langit-langit utuh.

dll) 4) Ruangan cukup terang dan ventilasi baik Ya Tidak Ya Tidak . dirawat. dan bebas dari sarang laba-laba serta kotoran lainnya 3) Komponen-komponen ruangan lengkap dan berfungsi dengan baik 4) Ruangan cukup terang dan ventilasi baik 5) Ruangan cukup sesuai dengan standar yang ditetapkan 6) Tata ruangan dan penempatan perabot serta barang-barang lainnya diatur secara rapi 7) Dalam ruangan tersedia kelengkapan-kelengkapan sebagai berikut: a) Tersedia meja kerja kepala sekolah dan kursi tamu yang memadai b) Tersedia tempat penyimpanan surat-surat berharga dan dapat dikunci dengan baik c) Tersedia tempat sampah ditempat yang telah disediakan d) Pada dinding ruangan terpasang (1) Lambang Garuda Pancasila. Ruangan Kepala Sekolah/Wakil Kepala Sekolah Obyek Pengamatan 1) Dinding tidak retak dan bersih dari coretan atau kotoran lainnya 2) Langit-langit utuh. bersih. dan bebas dari sarang laba-laba serta kotoran lainnya 3) Komponen-komponen ruangan lengkap dan berfungsi dengan baik (jendela. pintu. bersih. dan disimpan secara baik e.7) Dalam ruangan tersedia kelengkapan sebagai berikut a) Papan nama dan nomor ruangan dipasang dipintu b) Tempat sampah ditempat tertentu c) Jadwal membersihkan ruangan d) Tersedia fasilitas belajar-mengajar e) Tersedia papan untuk menempelkan hasil karya siswa 8) Ada keserasian antara warna cat yang dipakai dengan ruangan 9) Apabila penerangan matahari berkurang dibantu dengan penerangan lampu 10) Ada kesusaian antara luas ruang dengan segala fasilitas yang tersedia diruangan 11) Pendayagunaan ruangan sesuai dengan fungsinya 12) Ruangan terpelihara dan terawat dengan baik d. siswa dan tenaga lainnya (6) Denah sekolah (7) Program kerja sekolah tahunan (8) Grafik perkembangan kegiatan sekolah dan nilai UAS e) Tersedia alat/kelengkapan kantor lainnya f) Alat-alat administrasi dimanfaatkan. Ruang Guru Obyek Pengamatan 1) Dinding tidak retak dan bersih dari coretan atau kotoran lainnya 2) Langit-langit utuh. gambar Presiden dan Wakil Presiden (2) Bendera Merah Putih dan bendera/lambang Depdikbud (3) Sapta Prasetya KORPRI (4) Struktur organisasi sekolah beserta komposisi personalia dan tugas-tugasnya (5) Statistik guru.

ruang siswa. ruang sanggar. WC. dan bebas dari sarang laba-laba serta kotoran lainnya 3) Komponen-komponen ruangan lengkap dan berfungsi dengan baik (jendela. kamar mandi. dengan kualitas yang memadai dengan standar yang ditetapkan b) Pengaturan tata letak ruangan memenuhi syarat paedagogis dan standar yang ditentukan c) Bersih dari sampah kotoran d) Atapnya tidak bocor e) Bangunan tidak sedang dimakan rayap Ya Tidak . ruang administrasi. ruang praktek/laboratorium. dll. dirawat. dll. ruang koperasi guru. 3. dan disimpan secara baik 9) Perabot. bersih. meliputi ruang perpustakaan. gambar Presiden dan Wakil Presiden. dirawat.5) Ruangan cukup sesuai dengan standar yang ditetapkan 6) Tata ruangan dan penempatan perabot serta barang-barang lainnya diatur secara serasi 7) Dalam ruangan tersedia kelengkapan-kelengkapan sebagai berikut: a) Tersedia meja kerja kepala sekolah dan kursi tamu yang memadai b) Tersedia tempat penyimpanan surat-surat berharga dan dapat dikunci dengan baik c) Tersedia tempat sampah ditempat yang telah disediakan d) Pada dinding ruangan terpasang Lambang Garuda Pancasila. dan ruang-ruang penunjang lainnya (misalnya UKS. Bangunan Sekolah Obyek Pengamatan a) Memiliki ruang kelas. dan disimpan dengan baik. gudang. ruang BP. WC. peralatan dan barang-barang cetakan ditata dengan baik dan dirawat secara teratur 10) Buku-buku administrasi diberi sampul yang baik dan menarik 11) Alat-alat dan semua keperluan administrasi disimpan secara teratur dan siap dipakai 12) Pembukuan barang dan inventaris ruangan dilaksanakan dengan baik dan teratur f. pintu. Ruang penunjang Ruang penunjang proses belajar mengajar. ruang UKS. dll) dalam jumlah yang cukup. Obyek Pengamatan Ya Tidak 1) Dinding tidak retak dan bersih dari coretan atau kotoran lainnya 2) Langit-langit utuh. dll) 4) Ruangan cukup terang dan ventilasi baik 5) Ruangan cukup sesuai dengan standar yang ditetapkan 6) Tata ruangan dan penempatan perabot serta barang-barang lainnya diatur secara rapi 7) Dalam ruangan tersedia kelengkapan-kelengkapan yang sesuai dengan fungsi ruangan yang bersangkutan 8) Alat-alat penunjang digunakan atau dimanfaatkan. Ruang administrasi sekolah meliputi ruang aula/ruang pertemuan. PMR. Sapta Prasetya KORPRI e) Tersedia alat-alat administrasi lainnya 8) Alat-alat administrasi dimanfaatkan.

pintu. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah 1) Tersedia alat pelajaran dalam jumlah yang cukup dengan kualitas yang memadai 2) Alat pelajaran yang bersangkutan memiliki komponen yang lengkap 3) Alat pelajaran dalam keadaan bersih 4) Tersedia kelengkapan-kelengkapan sebagai berikut: (a) Bagan-bagan dan petunjuk-petunjuk penggunaan alat pelajaran yang dilengkapi dengan gambar-gambar (b) Alat-alat dan bahan pembersih yang cukup (c) Alat pengaman khusus terhadap paralatan listrik dan bahan kimia (d) Ada usaha bersama untuk melengkapi ala pelajaran (e) Tidak ada bagian-bagian yang membahayakan fisik dan kesehatan (f) Alat-alat digunakan sesuai dengan fungsinya (g) Pemeliharaan dan perawatan dilaksanakan secara teratur (h) Alat-alat dibersihkan setiap selesai pemakaian (i) Penyimpanan yang aman dari pencurian dan kerusakan Ya Tidak .f) Digunakan sesuai fungsinya g) Komponen-komponen bangunan lengkap dan berfungsi dengan baik (misalnya jendela. Sarana Sekolah Obyek Pengamatan a) Peralatan/perabot kantor 1) Tersedia peralatan kantor dalam jumlah yang cukup dengan kualitas yang memadai 2) Diatur sesuai denganukurannya 3) Ukuran perabot sesuai dengan ukurannya 4) Komponen perabot (misalnya sandaran) lengkap dan berfungsi dengan baik 5) Penempatan perabot sesuai dengan keadaan tempat 6) Konstruksi perabot kokoh 7) Tata letak perabot memudahkan pengosongan ruangan 8) Perabot bersih dari coretan 9) Tersedia sarana kebersihan yang cukup 10) Penggunaan peralatan kantor memperhitungkan bahaya fisik b) Buku-buku perpustakaan 1) Tersedia buku-buku dalan jumlah yang cukup memadai 2) Buku-buku bersih dari noda 3) Buku-buku diberi sampul yang menarik 4) Buku-buku disusun secara rapi dan serasi 5) Perawatan buku dilakukan secara berkala dan teratur 6) Sistem penyimpanan buku yang teratur guna memudahkan pemakai perpustakaan dalam mencari buku yang diperlukan 7) Administrasi perpustakaan dilaksanakan secara tertib 8) Keserasian dalam penempatan buku sehingga tampak menarik 9) Penyimpanan buku bebas dari hama 10) Tersedia tempat cuci tangan dan lap tangan c) Alat pelajaran Alat pelajaran yang tersedia meliputi alat peraga. dll) h) Pemeliharaan dan perawatan dilakukan secara rutin dan teratur 4. dan media pendidikan. talang. alat praktek.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->