PETA KONSEP

Dr. Insih Wilujeng

y Konsep (generalisasi dari fakta). y Hukum (generalisasi prinsip).PRODUK FISIKA (data yang menunjukkan fenomena yang sesungguhnya). dan y Teori (prinsip/hukum yang masih mengandung konsep hipotetik). y Fakta . y Prinsip (generalisasi konsep).

PENGERTIAN PETA KONSEP y suatu alat skematis untuk mereprentasikan suatu rangkaian konsep yang digambarkan dalam suatu kerangka preposisi y mengungkapkan hubunganhubungan yang berarti antara konsep-konsep dan menekan gagasan-gagasan pokok .

.CIRICIRI-CIRI PETA KONSEP y memperlihatkan konsep-konsep dan preposisi-preposisi suatu bidang studi y gambar dua dimensi dari suatu bidang studi atau suatu bagian dari bidang studi y cara menyatakan hubungan antara konsep-konsep.

. menunjukan secara visual berbagai jalan yang dapat ditempuh dalam menghubungkan pengertian konsep didalam permasalahannya.y Hirarki.

CARA MENYUSUN PETA KONSEP y Langkah pertama: mengidentifikasi ide pokok atau prinsip yang melingkupi sejumlah konsep y Langkah kedua: mengidentifikasi ide-ide atau konsep-konsep sekunder yang menunjang ide utama y Langkah ketiga: menempatkan ide utama di tengah atau di puncak peta tersebut .

y Langkah keempat: mengelompokkan ide-ide sekunder di sekeliling ide utama yang secara visual menunjukan hubungan ide-ide tersebut dengan ide utama. .

.Langkah-langkah menyusun peta angkahkonsep sebagai berikut: y Memilih suatu bahan bacaan y Menentukan konsep-konsep yang relevan y Mengelompokkan (mengurutkan) konsep-konsep dari yang paling inklusif ke yang paling tidak inklusif y Menyusun konsep-konsep tersebut dalam suatu bagan. konsep-konsep yang paling inklusif diletakkan di bagian atas atau di pusat bagan tersebut.

JENISJENIS-JENIS PETA KONSEP y Pohon jaringan (network tree) y Rantai kejadian (events chain) y Peta konsep siklus (cycle concept map) y Peta konsep laba-laba (spider concept map) .

Pohon jaringan (network tree) y Langkah-langkahnya sebagai berikut: Ide-ide pokok dibuat dalam persegi empat. sedangkan beberapa kata lain dihubungkan oleh garis penghubung. Kata-kata pada garis penghubung memberikan hubungan antara konsep-konsep Menulis topik dari suatu bacaan dan daftar konsep-konsep utama yang berkaitan dengan topik tersebut .

Mengurutkan ide-ide atau konsep-konsep dalam suatu susunan dari umum ke khusus Membuat peta konsep dari konsep-konsep yang berkaitan dan memberkan hubungannya dengan garis-garis .

CONTOH .

2) Langkah-langkah dalam suatu prosedur. . 3) Suatu urutan kejadian.Rantai kejadian (events chain) y Rantai kejadian digunakan untuk memvisualisasikan hal-hal sebagai berikut: 1) Memberkan tahap-tahap suatu proses.

CONTOH .

Peta konsep siklus (cycle concept map) y cocok diterapkan untuk menunjukan hubungan bagaimana suatu rangkaian kejadian berinteraksi untuk menghasilkan suatu kelompok hasil yang berulang-ulang. .

CONTOH .

dalam melakukan curah pendapat ide-ide berasal dari suatu ide sentral. sehingga dapat memperoleh sejumlah besar ide yang bercampur aduk. .Peta konsep laba-laba (spider labaconcept map) map) y digunakan untuk curah pendapat.

CONTOH .

y Peta konsep laba-laba digunakan untuk memvisualisasikan hal-hal sebagai berkut:1) Tidak menurut hirarki. kecuali berada dalam suatu kategori. 2) Kategori yang tidak paralel. 3) Hasil curah pendapat .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful