P. 1
Pengertian Ideologi

Pengertian Ideologi

|Views: 1,295|Likes:
Published by efitrisia

More info:

Published by: efitrisia on Feb 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/08/2013

pdf

text

original

Ideologi

oleh Elvina Fitrisia, 0806456505

Judul: “ Ideologi Pancasila: Bimbingan ke Arah Penghayatan dan Pengamalan Bagi Remaja” Pengarang: Muzayin Arifin Data Publikasi: Golden Terayon Press Judul: “ Ideologi Negara dan Tantangan Zaman” Pengarang: Pramudito Sumalyo Data Publikasi: Golden Terayon Press

Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. Kata ideologi sendiri diciptakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan "sains tentang ide". Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu (bandingkan Weltanschauung), secara umum (lihat Ideologi dalam kehidupan sehari hari) dan beberapa arah filosofis (lihat Ideologi politis), atau sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat. Tujuan untama dibalik ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran normatif. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik. Secara implisit setiap pemikiran politik mengikuti sebuah ideologi walaupun tidak diletakkan sebagai sistem berpikir yang eksplisit.(definisi ideologi Marxisme).

1

Pemikiran mendasar ini merupakan akumulasi jawaban atas pertanyaan dari mana.Beberapa definisi ideologi menurut beberapa ahli: • Destertt de Tracy: Ideologi adalah studi terhadap ide – ide/pemikiran tertentu. untuk apa dan mau kemana alam. • Francis Bacon: Ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup. • Napoleon: Ideologi keseluruhan pemikiran politik dari rival–rivalnya. • Muhammad Muhammad Ismail: Ideologi (Mabda’) adalah Al-Fikru al-asasi al-ladzi hubna Qablahu Fikrun Akhar. pemikiran mendasar yang sama sekali tidak dibangun (disandarkan) di atas pemikiran pemikiran yang lain. • Machiavelli: Ideologi adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa. • Thomas H: Ideologi adalah suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah agar dapat bertahan dan mengatur rakyatnya. manusia dan kehidupan ini yang dihubungkan dengan asal muasal penciptaannya dan kehidupan setelahnya? 2 . • Descartes: Ideologi adalah inti dari semua pemikiran manusia. • Karl Marx: Ideologi merupakan alat untuk mencapai kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat.

Yang dimaksud aqidah adalah pemikiran yang menyeluruh tentang alam semesta. maka Islam adalah agama yang mempunyai kualifikasi sebagai Ideologi dengan padanan dari arti kata Mabda’ dalam konteks bahasa arab. metode mempertahankannya. saat ini tidak diemban oleh satu 3 . fikrah dan thariqah. Sedangkan mabda yang ketiga yaitu Islam. • Taqiyuddin An-Nabhani: Mabda’ adalah suatu aqidah aqliyah yang melahirkan peraturan. Atau Mabda’ adalah suatu ide dasar yang menyeluruh mengenai alam semesta. di samping hubungannya dengan Zat yang ada sebelum dan sesudah alam kehidupan di dunia ini. Pemikiran tersebut harus mempunyai metode. Untuk saat ini dua mabda pertama. maka yang kita dapati hanya ada tiga ideologi (mabda’). manusia. Sehingga dalam Konteks definisi ideologi inilah tanpa memandang sumber dari konsepsi Ideologi. dan Islam. metode menjaga pemikiran tersebut agar tidak menjadi absurd dari pemikiran-pemikiran yang lain dan metode untuk menyebarkannya. serta tentang apa yang ada sebelum dan setelah kehidupan. Yaitu Kapitalisme. Hafidh Shaleh: Ideologi adalah sebuah pemikiran yang mempunyai ide berupa konsepsi rasional (aqidah aqliyah). Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa Ideologi(mabda’) adalah pemikiran yang mencakup konsepsi mendasar tentang kehidupan dan memiliki metode untuk merasionalisasikan pemikiran tersebut berupa fakta. yang meliputi akidah dan solusi atas seluruh problem kehidupan manusia. serta metode menyebarkannya ke seluruh dunia. masing-masing diemban oleh satu atau beberapa negara. Mencakup dua bagian yaitu. dan hidup. dan hidup. Sosialisme termasuk Komunisme. manusia. Apabila kita telusuri seluruh dunia ini. yang meliputi metode untuk mengaktualisasikan ide dan solusi tersebut.• Dr.

negarapun.selanjutnya apa perbedaan dari ideologi2 yang ada didunia: 1. Sumber Ideologi 1. mabda ini tetap ada di seluruh penjuru dunia. Ibnu Sina mengemukakan masalah tentang ideologi dalam Kitab-nya "Najat". Islam: Laa Ilaha illa Llah. yaitu menyatukan antara hukum Allah SWT dgn kehidupan (Aqidah Islam) 4 . sedangkan Islam berasal dari wahyu Allah SWT (hukum syara’). namun tidak perlu sekali. Sosialisme/Komunisme: Buatan akal manusia yang penuh keterbatasan 3. Islam: Wahyu Allah SWT kepada Rasulullah SAW 2. dan bagi pencapaian manusia akan kesempurnaan eksistensi manusiawinya. yang paling banter bermanfaat bagi kesinambungan ras manusia. melainkan diemban oleh individu-individu dalam masyarakat." Perbandingan Ideologi Dunia Setelah tahu definisi dari ideologi. dia berkata: "Nabi dan penjelas hukum Tuhan serta ideologi jauh lebih dibutuhkan bagi kesinambungan ras manusia.yaitu memisahkan agama dari Kehidupan masyarakat dan negara 2. Sosialisme/Komunisme: (dialetika)materialisme dan evolusi materialisme 3. atau hal-hal lain seperti itu. Dasar qiyadah fikriyah (pemikiran prioritas/kepemimpinan berfikir) 1. Kaptalisme: Buatan akal manusia yang penuh keterbatasan 2. Sekalipun demikian. lekuk tapak kakinya. Kaptalisme:Sekularisme. Sumber konsepsi ideologi kapitalisme dan Sosialisme berasal dari buatan akal manusia. ketimbang tumbuhnya alis mata.

Perbuatan baru bebas dilakukan bila sesuai dgn hukum syara'. pendapat.dan peraturan) 5. Maysarakat hanyalah kumpulan individu-individu saja(individualisme) 2. Islam: Allah SWT lewat wahyunya.pemikiran. Akal manusia berfungsi menggali fakta dan memahami hukum dari wahyu 4. dll 2. barang produksi dll(satu kesatuan yaitu materi). pangkat. Pembuat Hukum dan Aturan 1. Islam: Individu merupakan salah satu anggota/bagian masyarakat(masyarakat=kumpulan manusia. kedudukan. 3.3. Islam: Mencapai ridha Allah SWT yg terletak dlm ketaatannya dlm setiap perbuatan 5 . pangkat. Sosialisme/Komunisme: Meraih sebanyak2nya materi berupa harta. dll 3. Islam: Seluruh perbuatan terikat dgn hukum syara'. Sosialisme/Komunisme: Negara diatas segalanya. 6. Tolak ukur kebahagiaan 1. Individu merupakan salah satu gigi roda dlm roda masyarakat yg berupa sumber daya alam. kedudukan. Sosialisme/Komunisme: Manusia 3. Kaptalisme: Individu diatas segalanya. Kaptalisme: Liberalisme (kebebasan) dlm masalah aqidah. Ikatan Perbuatan 1. Fokus 1. Kaptalisme: Meraih sebanyak2nya materi berupa harta. Sosialisme/Komunisme: Tidak ada kebebasan dlm aqidah dan kepemilikan sedangkan dlm hal perbuatan ada kebebasan 3.perasaan. manusia. Kaptalisme: Manusia 2. pemilikan dan kebebasan pribadi 2.

Dasar perekonomian 1.7. Tidak ada sebab pemilikan. 10. Islam: Distandarisasi oleh hukum syara'.Tidak dikenal sebab-sebab pemilikan. Kebebasan pribadi dalam berbuat 1.bila tidak maka tidak boleh dilakukan 8. 6 . Kaptalisme: Manusia membuat hukum bagi dirinya berdasar fakta yang dilihatnya. Sosialisme/Komunisme: Sistem aturan diambil dari alat-alat produksi 3. 2. 3. Islam: Setiap orang bebas menjalankan perekonomian dengan membatasi sebab pemilikan dan jenis pemiliknya. Islam:Masyarakat merupakan kumpulan individu yang memiliki perasaan dan pemikiran yang satu serta diatur oleh hukum yang sama. Kaptalisme: Masyarakat merupakan kumpulan individu-individu. Islam: Allah telah menjadikan bagi manusia system aturan untuk dijalankan dalam kehidupan yang diturunkan pada nabi Muhammad SAW. Kaptalisme: Ekonomi berada ditangan para pemilik modal . Jumlahnya pun bebas dimiliki tanpa batasan. Namun jumlah kekayaan yang boleh dimiliki dibatasi. alam dan interaksinya dengan alam 3.Setiap orang bebas menempuh cara apa saja. 2. Sosialisme/Komunisme: Masyarakat merupakan kumpulan dan kesatuan manusia. Sosialisme/Komunisme: Ekonomi di tangan negara. Kaptalisme: Mendewakan kebebasan pribadi demi meraih kebahagiaan yang mereka definisikan 2. lalu menggali hukum dari Al Qur'an dan As Sunnah. semua orang boleh mencari kekayaan dengan cara apapun. 2. 9. Sedangkan jumlah kekayaan yang boleh dimiliki tidak dibatasi. Sosialisme/Komunisme: Mendewakan kebebasan pribadi demi meraih kebahagiaan yang mereka definisikan 3. Kemunculan sistem aturan 1. Manusia hanya memahami permasalahan.Bila sesuai bebas dilakukan . Pandangan terhadap masyarakat 1.

kontrol masyarakat dan penerapan dari masyarakat(penerapan hukum pada masyarakat oleh negara) Tipe Ideologi Tipe pertama adalah ideologi terbuka. melainkan konsensus masyarakat. dan budaya masyarakat sendiri. 7 . masyarakat dapat menemukan dirinya kembali di dalamnya. Operasional cita-cita yang akan dicapai tidak dapat ditentukan secara apriori. tidak totaliter dan tidak dapat dipakai melegitimasi kekuasaan sekelompok orang. Islam: Halal-haram 12. melainkan digali dan diambil dari harta kekyaan rohani. Ideologi terbuka hanya berisi orientasi dasar. Dengan sendirinya ideologi terbuka bersifat inklusif. Ideologi terbuka hanya dapat ada dan mengada dalam sistem yang demokratis. Ciri Khas “Ideologi Terbuka” Ciri khas “Ideologi Terbuka” ialah bahwa nilai-nilai dan cita-citanya tidak dipaksakan dari luar. Islam: Atas dasar ketaqwaan individu. Dasarnya bukan keyakinan ideologis sekelompok orang. Sosialisme/Komunisme: Tolok ukur materi 3. melainkan ditemukan dalam masyarakat sendiri. Sosialisme/Komunisme: Tangan besi dari negara (otoriter) 3. sedangkan penerjemahannya ke dalam tujuan-tujuan dan norma norma sosial-politik selalu dapat dipertanyakan dan disesuaikan dengan nilai dan prinsip moral yang berkembang di masyarakat. Ideologi terbuka tidak diciptakan. melainkan harus disepakati secara demokratis. Penerapan hukum 1. moral. Kaptalisme: Manfaat kekinian 2.11. Tolok ukur 1. Oleh karena itu ideologi terbuka itu adalah milik seluruh rakyat. Kaptalisme: Terserah individu 2.

ilmu pengetahuan dan teknologi serta dinamika perkembangan aspirasi masyarakat. antisifasif dan senentiasa mampu menyelesaikan dengan perkembangan zaman. melainkan harus diterima sebagai sesuatu yang sudah jadi dan harus dipatuhi. dasar-dasar filosofis yang dimaksudkan itulah yang biasa disebut sebagai Pancasila yang berarti lima sila atau lima prinsip dasar untuk mencapai atau mewujudkan empat tujuan bernegara. Isinya dogmatis dan apriori sehingga tidak dapat dirubah atau dimodifikasi berdasarkan pengalaman sosial. Tipe yang kedua ideologi tertutup Ideologi tertutup adalah ajaran atau pandangan dunia atau filsafat yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial. namun mengeksplisitkan wawasannya lebih kongkrit. Hal ini dimaksudkan bahwa ideologi pansila besifat aktual. Ciri “Ideologi Tertutup Suatu ideologi tertutup dapat dikenali dari beberapa ciri khas.Ideologi terbuka itu tidak hanya dapat dibenarkan. Karena itu ideologi ini tidak mentolerir pandangan dunia atau nilai-nilai lain. Pancasila sebagai suatu ideologi tidak bersifat kaku dan tertutup. Ideologi itu bukan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat. sehingga memiliki kemampuan yang reformatif untuk memecahkan masalahmasalah aktual yang senentiasa berkambang seiring dengan aspirasi rakyat. Kebenaran suatu ideologi tertutup tidak boleh dipermasalahkan berdasarkan nilainilai atau prinsip-prinsip moral yang lain. yang ditasbihkan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi. dinamis. perkembangan iptek dan zaman. melainkan dibutuhkan. dinamis dan terbuka. Di Indonesia. namun bersifat reformatif. Ciri khas formal ideologi terbuka adalah bahwa isinya tidak langsung operasional. melainkan berupa cita-cita sebuah kelompok yang mendasari suatu program untuk mengubah dan membaharui masyarakat. Keterbukaan ideologi pancasila bukan berarti mengubah nilai-nilai dasar yang terkandung didalamnya. 8 . Ideologi tertutup adalah musuh tradisi.

Liberalisme Liberalisme adalah sebuah ideologi. Agamaagama sebagai bentuk kesosialan yang membuat kebal terhadap pengaruh ideologiideologi dibatasi dan kalau dapat dihancurkan. Pluralisme pandangan dan kebudayaan dalam masyarakat mau dihapus. Macam-Macam Ideologi 1. Dengan sendirinya ideologi tertutup tersebut harus dipaksakan berlaku dan dipatuhi masyarakat oleh elit tertentu. Pola dan irama kehidupan. Kekuasaannya selalu condong ke arah total. ideologinya itu akan dipaksakan pada masyarakat. Bidang yang segera dikuasai sepenuhnya dan dipergunakan bagi penyebaran ideologi itu adalah bidang yang mempengaruhi sikap-sikap masyarakat: bidang informasi dengan media massa dan bidang pendidikan. yang berarti bersifat otoriter dan dijalankan dengan cara yang totaliter. 9 . norma-norma kelakuan an nilai-nilai masyarakat akan diubah. Demokrasi yang nyata dan pluralistik tidak akan ditolerir. dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan adalah nilai politik yang utama. sesuai dengan ideologi itu. Demi ideologi itu hak-hak asasi manusia tidak dihormati lagi. pandangan filsafat. Ideologi tertutup tidak mengakui institusi lawan yang merelatifkan tuntutantuntutannya.Kalau kelompok itu berhasil untuk merebut kekuasaan politik. Ideologi tertutup tidak mengakui hak masing-masing orang untuk memiliki keyakinan dan pertimbangannya sendiri. jadi menyangkut seluruh kehidupan. Ideologi tertutup biasanya bersifat totaliter. sebagaimana dikatakan oleh Rousseau.

terutama barang modal. yaitu pada masa perkembangan perbankan komersial Eropa di mana sekelompok individu maupun kelompok dapat bertindak sebagai suatu badan tertentu yang dapat memiliki maupun melakukan perdagangan benda milik pribadi. Liberalisme menghendaki adanya. dan suatu sistem pemerintahan yang transparan. Dalam masyarakat modern. bebas. maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama. seperti tanah dan manusia guna proses perubahan dari barang modal ke barang jadi. Demokrasi sejati tidak terpisahkan dari kebebasan politik dan didasarkan pada persetujuan yang dilakukan dengan sadar. Oleh karena itu paham liberalisme lebih lanjut menjadi dasar bagi tumbuhnya kapitalisme. kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas. yang diungkapkan melalui surat suara yang bebas dan rahasia. liberalisme mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas. hal ini dikarenakan keduanya sama-sama mendasarkan kebebasan mayoritas. Paham liberalisme menolak adanya pembatasan. Untuk 10 . 2. Demi prinsip tersebut. pertukaran gagasan yang bebas. Kapitalisme Kapitalisme adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. dan menolak adanya pembatasan terhadap pemilikan individu. ekonomi pasar yang mendukung usaha pribadi (private enterprise) yang relatif bebas. Beberapa ahli mendefinisikan kapitalisme sebagai sebuah sistem yang mulai berlaku di Eropa pada abad ke-16 hingga abad ke-19. dengan menghargai kebebasan dan pandangan-pandangan kaum minoritas. dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu. dan yang diketahui benar (enlightened) dari kelompok mayoritas. liberalisme akan dapat tumbuh dalam sistem demokrasi. Bandingkan Oxford Manifesto dari Liberal International: "Hak-hak dan kondisi ini hanya dapat diperoleh melalui demokrasi yang sejati. Walaupun demikian. khususnya dari pemerintah dan agama.Secara umum.

Peleburan kapitalisme dengan sosialisme tanpa adanya pengubahan menjadikan kapitalisme lebih lunak daripada dua atau tiga abad yang lalu. para kapitalis harus mendapatkan bahan baku dan mesin dahulu. dan pasar wilayah tersebut. tenaga kerja. Saat ini. baru buruh sebagai operator mesin dan juga untuk mendapatkan nilai lebih dari bahan baku tersebut. Kapitalisme memiliki sejarah yang panjang. terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan. yaitu sejak ditemukannya sistem perniagaan yang dilakukan oleh pihak swasta.mendapatkan modal-modal tersebut. 3. kapitalisme tidak hanya dipandang sebagai suatu pandangan hidup yang menginginkan keuntungan belaka. 11 . Australia. seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya. Nasionalisme Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris "nation") dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini. Hong Kong dan Singapura sebagai contoh sukses pasca-kolonialisme. Mereka menunjuk ke bekas koloni seperti AS. Selandia Baru. hal ini dikenal dengan sebutan guild sebagai cikal bakal kapitalisme. 4. Pendukung dari kolonialisme berpendapat bahwa hukum kolonial menguntungkan negara yang dikolonikan dengan mengembangkan infrastruktur ekonomi dan politik yang dibutuhkan untuk pemodernisasian dan demokrasi. Di Eropa. Kolonialisme Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya.

dan negara. Ikatan nasionalisme tumbuh di tengah masyarakat saat pola pikirnya mulai merosot. Dari sinilah cikal bakal tubuhnya ikatan ini. seperti yang dinyatakan di bawah. Ikatan inipun tampak pula dalam dunia hewan saat ada ancaman pihak asing yang hendak menyerang atau menaklukkan suatu negeri. debat liberalisme yang menganggap kebenaran politik adalah bersumber dari kehendak rakyat. Dalam bahasa Inggris. bila suasanya aman dari serangan musuh dan musuh itu terusir dari negeri itu. naluri mempertahankan diri sangat berperan dan mendorong mereka untuk mempertahankan negerinya. tempatnya hidup dan menggantungkan diri. Saat itu. Istilah ini mulai digunakan sejak awal abad ke-19. Namun. Sosialisme Istilah sosialisme atau sosialis dapat mengacu ke beberapa hal yang berhubungan dengan ideologi atau kelompok ideologi. Ikatan ini terjadi saat manusia mulai hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu dan tak beranjak dari situ. istilah ini mengacu pada para pengikut doktrin Saint-Simon pada tahun 1832 yang dipopulerkan oleh Pierre Leroux dan J. Regnaud dalam l'Encyclopédie Nouvelle.Para nasionalis menganggap negara adalah berdasarkan beberapa "kebenaran politik" (political legitimacy). sistem ekonomi. Dalam zaman modern ini. pengasingan dan sebagainya. Di Perancis. istilah ini digunakan pertama kali untuk menyebut pengikut Robert Owen pada tahun 1827. 5. nasionalisme merujuk kepada amalan politik dan ketentaraan yang berlandaskan nasionalisme secara etnik serta keagamaan. Penggunaan istilah sosialisme sering digunakan dalam berbagai konteks yang berbeda-beda oleh berbagai kelompok. yang notabene lemah dan bermutu rendah. atau gabungan kedua teori itu. Para ilmuwan politik biasanya menumpukan penyelidikan mereka kepada nasionalisme yang ekstrem seperti nasional sosialisme. Bersumber dari teori romantisme yaitu "identitas budaya". tetapi hampir semua sepakat bahwa istilah ini berawal dari 12 . sirnalah kekuatan ini.

13 . Fasisme Fasisme merupakan sebuah paham politik yang mengangungkan kekuasaan absolut tanpa demokrasi. Dalam paham ini. Hal itu menyebabkan penderitaan kaum proletar. 6. artinya dalam kehidupan sosial semua orang dipandang sama. nasionalisme yang sangat fanatik dan juga otoriter sangat kentara.pergolakan kaum buruh industri dan buruh tani pada abad ke-19 hingga awal abad ke-20 berdasarkan prinsip solidaritas dan memperjuangkan masyarakat egalitarian yang dengan sistem ekonomi menurut mereka dapat melayani masyarakat banyak daripada hanya segelintir elite. Fascis ini merupakan simbol daripada kekuasaan pejabat pemerintah. sedangkan kaum borjuis semakin kaya. tidak ada perbedaan baik laki-laki maupun perempuan. tidak ada perbedaan antara yang memiliki uang dengan yang tidak memiliki uang. Landasan filosofi ideologi Marxisme adalah materialisme karena menurut Marx dan Engels dalam kehidupan ini "yang primer" dianggap sebagai materi. 7. fascis. Konflik yang terjadi dalam sejarah manusia selalu memperebutkan sesuatu yang ada hubungannya dengan materi. fascio. Ikatan kayu ini lalu tengahnya ada kapaknya dan pada zaman Kekaisaran Romawi dibawa di depan pejabat tinggi. Marxisme Marxisme adalah suatu ideologi yang timbul karena munculnya kapitalisme yang menimbulkan perbedaan kelas dalam masyarakat. Sementara dalam Marxisme tidak mengenal perbedaan kelas. Pada awalnya. sendirinya dari bahasa Latin. yang berarti seikat tangkai-tangkai kayu. Penerapan Marxisme kemudian menimbulkan paham baru yaitu sosialisme-marxisme. Kata fasisme diambil dari bahasa Italia. Perekonomian negara dan hak milik bersama diatur oleh negara. sosialisme merupakan utopia sosialis.

Pada abad ke-20. sebuah periode yang kemudian dikenal sebagai Jerman Nazi atau Reich Ketiga. Kata ini juga merujuk pada kebijakan yang dianut oleh pemerintahan Jerman pada tahun 1933—1945. tetapi bahkan rasialisme dan rasisme yang sangat sangat kuat. fasisme muncul di Italia dalam bentuk Benito Mussolini. Sementara itu di Jerman. melainkan sebuah kombinasi dari berbagai ideologi dan kelompok yang memiliki kesamaan pendapat tentang penentangan Perjanjian Versailes dan kebencian terhadap Yahudi dan Komunis yang dipercaya berada di balik perjanjian tersebut. atau secara resmi Nasional Sosialisme (Jerman: Nationalsozialismus). Saking kuatnya nasionalisme sampai mereka membantai bangsa-bangsa lain yang dianggap lebih rendah. 14 . mengubah nama partai itu (1 April 1920). Sampai hari ini orang-orang yang berhaluan ekstrim kanan dan rasisme sering disebut sebagai Neonazi (neo = "baru" dalam bahasa Yunani). Nazisme berbeda dengan fasisme Italia karena yang ditekankan tidak hanya nasionalisme saja. Naziisme. Nazisme bukanlah sebuah ideologi baru. 8. Hitler kemudian bergabung dengan partai kecil ini pada bulan September 1919 dan menjadi pemimpin propaganda. Nazisme Nazisme. dan menjadi pemimpin partai pada tanggal 29 Juli 1921. Partai yang semula bernama Partai Pekerja Jerman (DAP) ini didirikan pada tanggal 5 Januari 1919 oleh Anton Drexler. yaitu Nazisme pimpinan Adolf Hitler. juga muncul sebuah paham yang masih bisa dihubungkan dengan fasisme. Jerman: Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei atau NSDAP) di bawah kepemimpinan Adolf Hitler. merujuk pada sebuah ideologi totalitarian Partai Nazi (Partai Pekerja Nasional-Sosialis Jerman.

Laki-laki 15 . Perempuan harus mempersiapkan diri agar mereka bisa bersaing di dunia dalam kerangka "persaingan bebas" dan punya kedudukan setara dengan lelaki. Setiap manusia -demikian menurut mereka. Feminisme Marxis Aliran ini memandang masalah perempuan dalam kerangka kritik kapitalisme. b. Beberapa aliran feminisme: a. Kini perempuan telah mempunyai kekuatan dari segi pendidikan dan pendapatan. Asumsinya sumber penindasan perempuan berasal dari eksploitasi kelas dan cara produksi. Kegiatan produksi yang semula bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sendri berubah menjadi keperluan pertukaran (exchange). Teori Friedrich Engels dikembangkan menjadi landasan aliran ini —status perempuan jatuh karena adanya konsep kekayaaan pribadi (private property). Tokoh aliran ini adalah Naomi Wolf. Feminisme Feminisme (tokohnya disebut Feminis) adalah sebuah gerakan perempuan yang menuntut emansipasi atau kesamaan dan keadilan hak dengan pria. dan perempuan harus terus menuntut persamaan haknya serta saatnya kini perempuan bebas berkehendak tanpa tergantung pada lelaki. sebagai "Feminisme Kekuatan" yang merupakan solusi. Feminisme Liberal Apa yang disebut sebagai Feminisme Liberal ialah pandangan untuk menempatkan perempuan yang memiliki kebebasan secara penuh dan individual.punya kapasitas untuk berpikir dan bertindak secara rasional. Akar ketertindasan dan keterbelakngan pada perempuan ialah karena disebabkan oleh kesalahan perempuan itu sendiri.9. Aliran ini menyatakan bahwa kebebasan dan kesamaan berakar pada rasionalitas dan pemisahan antara dunia privat dan publik. begitu pula pada perempuan.

Akan tetapi. Dalam konteks Indonesia. Kapitalisme dan patriarki adalah dua kekuatan yang saling mendukung. Feminisme sosialis berjuang untuk menghapuskan sistem pemilikan. Feminisme sosialis muncul sebagai kritik terhadap feminisme Marxis. Feminisme sosialis Sebuah faham yang berpendapat "Tak Ada Sosialisme tanpa Pembebasan Perempuan. aliran feminis sosialis ini juga setuju dengan feminisme radikal yang menganggap patriarkilah sumber penindasan itu. Tak Ada Pembebasan Perempuan tanpa Sosialisme". analisis ini bermanfaat untuk melihat problem-problem kemiskinan yang menjadi beban perempuan. tanpa pembedaan gender. Kritik kapitalisme harus disertai dengan kritik dominasi atas perempuan. Ia sepaham dengan feminisme marxis bahwa kapitalisme merupakan sumber penindasan perempuan. Agenda perjuagan untuk memeranginya adalah menghapuskan kapitalisme dan sistem patriarki. Lembaga perkawinan yang melegalisir pemilikan pria atas harta dan pemilikan suami atas istri dihapuskan seperti ide Marx yang mendinginkan suatu masyarakat tanpa kelas. sedangkan peran sebagai konsumen dan pengasuh anak adalah peran feminin. 16 . c. Seperti dicontohkan oleh Nancy Fraser di Amerika Serikat keluarga inti dikepalai oleh laki-laki dan ekonomi resmi dikepalai oleh negara karena peran warga negara dan pekerja adalah peran maskulin. Feminisme sosialis menggunakan analisis kelas dan gender untuk memahami penindasan perempuan. Jika kapitalisme tumbang maka struktur masyarakat dapat diperbaiki dan penindasan terhadap perempuan dihapus.mengontrol produksi untuk exchange dan sebagai konsekuensinya mereka mendominasi hubungan sosial. Aliran ini mengatakan baha patriarki sudah muncul sebelum kapitalisme dan tetap tidak akan berubah jika kapitalisme runtuh. Sedangkan perempuan direduksi menjadi bagian dari property. Sistem produksi yang berorientasi pada keuntungan mengakibatkan terbentuknya kelas dalam masyarakat—borjuis dan proletar.

sosialisme. nasionalisme. Ideologi terbuka bersifat inklusif. Maka terdapat suatu yang bersifat dialektis antara ideologi dengan masyarat negara. pengertian ideologi adalah gabungan antara pandangan hidup yang meruupakan yang merupakan nilai –nilai yang telah mengkristal dari suatu bangsa serta Dasar Negara yang memiliki nilai-nilai falsafah yang menjadi pedoman hidup suatu bangsa. melainkan harus diterima sebagai sesuatu yang sudah jadi dan harus dipatuhi. 17 . marxisme. sedangkan penerjemahannya ke dalam tujuantujuan dan norma norma sosial-politik selalu dapat dipertanyakan dan disesuaikan dengan nilai dan prinsip moral yang berkembang di masyarakat. Ideologi terbagi menjadi dua tipe. Ideologi mencerminkan cara berpikir masyarakat. selain itu. Ideologi terbuka hanya berisi orientasi dasar.Jadi. nazisme. kapitalisme. Sedangkan ideologi tertutup adalah ajaran atau pandangan dunia atau filsafat yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial. yang ditasbihkan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi. fasisme. dan feminisme.Ideologi terbuka hanya dapat ada dan mengada dalam sistem yang demokratis. namun juga membentuk masyarakat menuju cita-citanya. Ideologi adalah merupakan hasil reflesi manusia berkat kemampuannya mengadakan distansi terhadap dunia kehidupannya. Macam-macam ideologi : liberalisme. Di suatu pihak membuat ideologi semakin realistis dan pihak yang lain mendorong masyarakat mendekati bentuk yang ideal. ideologi terbuka dan ideologi tertutup. bangsa maupun negara. kolonialisme. tidak totaliter dan tidak dapat dipakai melegitimasi kekuasaan sekelompok orang.

com http://id. 2004. Jakarta: Golden Terayon Press Sumalyo.google.wikipedia. Ideologi Pancasila: Bimbingan ke Arah Penghayatan dan Pengamalan Bagi Remaja. Muzayin. Jakarta: Golden Terayon Press http://www. Ideologi Negara dan Tantangan Zaman. 2004.ideologi 18 . Pramudito.DAFTAR PUSTAKA Arifin.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->