P. 1
Geografi Ekonomi Menurut Para Ahli

Geografi Ekonomi Menurut Para Ahli

|Views: 865|Likes:
Published by Apri Armasari

More info:

Published by: Apri Armasari on Feb 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/25/2013

pdf

text

original

Geografi Ekonomi Menurut Para Ahli

J.W Alexander ( 1963 dalam Joko Pramono 2004 ) menyatakan bahwa Geografi Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari variasi daerah permukaan bumi, tempat manusia melakukan aktivitas ekonomi yang berhubungan dengan produksi, konsumsi dan pemasaran.

Nursid ( 1988:54 ) mendefinisikan geografi ekonomi seabgai cabang geografi manusia yang bidang studinya struktur aktivitas keruangan ekonomi sehingga titik berat studinya adalah aspek keruangan struktur ekonomi manusia yang didalamnya bidang pertanian, industriperdaganagan-komunikasi dan lain sebagainya.

H. Robinson ( 1979 ) mengartikan geografi ekonomi sebagi ilmu yang membahas mengenai cara cara manusia dalam kelangsungan hidupnya berkaitan dengan aspek keruangan, dalam hal ini berhubungan dengan eksplorasi sumberdaya alam dari bumi oleh manusia.

Suharyono, 1994 : 34 ) produksi dari komoditi ( bahan mentah, bahan pangan, barang pabrik ) kemudian usaha transportasi, distribusi, konsumsi.

Spatial Process

Sebuah proses spasial dimana melibatkan perubahan dalam beberapa elemen dari suatu sistem. Karena berhadapan dengan sistem ekonomi spasial, proses spasial dapat terjadi pada tingkat yang berbeda atau mengambil karakteristik yang berbeda pada tempat yang berbeda. Konsep proses spasial digunakan untuk "menjelaskan" pola spasial, karena mengacu pada rantai kasual peristiwa yang menghasilkan perubahan dari waktu ke waktu. Jadi, proses spasial adalah proses terjadinya suatu alur kegiatan berdasarkan konsep keruangan.

scribd.ac.Skripsi. Wheeler.Skripsi. Yanuar Putra Aribawa.2009. dan Muller. New York: John Wiley and Sons.id/5008/2/E100040005. Umuh. Universitas Negeri Semarang. Univesitas Muhammadiyah Surakarta. .2005. James O. ³Economic Geography´. Peter O.Sumber : Aribawa.eprints.PDF) Halimah.ums.com/doc/49579829/6/Geografi-Ekonomi).³Tinjauan Geografi Ekonomi Terhadap Volume Penjualan Industri Syrup³. (http://etd. (http://www.´ Analisis Tenaga Kerja Industri Batik Tulis Lasem Di Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang´.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->