AKHLAK DALAM KELUARGA

tentu tidak terlepas dari pola sikap antaranggota keluarga. ayah terhadap anak. ibu terhadap ayah. dan anak terhadap kedua orang tua adalah wujud akhlak dalam keluarga. Bagaimana tingkah laku ayah terhadap ibu. anak terhadap sesama saudara.BACKGROUND ISSUE y Berbicara masalah keluarga . ibu terhadap anak. .

ketentraman keluarga bisa jadi di ujung tanduk. Apalagi. Apabila keluarga tidak dihiasi dengan akhlak yang baik. bahagia. Sebuah akhlak mulia perlu dipupuk sedikit demi sedikit sehingga membuahkan kenyamanan dalam berinteraksi dengan anggota keluarga lain . Keluarga yang terbangun menjadi tidak harmonis . Demikian pula sebaliknya.y Sikap terpuji antar anggota keluarga menjadikan sebuah keluarga menjadi harmonis dan penuh cinta.

sakinah.mawadah.Agar kita bisa memperbaiki akhlak dalam berkeluarga.sehingga nantinya bisa tercipta keluarga yang harmonis. wa rahmah maka kita harus memahami dulu bagaimana islam mengaturnya sebagai berikut : .

terdapat 4 macam kriteria umum dalam menentukan pasangan hidup seseorang. melainkan terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh seseorang bila menginginkan pasangan hidup yang dapat membawa kebahagiaan di dunia maupun di akhirat nanti . Memilih pasangan hidup y Dalam ajaran agama Islam.A. karena dalam menentukan pasangan hidup tidak cukup hanya dengan modal cinta semata.

Peganglah yang memiliki agama niscaya kedua tanganmu tidak akan terlepasµ (HR. Bukhari. kecantikan dan agamanya. dan Abu Daud) .CONTINUE y Dalam salah satu Hadist Rasulullah bersabda : ´Seorang wanita dinikahi berdasrkan empat pertimbangan: karena harta. Muslim. keturunan.

Melakukan Penikahan Nikah adalah adalah akad yang menghalalkan pasangan suami isteri untuk hidup bersama. .B. Hukumnya wajib bagi orang yang mampu membiayainya serta merasa khawatir akan terjerumus pada hal-hal yang diharamkan oleh agama. dan nikah hukumnya sunnah bagi orang yang mampu membiayainya tapi dia tidak khawatir terjerumus dalam perbuatan yang diharamkan.

C C. Kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang suami terhadap isteri antara lain : y Mahar y Nafkah y Ihsan al-¶Asyarah (berbuat baik terhadap istri) y Membimbing dan Mendidik Keagamaan Isteri y B. Kewajiban istri terhadap suami y PatuhTerhadap Suami y Ihsan al ¶Asyarah (berbuat baik terhadap suami) . Hak dan Kewajiban suami isteri y A.

termasuk keluarga. juga menjelaskan secara gamblang tentang akhalak terpuji orang tua terhadap anak dan anak kepada kedua orang tuanya y Birrul Wlidain terdiri dari kata birru dan al-walidain.D. Al-Qur·an Al-Karim menggunakan istilah ihsan (wa bi al-walidaini ihsana) . Birrul Walidain merupakan suatu istilah yang berasal langsung dari Nabi Muhammad saw. Birru artinya kebajikan. Al-walidain artinya dua orang tua atau ibu dan bapak. yang berarti berbuat kebajikan kepada kedua orang tua. Semakna dengan birrul walidain. Birul walidain y Islam sebagai agama yang sempurna dan mengatur semua sisi kehidupan manusia.

tambah. hanya kepada-Kulah kembalimu.Ayat al-qur·an y ´Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu. Bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu. ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah.bapanya. dan menyapihnya dalam dua tahun.µ(QS. Luqman 14) .

dan kemarahan Rabb (Allah) ada pada kemarahan orang tua. Rasulullah bersabda: y ´Keridhaan Rabb (Allah) ada pada keridhaan orang tua.HADIST y Rasulullah juga mengaitkan bahwa keridhaan dan kemarahan Allah SWT berhubungan dengan keridhaan dan kemarahan kedua orang tua. Tirmidzi) .µ(HR.

Al-Isra· 24) . kasihilah mereka keduanya. y Mendo·akan kedua orang tua : ´Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "WahaiTuhanku. sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".(QS.Bentuk-bentuk Birrul Waldain y Mengikuti keinginan dan saran orang tua y Menghormati dan Memuliakan kedua orang tua y Membantu kedua orang tua secara fisik dan materiil.

ibu dan anak. bibi. dan lain seterusnya. Tetapi adalah keluarga besar yang bisa terdiri dari seluruh aspek dalam suatu keluarga yang sambungmenyambung. Keluarga dalam kosep Islam bukanlah keluarga kecil yang hanya terdiri dari bapak. paman. Istilah ini merupakan sebuah istilah dari hubungan baik penuh kasih sayang antar sesame karib kerabat yang salusulnya berasl dari satu rahim(keluarga). seperti kakek.E. . Silaturrahmi Dengan Karib Kerabat y Istilah silaturrahmi terdiri dari dua kata: Shillah (hubungan atau sambungan) dan rahim (peranakan). nenek.

silaturrahmi juga memberi manfaat lain yang lebih besar baik di dunia maupun di akhirat. y Lapang Rezeki dan Panjang Umur .y Manfaat Silaturrahmi y Selain meningkatkan hubungan persaudaraan antar kerabat.

. y Rasulullah bersabda : ´Siapa yang ingin di lapangkan rezekinya. hendaklah ia melakukan silaturrahmi. dipanjangkan umurnya.y Secara lebih konkret Rasulullah saw menjanjikan rezeki yang lapang dan umur yang panjang bagi orang-orang yang melakukan silaturahmi.µ (H. Muttafaqun ¶Alaihi) Demikianlah beberapa manfaat silaturrahmi yang akan didapatkan baik di dunia maupun di akhirat nanti.

SYUKRAN .