“ BAJA”

Kelvin Woda 2010610071 James Henoch 2010610074 Andryan Putra 2010610078 Andreas Santoso 2010610079 Tefan Yosha 2010610139 .

2% hingga 2. Fungsi karbon dalam baja adalah sebagai unsur pengeras dengan mencegah dislokasi bergeser pada kisi kristal (crystal lattice) atom besi .1% berat sesuai grade-nya. Kandungan unsur karbon dalam baja berkisar antara 0. logam besi sebagai unsur dasar dengan karbon sebagai unsur paduan utamanya.Pengantar   Baja adalah logam paduan.

Baja martensit 3. Baja austenit 4. . Baja ferric 5.Struktur  Baja paduan diklasifikasikan berdasarkan : 1. Karbid atau ledeburit. Baja pearlit 2.

Baja paduan menengah (2.  Baja Konstruksi.5 %).Baja dengan sifat fisik khusus.Baja paduan tinggi (lebih dari 5 %) .Baja perkakas (tool steel).Penggunaan   Berdasarkan penggunaan dan sifat-sifanya. baja paduan diklasifikasika : Baja konstruksi (structural steel). tiga golongan tergantung persentase unsur pemadunya. yaitu : Baja paduan rendah (maximum 2 %). dibedakan lagi mejadi.

Penemu Proses Pembuatan   Henry Bassemer  William Siemens .

Bahan yang Digunakan   · Besi cair  · Batu gamping  · Besi oksida .

 Tungku Terbuka (Open Hearth Furnance) Pada bagian dasar tungku dilapisi dengan pelapis asam atau basa .Proses dan Reaksi Kimia Pembuatan Baja   Proses Bassemer Tengku Bassemer adalah tabung baja dengan pelapis tahan api.

Manfaat Baja  Untuk membuat kawat dan senjata Untuk bahan kanopi Tiang pancang Purlin (balok dudukan penutup atap) Rangka komponen arsitektural .

 mengatur kadar karbon agar sesuai dengan tingkat grade/spesifikasi baja yang diinginkan.Tiga Tujuan Utama Pleburan   mengurangi sebanyak mungkin bahan-bahan impuritas  mengurangi sebanyak mungkin bahan-bahan impuritas.  menambah elemen-elemen pemadu yang diinginkan. .

Proses Peleburan   Peleburan dengan BOF  Keunggulan proses BOF dibandingkan proses pembuatan baja lainnya adalah dari segi waktu peleburannya yang relatif singkat yaitu hanya berkisar sekitar 60 menit untuk setiap proses peleburan. Energi panas yang terjadi sangat tergantung pada jarak antara elektroda dengan muatan logam di dalam tungku . .  Peleburan Baja Dengan EAF  Proses peleburan dalam EAF ini menggunakan energi listrik.

KLASIFIKASI BAJA PADUAN   Berdasarkan persentase paduannya  Berdasarkan jumlah komponennya  Berdasarkan strukturnya:  Berdasarkan penggunaan dan sifat-sifatnya  Baja Paduan dengan Sifat Khusus  Menurut penggunaannya  Baja dengan sifat fisik dan kimia khusus  Baja juga diklasifisikan menurut kualitas .

SIFAT-SIFAT TEKNIS BAHAN   Penambahan unsur paduan juga bertujuan untuk :        Kekuatan Elasisitas Batas mulur (Plastisitas) Kekuatan Tarik Keuletan Tahan aus .

 SEKIAN TERIMA KASIH  .