P. 1
POHON INDUSTRI

POHON INDUSTRI

|Views: 57|Likes:
Published by andreas_santoso_4

More info:

Published by: andreas_santoso_4 on Feb 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/13/2012

pdf

text

original

“ BAJA”

Kelvin Woda 2010610071 James Henoch 2010610074 Andryan Putra 2010610078 Andreas Santoso 2010610079 Tefan Yosha 2010610139 .

1% berat sesuai grade-nya. logam besi sebagai unsur dasar dengan karbon sebagai unsur paduan utamanya. Kandungan unsur karbon dalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2. Fungsi karbon dalam baja adalah sebagai unsur pengeras dengan mencegah dislokasi bergeser pada kisi kristal (crystal lattice) atom besi .Pengantar   Baja adalah logam paduan.

Struktur  Baja paduan diklasifikasikan berdasarkan : 1. . Baja martensit 3. Baja austenit 4. Baja pearlit 2. Baja ferric 5. Karbid atau ledeburit.

 Baja Konstruksi.5 %). yaitu : Baja paduan rendah (maximum 2 %). tiga golongan tergantung persentase unsur pemadunya. baja paduan diklasifikasika : Baja konstruksi (structural steel).Baja paduan tinggi (lebih dari 5 %) .Baja dengan sifat fisik khusus.Penggunaan   Berdasarkan penggunaan dan sifat-sifanya.Baja paduan menengah (2.Baja perkakas (tool steel). dibedakan lagi mejadi.

Penemu Proses Pembuatan   Henry Bassemer  William Siemens .

Bahan yang Digunakan   · Besi cair  · Batu gamping  · Besi oksida .

 Tungku Terbuka (Open Hearth Furnance) Pada bagian dasar tungku dilapisi dengan pelapis asam atau basa .Proses dan Reaksi Kimia Pembuatan Baja   Proses Bassemer Tengku Bassemer adalah tabung baja dengan pelapis tahan api.

Manfaat Baja  Untuk membuat kawat dan senjata Untuk bahan kanopi Tiang pancang Purlin (balok dudukan penutup atap) Rangka komponen arsitektural .

 mengatur kadar karbon agar sesuai dengan tingkat grade/spesifikasi baja yang diinginkan. .Tiga Tujuan Utama Pleburan   mengurangi sebanyak mungkin bahan-bahan impuritas  mengurangi sebanyak mungkin bahan-bahan impuritas.  menambah elemen-elemen pemadu yang diinginkan.

Proses Peleburan   Peleburan dengan BOF  Keunggulan proses BOF dibandingkan proses pembuatan baja lainnya adalah dari segi waktu peleburannya yang relatif singkat yaitu hanya berkisar sekitar 60 menit untuk setiap proses peleburan. . Energi panas yang terjadi sangat tergantung pada jarak antara elektroda dengan muatan logam di dalam tungku .  Peleburan Baja Dengan EAF  Proses peleburan dalam EAF ini menggunakan energi listrik.

KLASIFIKASI BAJA PADUAN   Berdasarkan persentase paduannya  Berdasarkan jumlah komponennya  Berdasarkan strukturnya:  Berdasarkan penggunaan dan sifat-sifatnya  Baja Paduan dengan Sifat Khusus  Menurut penggunaannya  Baja dengan sifat fisik dan kimia khusus  Baja juga diklasifisikan menurut kualitas .

SIFAT-SIFAT TEKNIS BAHAN   Penambahan unsur paduan juga bertujuan untuk :        Kekuatan Elasisitas Batas mulur (Plastisitas) Kekuatan Tarik Keuletan Tahan aus .

 SEKIAN TERIMA KASIH  .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->